Menu

20 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Sehari-hari – Hidup Sehat

Halo teman-teman selamat datang di web artikelsiana.com. Kali ini kami akan menjelaskan tentang 20 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Sehari-hari. Teman-teman jangan lupa untuk membagikan artike di sosial media kalian.

Salah satu berkah Tuhan yang perlu kita lindungi adalah kesehatan tubuh. Tubuh yang sehat adalah modal untuk melakukan berbagai aktivitas dan aktivitas sehari-hari, baik yang terkait dengan aktivitas dunia maupun kehidupan setelah dunia, yang merupakan akhirat. Dengan tubuh yang sehat kita dapat melakukan aktivitas tanpa masalah dan hasilnya sesuai dengan harapan.

Tubuh yang sehat adalah impian semua orang, termasuk Anda, bukan? Kesehatan adalah komoditas yang berharga karena kesehatan itu mahal. Jika kita sakit, kita perlu dokter dan obat-obatan untuk mengobati rasa sakit, jadi kita sangat mahal. Kita tidak akan merasa nyaman, bahkan jika kita memiliki banyak kekayaan dan kekayaan jika tubuh kita tidak sehat, jadi kita tidak bisa menikmati hidup.

Pada kenyataannya, Tuhan menciptakan kita dalam bentuk dan kondisi terbaik dari makhluk lain. Kita telah diciptakan dengan sangat baik sehingga kita harus merawatnya dengan upaya yang baik agar tubuh kita tetap sehat. Di zaman modern gaya hidup seseorang yang mengikuti zaman belum tentu gaya hidup sehat. Banyak orang membuat gaya hidup yang tidak baik untuk kesehatan mereka. Gaya hidup termasuk makan, tidur, dan jarang berolahraga.

Bahaya gaya hidup yang tidak sehat

Pola makan yang buruk dan konsumsi makanan yang tidak sehat tanpa aturan ini membuat tubuh menjadi tidak sehat. Orang lebih suka makan makanan siap saji dan instan karena banyak orang terlalu sibuk dengan aktivitas dan pekerjaan mereka sehingga pola makan mereka tidak teratur. Mereka mengkonsumsi makanan tanpa mempertimbangkan konten yang terkandung dalam makanan. Kebiasaan buruk juga dapat menyebabkan ketidaknyamanan dalam tubuh, seperti kebiasaan tidur yang terlalu larut malam dan kebiasaan lain seperti makan makanan dan minuman yang tidak sehat.

Sekarang kita melakukan kehidupan yang sehat dengan melakukan hal-hal yang dapat menjaga kesehatan tubuh kita. Cara menjaga kesehatan tubuh kita bisa dengan cara modern atau dengan cara alami. Anda juga dapat melakukan hal-hal kecil yang mudah tetapi akan memiliki efek penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa cara untuk mempertahankan tubuh yang sehat:

1. Buat makanan berserat

Tubuh membutuhkan makanan yang mengandung serat untuk melindungi tubuh dari serangan bakteri, serat juga berfungsi untuk merangsang keluarnya kotoran secara rutin dari tubuh kita melalui aktivitas saluran usus. Kotoran dalam tubuh kita akan mudah dihilangkan jika kebutuhan serat terpenuhi. Jika kotoran di dalam tubuh sulit dihilangkan karena kekurangan serat, maka kotoran di dalam tubuh bisa menumpuk sehingga bisa menjadi racun di dalam tubuh dan menyebabkan penyakit. Puaskan kebutuhan tubuh Anda dengan serat yang cukup. Makanan yang mengandung serat tinggi meliputi:

  • Kiwi – Kiwi adalah buah yang mengandung serat tertinggi dibandingkan buah-buahan lainnya. Kandungan serat dalam 3,0 gram kiwi / 100 gram serat. Anda bisa mengonsumsi kiwi dengan jus atau membuat menu lain yang Anda sukai sebagai sup buah. Untuk menghindari kebosanan dengan memakan buah kiwi secara langsung.
  • Kacang Merah – Kacang merah juga termasuk makanan yang mengandung serat tinggi. Selain seratnya tinggi, kacang merah mengandung protein dan zat besi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.
  • Alpukat – Alpukat mengandung serat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Alpukat mengandung lemak tak jenuh yang bisa mengurangi risiko penyakit jantung dan bisa menurunkan kolesterol. Buah ini dapat dikonsumsi dengan berbagai menu seperti juz, dimakan dengan susu, buah beku dan menu lain yang sesuai dengan selera Anda.
  • Jagung – Jagung adalah makanan yang bisa menggantikan nasi atau makanan pokok karena kandungan karbohidratnya. Selain makanan yang mengandung karbohidrat, jagung mengandung serat yang agak tinggi. Jagung dapat dimakan dengan sayuran, puding atau makanan ringan seperti popcorn.
  • Kacang – Kacang termasuk sayuran yang mengandung serat tinggi. Selain mengandung kacang yang kaya serat, mereka juga mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh dan mencegah serangan penyakit jantung atau kanker.
  • Oat tepung – oatmeal adalah makanan yang mengandung serat tinggi. Konsumsi oatmeal untuk sarapan sangat baik untuk kesehatan. Oatmeal juga merupakan jenis makanan kaya serat khusus sebagai makanan untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh. Ini meningkatkan sistem kekebalan tubuh, yang disebut beta glucan.
  • Kacang polong – Kacang polong adalah jenis kacang yang mengandung serat tinggi. Secangkir kacang polong mengandung 16,3 gram serat.
Baca Juga  Ini 8 Bahaya Menonton Anime Berlebihan Bagi Kesehatan Fisik dan Mental - Hidup Sehat

2. Sarapan sebelum jam 9 pagi

Sarapan sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Beberapa ahli sepakat bahwa sarapan terbaik adalah sarapan sebelum jam 9 pagi. Sarapan sangat penting karena di pagi hari kondisi perut kita kosong karena diproses ketika kita istirahat di malam hari, yaitu sekitar 7 hingga 8 jam.

Sarapan adalah sumber energi kami untuk kegiatan siang hari. Meninggalkan sarapan dapat membuat tubuh lemah, apatis, terlalu kecil dan sulit untuk berpikir. Pada anak-anak, sarapan dapat meningkatkan kekuatan dan kecerdasan dalam berpikir sehingga dapat meningkatkan kinerja belajar. Sarapan dapat memuaskan kebutuhan energi hingga 15-30% dari kebutuhan energi dan nutrisi harian. Selain memenuhi kebutuhan energi tubuh, sarapan juga mampu mencegah obesitas dan kolesterol.

3. Makan 4 makanan sehat dengan sempurna

Puaskan hak tubuh untuk mendapatkan makanan 4 sehat sempurna 5. 4 makanan sehat sempurna termasuk nasi, lauk pauk, sayuran, buah dan susu. Beras adalah sumber makanan pokok karbohidrat, lauk pauk sebagai sumber protein, sayuran sebagai sumber mineral dan buah sebagai sumber vitamin. Susu sebagai penyuling karena kebutuhan untuk meningkatkan energi dan memenuhi kebutuhan tulang kita.

Untuk mendapatkan 4 menu makanan sehat sempurna 5 tidak harus mahal. Banyak buah-buahan, sayuran, dan makanan pendamping yang sehat dapat dibeli dengan harga terjangkau. Tidak perlu mahal, penting agar kandungan kebutuhan nutrisi manusia yang diperlukan tubuh terpenuhi dengan sempurna agar tubuh tetap sehat.

4. Jaga agar makanan tetap bersih dan higienis

Semua makanan yang Anda konsumsi harus dipastikan dengan pembersihan. Makanan seperti buah-buahan dan sayuran dicuci sebelum dikonsumsi. Jika Anda memasak makanan, masak sampai matang sempurna. Makanan yang tidak dimasak dengan sempurna memiliki risiko masih mengandung bakteri yang dapat membahayakan kesehatan tubuh Anda.

5. Hindari terlalu banyak mengonsumsi makanan instan

Makanan instan memiliki manfaat praktis untuk disajikan dan enak tetapi memiliki lebih banyak efek negatif pada kesehatan tubuh. Makanan instan sangat ramah bagi Anda yang sibuk dengan kegiatan dan pekerjaan seperti karyawan atau siswa. Salah satu makanan instan yang mudah disajikan adalah mie instan. Jangan terlalu banyak mengonsumsi mie instan karena banyak bahan kimia seperti natrium polifosfat, natrium karbonat, kalium karbonat, zat berbasis lilin, dan pewarna makanan tidak berjalan dengan baik jika terlalu sering masuk ke tubuh kita. (Baca juga: bahaya makan mie instan – efek samping mie instan)

Kami tidak bermaksud bahwa Anda tidak dapat makan makanan instan, tetapi tidak terlalu sering, paling banyak sekali seminggu. Saat memasak mie instan, cara yang tepat adalah tidak memasak mie dalam api yang berkobar, tetapi taburkan bumbu-bumbu tersebut ketika mie telah dimasak dan berada di dalam piring. Saat memasak tagliatelle dalam air, hasil masakan diganti dengan yang baru, karena spageti mengandung lilin sehingga air yang terkandung dalam hidangan pasta mengandung banyak lilin dan jika masuk ke dalam tubuh akan berbahaya. .

6. Periksa porsi makanan

Porsi makan berlebihan tidak akan meningkatkan kesehatan tubuh tetapi sebenarnya dapat menyebabkan banyak penyakit. Jika Anda makan terlalu banyak, risiko lemak akan lebih tinggi. Orang gemuk akan lebih rentan terhadap berbagai penyakit dan obesitas. Makanlah dengan porsi yang masuk akal.

Beberapa bahaya makan terlalu banyak termasuk diabetes, kerusakan sinyal insulin otak, pertumbuhan psikologis terhambat, kadar gula dapat naik lebih tinggi, tubuh memproduksi banyak radikal bebas dan konsekuensi negatif lainnya. .

7. Minum banyak air

Kebutuhan air harian tubuh setidaknya 1,5 liter, setara dengan sekitar 8 gelas. Air dibutuhkan oleh tubuh untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. 70% dari tubuh kita terdiri dari cairan, jadi perlu untuk memenuhi kebutuhan akan air. Cara menjaga kesehatan tubuh dengan manfaat air tidak bisa diganti dengan air lain. Air adalah air yang paling sehat bagi tubuh dan tidak berbahaya bagi tubuh. Manfaat yang diketahui orang awam hanya bisa menghilangkan rasa haus di tubuh, tetapi ternyata air memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh kita.

Baca Juga  4 Bahaya Tidur Sore Hari Bagi Kesehatan - Hidup Sehat

Beberapa manfaat air bagi tubuh seperti:

  • Pertahankan keseimbangan cairan dalam tubuh
  • Periksa kalori dalam tubuh
  • Tambah energi
  • Membantu menghilangkan racun dalam tubuh
  • Membantu menjaga fungsi ginjal agar tetap sehat
  • Tingkatkan produktivitas dalam tubuh
  • Meningkatkan fungsi otak
  • Mulai sistem peredaran darah
  • Mengobati sakit kepala

Mengamati fakta bahwa ada banyak manfaat air, sekarang, banyak minum air untuk menjaga tubuh tetap sehat. (lihat juga: bahaya minum lebih sedikit air – karena kelebihan air)

8. Kurangi kopi

Bagi Anda, penggemar kopi mengurangi konsumsi kopi jika Anda ingin menjaga kesehatan tubuh Anda. Kopi mengandung bahaya kafein yang, jika dikonsumsi dalam jumlah besar, dapat menyebabkan efek negatif pada kesehatan tubuh. Kandungan kafein yang tinggi dalam kpo dapat memperlambat kinerja jantung.

9. Hindari terlalu sering mengonsumsi minuman isotonik

Minuman isotonik yang banyak dijual memiliki rasa yang lebih baik, tetapi jika kita terlalu sering mengonsumsinya, itu tidak baik untuk kesehatan tubuh. Minuman isotonik mengandung banyak bahan kimia dan pengawet yang tidak baik untuk kesehatan tubuh. Lebih baik jika Anda mengonsumsi juz atau air kelapa.

Jus buah segar akan memenuhi kebutuhan vitamin dalam tubuh, air kelapa yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh akan membantu menghilangkan racun dalam tubuh Anda. Air kepala sangat baik untuk kesehatan tubuh karena kandungan alami dapat menggantikan ion tubuh yang hilang karena aktivitas sehari-hari. Air kepala juga baik untuk kesehatan ibu hamil.

10. Hindari kebiasaan begadang

Bagi mereka yang melakukan banyak kegiatan di siang hari, hindari bangun larut malam. Begadang akan membuat kondisi tubuh kurang sehat karena angin malam yang baik untuk tubuh. Akibat begadang larut malam bisa menyebabkan banyak penyakit di tubuh kita seperti:

  • masalah berat badan
  • sistem kekebalan tubuh melemah
  • penyakit jantung, diabetes, stroke, hipertensi, sakit kepala, refleks lemah, harapan hidup berkurang
  • kerusakan jangka panjang pada sel-sel saraf dapat terjadi di otak

Melihat banyaknya risiko yang dapat mengganggu kesehatan tubuh Anda, sebaiknya hindari begadang.

11. Biasakan minum air sebelum dan sesudah tidur

Minumlah air sebelum tidur dan setelah bangun dengan baik. Sebelum tidur, minumlah setidaknya satu gelas air sehingga saat Anda tidur, air membantu tubuh Anda mengeluarkan racun dari tubuh Anda. Ketika Anda bangun, jangan minum air kecuali air. Minum air putih ketika Anda bangun adalah baik untuk menyeimbangkan kinerja otak Anda yang baru saja beristirahat dan akan digunakan kembali.

12. Ambil multivitamin

Multivitamin diperlukan bagi tubuh untuk meningkatkan asupan nutrisi buah-buahan dan sayuran. Minumlah multivitamin yang beradaptasi dengan kesehatan tubuh Anda. Multivitamin banyak tersedia di apotek, sehingga Anda bisa mendapatkannya dengan mudah. Minumlah secara teratur agar tubuh Anda tetap sehat.

13. Ambil vitamin D

Memenuhi kebutuhan tubuh Anda akan vitamin D. Fungsi vitamin D melindungi tubuh Anda dari berbagai kuman, penyakit, virus dan bakteri yang menyerang karena vitamin D bertindak sebagai stimulus untuk sel-sel kekebalan tubuh sehingga sistem kekebalan tubuh kuat terhadap berbagai penyakit. Anda bisa mendapatkan vitamin D tidak hanya dari makanan tetapi juga dari energi matahari di pagi hari. Matahari di pagi hari sebelum jam 9 akan mengubah vitamin D pro tubuh Anda dengan vitamin D. Matahari dapat memuaskan vitamin D dalam tubuh, karena kandungan vitamin D di matahari mencapai 80%.

Sementara vitamin D terkandung dalam makanan seperti telur, hati, susu, salmon, udang, tahu, keju, sereal, jamur, minyak ikan cod, kedelai. Dan masih banyak lagi makanan yang mengandung vitamin D, yang mereka konsumsi seimbang sehingga tubuh tetap sehat.

14. Berolahraga secara teratur

Dengan menjaga kesehatan tubuh selain makanan, kita juga harus mengatur tubuh dengan olahraga teratur. Olahraga dapat menyegarkan tubuh kembali, sehingga menjadi bugar dan terangkat serta menghindari penyakit. Manfaat kesehatan dari olahraga tidak hanya dicapai dengan alat modern dan cara yang membebani tubuh Anda. Latihan yang nyaman dan sesuai dengan bagian dari kekuatan tubuh, yang penting bagi tubuh Anda untuk bergerak sehingga tidak kaku dan rentan terhadap penyakit.

Anda dapat memilih olahraga yang Anda suka berenang 3 kali seminggu, berolahraga setiap hari Minggu atau jogging untuk berkeringat di tubuh dan masih ada banyak olahraga untuk dipilih. Untuk menjaga kesehatan tubuh, olahraga minimal seminggu sekali. Bagi karyawan atau pelajar atau profesi lain yang bekerja pada hari kerja, Anda dapat bermain olahraga ketika akhir pekan bersama keluarga atau teman pasti akan lebih menyenangkan.

Baca Juga  5 Bahaya Olahraga Malam Bagi Wanita - Penyebab dan Pencegahan - Hidup Sehat

15. Biasakan tidur lebih awal dan bangun pagi

Bangun kebiasaan untuk kesejahteraan bagaimana menjaga kesehatan tubuh kita. Ketika kita bangun di pagi hari, kita akan menghirup udara segar yang belum tercemar oleh berbagai jenis polusi udara, agar dapat memenuhi pasokan oksigen bersih. Oksigen bersih juga memengaruhi kinerja otak, jadi berpikirlah dengan tenang dan lebih mudah untuk berpikir positif dan memberikan ide-ide cemerlang.

Tidur lebih awal membuat istirahat cukup. Biasakan tidur sekitar jam 9:00 dan bangun lebih awal jam 5:00. (Baca juga: bahaya bangun segera setelah mandi – bahaya tidur di pagi hari sebelum 11 Januari)

16. Istirahat yang cukup

Tubuh Anda perlu istirahat setelah seharian beraktivitas. Dapatkan istirahat dan kualitas yang cukup, karena tidak ada istirahat yang cukup jika Anda menjaga tubuh yang sehat jika istri Anda tidak berkualitas. Istirahat yang cukup, 7 hingga 8 jam sehari. Istirahat kualitas yang tanpa kita membawa beban dalam tidur kita. Usahakan untuk tidur di pikiran kita dalam kondisi bebas, sehingga bangun pagi akan segar kembali.

17. Hindari tidur pada waktu-waktu tertentu

Ada beberapa waktu yang tidak baik ketika digunakan untuk tidur, yaitu pagi hari setelah jam 6:00 dan sore hari setelah jam 15:00. jika Anda tidur di waktu yang berlalu, itu tidak baik untuk kesehatan tubuh Anda. Banyak yang mengatakan bahwa tidur di pagi hari, keberuntungan akan terikat pada ayam, memang benar bahwa kita tidur di pagi hari ketika harus digunakan untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat tetapi malah terbuang dalam tidur. Selain itu kerugian bagi kesehatan tubuh juga tidak baik karena dapat menyebabkan vertigo

Tidur larut setelah jam 15.00 adalah tidak baik karena bisa membuat kita mudah lupa dan melemahkan kecerdasan otak. Hindari tidur dua kali ini. Jika ingin istirahat, tidurlah satu jam di sore hari sekitar pukul 12:00 hingga 13:00. tidur pada saat ini sebenarnya sehat untuk tubuh karena menawarkan tubuh kesempatan untuk beristirahat sebentar.

18. Puasa

Puasa telah terbukti dapat menyehatkan tubuh kita. Dengan puasa organ pencernaan kita, kita akan beristirahat, tidak hanya tubuh kita perlu mengistirahatkan perangkat pencernaan kita, kita juga perlu beristirahat. Selain itu, puasa juga dapat menghilangkan racun dalam tubuh, proses ini dalam dunia medis dikenal sebagai detoksifikasi. Puasa dianjurkan dua kali seminggu, yang menurut Islam, adalah hari Senin dan Kamis yang baik.

19. Terus bersihkan

Membersihkan adalah kunci kesehatan tubuh. Jaga kebersihan diri dan lingkungan Anda. Kebersihan pribadi seperti mencuci tangan sebelum makan dan sesudah makan. Cuci dua kali sehari agar kuman dan bakteri yang dapat menyerang kesehatan Anda tidak menempel di tubuh Anda. Kuman dan bakteri yang ada di dalam tubuh atau lingkungan disebabkan oleh kurangnya kebersihan diri sendiri atau lingkungan.

Makanan yang Anda makan juga harus dijaga kebersihannya. Jika Anda ingin membeli makanan, pilih makanan yang dilapisi plastik, hindari membeli makanan di sisi jalan karena makanan yang dijual di pinggir jalan terkena debu dan polusi sehingga dapat menyebabkan banyak penyakit, seperti sakit perut dan diare.

20. Berpikir positif

Berpikir positif akan mencegah Anda dari stres karena stres dapat menyebabkan risiko tertentu rentan terhadap penyakit. Pikiran positif akan memengaruhi kesehatan jiwa dan pikiran, jiwa yang sehat akan memengaruhi tubuh yang sehat.

Jadi berbeda cara menjaga kesehatan tubuh setiap hari. Buat dengan senang hati untuk mendapatkan kesehatan tubuh yang sangat baik. Untuk mendapatkan tubuh yang tetap sehat tidak harus mahal, bukan? Yang penting ada niat dan niat untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Semoga berhasil menjaga tubuh Anda tetap sehat.

Semoga informasi tentang 20 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Sehari-hari dapat menghasilkan manfaat bagi Anda yang sedang membacanya sekarang ini. Teman-teman jangan lupa untuk share artike di sosial media kalian dan meninggalkan komentar di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *