Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu

Manfaat Daun Kelor Untuk Balita dan Anak, Kandungan Gizi Setara 25 Ikat Bayam

Manfaat Daun Kelor, Artikelsiana.id – Daun kelor, sudah sejak dulu dimanfaatkan bagi kesehatan. Khasiat daun kelor tidak hanya untuk dewasa, melainkan manfaat daun kelor juga digunakan untuk bayi/balita atau untuk anak. Cara memanfaatkannya cukup mudah. Dapat dimanfaatkan dengan cara dimasak.

Tidak mengherankan dengan kemudahan yang ditawarkan untuk cara mengolah atau menggunakan daun keloar yang begitu mudah, membuat banyak ibu atau mama untuk mengobati penyakit bagi bayi.

Dengan kandungan kaya gizi berupa vitamin dan nutrisi, daun kelor menawarkan manfaat bagi kesehatan anak. Dengan manfaat berupa antioksidan yang baik, sayur ini mampu berkhasiat dan bermanfaat dalam menyingkarkan sejumlah racun atau virus yang mengganggu kesehatan balita anda.

Dengan perkembangan Teknologi saat ini, membuat para peneliti mengetahui kandungan vitamin dan mineral yang tersimpan dalam daun kelor.

Perlu anda ketahui bahwa kandungan gizi dalam daun kelor berupa kalium (yang amat baik untuk menjaga kesehatan jantung) pada kelor 3 kali lebih banyak daripada pada pisang?

Vitamin A yang tersimpan di daun kelor 4 kalinya wortel. Sedangkan Zat besi pada daun kelor setara dengan 25 ikat bayam. Bahkan untuk kandungan Vitamin C- daun kelor setara dengan 7 buah jeruk.

Walaupun ada juga yang mempertanyakan mengenai apakah ada efek samping memakan daun keloar. Tidak mengherankan jika ibu-ibu mempertanyakan demikian untuk mengobati kesehatan bayi anda.

Sebab sekalipun bersumber dari bahan-bahan alami untuk mengobati penyakit anak atau balita anda, juga perlu mendapat perhatian lebih dalam mengantisipasi segala hal yang tidak diinginkan seperti efek samping yang dapat memperparah penyakit si kecil.

Hal yang merugikan apabila, ibu tidak mencari tahu lebih dalam akan manfaat dan efek samping dari daun kelor. Apalagi balita yang baru saja berusia 1,2,3,4,5 tahun yang rentan terhadap penyakit dan menganggu kesehatan balita anda.

Dengan kandungan yang ditawarkan dari daun kelor, tidak mengherankan ada banyak masyarakat atau ibu-ibu menyajikan menu dalam masakannya berupa daun kelor. Pasalnya, daun kelo dapat melawan peradangan dan infeksi pada anak.

Sehingga dengan menyajikan daun kelor, baik hanya untuk berupa penambah rasa makanan atau lauk, juga memiliki manfaat dan khasiat. Atau ibaratnya “Sekali Mendayung, dua tiga gunung terlampau“.

Tidak hanya bermanfaat untuk melawan peradangan dan infeksi pada anak, daun kelor juga dapat meningkatkan energi, melawan kemungkinan kanker, mendetokfikasi sistem tubuh anak.

Selain itu, daun kelor juga memiliki manfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh sehingga dapat menambah daya tahan tubuh anda dalam menjalakan aktivitas yang berat. Terlebih lagi bagi anak-anak atau balita yang dalam proses aktif.

Bahkan manfaat daun keloar tidak hanya berhenti disitu saja, daun kelor mempunyai khasiat dalam menyembuhkan infeksi ringan, dan memperbaiki kulit disertai banyak manfaat lainnya. Daun kelor biasanya dianggap aman dan juga bisa dimakan oleh anak-anak.

Baca Juga  Manfaat dan Khasiat Andewi: Sayur Kriting Berkhasiat Bagi Tubuh Anda

1. Memberi Daun kelor Pada Bayi dan Anak, Apa sih Manfaatnya?

Daun Kelor adalah sayur dengan kandungan gizi tinggi sehingga berkhasiat untuk pemenuhan gizi buruk.

Daun kelor merupakan sayur bergizi tinggi sehingga bagus untuk pemenuhan gizi buruk. Berdasarkan situs Moringa Mavens yang menjelaskan khasiat dan manfaat daun kelor bahwa bayi di atas 6 bulan dapat diberikan daun kelor akan tetapi dalam bentuk serbuk.

Demikian ini sejalan dengan yang telah ditetapkan oleh organisasi kesehatan dunia. Ibu dapat menambahkan sekitar 10 – 15gram serbuk daun kelor ke setiap 100 g susu formula untuk memperkuat dan meningkatkan nilai gizi susu.

2. Lalu untuk daun kelor yang Bukan Bubuk Bgaimana? Adakah efek samping pemberian Daun Kelor Untuk Bayi?

Sejauh ini, perlu diperhatikan secara seksama bahwa manfaat dan khasiat daun kelor untuk diberikan kepada bayi, belum terdapat sumber yang pasti.

Pernyataan untuk memberikan daun keloar untuk bayi ini bukan tanpa sebab, pasalnya daun kelor memiliki kandungan serat tinggi. Sehingga, walaupun demikian akan kandungannya, daun kelor masih sangat sulit untuk dicerna oleh bayi.

Namun jangan berkecil hati, ibu dapat memanfaat daun kelor secara aman tanpa menerima efek samping dari daun kelor yang dapat berakibat bagi kesehatan bayi anda.

Dalam memanfaatkan daun kelor melihat dari efek sampingnya, tips dan trik yang dikhususkan adalah daun kelor dapat dimanfaaftkan untuk bayi berumur satu tahun untuk memberikan daun kelor.

Cara menyajikan untuk memanfaatkannya sangatlah mudah, ibu dapat menambahkan beberapa helai daun kelor pada sup atau menghaluskan daun matang yang kemudian ditambahkan pada makanan bayi. Atau, daun kelor bisa juga diolah menjadi sayur bening sebagai pengganti bayam.

3. Bagaimana Cara Mengurangi Rasa Pahit Pada Daun Kelor?

Biasanya, banyak anak yang enggan untuk mengkonsumsi daun kelor. Bukan karena bentuk dari daun kelor yang tidak enak dipandang oleh anak anda, melainkan rasa pahit yang diberikan daun kelor saat mengkonsumsinya.

Jangan khawatir, untuk mengatasi rasa pahit daun kelor, terdapat banyak tips dan trik yang simpel dan mudah serta pastinya juga murah.

Tips dan trik memanfaatkan daun kelor agar efek samping berupa rasa pahit berkurang adalah Ibu bisa memanfaatkan kapur sirih.

Caranya adalah dengan rebus daun kelor bersama kapur sirih hingga mendidih, setelah itu saring. Daun kelor siap untuk diolah lebih lanjut.

Untuk 1 poundnya, kelor mengandung:
3 kali zat besi dari bayam
3 kali potasium pisang
2 kali protein yang ditemukan dalam yogurt dan jumlah protein yang hampir sama ditemukan pada telur
4 kali kalsium yang ditemukan dalam susu
7 kali vitamin C jeruk

Baca Juga  Mengenal Perbedaan Gejala Haid dan Kehamilan

4. Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan

Sebagaimana penjelasan diatas, bahwa daun kelor menawarkan begitu banyak manfaat dan khasiat bagi tubuh. Namun, bagaimana penjelasan akan manfaat dari daun kelor itu.

Pertanyaan ini wajib bagi kita semua untuk mengetahuinya dan membaca selengkapnya, sebab jika hanya mengetahui sepotong-potong, maka dapat berdampak buruk bagi kesehatan anda.

Dan tidak dapat mensosialisasikan kepada lingkungan kita seperti, teman, sahabat, sepupu dan keluarga secara umumnya. Adapun tawaran manfaat dan khasiat daun kelor bagi kesehatan bagi anak anda adalah:

5. Manfaat Daun Kelor: Melawan Infeksi

Daun kelor telah dikenal mendunia sebab sifat anti-inflamasinya. Kandungan zat daun kelor dapat ditemukan lebih banyak dalam bubuk daun kelor. Apabila anak menderita penyakit batuk dan demam.

Selain itu, apabila anak mengalami infeksi ringan maka anda dapat memanfaatkan daun kelor dengan pemberian bubuk yang membantu dalam jangka panjang.

6. Manfaat Daun Kelor: Mengobati Mood Swings

Anak mengalami berbagai reaksi kimia secara teratur. Fase proses pertumbuhan konstan ini dapat mengurangi kesehatan emosionalnya. Apabila anda atau anak ibu sedang mengalami kondisi demikian, anda dapat memanfaatkan khasiat daun kelor dengan mengkonsumsi yang berfungsi untuk mengurangi mood swings. Selain itu, daun kelor juga bisa mengurangi potensi depresi pada anak.

7. Manfaat Daun Kelor: Memperbaiki Rambut

Daun kelor memiliki kandungan berupa vitamin dan asam amino. Kandungan daun kelor ini tepat untuk pembentukan protein keratin.

Protein ini merupakan komponen yang sangat penting didalam memastikan pertumbuhan rambut anak-anak.

Selain itu, daun kelor memiliki kandungan yang kaya akan vitamin A, bubuk daun kelor akan membantu dalam proses pertumbuhan rambut. Hal ini juga mengurangi potensi ketombe pada anak.

8. Manfaat Daun Kelor: Meningkatkan Imunitas

Daun kelor dikenal dengan potensinya untuk meningkatkan kekebalan tubuh anak dan akan bisa membantu tubuh untuk melawan bakteri biasa.

9. Manfaat Daun Kelor:  Meningkatkan Metabolisme

Selama tahap pertumbuhan, metabolisme anak berada pada masa puncaknya. Namun, apabila anak sakit atau menghadapi komplikasi fisik atau emosional, tingkat metabolisme turun seketika.

Ibu dapat memberinya daun kelor karena bahan ini adalah sumber sayuran kaya mineral, sehingga dapat memastikan metabolisme anak Ibu tetap baik.

Daun kelor dapat memastikan bahwa anak memperoleh berat dan tinggi badan yang diperlukan selama tahap pertumbuhan.

10. Manfaat Daun Kelor: Mengembangkan Struktur Sel

Daun kelor adalah salah satu dari sedikit sumber nabati yang memiliki kandungan asam amino. Komponen protein ini di daun kelor menjadikannya sumber makanan yang ideal untuk memastikan perkembangan sel yang kuat pada anak Ibu.

Baca Juga  Pengertian Imunisasi, Tujuan, Jenis-Jenis, Contoh & Manfaat

11. Manfaat Daun Kelor: Ginjal Sehat & Hati

Daun kelor memiliki potensi detoksifikasi yang hebat sehingga akan berdampak positif pada ginjal dan hati anak Ibu. Mengingat jumlah junk food yang biasanya dikonsumsi anak masa kini, detoksifikasi alami seperti daun kelor adalah pilihan yang baik.

12. Manfaat Daun Kelor: Meningkatkan Kesehatan Mata

Jika anak Ibu terus-menerus terpapar media audio-video elektronik maka ada kemungkinan besar dia menderita gangguan mata. Namun, kabar baiknya adalah sumber nabati yang baik dan aman seperti daun kelor benar-benar dapat meningkatkan penglihatan anak.

Sumber vitamin A yang baik, bubuk daun kelor dapat membantu anak menjaga penglihatannya yang berharga.

13. Manfaat Daun Kelor: Meningkatkan Energi

Dikemas dengan vitamin dan nutrisi, daun kelor pasti akan meningkatkan tingkat energi anak Anak yang sedang tumbuh membutuhkan banyak energi. Energi dibutuhkan untuk menopang pertumbuhannya.

14. Manfaat Daun Kelor: Sembuhkan luka

Apakah anak Ibu seorang yang aktif dan menyukai olahraga? Tapi Ibu takut anak akan terluka? Jangan khawatir, Ibu cukup mengoleskan bubuk daun kelor pada luka anak. Luka akan lebih cepat sembuh. Hal yang sama juga berlaku untuk bekas luka.

15. Manfaat Daun Kelor: Bagus untuk Kulit

Kaya vitamin A, C dan E, daun kelor adalah sumber makanan yang fantastis untuk meningkatkan kesehatan kulit anak secara keseluruhan. Daun kelor akan membantu menghilangkan ruam dan iritasi. Oleskan bubuk daun kelor pada kulit, bisa juga digunakan sebagai masker.

Ilustrasi Gambar: Manfaat Daun Kelor Untuk Balita dan Anak, Kandungan Gizi Setara 25 Ikat Bayam 

Demikianlah informasi mengenai Manfaat Daun Kelor untuk balita dan anak. Semoga informasi dapat membantu anda dalam mengatasi kesehatan yang mengganggu balita anda dan anak anda dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang mudah dan murah. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman.

0 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *