Menu

Berapakah Dosis Amoxicilin yang Aman Dikonsumsi untuk Ibu Hamil?

Artikelsiana – Selama masa kehamilan, apapun yang anda konsumsi itu tentu saja tidak boleh luput dari perhatian. Begitu pun dengan perkara obat-obatan, ada yang setuju dan tidak setuju terhadap konsumsi antibiotik pada umumnya seperti amoxicilin pada ibu yang sedang hamil.

Sebenarnya, bolehkah ibu hamil itu mengonsumsi amoxicilin? Andai pun boleh, berapakah banyaknya dosis amoxicilin yang disarankan untuk ibu hamil.

Apakah Ibu Hamil Boleh Mengonsumsi Amoxicilin

Terdapat jenis antibiotik yang tergolong aman untuk dikonsumsi oleh si ibu hamil, dan ada juga yang tidak. Jenis antibiotik yang tergolong aman untuk dikonsumsi itu pada umumnya bersumber dari golongan sefalosporin, klindamisin, eritromisin dan penisilin.

Amoxicilin termasuk salah satu jenis antibiotik yang berasal dari golongan penisilin. Antibiotik ini banyak dipakai untuk dapat mengatasi berbagai macam jenis infeksi dan merupakan jenis antibiotik yang umum diresepkan kepada ibu hamil. Jadi anda yang sekarang ini sedang berada dalam masa kehamilan maka tidak usah lagi merasa cemas karena amoxicilin tergolong aman untuk dikonsumsi.

Baca Juga  Cara Memerahkan Bibir Secara Alami Dalam 1 Minggu, AMPUH

dosis amoxicilin

Bahkan dosis amoxicilin yang tepat itu justru bermanfaat untuk dapat menghindarkan dari janin anda dari resiko terserang penyakit. Karena, sistem kekebalan tubuh ibu tak selalu bisa mengatasi segala macam jenis infeksi. Jenis bakteri tertentu yang bisa menyerang plasenta dan meningkatkan terjadinya resiko masalah selama proses kehamilan, kecacatan lahir sampai keguguran.

Baca Juga  Manfaat Bayam: Raja Sayur Penghalau Penyakit Degeneratif

Berapa Dosis Amoxicilin yang tepat untuk ibu hamil

Antibiotik seperti AMoxicilin termasuk salah satu jenis obat yang tidak boleh dipakai secara sembarangan tanpa adanya resep dari dokter. Meskipun tergolong aman, anda masih tetap harus melakukan konsultasi kepada dokter sebelum anda memulai untuk mengonsumsi antibiotik ini. Dokter akan menentukan dosis amoxicilin yang anda mesti konsumsi berdasarkan beberapa faktor yaitu:

– Jenis penyakit yang anda alami
– Pengobatan lainnya yang sedang sementara dijalani.
– Respon tubuh anda terhadap pengobatan tersebut
– Kondisi medis lain yang anda sedang alami.
– Berat badan, tinggi badan dan usia anda.

Amoxicilin digunakan untuk dapat mengatasi berbagai macam jenis penyakit seperti saluran kemih, THT, organ reproduksi, saluran napas bawah, kulit dan saluran pencernaan. Setiap jenis penyakit mungkin memerlukan dosis amoxicilin yang berbeda-beda. Oleh karena itu, pemberian antibiotik ini mesti didasari pada penyakitnya.

Baca Juga  75 Manfaat Kulit Manggis untuk Kesehatan dan Kecantikan

Selalu berkonsultasi atas permasalahan yang berhubungan dengan kehamilan anda kepada dokter. Begitu juga jika anda masih ragu dengan dosis amoxicilin yang diberikan pada saat anda sakit. Hal ini akan dapat membantu anda untuk memahami apa saja obat-obatan yang anda bisa konsumsi dan manfaat obat tersebut bagi tubuh dan janin anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *