Menu

35+ Buaya Terbesar di Dunia yang Pernah Tertangkap, No. 7 Gemar Memangsa Manusia

Bicara buaya terbesar di dunia memang sangat mengerikan karena buaya adalah binatang buas yang bisa memangsa apa saja yang ada di depannya, bahkan manusia pun bisa dimangsanya jika manusia itu berada di depannya dan sedang lapar. Hanya saja buaya sangat ditakuti saat dia sudah dewasa, akan tetapi jika buaya itu masih bayi, dirinya tak ditakuti oleh siapapun bahkan sering dijadikan mangsa oleh predator lainnya.

Buaya terbesar di dunia memiliki banyak jenisnya, namun mempunyai bentuk yang sama sehingga orang awam tidak bisa membedakannya mengenai jenis apa buaya yang sudah dilihatnya. Tentu saja diantara kita sudah ada yang pernah melihat buaya. Akan tetapi tidak mengetahui apakah buaya yang kita lihat itu termasuk buaya terbesar di dunia atau bukan.

Tidak aneh mendengar nama buaya. Tentunya semua orang tahu banyak tentang buaya. Buaya adalah binatang purba yang masih hidup sampai sekarang. Buaya adalah hewan reptil terbesar di dunia yang memiliki habitat di wilayah persarangan terbesar di dunia.

Hewan-hewan ini biasanya hidup di air tawar, meski ada juga yang hidup di lautan. Di Indonesia, populasi buaya cukup besar, terutama di daerah terpencil di Kalimantan. Hewan ini dikenal ganas dan sangat berbahaya.

Akan tetapi karena kita takut dengan buaya maka semua buaya kita anggap buaya nya besar. Oleh karena itu, bagi anda yang memang penasaran ingin mengetahui sepertia apa buaya terbesar di dunia, mari kita simak informasi yang ada di bawah ini:

Buaya Terbesar di Dunia

buaya terbesar di dunia

Buaya Terbesar di Dunia

Buaya terbesar di dunia: Buaya Puento Noire

Memang tidak mengherankan jika terdapat banyak binatang yang mempunyai ukuran raksasa atau besar. Buaya memang binatang yang sangat sulit kita temukan, karena buaya mempunyai habitat di hutan, perairan dan desa yang terpencil. Seperti hanya buaya ini, buaya yang dinamakan dengan “Puento Noire” adalah buaya yang ditemukan di Afrika yang tepatnya di daerah Kongo. Buaya ini pada saat ditemukan memiliki ukuran kurang lebih 17.17 kaki atau setara 5.35 meter. Jika kita lihat dari ukuran buaya ini maka memang tergolong sangat berbahaya dan sangat begitu mengerikan karena dengan ukurannya bisa mudah menerkam dan memangsa manusia.

Untung saja buaya Puento Noire ini hanya ditemukan dalam kondisi sudah mati karena jika tidak maka buaya tersebut akan menjadi sesuatu yang berbahaya bagi penduduk disekitarnya. Meskipun demikian, para penduduk kongo juga merasa prihatin kepada buaya tersebut dan menamainya dengan buaya puento noire.

Buaya terbesar di dunia: Buaya Gomek

Buaya terbesar di dunia yang selanjutnya yaitu buaya yang memiliki habitat di muara. Buaya muara ini dinamakan dengan “Gomek” yang merupakan buaya yang memiliki berat mencapai sekitar 1.114,27 kg dengan ukuran panjang tubuh sekitar kurang lebih 7.1 meter. Ukuran buaya muara ini bisa saja akan terus bertambah dan itu tergantung dari apa makanannya pada setiap harinya bahkan konon bahwa buaya muara gomek ini sama sekali tidak pernah menyerang manusia.

buaya gomek

Buaya muara ini merupakan buaya yang sudah ditemukan dan ditangkap di Papua Nugini yang selanjutnya dibeli oleh Terri dan Arthur Jones pada tahun 1985. Buaya Gomek ini selanjutnya di bawah ke daerah Florida dan tinggal di sana selama 5 tahun yang selanjutnya dijual kepada taman St augustine Alligator farm zoological. Gomek termasuk salah satu buaya atraksi yang sangat disukai oleh banyak pengunjung dalam kurun waktu yang panjang yaitu sekitar 8 tahun. Kemudian Gomek akhirnya meninggal karena penyakit jantung di tahun 1997 dan buaya gomek ini termasuk buaya tertua di penangkaran karena sudah hidup sekitar 80 tahun lamanya.

Buaya terbesar di dunia: Buaya Cassius

Buaya terbesar di dunia selanjutnya yaitu buaya bernama Cassius dimana buaya ini termasuk buaya yang habitat hidupnya ada di air asin. BUaya cassius ini termasuk buaya terbesar yang pernah hidup di penangkaran bahkan buaya ini juga sudah tercatat di buku Guinnes Book of World Records pada tahun 2011. Buaya ini mempunyai berat kurang lebih dari 968 kg dan buaya inilah yang telah menyebabkan masalah pada kapal yang saat itu sedang melintasi Northern Territoroy yang ada di sepanjang sungai Finniss dan akhirnya tertangkap di tahun 1984.

Baca Juga  Letak Astronomis Thailand & Letak Geografis Thailand (Gambar Peta)

buaya cassius

Berdasarkan hasil penelitian bahwa buaya Cassius ini diprediksi mempunyai umur sekitar 110 tahun dengan panjang sekitar 5.5 meter yang dimana hidup pada sebuah kebun binatang Marinelans Melanesia dan buaya ini tinggal di Pulau Hijau yang terdapat di seluruh Australia. Untuk penamaan buaya ini berasal dari seorang petinju legendaris kelas berat yaitu Cassius Clay.

Buaya Yai dan Utan

Buaya terbesar di dunia yang selanjutnya yaitu buaya Yai dan utan. Kedua buaya ini merupakan buaya campuran yang berasal dari buaya muara dan buaya siam. Buaya ini muncul sejak pertama kali di tahun 1972. Kedua jenis buaya ini memiliki panjang tubuh kurang lebih sekitar 6 meter dan mempunyai berat mencapai sekitar 1.114,27 kg.

Yai adalah buaya hibrida estuara-Siam yang dimana buaya ini ada di Samut Prakan Crocodile Farm and Zoo yang terdapat di negara Thailand. Panjang tubuh dari buaya Yai ini sekitar 5.5 meter sampai 6 meter Buaya yai memang seperti gomek karena buaya yui ini mempunyai sebuah toleransi yang tergolong sangat tinggi kepada orang yang menjadi para pengumpan dan pengasuhnya bisa membersihkan dan menyentuh buaya yai tanpa hadir rasa takut. Bahkan pengunjung yang datang bisa melihat dari jarak dekat.

buaya yai dan utan

Untuk buaya utan merupakabn buaya dengan jenis hibrida antara buaya air asin dan buaya siam. Buaya utan ini hadir pada tahun 1964 dengan memiliki berat mencapai sekitar 2000 lbs yang panjangnya sekitar lebih dari 18 kaki. BUaya utan pertama kali ditemukan pada sebuah peternakan buaya samut prakan yang memiliki jarak sekitar 12 mil dari luar Bangkok. Putra dari pemilik peternakan mengakatan bahwa buaya diberikan nama Utan Young Prapakar. BUaya utan sekarang ini ada di Alligator adventure yang merupakan fasilitas Reptile yang ada di salah satu tempat wisata terkenal di daerah Carolina Selatan.

Buaya Brutus

Buaya terbesar di dunia selanjutnya yaitu buaya bernama Brutus yang termasuk buaya yang hanya mempunyai tiga anggota badan. Tentu saja ini menjadi hal yang sangat dibicarakan dan pada akhirnya diketahui bahwa Buaya brutus yang hanya telah mengalami kehilangan kaki depan itu disebabkan karena bertarung dengan hiu banteng yang terdapat di muara sungai. Tentu saja hal tersebut menjadi pembicaraan yang sempat viral mengenai seberapa besarkah hiu banteng tersebut.

buaya brutus

Buaya Brutus mempunyai ukuran panjang badan sekitar kurang lebih 5.6 meter atau 18 kaki 4 inci dan mempunyai berat sekitar kurang lebih satu ton. Buaya brutus ini dijuluki sebagai buaya monster karena memang memiliki ukuran panjang dan berat badan yang besar. Bahkan binatang yang satu ini diprediksi bisa tumbuh melebihi dari ukuran yang sebelumnya.

 

Buaya Bujang Senang

buaya bujang senang

Buaya terbesar di dunia selanjutnya yaitu buaya yang bernama “Bujang Senang” yang merupakan nama pemberian dari masyarakat Sri aman, Sarawak, Malaysia. Buaya Bujang Senang ini termasuk buaya dengan jenis spesies Crocodylus Porosus yang dimana mempunyai ukuran panjang badan sekitar kurang lebih 20 kaki atau 6.6 meter.

Buaya Gustave

buaya gustave

Buaya terbesar di dunia selanjutnya yaitu buaya Gustave. Buaya yang satu ini memang sangat begitu populer dan terkenal bahkan ular piton saja tidak ada apa-apa nya dibandingkan dengan buaya gustave ini. Buaya gustave adalah buaya yang memiliki panjang badan sekitar 25 kaki dengan ukuran berat badan kurang lebih dari satu ton.

Buaya gustave ini termasuk buaya yang cukup aktif sebagai pembunuh dalam sejarah awal dari kemunculannya karena sudah ada ratusan orang yang telah terbunuh karena buaya ini. Bahkan sampai sekrang buaya gustave ini masih belum bisa ditemukan karena kecerdikannya untuk bersembunyi.

Gustave adalah buaya jantan yang ditemukan di daerah Burundi, Benua Afrika. Dimana termasuk sebuah daerah yang sangat banyak ditemukan di wilayah danau dan air laut. Berdasarkan penyelidikan yang sudah dilakukan pada tahun 1990, Gustave sudah mempunyai berat badan yang mencapai sekitar 250 kilogram. Tidak hanya itu saja, buaya sungai nil yang dinamai “Gustave” ini memiliki satu set gigi yang masih lengkap dan tidak kunjung lepas meskipun sudah mempunyai umur yang tua.

Baca Juga  Pengertian Relief dan Penjelasannya.

Buaya gustave ini juga mempunyai ciri-ciri tubuh yang tergolong cukup unik karena dia mempunyai banyak bekas luka pada tubuhnya karena seringkali diburu oleh para pemburu. Luka-luka yang diperoleh dari tombak dan goresan luka bahkan sampai bekas senjata api. Bahkan ada ilmuwan yang sudah berusaha menjebaknya dengan ukuran yang sangat besar akan tetapi gustave berhasil melewati jebakan tersebut.

 

Buaya Dominator

buaya dominator

Buaya terbesar di dunia yang selanjutnya yaitu berada di urutan ke tiga terbesar yaitu buaya bernama “Dominator”. Buaya Dominator ini dikategorikan buaya air asin yang mempunyai panjang tubuh sekitar 6 meter yang juga dapat melompat setinggi atap kapal dan hal inilah yang telah menjadikan banyak turis berkunjung ke tempat buaya ini berada. Bagaimana tidak, dengan kehadiran buaya dominator telah menjadikan dirinya sebagai objek foto yang sangat keren dan bagus.

Buaya dominator termasuk buaya yang tumbuh di negara Australia yang lebih tepatnya berada di sungai Adelaide yang juga sudah menjadi sungai yang padat dihuni oleh bvuaya. Banyak sekali orang yang telah memberikan julukan dominator pada buaya ini karena memang diyakini menjadi seekor buaya yang paling besar di dunia. Apalagi dengan adanya kehadirannya, membuat banyak turis yang senang berkunjung untuk melihat buaya ini.

Tidak hanya itu saja, buaya dominator ini juga sangat dikenali sebagai buaya yang sangat narsis karena jika ada turis yang sedang membawa kamera untuk memotretnya maka dia akan melompat sehingga turis dapat membidiknya dengan menggunakan kameranya.

Buaya Lolong

Buaya terbesar di dunia selanjutnya yaitu buaya Lolong yang mana pertama kali ditemukan berada di kawasan Bunawan, Filipina. Buaya Lolong ini adalah buaya yang habitat hidupnya di air asin yang mempunyai ukuran tubuh yang tergolong cukup fantastis. Bagaimana tidak? buaya lolong ini mempunyai panjang tubuh sekitar 6.17 meter dan berat badan yang hampir mencapai 1.075 kilogram. Tentu saja hal tersebut telah menjadikan buaya Lolong menjadi buaya terbesar di dunia ke dua.

Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan oleh para ahli bahwa buaya lolong ini ditangkap pada tahun 2011 di bulan september yang dilakukan oleh tim yang berasal dari Filipina Selatan. Buaya lolong ini termasuk buaya yang pada saat ditemukan sudah berumur 50 tahun. Mesti anda ketahui bahwa jika pada saat penangkapan itu diperlukan sebanyak 13 orang untuk dapat menangkap buaya lolong dengan kurun waktu membutuhkan 3 minggu.

buaya lolong

Bahkan untuk mengangkut buaya lolong ke trailer ini dibutuhkan sebuah traktor yang selanjutnya buaya lolong di angkut oleh wisata kota yang kemudian dipelihara dan dijadikan sebagai pusat tontonan. Ada banyak sekali orang yang sudah berfoto dengan buaya lolong ini dan menjadikan daerahnya sebagai tempat tinggal lolong tertera di peta dunia.

Kemudian pada tahun 2012, lolong sudah menjadi buaya yang terbesar secara resmi pada catatan Guinnes World Records. Namun, pada bulan Februari tahun 2013, lolong akhirnya dinyatakan meninggal di kandangnya. Tentu saja hal tersebut menjadi sesuatu yang menyedihkan bagi pemerintah setempat dan masyarakat karena lolong telah menjadikan kota tersebut banyak dikunjung oleh para turis di sepanjang tahun 2012.

Mesti kita ketahui bahwa sebelumnya sudah pernah ada seekor buaya yang juga ditemukan di Filipina pada tahun 1823. Akan tetapi pada saat ditemukan, buaya tersebut sudah tewas di dekat area kota Jalajala. BUaya ini mempunyai panjang sekitar 8 meter yang dimana diukur dari ujung moncongnya hingga ujung ekor. Buaya lolong ini termasuk buaya yang juga dicurigai sebagai buaya pemangsa manusia dari seorang gadis kecil berumur 12 tahun yang hanya kepalanya saja yang ditemukan. Kemudian buaya di bedah perutnya, akan tetapi hanya ditemukan sisa-sisa potongan kerbau penduduk yang sudah dinyatakan hilang dan tidak ada sisa-sisa dari potongan tubuh manusia.

Baca Juga  Latar Belakang Penentuan Lokasi Perundingan Linggarjati

 

Buaya Kalia

Buaya terbesar di dunia yang selanjutnya yaitu buaya bernama Kalia yang menjadi buaya nomor satu terbesar di dunia. Tentu saja anda tidak dapat membayangkan bagaimana ukuran besarnya dari ukuran buaya kalia. Buaya kalia ini adalah buaya yang memiliki jenis kelamin jantan yang juga membuat dirinya menjadi buaya nomor satu di buku Guinnes World record. Bagaimana tidak? Buaya Kalia ini adalah buaya yang memiliki ukuran sepanjang 7 meter dengan berat badan mencapai 2 ton.

buaya kalia

Buaya ini adalah buaya yang ditemukan pertama kali di India yang selanjutnya di kirim ke Taman Bhitarnika di Kawasan Orissa Negara India. BUaya yang tercatat sebagai buaya yang terbesar di dunia ada di sebuah taman penangkaran buaya yang telah menjadikan dirinya menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang datang.

Jadi bukan hal yang mengherankan jika pada saat buaya kalia di temukan banyak orang yang mengunjungnya hanya untuk melihat atau berfoto bersama dengan buaya kalia ini.

Dengan besarnya ukuran dan berat badan buaya kalia, membuat dirinya menjadi buaya yang sangat menakutkan dan ditakuti oleh banyak manusia. Untuk itulah buaya ini dipelihara secara baik di taman penangkaran buaya. Karena jika dibiarkan hidup di alam yang bebas, tentu saja bisa membahayakan para penduduk yang pada saat itu hidup berada di daerah pedalaman dan di sekitar muara tempat buaya tersebut berada.

Berebut Bangkai Babi, Dua Buaya Besar Bertarung di Sungai

Sebuah kapal wisata dengan 25 orang menyeberangi Sungai Adelaide di Australia memiliki pemandangan langka ketika dua buaya besar bertarung. Kedua buaya, Brutus dan Dominator, ditangkap oleh kamera yang bertarung di atas bangkai babi yang agak besar. Brutus, buaya air asin memiliki panjang 5,3 meter, sedangkan Dominator sedikit lebih kecil dari 5 meter. Kedua buaya itu bertarung di perairan sungai yang kecokelatan, bertempur di atas bangkai babi ketika perahu wisata mendekat. Harry Bowman dari Adelaide River Cruise mengatakan bahwa Brutus sebenarnya pertama kali mendapatkan bangkai babi. Namun, buaya tidak bisa menjaga mangsanya untuk waktu yang lama. “Dalam beberapa menit, Dominator meluncur menyeberangi perahu dan segera menyerang Brutus, bocah jelek,” kata Harry. Alhasil, pertempuran antara kedua binatang liar itu tak terhindarkan. Dan, menurut Harry, bisa sangat jarang pertempuran jenis ini disaksikan secara langsung. “Selain itu, mereka biasanya menghabiskan lebih banyak waktu di tepi sungai,” Harry menambahkan. Meski kehilangan banyak, akhirnya Dominator benar-benar mendapatkan bangkai babi. “Dominator segera berenang di tengah sungai dengan babi di mulutnya, aku yakin dia tersenyum puas,” kata Harry. Dominator yang memenangkan pertarungan dilaporkan telah menghilang selama beberapa hari setelah acara. Kemudian muncul kembali dengan ukuran perut yang lebih besar. “Perutnya pasti penuh babi,” kata Harry. Brutus dan Dominator telah berulang kali menjadi berita utama di Wilayah Utara, di Australia, karena keganasan persaingan mereka. Pada 2016, Brutus ditemukan dengan luka sangat besar di tubuhnya. Diyakini bahwa hanya Dominator yang dapat menyakiti Brutus seperti itu. Baca juga: berharap mendapatkan udang, nelayan bahkan mendapatkan buaya Pemilik Adelaide River Cruises Morgan Bowman mencurigai ada buaya ketiga yang mencoba mengganggu wilayah Brutus. “Dominator tidak menyukai Brutus, itu sudah pasti, tetapi kami selalu berusaha memisahkan keduanya,” kata Morgan.

Baca juga: 35+ Ikan Terbesar di dunia, No. 7 Bisa Menelan Kapal Tanker

Demikianlah informasi tentang buaya terbesar di dunia yang pernah tertangkap dan memangsa manusia. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat kepada anda yang sedang membutuhkan informasi buaya yang terbesar di dunia

0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *