Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu

13 Posisi Duduk di Depan Komputer Paling Tepat untuk Kesehatan Tubuh – Hidup Sehat

Hai saudaraku selamat datang di web artikelsiana.com. Kali ini kita akan menjelaskan mengenai 13 Posisi Duduk di Depan Komputer Paling Tepat untuk Kesehatan Tubuh. Anda jangan lupa untuk membagikan artike di sosial media kalian.

Memiliki posisi duduk yang salah ketika menggunakan komputer dapat memiliki efek negatif pada kesehatan otot, persendian dan tulang. Baik Anda bekerja di komputer, bekerja atau bermain, penting untuk diketahui bahwa risiko duduk terlalu lama di depan komputer. Karena bahaya, itu dapat mengganggu kesehatan Anda jika dilakukan dalam jangka panjang.

Karena itu, posisi duduk di depan komputer harus benar karena dengan posisi duduk dan postur yang benar, kita akan terhindar dari bahaya atau efek negatif. Berikut ini adalah serangkaian penjelasan untuk cara atau posisi duduk yang paling tepat ketika seseorang berada di depan komputer sehingga tubuh tetap sehat.

  1. Duduklah di dekat keyboard

Duduklah di dekat keyboard

Pastikan bahwa ketika Anda menggunakan komputer atau laptop, tubuh Anda mungkin tergoda dekat dengan keyboard dalam garis lurus. Mungkin ada beberapa orang yang memiliki kebiasaan berbeda di mana kursi mereka diposisikan secara lateral ke kiri atau kanan. Penting untuk mengetahui bahwa posisi seperti itu adalah apa yang harus dihindari.

Jarak keyboard yang dekat dengan tubuh kita sebenarnya akan membantu kita agar lengan tidak terasa tegang. Dalam banyak kasus, lengan yang memanjang ke depan terlalu jauh untuk membuat lengan lelah. Dengan mendekatkan tubuh ke keyboard, lengan dapat bekerja lebih nyaman secara otomatis dan mencegah ketegangan otot.

  1. Jangan menyilangkan kaki Anda

Duduk tegak

Juga penting untuk mempertimbangkan posisi kaki saat duduk, yang berarti ketinggian kursi harus disesuaikan dengan benar. Pastikan kaki Anda rata di lantai. Atau bisa dibilang, Anda bisa menempatkan paha Anda sedikit lebih rendah dari pinggul Anda. Yang penting adalah bahwa kaki tidak disarankan untuk disilangkan karena mereka dapat menyebabkan kesulitan pada tulang belakang dan membuat kesemutan menjadi mudah karena aliran darah tidak teratur.

  1. Duduk tegak
Baca Juga  Bolehkah Mandi Setelah Olahraga Malam? Atau Justru Berbahaya? - Hidup Sehat

Penting untuk memposisikan tubuh tegak untuk mengurangi risiko kelelahan saat menggunakan komputer, terutama bagi mereka yang pengguna komputer berjam-jam. Postur tubuh, terutama ketika duduk, biasanya pada beberapa orang akan bengkok karena bungkuk, di mana jika dibiarkan terus, itu akan membuat postur tidak lagi ideal.

Karena itu, agar tidak cepat lelah dan sekaligus menjadikan postur tubuh ideal, duduk harus dalam posisi vertikal. Posisi pinggang juga harus dicoba agar lurus dengan sandaran. Karena itu, cari kursi yang memiliki sandaran dan punggung dapat diistirahatkan di mana posisi duduk kemudian membentuk sudut 100 derajat.

  1. Penyesuaian kecenderungan keyboard

Penyesuaian kecenderungan keyboardTerlepas dari posisi duduk yang berdekatan dengan keyboard dan posisi tubuh yang harus vertikal saat menggunakan komputer, kemiringan keyboard adalah tombol selanjutnya. Jika Anda menggunakan komputer, disarankan untuk menggunakan dudukan keyboard yang terletak di bagian bawah keyboard.

Jika posisi duduk sudah tinggi, posisi keyboard mungkin datar atau tidak diperlukan penyangga. Tetapi jika posisi duduk lebih rendah, keyboard memerlukan penyangga di mana keyboard dimiringkan ke depan. Bahkan dengan pengaturan ini Anda akan merasa berbeda karena tingkat kenyamanan yang lebih tinggi selama penggunaan komputer dan kemungkinan menjauhi bahaya duduk terlalu lama dalam penggunaan komputer.

  1. Menyesuaikan posisi keyboard

Menyesuaikan posisi keyboardTidak hanya kemiringan, bahkan posisi keyboard itu sendiri harus disesuaikan dengan benar di mana tujuan utamanya adalah agar pengguna komputer dapat dengan mudah mengetik. Penting untuk menyesuaikan posisi duduk sehingga posisi saat mengetik tidak tegang. Ketika posisi keyboard tidak benar dan juga posisi duduk tidak cocok, lengan dan tubuh akan mudah sakit dan tegang.

Pastikan bahunya rileks dan siku tidak dibatasi oleh apa pun selama penggunaan komputer. Posisi keyboard yang benar juga harus seimbang dengan posisi siku pada posisi terbuka dengan pergelangan tangan lurus. Dijamin untuk berlatih poin unik ini akan membantu Anda mendapatkan posisi duduk yang tepat.

  1. Posisi monitor komputer yang benar
Baca Juga  18 Cara Menghilangkan Ngantuk di Pagi Hari Paling Ampuh - Hidup Sehat

Posisi monitor komputer yang benarPosisi duduk paling benar saat menggunakan komputer adalah memposisikan layar monitor dengan tepat. Langkah ini penting karena metode ini akan membantu Anda merasa lebih nyaman, terutama untuk leher sehingga tidak tegang.

Layar monitor harus diposisikan tidak terlalu tinggi, tetapi juga pastikan Anda terlalu rendah karena ini memang seharusnya. Dengan posisi ini, leher tidak akan terbebani dan tidak akan terasa terlalu berat untuk menjadi kepala pendukung. Jika penggunaan komputer cukup lama, ini harus dipertimbangkan untuk meminimalkan ketegangan di leher dan kepala yang dapat menyebar ke belakang karena terlalu lama sesi.

  1. Menggunakan Place mouse dan keyboard

Menggunakan Place mouse dan keyboardMungkin tidak banyak orang yang mempertimbangkan penggunaan kedua perangkat ini, tempat mouse dan keyboard. Hanya sedikit orang yang melakukannya dan memang hal-hal seperti ini dianggap agak berlebihan. Namun pada kenyataannya, tempat mouse dan keyboard sangat bermanfaat bagi pengguna komputer.

Selain buffer keyboard, juga penting untuk memiliki dan menggunakan keyboard dan tempat untuk mouse. Pada dasarnya, fungsi keduanya adalah untuk melindungi pergelangan tangan saat menggunakan komputer sehingga pengguna tetap merasa nyaman meski harus bekerja lama. Karena harganya yang murah, tidak salah memilikinya.

  1. Gunakan palm rest jika perlu

Gunakan palm rest jika perluAgar posisi diposisikan tepat di depan komputer sehingga nyaman dan tidak menyebabkan ketegangan dan rasa sakit pada anggota badan tertentu seperti lengan, coba gunakan palm rest. Palm rest ini dikenal sebagai punuk di depan keyboard.

Fungsi utama palm rest adalah seperti pelindung tangan sehingga tetap nyaman. Dengan cara ini, pergelangan tangan akan menghindari rasa sakit yang disebabkan oleh kontak atau kontak dengan dukungan keras. Tidak semua pengguna komputer mengandalkan palm rest, tetapi Anda bisa menggunakannya agar lebih nyaman.

  1. Letakkan sumber khas di sebelah kanan

Letakkan sumber khas di sebelah kananMungkin Anda menggunakan komputer untuk menulis? Jika ya, mungkin gunakan sumber atau referensi lain untuk masuk. Jika Anda menggunakan majalah atau koran, lebih baik tidak menaruhnya dengan sembrono. Yang terbaik adalah meletakkannya di depan Anda dalam garis lurus dengan layar komputer.

Baca Juga  Tertawa Itu Sehat : 20 Khasiat Bagi Kesehatan - Hidup Sehat

Saat media menjadi sumber pengetikan Anda, buku, kertas, atau apa pun bisa berada di bagian bawah layar, tetapi pastikan Anda melihatnya lurus dan tanpa kesulitan. Hal-hal seperti itu sangat membantu Anda meminimalkan gerakan leher saat bekerja. Leher harus dalam kondisi santai dan nyaman sehingga tidak mudah diregangkan dan lelah.

  1. Perpanjangan pergelangan tangan dan jari

Perpanjangan pergelangan tangan dan jariPerpanjang pergelangan tangan dan jari tangan secara berkala. Lebih disarankan melakukannya minimal 6 kali sehari. Tujuan peregangan tentu saja, agar otot-otot jari dan tangan tidak sakit dan tidak merasakan ketegangan.

Cara meregangkan tubuh di sini adalah dengan melipat tangan Anda ke atas dan ke bawah sehingga Anda dapat menarik pergelangan tangan yang Anda gunakan untuk mengetik. Anda harus tahu atau pernah mendengar sindrom carpal tunnel; dengan melakukan peregangan ini, Anda akan dapat mengurangi risiko masalah kesehatan ini.

  1. Beristirahat sejenak

Beristirahat sejenakIngatlah bahwa efek buruk dan bahaya duduk terlalu banyak saat menggunakan komputer dapat menargetkan Anda. Karena itu, karena tidak baik untuk tubuh, luangkan waktu sejenak untuk bangun dan kemudian regangkan. Berjalan-jalan kecil selama sekitar 5 menit sambil menjaga mata Anda tetap stabil dari melihat komputer terlalu lama.

Berikut adalah beberapa tips untuk duduk di depan komputer yang sangat efektif dan penting untuk berlatih. Untuk menghindari rasa sakit, lelah karena sakit punggung dan kondisi kesehatan lainnya akibat penggunaan komputer yang terlalu lama setiap hari, segera lakukan langkah-langkah tersebut dalam posisi duduk.

Semoga info tentang 13 Posisi Duduk di Depan Komputer Paling Tepat untuk Kesehatan Tubuh dapat memberikan manfaat bagi Anda yang sedang membacanya sekarang ini. Kamu jangan lupa untuk share tulisan di sosial media kalian dan meninggalkan komentar di blog ini.

0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *