Menu

Karakteristik Atau Ciri-Ciri E-Learning & Manfaat E-Learning

Karakteristik Atau Ciri-Ciri E-Learning & Manfaat E-Learning – Secara umum, pengertian e-learning adalah suatu sistem atau konsep pendidikan yang memanfaatkan teknologi informasi dalam proses belajar mengajar.

Dengan hadirnya E-learning, maka peserta didik dan pengajar dapat dengan mudah untuk berinteraksi dengan bahan atau materi pelajaran.

Peserta didik dapat diuntungkan dengan hadirnya e-learning sebab dapat berbagi informasi,

Selain itu, dapat berbagi pendapat banyak hal yang menyangkut pelajaran atau kebutuhan pengembangan diri peserta didik.

Bahkan guru/pengajar atau pendidik juga turut merasakan manfaat yang begitu besar dengan hadirnya e-learning.

Guru dapat menempatkan bahan-bahan belajar dan tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh peserta didik di tempat tertentu di dalam web untuk di akses oleh peserta didik.

Sesuai dengan kebutuhan, guru dapat pula memberikan kesempatan kepada peserta didik atau murid untuk mengakses bahan belajar tertentu.

Bahkan dapat mengakses soal-soal ujian yang hanya dapat diakses oleh peserta didik sekali saja dan dalam rentangan waktu tertentu pula.

Melihat manfaat yang begitu besar dari hadirnya e-learning, berikut ini, penulis akan memaparkan manfaat e-learning untuk peserta didik dan bagi guru.

Manfaat E-Learning.

Secara lebih rinci, manfaat e-learning dapat dibagi dalam 2 (dua) sudut pandang, yaitu dari sudut peserta didik dan guru. Adapun manfaat dari keduanya dapat dilihat dibawa ini:

Manfaat e-Learning Bagi Peserta didik

Dengan kegiatan e-learning, membuat adanya perkembangan fleksibilitas belajar yang tinggi.

Baca Juga  Pengertian e-Learning, Tujuan, Fungsi e-Learning, Ciri & Sejarah e-Learning

Sejalan dengan hal itu, Brown (2000) memaparkan bahwa demikian ini memberikan manfaat bagi siswa.

Sebab menurut Brown dengan hadirnya e-learning, dalam mengatasi masalah-masalah siswa atau peserta didik berupa:

  1. Belajar di sekolah-sekolah kecil di daerah-daerah miskin untuk mengikuti mata pelajaran tertentu yang tidak dapat diberikan oleh sekolahnya.
  2. Mengikuti program pendidikan keluarga di rumah (home schoolers) untuk mempelajari materi yang tidak dapat diajarkan oleh orang tuanya, contoh bahasa asing dan ketrampilan di bidang komputer.
  3. Merasa phobia dengan sekolah atau peserta didik yang di rawat di rumah sakit atau di rumah, yang putus sekolah akan tetapi memiliki minat dalam melanjutkan pendidikannya, serta peserta didik yang terdapat atau tinggal di berbagai daerah atau bahkan yang berada di luar negeri.
  4. Tidak tertampung untuk di sekolah-sekolah yang terbilang masih tradisional atau konvensional untuk mendapatkan pendidikan.

Manfaat E-Learning Bagi Guru

Menurut soekartawi (dalam Siahaan) bahwa terdapat macam-macam manfaat yang didapatkan guru atau pengajar antara lain:

  1. Dapat dengan mudah melakukan pembaharuan bahan-bahan yang menjadi tanggung jawabnya berdasarkan dengan tuntutan perkembangan keilmuan yang terjadi.
  2. Bermanfaat dalam pengembangan diri atau melakukan penelitian untuk peningkatan wawasan. Sebab dengan e-learning, waktu luang yang dimiliki relatif lebih banyak.
  3. Dapat dengan mudah dalam mengontrol kegiatan belajar peserta didik. Lantaran guru leluasa mengetahui kapan peserta didiknya belajar, topik apa yang dipelajari, berapa lama sesuatu topik dipelajari, serta berapa kali topik tertentu dipelajari ulang.
  4. Pengajar atau guru dapat dengan mudah mengetahui bahwa peserta didik atau muridnya telah mengerjakan soal-soal latihan setelah mempelajari topik tertentu.
  5. Diberikan kemudahan dalam memeriksa jawaban peserta didik dan memberitahukan hasilnya kepada peserta didik.
Baca Juga  Pengertian Media Sosial, Fungsi, Karakteristik, Jenis & Dampak Media Sosial

Selain itu, manfaat e-learning dengan penggunaan internet, khususnya dalam pembelajaran jarak jauh antara lain:

  1. Guru dan siswa dapat berkomunikasi dengan mudah dan cepat melalui fasilitas internet tanpa dibatasi oleh tempat, jarak dan waktu. Secara regular atau kapan saja kegiatan berkomunikasi bisa dilakukan.
  2. Guru dan siswa dapat memakai materi pembelajaran yang ruang lingkup dan urutan sudah sistematis terjadwal melalui internet.
  3. Dengan e-learning dapat manjelaskan materi pembelajaran yang sulit dan rumit menjadi sangat mudah dan sederhana.
  4. Selain itu, materi pembelajaran dapat disimpan dikomputer, sehingga siswa dapat mempelajari kembali atau mengulang materi pembelajaran yang telah dipelajarinya setiap saat dan dimana saja sesuai dengan keperluannya.
  5. Mempermudah dan mempercepat mengakses dalam memperoleh atau mendapatkan informasi yang berkaitan dengan materi pembelajaran yang dipelajarinya dari macam-macam sumber informasi di internet.
  6. Internet dapat dijadikan media untuk melakukan diskusi antara guru dengan siswa, baik untuk seorang pembelajar, atau dalam jumlah pembelajar terbatas.
  7. Peran siswa rnenjadi lebih aktif mempelajari materi pembelajaran, memperoleh ilmu pengetahuan atau informasi secara mandiri, tidak mengandalkan pemberian dari guru, disesuaikan pula dengan keinginan dan minatnya terhadap materi pembelajaran.
  8. Relatif lebih efisien dari segi waktu, tempat dan biaya.
  9. Bagi pembelajar yang sudah bekerja dan sibuk dengan kegiatannya sehingga tidak mempunyai waktu untuk datang ke suatu lembaga pendidikan maka dapat mengakses internet kapanpun sesuai dengan waktu luangnya.
Baca Juga  Kelebihan dan Kekurangan Topologi Tree (Pohon)

Karakteristik Atau Ciri-Ciri E-Learning

Karakteristik e-learning ini antaru lain adalah:

  1. Memanfaatkan jasa teknologi elektronik. Sehingga mendapatkan informasi dan berkomunikasi dengan mudah dan cepat baik untuk pengajar dengan pembelajar, atau pembelajar dengan pembelajar.
  2. Memanfaatkan media komputer, contohnya jaringan komputer atau media digital.
  3. Memakai materi pembelajaran untuk dipelajari secara mandiri oleh peserta didik atau murid.
  4. Materi pembelajaran dapat disimpan di komputer sehingga dapat diakses oleh guru dan siswa kapan saja dan di mana saja ketika diperlukan kembali.
  5. Memanfaatkan komputer untuk proses pembelajaran dan juga untuk mengetahui hasil kemajuan belajar, atau administrasi pendidikan serta untuk memperoleh informasi yang banyak dari berbagai sumber informasi.

Demikianlah informasi mengenai Manfaat e-Learning & Karakteristik Atau Ciri-Ciri e-Learning. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *