Menu

Amankah Mencabut Bulu Hidung? Atau Malah Berbahaya Bagi Kesehatan Hidung? – Hidup Sehat

Helo teman-teman selamat datang di situs artikelsiana.com. Kali ini artikelsiana.com akan membahas tentang Amankah Mencabut Bulu Hidung? Atau Malah Berbahaya Bagi Kesehatan Hidung?. Anda jangan lupa untuk membagikan artike di sosial media kalian.

Rambut hidung kadang-kadang bisa menjadi masalah yang agak mengganggu, tidak hanya kenyamanan tetapi juga penampilan. Ini adalah alasan umum mengapa banyak orang memilih untuk mencabut rambut hidung. Meski begitu, ada beberapa orang yang terlalu sering mencabuti rambut mereka dari hidung, tetapi apakah mereka benar-benar menarik rambut hidung untuk kesehatan?

Apakah aman untuk tidak menarik rambut hidung?

Agak tidak nyaman ketika Anda melihat diri Anda di depan cermin ketika rambut hidung kita keluar dari lubang hidung sehingga akhirnya perlu mencabutnya agar tidak mengganggu penampilan yang bagus. Masalahnya adalah, ternyata ia terbiasa mencabut bulu-bulu hidung meski untuk alasan penampilan dan ketidaknyamanan itu adalah tindakan yang tidak aman.

Ada sejumlah efek negatif dari pencabutan bulu hidung yang perlu Anda ketahui jika Anda memiliki kebiasaan mencabut rambut hidung apa pun alasannya, yang meliputi:

  • luka – Pengangkatan bulu hidung terkadang dapat menyebabkan cedera pada bagian rambut hidung yang telah dihilangkan. Luka ini tidak boleh diremehkan karena beberapa orang yang pernah mengalami efek ini juga mengaku mengalami kesulitan bernafas karena luka menyebabkan rasa sakit saat asupan dan pernafasan.
  • infeksi – Infeksi di sini bukan hanya infeksi karena cedera akibat pengangkatan rambut hidung. Risiko infeksi cukup tinggi, terutama pada organ pernapasan seperti paru-paru; kenapa begitu? Saat mencabut bulu hidung, fungsinya sebagai filter untuk pengotor terganggu karena tidak adanya rambut. Kotoran ini meningkatkan risiko infeksi karena dapat masuk dengan oksigen dan menyebar ke seluruh bagian tubuh.
  • pendarahan – Menghilangkan bulu hidung yang tidak diketahui tentu saja merupakan risiko pemicu perdarahan ringan. Jenis perdarahan ini tidak memerlukan bantuan medis, hanya saja Anda akan merasa tidak nyaman karena sakitnya. Bahkan ketika Anda menyentuh hidung Anda, Anda pasti akan mengerang karena rasa sakitnya sangat kuat.
  • Jerawat hidung – Salah satu bahaya yang disebabkan oleh pengangkatan rambut hidung adalah meningkatkan risiko mengembangkan jerawat hidung, yaitu jerawat yang tumbuh bukan di bagian luar hidung, tetapi di dalam, benjolan yang menyakitkan di hidung bagian dalam. Ketika bulu-bulu pada hidung dihilangkan, mudah bagi kotoran dan kuman menembus hidung untuk membuat jerawat muncul.
  • epistaksis – Kondisi epistaksis dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kelelahan tubuh atau suhu tubuh yang terlalu tinggi dan sebagainya. Namun, bahkan mengeluarkan rambut hidung dapat meningkatkan potensi mimisan, terutama jika itu keras dan kuat. Ketika sumber pembuluh darah terpengaruh, perdarahan cukup parah hingga menyebabkan perdarahan darah.
  • peradangan – Bahkan jika Anda mencabutnya, jelas rambut hidung akan tumbuh lagi dan pertumbuhan rambut hidung hanya mampu membuktikan namanya. rambut hidung tumbuh ke dalam atau pertumbuhan rambut hidung di atau di lapisan dalam kulit. Inilah yang kemudian memiliki risiko tinggi menyebabkan peradangan.
  • Perforasi sektor – Bahaya lain menghilangkan rambut hidung adalah rongga hidung yang rusak sehingga ketidaknyamanan akan jauh melebihi memiliki rambut hidung. Perforasi septum ini dapat menyebabkan munculnya kerak cairan hidung / lendir kering, borok kecil atau luka yang membuat hidung terasa sakit ketika Anda bernapas atau disentuh.
  • Bakteri masuk ke otak – Kebiasaan mencabut bulu hidung berarti terlalu sering melakukan kegiatan ini yang tujuannya membersihkan bagian dalam hidung. Hanya saja ini akan membuat bakteri lebih mudah masuk ke hidung, terutama di otak, sehingga sinus kavernosa membentuk gumpalan. Selain infeksi pada paru-paru, gejala-gejala infeksi otak dapat terjadi walaupun hanya dari kebiasaan mencabut bulu-bulu hidung.
Baca Juga  Jatuh Terduduk - Pemicu, Ciri Khas Gejala, Penanganan - Hidup Sehat

Mencabut bulu hidung bisa menjadi tidak aman karena cara diekstraksi tanpa perhatian atau frekuensinya terlalu sering sehingga rambut pada hidung habis dan tidak ada filter kotoran yang masuk dengan hidung. oksigen di hidung. Pastikan Anda tahu cara membatasi aktivitas pencabutan hidung-rambut dan juga cara terbaik dan teraman untuk melakukannya agar tidak semua risiko berbahaya ini terjadi.

Baca Juga  5 Bahaya Meletakkan HP di Bawah bantal saat Tidur - Hidup Sehat

Tips untuk mencabut rambut hidung dengan aman

Jika Anda merasa bahwa Anda benar-benar perlu mencabut rambut hidung Anda karena mungkin sudah terlalu jauh dari hidung Anda sehingga dapat mengganggu penampilan Anda, cobalah mencari cara untuk menarik rambut hidung keluar dengan aman. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda praktikkan untuk meminimalkan berbagai risiko yang dijelaskan di atas.

  • Gunakan gunting hidung khusus – Hindari menggunakan gunting atau alat lain secara sembarangan karena tersedia gunting khusus untuk menghilangkan bulu hidung. Biasanya, gunting khusus ini ujungnya tumpul sehingga kulit hidung tidak terluka. Jangan mengeluarkannya, tetapi cukup potong pinggiran bulu agar tidak menyebabkan cedera atau pendarahan.
  • Pilih metodenya laser hair removal – Saldo waxing Yang benar-benar mencabut bulu hidung bersama-sama, Anda dapat memilih untuk memotongnya atau memilih metode yang lebih canggih, yaitu laser hair removal, Sampai Anda mendapatkan dokter kulit yang tepat dan tepercaya laser hair removal hasilnya tentu memuaskan dan aman tanpa efek samping berbahaya.
Baca Juga  5 Bahaya Menelan Semut bagi Manusia - Hidup Sehat

Apa kau tidak bisa mengeluarkan rambut hidungmu? Tentu saja bisa, karena kadang-kadang masalah dengan rambut hidung bisa mengurangi rasa percaya diri. Namun, apakah aman untuk mencabut bulu hidung? Aktivitas ini tidak akan aman jika Anda melakukannya terlalu sering dan bahkan jika Anda melakukannya tanpa perawatan. Cabut steker bila perlu dan pastikan Anda memilih metode yang aman untuk meminimalkan efek samping berbahaya.

Semoga informasi tentang Amankah Mencabut Bulu Hidung? Atau Malah Berbahaya Bagi Kesehatan Hidung? dapat mendatangkan manfaat bagi sahabatku yang sedang membacanya saat ini. Anda jangan lupa untuk membagikan tulisan di sosial media kalian dan meninggalkan komentar di website ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *