Menu

Pelopor Senam Swedia dan Sejarah Senam Swedia Menurut Ahli

Artikelsiana | Pelopor senam swedia dan sejarah senam swedia. Senam Swedia adalah senam yang ditemukan pada awal abad ke-19 yang ditujukan untuk dapat meningkatkan kebugaran fisik masyarakat umum di sekolah, di militer dan sebagai proses penyembuhan medis. Konsep dan latihan serta manfaat senam swedia yang begitu besar untuk kebugaran tubuh, akhirnya senbam swedia dengan cepat menyebar ke luar Swedia dan di luar Eropa, dan sangat mempengaruhi pengembangan fisioterapi sebagai pilihan pengobatan.
Pencipta atau pelopor senam swedia adalah Per Henrik Ling, seorang master olahraga pagar yang aktif di awal abad ke-19. Bersama dengan anaknya Hjalmar, Ling telah mengembangkan sebuah program latihan senam fisik fungsional dan mendirikan Gymnastic Institute di kota Stockholm, Swedia di tahun 1813.
Tujuan awal Ling dengan institute ini yaitu untuk memberikan pelatihan senam Swedia untuk para guru anak-anak sekolah dan anggota militer. Ling akhirnya ditunjuk sebagai rekan dari anggota medis Swedia pada tahun 1831.

Baca Juga  Pengertian Permainan Bola Basket, Sejarah, Teknik Dasar, Peraturan & Tujuannya

Pelopor Senam Swedia dan Sejarah Senam Swedia Menurut Ahli

Program senam Swedia berisi empat kategori yang berbeda yaitu medis, estetika, militer dan pedagogic. Pelatihan senam swedia ini melibatkan latihan yang benar dari latihan senam yang sudah ditentukan, di bawah pengawasan pelatih. Kelompok senam di mana orang berdiri dan mempraktekkan gerakan berdiri bebas dalam formasi yang diadopsi sebagai mode latihan yang sangat efektif.

Baca Juga  Pengertian Atletik, Sejarah, Nomor, & Atletik Menurut Para Ahli

Kemudian, Ling mencoba untuk mengembangkan “Senam Medisnya” sebagai kategori dominan, bagaimanapun, dia mengalami kesulitan dalam merekrut cukup dokter untuk menggunakan senam Swedia untuk pengobatan medis.

Pesenam Swedia berkompetisi di Olimpiade pada tahun 1912 di Stockholm dan ini sangat dapat meningkatkan visibilitas dan popularitas senam Swedia sebagai kegiatan olahraga nasional. Pemerintah Swedia sudah memberikan dukungan ekonomi tahunan untuk senam swedia sejak tahun 1913.

Studi pada tahun 1950 menunjukkan bahwa metode latihan senam Swedia ini sangat bermanfaat bagi kesehatan dan konsepnya menjadi umum dipakai dalam program rehabilitasi medis Swedia setelah perang dunia kedua. Program senam berdasarkan konsep Senam Swedia juga diperkenalkan di sekolah-sekolah Swedia.

Baca Juga  13 Pengertian Kelincahan, Ciri, Jenis, Faktor & Bentuk Latihan Kelincahan (Agility)

Negara-negara Eropa yang lainnya juga tertarik pada senam Swedia dan manfaatnya untuk membantu penyembuhan fisik dan dapat meningkatkan kesehatan secara menyeluruh, mulai pada awal abad ke-19. Di Hungaria, program senam Swedia mulai diadaptasi dan institute Senam Hungaria didirikan pada tahun 1835. “Semangat Pedagogis Ling” dimodifikasi untuk dipakai di sekolah, dan idenya sudah dimasukkan dalam praktek terapi fisik modern di Swedia dan Negara lainnya. Senam Swedia sudah menjadi ekspor budaya utama Swedia dengan praktisi Swedia memakai senam Ling sebagai bentuk fisioterapi.

Demikianlah informasi tentang Pelopor Senam Swedia dan Sejarah Senam Swedia Menurut Ahli. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat kepada anda yang membutuhkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *