Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu

Inilah Cara Ampuh Untuk Menyembuhkan Bintitan Pada Kelopak Mata

Artikelsiana โ€“ Benjolan pada kelopak mata bisa dialami oleh siapa saja. Meskipun sebagian benjolan pada mata itu tergolong tak berbahaya. Akan tetapi, anda sebaiknya dapat mengetahui bagaimana cara menyembuhkan benjolan pada kelopak mata secara tepat supaya tak mengganggu penglihatan dan penampilan sehari-hari.
Di Indonesia, benjolan pada kelopak mata itu sering dikenal dengan sebutan bintitan (hordeulum). Pada kondisi ini biasa terjadi karena adanya infeksi bakteri yang telah menyerang kelenjar di mata. Padahal benjolan di kelopak mata juga kemungkinan merupakan kalazion, yakni benjolan seperti kista yang muncul karena adanya penumpukan cairan di kelopak mata.

Cara Menyembuhkan Benjolan atau Bintitan Pada Kelopak Mata

Nah, berikut ini beberapa langkah untuk menyembuhkan benjolan pada kelopak mata yang bisa kita lakukan:

Bersihkanlah area mata

Pada dasarnya, benjolan yang muncul itu disebabkan oleh adanya kotoran atau benda asing yang telah menempel pada kelopak mata. Jadi, bersihkanlah daerah yang ada di sekitar kelopak mata. Ambillah bola kapas atau kain bersih. Kemudian celupkanlah ke dalam air hangat dan bersihkanlah. Anda dapat melakukan gerakan pijatan secara lembut sambil membersihkan pada area tersebut.
Ulangi cara tersebut sekurang-kurangnya 3 sampai 4 kali sehari. Pastikan anda sudah membersihkan tangan terlebih dahulu dan bola kapas dalam kondisi bersih. Lakukanlah hal yang sama pada benjolan yang disebabkan oleh kalazion untuk dapat mencegah terjadi penumpukan kotoran pada area mata.

Baca Juga  Demam Berdarah PDF, Gejala dan Cara Mencegah Demam Berdarah

Hindarilah Memencet Benjolan

Tahan diri anda untuk tak memencet benjolan atau bintitan tersebut, apalagi ingin mengeluarkan cairan yang ada di dalamnya. Hal ini hanya akan membuat kondisi benjolan pada kelopak mata akan semakin memburuk. Bahkan, dapat membuat parah infeksi dan menyebarkan kuman ke mata yang satunya. Selain daripada itu, hal tersebut juga bisa mengakibatkan bekas luka yang bersifat secara permanen.

Baca Juga  30 Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan & Kecantikan Tubuh Anda

Gunakanlah Salep Antibiotik

Oleskanlah salep antibiotic pada benjelan yang telah disebabkan oleh adanya infeksi bakteri, sesuai dengan saran dan anjuran dokter. Salep antibiotik ini bermanfaat untuk dapat membunuh bakteri penyebab benjolan di mata dan membantu dalam meringankan ketidaknyamanan di area tersebut.
Cara pemakaiannya sangat mudah, anda hanya butuh mengoleskan sedikit saja salep antibiotik di sepanjang bagian dalam kelopak mata yang ada benjolan. Lakukanlah hal serupa pada benjolan yang telah disebabkan oleh kalazion.

Kompres dengan Air Hangat

Air hangat akan dapat membantu memberikan rasa nyaman kepada mata. Kemudian ambillah handuk, lalu celupkanlah ke dalam air hangat. Peraslah, lalu setelah itu tempelkan handuk tersebut pada kelopak mata yang ada benjolannya. Lakukanlah sebanyak 3 smpai 4 kali sehari sekitar 5 menit. Anda juga bisa mengompres memakai kantong the yang sudah dicelupkan ke dalam air hangat sebagai pengganti produk.
Anda bisa mencoba menangani benjolan pada kelopak mata dengan cara-cara di atas. Akan tetapi perawatan di rumah hanya bersifat sementara sebagai penanganan awal. Jika benjolan-benjolan pada kelopak mata tak segera membaik, maka anda dianjurkan untuk melakukan konsultasi kepada dokter mata supaya bisa diberikan penangan secara tepat.
Demikianlah informasi tentang cara menyembuhkan benjolan atau bintitan pada kelopak mata. Semoga saja informasi ini dapat memberikan manfaat kepada anda yang membutuhkan informasi tentang cara menyembuhkan benjolan atau bintitan pada kelopak mata.

Baca Juga  20 Tanda-Tanda Kehamilan (Ciri-Ciri Orang Hamil Muda)
0 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *