Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu

Lengkap, 55+ Contoh Paragraf Deskripsi Subjektif, Objektif dan Spasial Serta Cara Membuatnya

Ada beberapa contoh paragraf deskripsi yang bisa kita jadikan referensi untuk mengenal dan membuat paragraf deskripsi. Tentu saja, anda yang sudah masuk di situs ini pasti masih belum mengetahui secara baik apa itu paragraf deskrispi. Nah, lewat contoh paragraf deskripsi yang akan kami sajikan di artikel ini, mudah-mudahan teman-teman bisa mengetahui dan memahaminya.

Pemahaman mengenai contoh paragraf deskripsi memang sangatlah penting bagi kita yang sedang ingin menulis makalah atau membaca makalah. Apalagi, pada paragraf deskripsi terdapat berbagai macam dan jenis paragrafnya.

Yang seringkali kita temukan yaitu jenis jenis paragraf deskripsi. Nah, kita mulai pembahasannya dengan mengetahui apa pengertian paragraf deskripsi. Paragraf deskripsi adalah suatu paragraf yang berisi informasi sedetail mungkin tentang sesuatu lewat kata-kata yang akan membuat si pembaca seolah-olah mengalami apa yang dirasakan oleh pengarangnya.

Paragrafnya berisi informai tentang karakteristik perilaku, sifat, perasaan dan lainnya. Banyak juga yang telah menyebutkan bahwa paragraf deskripsi ini akan memberikan pengertian secara lengkap agar si pembaca bisa mengetahui dan mudah memahami apa yang sedang dituliskan oleh si pengarang baik itu model abstraknya maupun bagian fisik atau material seperti sikap dan perasaan.

Agar mudah kita memahami seperti perbedaannya maka kita boleh melihat dulu dengan cara mengenali ciri ciri paragraf deskripsi itu. Kebanyakan dari paragraf tersebut banyak menjelaskan sebuah pengamatan semisal tempat, benda, kondisi yang dijelaskan lewat sebuah kalimat.

Disamping itu untuk mencakup panca indera yang dimiliki oleh manusia semisal penglihatan, penciuman, pengecepan, dan perabaan paragraf ini juga bisa menjelaskan ciri sikap dan fisik dari makna lain semisal warna, bentuk dan perilaku seseorang dari tujuan tersebut.

Disamping itu, paragraf deskripsi ini bisa kita temukan frase atau juga disebut kalimat dimana pada kalimat itu memiliki kata sikap atau makna suasana.

contoh paragraf deskripsi

Contoh Paragraf Deskripsi, Jenis dan Pengertiannya

Paragraf deskripsi dapat kita kelompokkan dalam tiga bagian seperti paragraf deskripsi subjektif yang dimana memberikan gambaran dari suatu objek yang sesuai kesan, tafsiran dan perasaan dari si pengarangnya.

PAda jenis yang ketiga yaitu paragraf deskripsi objektif yakni suatu paragraf yang akan menerangkan objek tertentu dengan seharusnya, jadi pembaca bisa membayangkan kondisi yang sebenarnya terhadap objek tersebut.

Paragraf jenis objektif ini tak memberitahukan rasa atau pendapat pribadi dari pengarangnya.

Nah, untuk lebih jelasnya di bawah ini kami akan memberikan ulasan tentang berbagai macam paragraf, akan tetapi sebelum kami mulai membahas, kami terlebih dahulu menjelaskan tentang pengertian paragraf deskripsi.

Pengertian Paragraf Deskripsi

Nah, sebelum kita lanjut membahas contoh paragraf deskripsi, maka sebaiknya kita mesti memahami secara terlebih dahulu tujuan dan maksud dari paragraf deskripsi ini sehingga saat kita masuk pada penjelasannya yang lebih detail tentang paragraf ini, kita tidak akan kebingungan lagi.

Pengertian paragraf deskripsi adalah suatu paragraf yang dibuat oleh penulis dimana memiliki satu tujuan yakni menjelaskan objek secara tersusun lewat tulisan sehingga bisa dirasakan oleh panca indera manusia atau bisa dirasakan oleh si pembacanya.

Ketika si penulis paragraf deskripsinya, si penulis harusla memberikan penjelasan atas objek atau pengamatan yang sudah dilihatnya secara jelas. Faktor-faktor yang menjadikan sebuah penjelasan bagi penulis pada bagian cerita yang dibuat biasanya berwujud seperti sifat, perasaan dan kondisi atau keadaan.

Dengan tujuan untuk dapat meyakinkan si pembaca, maka seolah-olah sedang menemukan objek yang diterangkan oleh si penulis pada saat membaca karangannya yang dia jadikan menjadi buku.

Ciri Ciri kalimat Deskripsi

Kalimat deskripsi itu seringkali disebut atau dianggap hampir mirip dengan kalimat definisi. Akan tetapi pada kenyataannya bahwa kalimat ini adalh dua buah kalimat yang sangat jauh berbeda. nah, berikut ini terdapat ciri ciri kalimat deskripsi yang bisa kita pelajari.

1. Dalam mendeskripsikan pada suatu objek yang dituju, kalimat ini pasti memakai panca indera untuk dapat mendeskripsikannya.
2. Jika suatu objek yang dijelaskan memakai kalimat deskripsi maka para pembaca akan merasakan seolah-olah sedang mengalami atau bisa merasakan apa yang dideskripsikan.
3. Kalimat ini selalu membicarakan ciri khusus pada suatu objek.

4. Kalimat yang seringkali kita temukan. Karena hampir setiap laporan atau paragraf deskripsi ini selalu memuat kalimat deskripsi.
5. Jika kalimat ini dibuat terbalik susunannya maka makna kalimatnya akan mengalami suatu perubahan.

Baca Juga  Pengertian Kualitatif, Ciri, Jenis Metode Penelitian Kualitatif & Tujuannya

Fungsi Kalimat Deskripsi

Kalimat deskripsi itu biasa mempunyai beberapa fungsi penting yang memang biasanya dipakai oleh si penulis. Kalimat yang selalu muncul pada setiap naskah laporan. Kalimat ini sudah menjadi sesuatu yang penting dan mesti dipahami karena berkaitan dengan penyampaian suatu objek. Berikut ini terdapat fungsi kalimat deskripsi:

1. Kalimat deskripsi digunakan untuk dapat mendeskripsikan objek dengan melibatkan fungsi panca indera
2. Kalimat deskripsi digunakan untuk menjadi salah satu bahan dalam pembuatan paragraf deskripsi
3. Kalimat deskripsi ini bisa juga digunakan dalam penulisan karangan deskripsi.

Jenis-Jenis Paragraf Deskripsi

Paragraf deskripsi atas tiga macam atau kelompok. Dimana dari paragraf tersebut mempunyai berbagai macam perbedaan. Bisa jadi itu merupakan sebuah perbedaan dari penulisnya, dari materinya, atau kemungkinan memang tujuan utama dari sebuah paragraf itu sendiri.

Nah, untuk bisa memahami secara lebih mendalam, marilah kita menyimak secara seksama dari penjelasan berikut ini:

1. Deskripsi Objektif

Pada deskripsi ini merupakan sebuah deskripsi yang diambil dari kisah yang memang benar-benar nyata terjadi. Dimana si penulis dalam menyampaikannya tak memberikan nasihat atau kesan oleh si penulis atau pengarang.

2. Deskripsi Subjektif

Pada deksripsi subjektif ini menyajikan jenis paragraf yang isinya diambil dari isi pikiran si penulis. Paragraf ini memberikan kesan kesan yang berasal dari penulis lewat tulisannya.

3. Deskripsi Spasial

Pada deskripsi spasial ini menyajikan paragraf yang dibuat untuk tujuan tersendiri, dimana paragraf ini diterangkan secara merinci oleh pengarangnya dan isinya dari sebuah paragraf ini biasanya berisi informasi tentang tempat, benda atau ruangan.

Ciri ciri Paragraf Deskripsi

Paragraf deskripsi ini hampir sama dengan kalimat deskripsi, nah berikut ini terdapat beberapa ciri-ciri yang bisa kita pelajari dan menjadikannya sebagai perbandingan dimana letak perbedaan paragraf deskripsi dan kalimat definisi.

1. Paragraf ini biasanya berisikan kalimat deskripsi yang melambangkan atau menggambarkan atau menceritakan secara detail dari sebuah objek. Yang biasanya digambarkan oleh orang yaitu tempat, keindahan alamnyua, dan hal-hal lainya yang dapat dinilai lewat panca indera dan dituangkan lewat kata kata.

2. Paragraf ini dibuat bertujuabn untuk dapat memberikan gambaran atau perasaan terhadap pembaca mengenai objek yang memang ingin diketahui. Sehingga pembaca seolah-olah dapat merasakan secara langsung objek yang dideskripsikannya. Selain berdasarkan ciri-cirinya, paragraf deskripsi ini juga dapat dilihat dari berdasarkan macam-macam jenis paragraf deskripsi.

Macam Macam Paragraf Deskripsi

1. Paragraf deskripsi objektif adalah sebuah paragraf deskripsi dimana di dalamnya berisi penjelasan objeknya yang tidak disertai dengan opini penulisnya.
2. Paragraf deskripsi subjektif adalah suatu paragraf yang isinya berupa penggambaran suatu objek yang berasal dari opini penulisnya.
3. Paragraf deskripsi spesial adalah suatu paragraf yang memberikan penggambaran sebuah objek secara detail dan biasanya paragraf ini secara khusus digunakan untuk dapat mendeskripsikan sebuah ruangan, tempat atau benda.
4. Paragraf deskripsi waktu yaitu suatu paragraf dimana dalam pengembangannya berdasarkan sebuah waktu dari peristiwa tersebut.

Cara Membuat Paragraf Deskripsi

Dari penjelasan di atas, tentu saja kawan-kawan sudah bisa mengetahui seperti apa itu paragraf deskripsi. Nah, babak selanjutnya, kita akan menyajikan informasi tentang cara membuat paragraf deskripsi yang rapi dan sempurna. Nah, berikut penjelasannya di bawah ini:

1. Menentukan Objek atau Sasaran

Pertama-tama kita harus memastikan objek yang akan kita jelaskan dan dituang menjadi sebuah paragraf deskripsi yang baik. Adapun contoh sasarannya yaitu tema yang terdapat di tempat lain, misalnya karya ilmiah, argumentasi dan susunan-susunan yang lainnya.

Jika anda memang belum sama sekali membuat paragraf deskripsi dan masih belum memiliki objek yang akan di pilih, maka kali ini kami akan menyajikan sedikit cara untuk anda mengambil objek yang tempatnya tak jauh dari kita atau bahkan berada pada lingkungan kita.

Mengapa demikian?

Di sini kami sangat yakin bahwa jika kamu mau mengambil sasaran yang ada di dekat lingkungan sekitar, tentunya disini kita akan mudah sekali menjelaskan dalam paragraf deskripsi yang kita buat.

2. Menentukan Jenis

Setelah anda bisa menentukan sasarannya, maka yang dipersiapkan selanjutnya yaitu mengambil jenis deskripsi yang akan kita buat. caranya, kamu pilih salah satu jenis paragraf deskripsi yang sudah kita bahas secara bersama-sama sebelumnya.

Baca Juga  35+ Pengertian Dan Contoh Paper Singkat, Penelitian, Kuliah, Sederhana dan Cara Membuat Paper

Anda dapat memilih bentuk deskripsi yang sesuai dengan kemampuan yang kita miliki. Jika anda lebih senang dengan masalah yang berkaitan dengan pendapat kalian, maka lebih mudah memilih jenis deskripsi yang ilmiah atau objektif.

Dengan adanya hal ini, maka dapat membantu anda saat anda membuat paragraf deskripsi. Mengapa demikian? karena pada saat anda mengerjakan deskripsi yang sedang kamu pilih, kurang lebih kita banyak memiliki sebuah alasan supaya fokus dalam mengerjakan sebuah paragraf deskripsi.

3. Menggunakan Bahasa yang mudah dan gampang di pahami

Setelah kita berhasil sudah melewati tahapan yang telah dijelaskan sebelumnya, maka pasti anda sekarang sudah bisa mempersiapkan diri untuk membuat deskripsi yang anda sukai. Pada saat anda akan membuat sebuah paragraf deskripsui, maka pastikanlah anda wajib menggunakan kata-kata yang memang mudah atau gampang dipahami oleh si pembaca. Dan jangan lupa anda gambarkan atau deskripsikan objek atau sasaran secara lengkap dan rinci tapi tidak berbelit-belit.

Mengapa demikian? karena permasalahan itu akan mengarah kepada semua yang sudah membaca paragraf deskripsi yang akan membuat pembaca merasa kamu lebih nyaman. Jika yang membaca deskripsi anda sudah merasa senang dan bahagia dan merasa tertarik dengan paragraf deskripsi yang sudah dibuat maka kemungkinan besar jika anda nanti membuat sebuah paragraf deskripsi lagi, pasti banyak yang ingin membacanya.

Tak hanya sampai disituy saja, anda juga nanti akan mudah mengertia siapa ssaran yang akan membaca deskripsi yang akan kita buat. Jika kamu sering memperhatikan deskripsi yang anda buat itu ditargetkan kepada anak kecil, maka kamu mesti menggunakan bahasa yang memang lebih mudah sehingga bisa dipahami oleh si anak kecil tersebut.

Akan tetapi jika paragraf deskripsi ini dibuat kepada orang-orang yang sudah memiliki ilmu yang tinggi, maka anda wajib menggunakan bahasa yang tutur bahasanya tinggi supaya deskripsi tersebut memiliki nilai yang tinggi dihadapan mereka.

4. Menentukan Artikel Judul yang Menyenangkan

Kita harus mengetahui cara yang dilakukan oleh jenis paragraf deskripsi ini biasanya terdapat pada deskripsi subjektif dan tak berlaku pada jenis paragraf deskripsi yang lainnya. Jika anda memaksa menggunakan paragraf deskripsi objektif maka dipastikan berita yang akan kita sampaikan yaitu berita yang tak benar terjadi atau bisa disebut hoax.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan sedikit menggambarkan cara membuat paragraf deskripsi ini. Cara ini hanya bisa digunakan dalam deskripsi yang memiliki opini atau pendapat belaka. Jadi deskripsi ini hanya bisa digunakan dalam satu deskripsi saja yakni deskripsi subjektif.

Mengapa demikian? Karena orang-orang lebih terbiasa senang dan menyukai bacaan-bacaan yang dianggap mereka bisa membuat penasaran.

5. Membuat Sebuah Deskrispi Sangat Penting untuk Dimengerti Pembaca

Cara terakhir adalah anda mesti menulis yang dimana paragraf deskripsi itu memiliki peran penting untuk bisa dipahami oleh si pembaca. Di samping itu, anda juga mesti membuat paragraf deskripsi tersebut berisi kata-kata yang mudah dipahami oleh pembacanya.

Jadi mereka yang membaca deskripsi itu seolah-olah mereka itu sangat membutuhkan keterangan yang terdapat pada paragraf deskripsi tersebut. Oleh karena itu, anda tidak perlu lagi susah susah mencari oarng agar deskripsi kamu bisa dibaca oleh orang-orang.

Lantas bagaimana cara yang harus kita kerjakan?? dalam praktek, anda harus mencari sumber informasi yang sangat dibutuhkan oleh lingkungan atau masyarakat.

Itulah yang bisa kami jelaskan tentang paragraf deskripsi yang mesti diketahui. Mudah-mudahan anda mengerti dalam pembuatan paragraf deskripsi. Cara membuatnya sangat mudah. Anda cukup memahami seperti apa jenis-jenis paragraf deskripsi dan cara pembuatannya. Pasti anda sudah bisa menulis paragraf deskripsi tersebut.

Contoh Paragraf Deskripsi

Contoh Paragraf Deskripsi Subjektif

contoh paragraf deskripsi subjektif

Banyak orang yang telah menganggap bahwa pantai Kapuk adalah pantai yang kurang menyenangkan untuk kita bisa jelajahi karena disebabkan kurangnya wisatawan yang mengunjunginya. Akan tetapi berdasarkan penilaian kami bahwa pantai itu sangatlah indah dan menawan.

Pantai Kapuk adalah salah satu pantai yang mendapatkan julukan pantai terbersih di bagian kecamatan suka jaya.

Kemudian apa saja yang ada di pantai yang sangat bersih itu? Yang terdapat pada pantai tersebut yaitu pasir yang berwarna putih bersih dan pantainya sangat luas. Dalam pandangan kami bahwa pantai itu sangat cocok untuk kita bisa menghabiskan akhir pekan bersama dengan sahabat, kerabat maupun mengajak pasangan dan sangat cocok untuk melakukan selfie.

Baca Juga  12 Pengertian Pengetahuan Menurut Para Ahli, Jenis-jenis dan Cara Mendapatkan Pengetahuan

Indahnya lagi ketika masuk waktu senja, kalian yang berkunjung pada pantai tersebut akan merasa terkagum-kagum dengan adanya pemandangan matahari yang akan tenggelam di senja hari. Di samping itu, pantai kapuk terkenal dengan ombaknya yang sangat begitu indah.

Ombak tersebut bukan hanya cantik, akan tetapi sangat bagus untuk anda yang memang gemar berselancar, karena ombaknya yang besar dan tidak deras, yang pasti tak akan berbahaya ketika anda sedang melakukan selancar.

Kemudian terdapat tumpukan batu besar yang sudah tersusun rapi dan dihiasi adanya deburan ombak yang menghempas pinggiran batu tersebut. Kesempatan ini sangatlah langka untuk anda yang hanya lewat begitu saja.

Itulah sebabnya, pantai kapuk ini terbilang pantai yang sangat indah. Meskipun saat ini belum cukup ramai dan terkenal seperti pantai-pantai yang ada di Indonesia lainnya, akan tetapi pantai Kapuk ini tak kalah indahnya dengan pantai yang terdapat di pulau bali.

Contoh Paragraf Deskripsi Objektif

Jika kita ingin berkunjung ke pantai kapuk yang terletak di kecamatan Suka jaya ini maka kita membutuhkan waktu kurang lebih 1.7 jam untuk sampai dari pusat kota Bandar Lampung yang jarak tempuhnya sekitar 16 km. Pantai indah kapuk ini sangatlah terawat dan terbebas dari adanya sampah-sampah. Pasir berwarna putih bersih sangat halus sehingga saat kita melihat dan merasakannya bisa memanjakan mata dan pikiran kita saat mengunjunginya.

Ombaknya sangat besar dan berbahaya sehingga tidak dianjurkan untuk para pengunjung berenang jauh-jauh dari tepi pantai tersebut. Di sebelah timur pantai ini ada hutan yang sangatlah bagus dan terlihat masih sangat alami.

Selain daripada itu, terdapat sungai kecil yang indah dimana alirannya mengalir langsung ke laut lepas. Banyak pohon kelapa di sepanjang pantai yang terlihat rapi dan berjejer.

Letak jalan utama menuju pantai itu kurang lebih 3 kilometer, jadi agak jauh saat anda sedang memarkirkan kendaraan anda yang mana sudah disediakan tempat parkir dan di samping itu untuk menuju pantai, kita harus melewati sebuah kawasan hutan yang sangatlah rimbun supaya kita dapat melihat kecantikan pantai indah kapuk yang terletak di bandar lampung.

Contoh Paragraf Deskripsi Spasial

contoh paragraf deskripsi spasial

Ruang yang memiliki ukuran 9m x 8m itu jika dilihat memang terasa sangat enak untuk kita tempati. Selain itu, juga terdapat sofa yang sangat empuk dan berwarna putih. Mejanya terbuat dari kayu berwarna coklat dan bantalnya cantik yang terletak pada bagian ruang tengah.

Di bagian lain, tepatnya di samping sofa terdapat rak buku dimana rak buku itu ada buku ilmiah dan buku novel yang di tempatkan sangat mepet dengan tembok dan terdapat pot yang berisi tanaman palem yang berukuran kecil dimana seolah-olah terlihat menyatu dengan dinding yang sudah dicat berwarna abu-abu.

Di luar ruangan, tepatnya pada bagian tengah ada sebuah kolam yang memiliki ukuran 2.6m x 3m. Pada kolam itu terdapat ikan hias yakni ikan koi yang saling berseliweran satu dengan yang lainnya. Suara aliran air yang mengalir pada kolam tersebut memberikan rasa sejuk dan dinginnya suasana ruang tamu yang dimiliki oleh pak Andi itu.

Demikianlah informasi tentang contoh paragraf deskripsi dan cara membuatnya. Semoga saja informasi ini dapat memberikan manfaat kepada anda yang sedang membutuhkannya.

0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *