Menu

15 Cara Menghilangkan Ngorok Saat Tidur pada Wanita dan Pria – Hidup Sehat

Halo saudaraku selamat datang di website artikelsiana.com. Kali ini artikelsiana.com akan menyajikan mengenai 15 Cara Menghilangkan Ngorok Saat Tidur pada Wanita dan Pria. Teman-teman jangan lupa untuk membagikan artike di sosial media kalian.

Mendengkur atau mendengkur bisa menjadi hal biasa yang dialami seseorang. C mendengkur karena sudah menjadi kebiasaan tetapi c juga mendengkur karena kadang-kadang, misalnya, karena terlalu lelah dan tidur terlalu nyenyak. Sayangnya, orang-orang yang memiliki kebiasaan mendengkur merasa sangat terganggu oleh kebiasaan mendengkur mereka, dan tidak hanya itu, banyak yang merasa bahwa kebiasaan mendengkur dapat mengganggu seluruh rumah atau orang-orang di sekitar mereka. Suara orang yang mendengkur berbeda, ada yang pelan tapi ada juga yang berisik. Ternyata mendengkur bukan hanya kebiasaan buruk, ada hal-hal lain yang bisa menyebabkan dengkuran. Jadi menemukan penyebab mendengkur adalah cara yang tepat untuk menghilangkan kebiasaan mendengkur ini.

Berikut adalah cara paling efektif untuk menghilangkan dengkuran saat tidur:

  1. Menggunakan posisi istirahat yang benar

Cara pertama yang dapat Anda lakukan adalah menggunakan posisi tidur yang benar. Jika Anda suka mendengkur, itu bisa salah posisi tidur Anda. Untuk menghilangkan dengkuran, Anda harus meletakkan kepala jauh di belakang posisi bantal. Posisi ini berguna dalam produk untuk membersihkan tenggorokan dari produsen keruh.

Posisi yang berpotensi menghasilkan dengkuran adalah posisi terlentang. Ini bisa menjadi penghasil mendengkur karena lidah akan ditarik kembali sehingga saluran udara menyempit dan menjadi pemicu getaran atau mendengkur. Tidak terbiasa tidur dengan posisi telentang digunakan sebagai cara untuk mencegah dengkuran saat tidur.

  1. Tubuh yang ideal

Apakah Anda suka mendengkur? Apakah tubuh Anda sudah ideal? Ya, orang yang suka mendengkur mengalami obesitas. Bahaya obesitas tidak boleh diremehkan karena obesitas dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan dan kebiasaan buruk, salah satunya adalah mendengkur. Faktanya, pada pandangan pertama kita tidak menyadari bahwa mendengkur adalah masalah kesehatan, tetapi siapa yang mengira bahwa mendengkur adalah tanda masalah kesehatan yang serius. Salah satu tanda peringatan mendengkur adalah gangguan di hatinya dan dia juga mengalami pembesaran amandel. Jika ia terus disahkan, ia akan mengalami bahaya mendengkur saat tidur dalam bentuk stroke, penyakit jantung, diabetes dan hipertensi.

Orang yang memiliki perut kembung juga beresiko mendengkur, jadi bagi Anda yang tidak memiliki perut kembung, Anda harus mengetahui berbagai jenis perut bengkak yang dapat terjadi pada siapa saja. Bagi yang sudah memiliki perut kembung, segera lakukan berbagai cara untuk mengurangi perut kembung dalam 7 hari.

  1. Bersihkan dan kendalikan payudara

Orang yang mendengkur terkadang memiliki masalah sinus. Jadi kita perlu tahu apa saja gejala sinusitis. Banyak yang tidak menyadari bahwa mereka menderita sinusitis dan menjadi gangguan kesehatan yang serius. Mendengkur yang dialami pasien payudara baru akan hilang jika disertai dengan cara mengobati sinusitis sehingga mendengkur baru bisa hilang jika payudara juga hilang. Kebanyakan orang yang menderita mendengkur dan tidak pergi mungkin memiliki masalah dengan sinusitis.

  1. Tidur saja

Bahkan orang yang tidak memiliki kebiasaan mendengkur jika kelelahan, akan mendengkur dengan suara yang cukup keras. Ini tidak berlaku untuk orang yang gemuk, tetapi orang kurus akan berisiko mendengkur di malam hari. Jadi, Anda harus cukup istirahat dan cukup tidur. Kelelahan akan membuat Anda mendengkur saat tidur. Tidak hanya itu, orang yang tidak mengantuk akan mudah terserang berbagai penyakit karena kurang tidur. Jadi Anda cukup tidur untuk menghindari berbagai jenis karena kurang tidur pada malam hari.

  1. Menggunakan uap air panas
Baca Juga  8 Efek Samping Minum Air Kencing Sendiri Bagi Kesehatan - Hidup Sehat

Untuk menghindari dengkuran yang terjadi saat tidur, Anda bisa menggunakan uap air hangat sebelum tidur. Ini karena saat mendengkur atau berhubungan erat dengan hidung. Karena itu, cobalah membersihkan hidung Anda untuk menghindari kebiasaan mendengkur. Metode ini juga dapat menggunakan air hangat menghirup selama 10 menit sebelum tidur. Metodenya adalah sebagai berikut:

  • Simpan 400 ml air panas dalam wadah.
  • Campurkan dengan 200 ml air ledeng atau air sumur.
  • Aduk sampai kedua air terdistribusi secara merata.
  • Sebelum tidur, hirup uap air hangat yang muncul dalam-dalam. Uap air panas mengurangi saluran pernapasan dan juga meredakan tenggorokan.
  1. Handuk panas

Untuk menghilangkan masalah mendengkur akibat tersumbatnya aliran nafas di hidung bisa menggunakan handuk hangat. Metode ini juga sangat sederhana dengan merendam handuk dengan air hangat. Setelah merendam air panas, gunakan handuk untuk mengompres hidung yang tersumbat. Mengompres hidung dengan air hangat dapat meredakan pernapasan sehingga mendengkur atau mendengkur dapat diatasi.

  1. Hidup sehat tanpa alkohol

Tidak ada keraguan bahwa ada banyak bahaya alkohol bagi kesehatan dan kehidupan sosial. Minuman beralkohol di sini seperti bir, rum, anggur, dan wiski. Miras oplosan juga tidak boleh dikonsumsi selain dapat membahayakan kesehatan, kehidupan juga bisa berfluktuasi akibat limbah alkohol. Pengaruh alkohol pada sistem saraf manusia tidak begitu baik seperti halnya otot-otot di belakang tenggorokan. Otot-otot di belakang tenggorokan harus terus berfungsi bahkan jika mereka tidur karena konsumsi alkohol, yang menyebabkan seseorang mendengkur saat tidur.

  1. Hindari obat penenang

Mendengkur atau mendengkur juga disebabkan oleh gaya hidup sehat yang dilakukan oleh masyarakat. Salah satu efeknya adalah orang tersebut akan mengalami dengkuran. Terkadang orang menggunakan obat penenang ini untuk menghilangkan masalah yang ada di otak mereka, menyebabkan efek kecanduan. Padahal penggunaan obat ini tidak terlalu baik untuk otak dan juga untuk sistem saraf yang ada di dalam tubuh. Alasannya adalah bahwa obat penenag sama dengan minuman beralkohol lainnya yang membuat otot-otot belakang tenggorokan menjadi kaku. Obat itu justru akan membuat otot-otot tenggorokan tidak bekerja dengan baik.

Jika Anda benar-benar membutuhkannya, Anda tidak boleh mengkonsumsinya ketika Anda ingin tidur, tetapi Anda harus mengkonsumsinya 3 hingga 4 jam sebelum tidur. Usahakan untuk mengurangi dosis sedasi secara bertahap sehingga ketergantungan Anda pada obat tidur berkurang.

  1. Tidak merokok

Mereka yang tidak mengenal rokok, rokok di Indonesia adalah pro dan kontra. Ada orang yang mendukung rokok karena mereka dapat meningkatkan pendapatan negara, tetapi ada juga yang menolak rokok karena efek negatif yang mereka hasilkan. Ada berbagai jenis penyakit yang berhubungan dengan merokok yang sangat berbahaya, jadi berhati-hatilah saat merokok. Tidak hanya itu, merokok justru dapat menyebabkan seseorang mendengkur saat tidur. Alasannya adalah bahwa zat berbahaya dalam rokok dapat mengiritasi selaput lendir dalam pernapasan manusia. Dari iritasi, rokok dapat menyebabkan pembengkakan pada selaput lendir saluran pernapasan manusia sehingga produksi lendir menjadi lebih tinggi. Ketika produksi lendir semakin banyak hasilnya adalah saluran pernapasan tersumbat sehingga suara dengkuran muncul saat tidur.

Baca Juga  10 Tanda Kecanduan Makanan Penting untuk Diwaspadai - Hidup Sehat

Mengingat banyaknya bahaya merokok, Anda harus menerapkan berbagai metode berhenti merokok untuk menghindari berbagai jenis penyakit yang berhubungan dengan merokok dan menghindari mendengkur saat Anda tidur.

  1. Yoga dan relaksasi

Cara selanjutnya untuk menghindari atau menghilangkan dengkuran adalah melakukan yoga dan bersantai. Yoga dan rikleksase dapat digunakan untuk menghilangkan dengkuran. Perlahan tapi pasti yoga yang Anda lakukan dapat membantu Anda berhenti membiasakan diri mendengkur.

Sama seperti yoga, relaksasi juga dapat digunakan untuk menghilangkan kebiasaan mendengkur Anda. Mengapa relaksasi dapat digunakan untuk menghilangkan dengkuran? Karena relaksasi yang dilakukan dapat digunakan untuk menghilangkan kelelahan dan kelelahan dalam tubuh. Seperti yang telah kita lihat sebelumnya, jika mendengkur dapat disebabkan oleh kelelahan, ketika kelelahan hilang, mendengkur menghilang. Otot-otot yang tegang juga bisa rileks menggunakan relaksasi ini. Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk bersantai, misalnya Anda dapat berjalan-jalan menyenangkan, bermeditasi di pegunungan, meletakkan aromaterapi di dalam ruangan, membenamkan diri di kamar mandi yang memiliki aromaterapi, mendengarkan musik klasik dan banyak lagi.

  1. Tidak makan malam

Cara selanjutnya untuk menghilangkan dengkuran adalah tidak makan malam saat Anda ingin tidur. Banyak orang begadang dan makan makanan berat untuk memblokir rasa lapar. Setelah makan terlalu banyak, mereka mengemil makanan ringan untuk melengkapi posisi mereka. Kebiasaan makan malam ketika Anda tidur atau ngemil adalah alasan mengapa seseorang harus mendengkur di malam hari.

  1. Perawatan kebersihan udara di dalam ruangan

Cara menghilangkan dengkuran di malam hari adalah dengan menjaga kebersihan udara di kamar Anda. Udara kotor di kamar Anda bisa membuat seseorang mendengkur. Udara yang kotor dapat menyebabkan iritasi pada membran tenggorokan dan langit-langit lunak di mulut seseorang. Ini bisa terjadi pada orang yang memiliki alergi. Orang yang alergi sangat rentan dan sensitif terhadap serbuk sari, bulu hewan, dan partikel udara kotor. Jadi, jika Anda alergi, Anda harus menjaga kebersihan tempat tidur dan menjauhkannya dari debu karena debu akan membuat Anda lebih tidak nyaman di kamar. Berikut ini adalah tips yang dapat Anda ambil untuk menjaga kamar Anda bersih dari debu:

  • Cuci seprai, sarung bantal, bantal, dan selimut setiap beberapa minggu.
  • Bantal, kasur, dan kasur kering setiap minggu. Saat Anda mengeringkannya, Anda bisa menggunakan sapu terbang atau menggunakan media lain untuk mengalahkan bantal, bantal, dan kasur yang Anda miliki. Tujuannya agar debu di dalam bantal, bantal dan kasur dapat keluar dengan sempurna agar tidak bersin saat menggunakan bantal, bantal dan kasur.
  • Bersihkan debu di kamar Anda menggunakan penyedot debu atau sapu, cobalah untuk menutupi wajah dan hidung menggunakan masker sehingga tidak ada debu memasuki saluran pernapasan.
  • Bersihkan sawang yang menempel pada langit-langit ruangan.
  • Hindari binatang seperti kucing di kamar Anda karena kucing bisa membuat Anda bersin.
  • Jika Anda berada di iklim kering Anda harus menggunakan pelembab di kamar Anda ketika Anda tidur. Fungsinya agar tenggorokan bisa meradang karena menghirup udara kering pada malam hari hingga pagi hari.
  1. olahraga
Baca Juga  Manfaat Berteriak Keras Untuk Kesehatan - Hidup Sehat

Penelitian telah menemukan bahwa olahraga dapat digunakan untuk menghilangkan dengkuran atau membuat dengkuran mudah diatasi. Tidak hanya olahraga yang dapat membuat Anda menurunkan berat badan dan merasionalisasi perut kembung. Untuk mengatasi dengkuran saat tidur, Anda bisa berlatih dengan jenis latihan aerobik ini sehingga tubuh Anda menjadi enerjik dan bugar. Bonusnya adalah membuat tubuh Anda lebih ramping atau lebih kurus dari sebelumnya.

  1. Ini mengkonsumsi cairan yang cukup

Yang perlu Anda perhatikan selanjutnya adalah memastikan tubuh Anda mengonsumsi cukup cairan. Cairan yang masuk ke dalam tubuh akan mencegah Anda mengalami dehidrasi. Seperti kita ketahui bahwa bahaya dehidrasi sangat berbahaya karena banyak organ tubuh terbuat dari air. Otak dalam tubuh manusia juga mengandung air sehingga ketika terkena dehidrasi, organ tubuh, terutama otak, tidak dapat berfungsi secara optimal. Kenali efek kekurangan air bagi tubuh untuk menghindari efek negatif.

Jika Anda mengalami dehidrasi, kotoran di dalam hidung dan tenggorokan menjadi lebih tebal dan lebih lengket, membuat saluran udara terhambat dengan cara yang menyebabkan dengkuran. Minum air yang cukup dapat digunakan untuk mencegah penebalan kotoran hidung dan tenggorokan sehingga napas menjadi lancar dan tidak terganggu.

  1. Angkat kepalamu

Cara lain untuk menghilangkan mendengkur saat tidur yang dapat Anda lakukan di rumah adalah dengan menaikkan saluran udara yang Anda miliki saat Anda tidur. Caranya adalah dengan mengangkat kepala Anda dengan bantal yang lebih tinggi. Alasannya adalah ketika Anda mengangkat kepala, Anda dapat mengubah posisi lidah di mulut dan mengubah posisi rahang. Dengan cara ini, diharapkan saluran udara bisa dibuka sehingga mengurangi kebiasaan mendengkur.

Untuk meninggikan posisi kepala, Anda bisa menggunakan bantal lain dengan bantal tebal dan bukan bantal tipis. Bantal kapas akan sangat membantu Anda dibandingkan dengan bantal dacron. Bantal dacron akan menekuk leher untuk mempersempit jalan napas.

Ini adalah berbagai cara untuk mengatasi dengkuran saat tidur yang bisa Anda coba di rumah. Jika metode ini sudah dicoba tetapi tidak membuahkan hasil, Anda harus berkonsultasi dengan dokter. Ini karena mendengkur saat tidur bisa menjadi gangguan tidur yang serius seperti sleep apnea. Sleep apnea adalah hambatan di saluran udara saat tidur dan dapat dialami oleh orang yang obesitas. Karena itu segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan cara mengatasi dengkuran saat tidur yang efektif.

mudah-mudahan info tentang 15 Cara Menghilangkan Ngorok Saat Tidur pada Wanita dan Pria dapat menghasilkan manfaat bagi Kamu yang sedang membacanya saat ini. Anda jangan lupa untuk bagikan artike di sosial media kalian dan meninggalkan komentar di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *