Menu

12 Cara Memperbaiki Pola Tidur yang Terganggu – Hidup Sehat

Helo teman-teman selamat datang di web artikelsiana.com. Kali ini kami akan menyajikan tentang 12 Cara Memperbaiki Pola Tidur yang Terganggu. Anda jangan lupa untuk bagikan tulisan di sosial media kalian.

Salah satu kebutuhan dasar manusia, tentu saja, adalah tidur. Dengan membuatnya tidur atau istirahat secara teratur, sistem metabolisme tubuh dan sirkulasi darah akan lancar dan akan memiliki efek positif pada kesehatan. Namun, apa yang terjadi jika seseorang memiliki pola tidur yang tidak biasa? Biasanya beberapa dari mereka hanya tidur kurang dari 6 jam sehari (ingat bahwa tidur normal adalah 8 jam sehari).

Ini akan mempengaruhi metabolisme tubuh secara negatif dan juga dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius jika tidak segera diobati. Karena itu, memperbaiki pola tidur dengan benar adalah cara terbaik untuk menjaga kondisi fisik yang sehat.

Artikel terkait: Makanan yang mengandung albumin, cara menghilangkan gigi dengan garam

Seringkali seseorang mengalami kesulitan tidur, tidak tidur atau tidur pada waktu yang tidak seharusnya. Ini dapat terjadi karena beberapa faktor termasuk:

  • Kondisi kesehatan dapat menyebabkan pola tidur yang tidak normal. Seseorang yang menderita penyakit tertentu sangat rentan mengalami kesulitan tidur, terutama ketika ia merasakan dampak penyakitnya. Misalnya, seseorang yang terinfeksi virus influenza dan demam di malam hari dan sering tertidur di waktu yang tidak biasa di pagi hari.
  • Faktor usia karena biasanya orang lanjut usia sering mengalami insomnia dan cenderung tertidur di pagi hari.
  • Bekerja juga merupakan kesulitan tidur di malam hari, biasanya terjadi pada mereka yang bekerja keras dan bekerja aktif di malam hari.

Baca juga:

Beberapa dari kondisi ini dapat membahayakan kesehatan Anda jika Anda tidak dapat mengatasi pola tidur yang memadai atau penyerapan lebih banyak nutrisi untuk mendukung aktivitas fisik mereka. Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus diambil ketika Anda ingin memperbaiki pola tidur Anda untuk kehidupan yang lebih sehat.

Baca Juga  11 Tips Agar Bisa Tidur Siang Dengan Nyenyak Paling Jitu - Hidup Sehat

1. Buat jadwal tidur

Membuat jadwal tidur tampaknya perlu bagi Anda yang kurang disiplin untuk melakukan pola tidur. Langkah pertama dimulai dengan memprogram jam tidur dan jam bangun dengan serangkaian teknik seperti menempelkannya di cermin atau mengatur alarm agar berbunyi pada saat itu. Pada langkah pertama ini kesuksesan Anda hanya ditentukan melalui niat dan disiplin.

2. Alarm yang koheren

Pernahkah Anda mematikan atau mematikan alarm di pagi hari? Jika demikian, maka hentikan kebiasaan itu dan singkirkan alarm dari tempat tidur Anda. Ini untuk mencegah Anda tertidur setelah mematikan alarm. Dengan meletakkan alarm dari tempat tidur, Anda tidak dapat membantu tetapi bangun dan menaikkan alarm. Gerakan ini bisa bermanfaat untuk menghilangkan rasa kantuk yang masih Anda rasakan. (lihat juga: Kista ovarium, penyebab kaki panas)

3. Diet

Regulasi diet terkait erat dengan pola tidur. Ya, diet tidak seimbang seperti makan makanan berat lebih dari 7 malam untuk orang-orang yang melakukan diet dapat memiliki masalah. Namun, jika Anda adalah orang yang menderita insomnia, lebih baik makan malam ini untuk menimbulkan perasaan kenyang dan tidur ketika Anda tidur jam 9 malam. Namun, pola makan harus tetap seimbang dan masuk akal, tanpa berlebihan.

Artikel terkait: tanda-tanda awal Alzheimer, cara menyingkirkan pikiran negatif

4. Kamar tidur yang nyaman

Buat kamar tidur yang nyaman untuk mendukung istirahat Anda agar lebih berkualitas. Ingat! Kualitas tidur tidak hanya diukur untuk berapa lama kita tertidur, tetapi kualitas tidur malam yang baik, bahkan jika hanya untuk beberapa jam. Menambahkan aromaterapi ke kamar tidur Anda dan membersihkannya dengan rajin dari debu dan kotoran akan membuat kamar Anda lebih nyaman.

5. Pencahayaan kamar

Cahaya di dalam ruangan sangat berpengaruh pada fungsi tidur. Fungsi istirahatnya adalah menetralkan berbagai jenis saraf, otot, tulang dan sebagainya dari rutinitas sehari-hari. Karena itu, cobalah tertidur dalam gelap di malam hari dan atur cahaya di siang hari untuk mengeluarkan lebih banyak energi positif untuk Anda.

Baca Juga  6 Bahaya Skot Jump Bagi Tubuh Wajib Diwaspadai - Hidup Sehat

Artikel lain: Cara mencegah kista, distorsi pertolongan pertama

6. Bersantai sebelum tidur

Bersantai sebelum tidur diperlukan untuk mengatur kembali semua rutinitas keesokan harinya. Bersantai tidak harus menjadi latihan yang berat, hanya mengatur pernapasan dan meregangkan otot dan tulang sendi akan membuat tidur lebih lambat. (lihat juga: Pengobatan Hilang Suara, Metode Yoga Pemula)

7. Sesuaikan waktu tidur

Sesuaikan waktu tidur utama untuk membuat pola tidur Anda sehat. Caranya adalah mengatur waktu, yaitu tidur di malam hari selama 7 jam dan biarkan satu jam di sore hari untuk tidur siang. Jika tidur siang tidak memungkinkan Anda, Anda dapat menggantinya beberapa saat setelah menyelesaikan rutinitas kantor Anda. Penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang meluangkan waktu dalam sehari dengan beristirahat atau tidur dalam waktu singkat akan dapat meningkatkan daya konsentrasi di masa depan.

8. Terapi khusus

Terapi dapat dilakukan jika beberapa metode di atas gagal mengubah pola tidur. Terapi ini biasanya menggunakan pernapasan atau meditasi, yoga, atau dengan beberapa terapi herbal dan akupunktur. Diyakini bahwa teknik ini mampu merangsang sirkulasi darah agar lebih mudah, sehingga kantuk saja akan hadir pada waktu yang tepat.

Baca juga:

9. Konsumsi buah dan sayuran

Siapa yang tidak tahu bahwa buah-buahan dan sayuran memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa? Saya pikir semua orang harus setuju. Makan buah-buahan dan sayuran yang rajin yang mengandung vitamin dan mineral tingkat tinggi adalah cara untuk menyehatkan tubuh yang telah kekurangan nutrisi ketika pola tidurnya tidak sehat. Karena itu, langkah-langkah di atas akan lebih sempurna jika Anda juga memberikan nutrisi yang tepat untuk tubuh Anda agar pola tidur Anda lebih sehat.

10. Hindari kafein

Kafein yang biasanya ada dalam kopi adalah bahan yang bisa menjadi faktor pendukung untuk melek huruf Anda. Jadi jika Anda menginginkan gangguan tidur, terutama pola tidur yang lebih baik, hindari minum kafein, terutama terlalu banyak. Bukan hanya kopi, tetapi juga produk apa pun yang mengandung kafein tinggi.

Baca Juga  10 Cara Agar Tidur Sebentar tapi Berkualitas - Hidup Sehat

(lihat juga: Efek samping pil KB, cara merawat gigi sensitif)

11. Hindari alkohol

Beberapa orang percaya bahwa alkohol dapat membuat seseorang mudah mengantuk. Tetapi terlalu sering dan terlalu banyak minum alkohol tidak baik karena c & # 39 adalah bahaya bahwa minuman beralkohol agak mengancam jika dikonsumsi dalam jangka panjang. Tidak hanya itu, justru dengan efek diuretik dalam alkohol, ini sebenarnya menyebabkan mereka yang telah berhasil tidur nanti akan sering buang air kecil sehingga itu adalah orang yang sama yang tidak bisa tidur nyenyak.

12. Lakukan olahraga sejenak

Kurang olahraga juga bisa menjadi faktor dalam pola tidur yang tidak teratur. Ingatlah bahwa olahraga adalah salah satu cara terbaik untuk membuat tubuh Anda bugar dan meningkatkan kualitas tidur. Jadi bagi mereka yang ingin memperbaiki pola tidurnya, silakan berolahraga 15-30 menit sehari dan tidak harus pergi ke tempat kebugaran. Bahkan di rumah Anda dapat melakukan latihan ringan, seperti meregangkan otot-otot sederhana.

Artikel terkait: Makanan yang mengurangi albumin, efek samping dari kunyit

Pola tidur yang sehat akan sangat berguna untuk rutinitas harian Anda. Manfaat yang ditunjukkan dari pertama kali Anda mulai menerapkan pola tidur sehat meliputi, mudah berkonsentrasi, mudah membuat keputusan yang tepat, sehat secara fisik dan mental dan menghindari stres karena hal-hal yang tidak terduga. Jadi, artikel informatif tentang cara memperbaiki pola tidur agar sehat. Semoga bermanfaat bagi Anda!

Semoga info tentang 12 Cara Memperbaiki Pola Tidur yang Terganggu dapat mendatangkan manfaat bagi Anda yang sedang membacanya sekarang ini. Kamu jangan lupa untuk share tulisan di sosial media kalian dan meninggalkan komentar di web ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *