Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu

Wireless: Pengertian, Kelebihan Wireless & Kekurangan Wireless

Wireless: Pengertian, Kelebihan Wireless & Kekurangan Wireless- Secara umum, pengertian Wireless atau Wireless network adalah kumpulan komputer yang terhubung antara satu lain yang membentuk jaringan komputer dengan menggunakan media udara atau gelombang sebagai jalur lintas datanya.

Atau secara sederhana, pengertian wireless yang biasanya diistilahkan adalah “tanpa kabel“.

Dalam hal ini adalah dengan melakukan hubungan sebuah telekomunikasi dengan memakai gelombang elektromagnetik sebagai pengganti kabel.

Standarisasi Teknologi Wireless

Proyek 802, protocol yang dikenal dengan “wireless local area network (WLAN)” adalah IEEE 802.XX.

Yang dimaksud dengan 802.XX adalah komite yang bergerak dalam standarisasi “Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE)” tersebut yang di bentuk pada Februari tahun 1980, sehingga itulah diberi nama 802.XX.

Untuk era sekarang ini, jaringan wireless yang begitu popular adalah Bluetooth, wifi wimax yang juga standarisasi wireless. Secara umum berlaku satandarisasi IEEE 802.15, IEEE 802.11 (a, b, g), 802.16 dan yang lainya.

Perbedaan yang paling utama antara 802.15, 802.11 dan 802.16 dapat ditinjau dari segi kecepatan transfer data.

Dengan menggunakan standarisasi yang sama maka seluruh perang tersebut dapat saling berkomunikasi.

Baca Juga  Kelebihan dan Kekurangan Topologi Ring

Sebagai contoh adalah standarisasi wifi jadi seluruh perangkat yang ada logonya wifi maka dapat saling untuk berkomunikasi.

a. Bluetooth

Pada awalnya, Bluetooth merupakan teknologi komunikasi wireless (tanpa kabel) yang dapat beroperasi dalam pita frekuensi 2,4 GHz unlicensed ISM (Industrial, Scientific and Medical).

Hal itu dengan memakai sebuah frequency hopping tranceiver yang dapat menyediakan layanan komunikasi data dan suara secara real-time antara host-host bluetooth dengan jarak jangkauan layanan yang terbatas (sekitar 10 meter).

Teknologi ini diciptakan dengan tujuan untuk kebutuhan komunikasi antar perlengkapan elektronik.

Fungsinya agar dapat saling mempertukarkan data dalam jarak yang terbatas dengan memakai gelombang radio dengan frekuensi tertentu.

Salah satu implementasi bluetooth yang populer adalah pada peralatan ponsel. Bluetooth adalah teknologi radio jarak pendek yang memberikan kemudahan konektivitas bagi peralatan-peralatan nirkabel.

b. WiFi (Wireless Fidelity)

Secara umum, pengertian Wifi (Wireless Fidelity) adalah suatu kumpulan standar yang memakai untuk Jaringan Lokal Nirkabel (Wireless Local Area Networks – WLAN) yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11.

Standar terbaru dari teknologi ini yaitu pada spesifikasi 802.11a. atau b, seperti 802.11 g, saat ini sedang dalam penyusunan.

Baca Juga  Dampak Positif Internet & Dampak Negatif Internet

Dalam teknologi terbaru ini, menawarkan spesifikasi terbaru dengan banyaknya peningkatan mulai dari luas cakupan yang lebih jauh hingga kecepatan transfernya.

Wi-MAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access) Merupakan teknologi akses nirkabel pita lebar (broadband wireless access atau disingkat BWA) yang memiliki kecepatan akses yang tinggi dengan jangkauan yang luas.

WiMAX merupakan evolusi dari teknologi BWA sebelumnya dengan fitur-fitur yang lebih menarik. Disamping kecepatan data yang tinggi mampu diberikan, WiMAX juga merupakan teknologi dengan open standar.

Dalam arti komunikasi perangkat WiMAX diantara beberapa vendor yang berbeda tetap dapat dilakukan (tidak proprietary).

Dengan kecepatan data yang besar (sampai 70 MBps), WiMAX dapat diaplikasikan untuk koneksi broadband „last mile‟, ataupun backhaul. Wi-MAX masuk dalam standarisasi IEEE 802.16

Kelebihan dan Kekurangan Wireless

Adapun suatu kelebihan dan juga kekurangan dari wireles yaitu:

a. Kelebihan Wireless

Wireless setidaknya memiliki 7 kelebihan yang dapat mendatangkan kemudahan atau keuntungan saat menggunakan Wireless. Adapun kelebihan yaitu:

  1. Mudah untuk dikembangkan.
  2. Sumber-sumber file bisa pindahkan dengan mudah tanpa menggunakan media kabel.
  3. Memiliki pembangunan jaringan yang cepat.
  4. Memiliki infrastruktur yang berdimensi kecil.
  5. Kemudahaan dalam setup
  6. Fleksibel dalam pemakaian di kantor atau di rumah.
  7. Terdapat kemudahan dan  efisiensi (murah) untuk direlokasi.
  8. Dalam pemeliharaannya tidak menyulitkan untuk mengeluarkan biaya
Baca Juga  Pengertian Sistem Informasi, Ciri, Fungsi, Komponen & Menurut Para Ahli

b. Kekurangan Wireless

Dimana ada kelebihan tentunya pasti ada kekurangannya, antara lain :

  1. Keamanan atau kerahasiaan data data yang begitu rentan.
  2. Delay (kelambatan) yang besar.
  3. Mempunyai kualitas sinyalnya yang dipengaruhi oleh adanya keadaan udara maupun juga  cuaca. Sehingga dalam artian pada kualitas dari koneksinya saat cuaca bagus akan berbeda, saat kualitas koneksi cuaca buruk (kalau dipakai diluar gedung/ruangan) dan dipengaruhi juga oleh batas-batas dinding gedung atau ruangan.
  4. Mahal dalam investasinya, kalau dibanding dengan menggunakan media kabel.
  5. Kemungkinan penyadapan koneksinya lebih besar terjadi, jika dibandingkan dengan menggunakan media kabel.
  6. Terdapat Interferensi gelombang radio.
  7. Adanya biaya peralatan yang memiliki rata-rata mahal.
  8. Produk dari produsen yang berbeda-beda kadang tidak kompatibel/cocok.

Demikianlah informasi mengenai Wireless: Pengertian, Kelebihan Wireless & Kekurangan Wireless. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua agar mengetahui pengertian wireless, kelebihan dan kekurangan dalam menggunakan Wireless. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman. 

0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *