Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu

10 Tanda Kecanduan Makanan Penting untuk Diwaspadai – Hidup Sehat

Hai teman-teman selamat datang di situs artikelsiana.com. Kali ini kami akan menyajikan mengenai 10 Tanda Kecanduan Makanan Penting untuk Diwaspadai. Anda jangan lupa untuk bagikan artike di sosial media kalian.

Ternyata dalam kehidupan sehari-hari tidak hanya ada orang yang kecanduan narkoba, rokok dan sebagainya, jadi setiap orang pasti tahu bahaya narkoba dan bagaimana cara mengatasi kecanduan rokok. Orang juga dapat mengalami kecanduan makanan. Dan kecanduan makanan ini tidak disadari oleh orang sakit. Kenapa begitu? Karena orang merasa bahwa makanan adalah kebutuhan dasar manusia dan makan banyak tidak akan menjadi masalah.

Sebelum kita mempelajari lebih lanjut tentang tanda-tanda kecanduan makanan, mari kita lihat beberapa konsekuensi dari kecanduan makanan berikut ini.

  • kegemukan – Kelebihan berat badan atau gejala obesitas adalah hal pertama yang terjadi. Ketika kecanduan makanan dialami, seseorang secara otomatis tidak bisa mengendalikan berat badannya yang bertambah.
  • Masalah pencernaan – Makanan terkait dengan sistem pencernaan. Makanan berlebih dan tidak beraneka ragam membuat pencernaan lebih sulit dan menyebabkan gangguan pencernaan.
  • Kolesterol tinggi – Umumnya orang tergantung pada makanan untuk sesuatu yang tidak sehat jika dimakan berlebihan dan mengandung banyak lemak. Misalnya, makan cokelat, makan hamburger dan makan ayam. Ini meningkatkan kolesterol jahat dalam tubuh.
  • Masalah jantung – Masalah jantung terjadi jika orang mengalami obesitas dan meningkatkan kolesterol. Orang gemuk dapat menutup pembuluh ke dan dari jantung. Demikian pula, kolesterol dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah jantung.
Baca Juga  Ini 9 Manfaat Menyendiri Bagi Fisik, Emosi dan Mental Banyak Orang Belum Tahu - Hidup Sehat

Kecanduan makanan itu sendiri adalah masalah psikologis yang menyebabkan seseorang tidak pernah merasa kenyang dan mengkonsumsi makanan tertentu secara terus menerus. Kecanduan ini dapat terjadi pada siapa saja, tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Tanda-tanda kecanduan makanan bisa dilihat pada uraian di bawah ini.

  1. Mudah lelah

Orang yang cukup makan harus memiliki banyak energi dan bergerak dengan antusias. Berbeda dengan orang yang kecanduan makanan. Biasanya pasien cenderung mudah lelah atau sakit, terutama jika Anda baru saja selesai makan. Ini terjadi karena makan dalam jumlah banyak menyebabkan pencernaan bekerja keras dan membengkak. Apalagi jika makanan yang dikonsumsi mengandung banyak kalori tinggi.

  1. Makan terus menerus

Dia terus makan jenis makanan tertentu. Pasien biasanya akan makan lebih dari yang diharapkan. Mereka tidak lagi merasa lapar dan kenyang. Secara psikologis sensasi itu telah hilang. Otak merangsang makan lebih banyak dan lebih banyak. Mereka akan merasa cemas dan khawatir jika mereka harus berhenti makan.

  1. mual

Pecandu akan terus makan sampai mereka merasa mual: bagi mereka, mual baru adalah tanda bahwa mereka berhenti makan sejenak.

  1. Makanan favorit

Orang yang menderita kecanduan makanan memiliki makanan favorit. Makanan ini biasanya memicu seseorang untuk makan berlebihan dan kemudian makan terlalu banyak hal lain. Misalnya, penderita memiliki makanan cokelat favorit. Jadi di mana pun dia akan makan cokelat terus menerus. Maka ini akan memicu dia untuk makan berlebihan. Alasannya akan dipecahkan, pasien merasa dia telah makan cokelat terlalu banyak, jadi dia harus makan dalam jumlah banyak.

  1. Makan sendiri
Baca Juga  11 Tips Agar Bisa Tidur Siang Dengan Nyenyak Paling Jitu - Hidup Sehat

Umumnya, penderita suka makan sendiri. Ini karena menyediakan makanan favoritnya. Selain itu, pasien tidak ingin diprotes atau dikritik karena gaya makanan mereka yang berlebihan. Dia tidak suka undangan makan dengan orang lain.

  1. Belanja gila-gilaan

Karena hasratnya terhadap makanan, terutama makanan yang menjadi favorit, penderita akan mengalami belanja gila. Ini adalah gejala di mana keinginannya untuk membeli makanan di luar kendali. Segera beli dan beli lagi saat makanan yang diinginkan rendah atau sudah habis.

  1. Anda tidak bisa mengendalikan diri

Beberapa penderita sebenarnya sadar akan preferensi mereka untuk makan dan untuk makanan tertentu yang di luar batas. Namun, mereka tidak bisa lagi mengendalikan diri. Terlepas dari dampak dan bahaya yang mereka tahu, mereka akan terus melakukannya. Itu sebabnya mereka lebih suka makan sendiri. Mereka malu dengan hati nurani mereka, tetapi mereka tidak tahu bagaimana mengendalikan diri.

  1. Gangguan sosial

Nantinya pasien akan mengalami masalah sosial. Di mana mereka tidak lagi menyukai interaksi dengan lingkungan sosial mereka. Saya tidak lagi suka berkumpul dengan keluarga. Saya tidak suka makan dengan kolega lagi. Akhirnya, pasien akan melakukan lebih banyak kegiatan mereka dan mengisolasi diri mereka sendiri. Bagi mereka, yang terpenting adalah bisa makan terus menerus.

  1. Gangguan aktivitas
Baca Juga  Sering Bangun Siang ? Ini Loh Cara Agar Kamu Bangun Pagi Hari - Hidup Sehat

Ketika pasien terus makan tanpa bisa mengendalikan diri, kegiatan dan kegiatan sehari-hari akan terganggu. Jam kerja berkurang karena dihabiskan untuk makanan. Bagi mereka yang masih di sekolah, jam belajar akan berkurang secara dramatis. Semua waktu akan berakhir makan. Bahkan jika Anda memaksakan diri untuk melakukan kegiatan lain, pikirannya tidak dapat berkonsentrasi sepenuhnya. Mereka akan selalu ingat kapan mereka bisa makan.

  1. Gangguan kesehatan

Tanda terburuk dari kecanduan makanan adalah masalah kesehatan. Gangguan pertama menyerang pencernaan, seperti mual yang dijelaskan di atas. Lebih jauh lagi, itu akan mengganggu bagian pencernaan lainnya, seperti penyebab gangguan lambung, usus dan hati. Selanjutnya, jika Anda mengalami obesitas, Anda akan mengalami masalah dengan kesehatan ginjal, tanda-tanda jantung tersumbat dan lain-lain.

Sangat buruk karena kecanduan makanan. mengetahui tanda-tanda kecanduan makanan yang disebutkan di atas, kita harus bisa mencegahnya. Misalkan kita adalah di antara mereka yang memiliki tanda-tanda kecanduan makanan, sehingga Anda dapat segera berkonsultasi dengan dokter dan psikolog. Kami berharap informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Semoga informasi tentang 10 Tanda Kecanduan Makanan Penting untuk Diwaspadai dapat mendatangkan manfaat bagi sahabatku yang sedang membacanya sekarang ini. Teman-teman jangan lupa untuk share tulisan di sosial media kalian dan meninggalkan komentar di web ini.

0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *