Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu

39 Cara Menjaga Kesehatan agar Tidak mudah Sakit – Hidup Sehat

Helo saudaraku selamat datang di situs artikelsiana.com. Kali ini kita akan membahas tentang 39 Cara Menjaga Kesehatan agar Tidak mudah Sakit. Teman-teman jangan lupa untuk membagikan artike di sosial media kalian.

Kesehatan adalah kondisi seseorang yang tidak terkena penyakit, sehingga mereka dapat melakukan aktivitasnya dengan baik. Baik itu belajar, bekerja, bersantai atau bertemu dengan teman, teman, dan keluarga. Kondisi fisik yang sehat membantu kita untuk dapat menggunakan waktu secara produktif tanpa hambatan. Tetapi hanya ada situasi yang membuat kita sakit baik dari lingkungan yang tidak sehat, diri kita yang tidak memperhatikan kesehatan dan tekanan psikologis karena banyaknya masalah yang dihadapi sehingga juga dapat mengganggu kesehatan mental.

Oleh karena itu, kesehatan adalah sumber daya yang berharga karena ketika kita sakit kita hanya menyadari betapa indahnya ketika kita sehat. Sebelum terlambat, kita harus mengambil tindakan pencegahan sebelum jatuh sakit. Kesehatan dapat dicapai tergantung pada sikap dan "cara" kita bertindak atau, dengan kata lain, dari antusiasme kita untuk mempertahankan tubuh yang sehat. Berikut ini beberapa cara untuk mempertahankan tubuh yang sehat:

Makanan dan minuman

Kebutuhan nutrisi manusia adalah hal terpenting untuk menjaga metabolisme tubuh yang sehat. Termasuk kebutuhan air yang sangat diperlukan untuk mencegah dehidrasi, menghilangkan racun dan mengatur suhu tubuh, dari kelelahan sehingga kita harus minum banyak air secara teratur. Dengan mengonsumsi makanan sehat dan minum banyak air, itu akan membantu tubuh terhindar dari penyakit.

Berikut ini adalah makanan sehat seperti:

1. Teh hijau

Teh ini mengandung banyak antioksidan, polifenol, flavonoid dan fluor. Manfaat antioksidan, polifenol dan flavonoid melindungi sel-sel tubuh dari zat karsinogenik, yaitu dari karsinogen. Fluor berguna untuk melindungi dan menjaga kesehatan gigi dari kerusakan.

2. Jus lemon

Minuman ini sehat untuk tubuh karena jus lemon mengandung vitamin, terutama buah-buahan yang mengandung vitamin C dan antioksidan yang bermanfaat. Buah ini akan membuat tubuh segar kembali setelah melakukan aktivitas yang berat.

3. Susu kedelai

Susu kedelai bermanfaat untuk mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh dan mencegah penyakit kardiovaskular. Ini karena susu kedelai terdiri dari makanan yang mengandung protein nabati dan kandungan serat larut yang sehat bagi tubuh.

4. Air kelapa

Air kelapa yang menyegarkan juga sangat bermanfaat bagi tubuh. Ketika haus akan air kelapa bisa diminum untuk mencegah dehidrasi tubuh. Kandungan air kelapa terdiri dari kalium, kalsium, natrium, belerang, fosfor dan klorida. Air kelapa bermanfaat untuk mempromosikan buang air kecil dan pencegahan penyakit diare.

5. Jus tomat

Selain memiliki banyak vitamin A, tomat, tomat juga makanan yang mengandung antioksidan lycopene. Kandungan antioksidan dari likopen membantu tubuh untuk menghindari penyakit akut seperti kanker lambung, kanker leher rahim, penyakit paru-paru, gangguan pankreas dan usus besar.

6. Minuman jahe

Jahe bermanfaat untuk menetralkan racun (racun) dalam tubuh sehingga sistem kekebalan tubuh bisa terjaga. Selanjutnya jahe yang disiapkan dengan air panas dapat membuat tubuh hangat dan mengurangi kelelahan setelah seharian beraktivitas.

7. Minuman yogurt campuran

Kandungan yogurt terdiri dari lactobacillus yang berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mampu melawan kanker dan infeksi.

8. Mengkonsumsi madu

Madu sangat bermanfaat bagi tubuh, yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga tubuh dari serangan penyakit, termasuk mengelola asma, alergi dan membantu meningkatkan kesehatan kulit. Jadi madu bermanfaat sebagai antibodi dan antiseptik untuk kesehatan.

9. Makan bawang putih

Kandungan bawang putih dalam bentuk allicin yang berguna sebagai agen antibakteri dan antivirus. Selain itu, sangat efektif dalam membunuh virus penyebab flu. Bawang ini dapat dikonsumsi dengan mencampurkannya dalam sup atau olahan makanan lain selain bumbu, juga bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, meningkatkan produksi sel darah putih dalam melindungi tubuh dari kuman. (lihat juga: efek samping bawang putih)

Baca Juga  10 Pengaruh Tidur Malam Terhadap prestasi belajar - Hidup Sehat

10. Biasakan makan ikan

Ikan yang dapat dikonsumsi untuk ketahanan, kita dapat mengkonsumsi jenis ikan seperti salmon, tuna dan mackerel yang bermanfaat sebagai perlindungan bagi tubuh atau karena tubuh kebal dari serangan penyakit atau infeksi karena kandungan asam lemak omega 3. , fungsi ikan untuk menjaga tubuh tetap segar dan sehat.

11. Makan makanan yang mengandung protein

Seperti yang kita ketahui, protein sangat berguna untuk pertumbuhan karena merupakan bahan bangunan dan melindungi tubuh dari kerusakan sel. Makanan yang mengandung protein nabati dan hewani harus menjadi kebiasaan konsumsi sehari-hari dalam menyediakan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

12. Kenari

Makanan terdiri dari protein dalam kacang-kacangan, kedelai, kol dan banyak lainnya. Makanan ini selain protein, ada asam amino candida sebagai agen kekebalan tubuh, terutama untuk sel. Jenis kacang dengan kandungan protein tinggi seperti kacang tanah. Kandungan zat di dalamnya adalah dalam bentuk vitamin A, omega dan seng. Selain itu, kacang tanah mengandung antioksidan yang berperan melawan radikal bebas.

Manfaat kacang tanah lainnya dapat digunakan sebagai cemilan bergizi dan ternyata ada peneliti yang telah menemukan bahwa kacang tanah memiliki kandungan protein yang tinggi dibandingkan dengan daging, kedelai dan telur yang juga mengandung protein. Karena itu, kacang juga bisa membantu tubuh tidak sakit, terutama penyakit kronis.

Sayuran dan buah

Sayuran yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, khususnya kandungan serat yang membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan dan nutrisi lain yang membantu tubuh tidak mudah terkena penyakit. Ada berbagai sayuran, yaitu:

1. Brokoli

Meskipun sayuran ini tidak membuat banyak orang tertarik, brokoli sangat bermanfaat, terutama untuk kesegaran tubuh. Kandungan nutrisi dalam brokoli berupa makanan yang mengandung vitamin A, vitamin C dan glutathione yang fungsinya melindungi tubuh dari kerusakan sel. Selain itu, brokoli mengandung bahan kimia alami yang menurut penelitian dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

2. Bayam

Sayuran bayam termasuk sayuran yang mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi daya tahan tubuh terhadap penyakit seperti serat, vitamin C, antioksidan. Lebih jauh, bayam adalah makanan yang mengandung asam folat tinggi, yang fungsinya untuk membantu tubuh memperbaiki kedua sel yang rusak, kerusakan DNA, pembuluh darah. Selain memperbaiki kerusakan dalam tubuh, terutama dalam sel, bayam membantu tubuh memproduksi sel-sel baru. Tetapi apa yang harus dianggap sebagai sayuran bayam saat dimasak tidak boleh terlalu matang karena akan mengurangi dan bahkan menghilangkan kandungan nutrisi bayam. Ini juga berlaku untuk sayuran hijau lainnya.

3. Jamur

Jenis makanan ini bisa dibuat menjadi sayuran sehat, terutama jamur tiram. Kandungan nutrisi jamur dalam bentuk makanan yang mengandung vitamin D tinggi bermanfaat sebagai pengurang risiko penyakit akut seperti kanker prostat. Apalagi jamur mengandung kalium yang bisa membuat jantung sehat dan mengurangi hipertensi. Dalam daya tahan tubuh, jamur juga berperan dalam meningkatkan kadar vitamin A, vitamin C, vitamin B kompleks dan antioksidan yang berfungsi untuk mencegah dan memperbaiki sel atau kerusakan sel yang dapat menyebabkan kanker dan kanker. ; penuaan.

Adapun beberapa jenis jamur termasuk jamur shitake, jamur reishi, jamur maitake telah ditemukan yang dapat membantu tubuh melawan bakteri seperti bakteri yang menyebabkan influenza dan anti-tumor. Selain itu, ada peneliti yang menemukan bahwa jamur bermanfaat untuk menghangatkan tubuh dalam cuaca dingin.

Baca Juga  12 Cara Memperbaiki Pola Tidur yang Terganggu - Hidup Sehat

4. Semangka

Semangka yang kita kenal mengandung banyak air dan mengandung nutrisi lain dalam bentuk antioksidan (karotenoid), glutathione dan vitamin C. Zat yang mengandung glutathione dan makanan yang mengandung vitamin C untuk membangun sistem kekebalan tubuh dari penyakit. Vitamin C dan antioksidan ini dalam semangka juga berguna untuk membantu tubuh terlindungi dari radikal bebas.

5. Berry

Berry termasuk blueberry dan stroberi. Keduanya mengandung banyak vitamin C dan bioflavonoid yang membantu tubuh melindungi diri dari kerusakan sel.

Gaya hidup sehat

1. Berolahraga secara teratur

Mungkin ini adalah kegiatan yang sering disarankan sebagai kegiatan permanen, tetapi terkadang kita malas dan enggan melakukannya karena tidak ada waktu luang atau lingkungan yang tidak memungkinkan. Kegiatan olahraga meliputi maraton, jalan pagi, jogging, bulu tangkis, sepak bola, bola basket, dan tenis. Adapun manfaat hormon dalam tubuh berfungsi dengan baik agar dapat meningkatkan resistensi, mengatur metabolisme, mengeluarkan racun melalui keringat dan memperlancar sirkulasi darah. Selain itu, olahraga membantu meningkatkan kinerja jantung, pernapasan, dan otak.

2. Istirahat dengan benar dan teratur

Diperlukan tidur agar tubuh tidak kehabisan energi dan resistensi bisa meningkat seperti flu karena kortisol dilepaskan saat tidur. Selanjutnya, tidur bermanfaat untuk meremajakan tubuh dan pikiran, mengembalikan tubuh yang lelah menjadi segar dan berenergi saat bangun tidur. Durasi tidur yang optimal adalah 7-8 jam untuk orang dewasa, sedangkan untuk bayi atau anak-anak, durasi tidur lebih lama. Kurang tidur menyebabkan banyak kehilangan darah dan mungkin tidak dapat bergerak dengan baik dan rentan terhadap penyakit. Adapun orang yang kurang tidur secara mental, mereka dapat membuat seseorang cepat dan emosional tertekan.

3. Bangun lebih awal dan mandi sekitar jam 4 pagi

Udara segar di pagi hari sangat menyegarkan, apalagi udaranya belum tercemar oleh berbagai jenis polusi baik dari asap kendaraan maupun dari asap pabrik dan keluarga. Sebelumnya, ada waktu untuk mandi di pagi hari. Menurut seorang ahli kesehatan, mandi di pagi hari dapat merangsang saraf untuk berfungsi dengan baik, menghilangkan ketegangan dan mengembalikan energi ke normal. (lihat juga: cara menghindari merokok)

4. Jangan suka tidur biasa di pagi hari dan tidur larut malam

Tidur psikologis membuat Anda malas, tidak bersemangat dan secara fisik kepala Anda menjadi sakit dan terlihat seperti seseorang yang sakit.

5. Periksa dan hindari stres yang berlebihan

Stres dapat membuat kita menjadi depresi dan bahkan menyebabkan sistem kekebalan tubuh rusak karena beban pikiran yang dihasilkan. Selain itu, stres yang tidak terkendali menyebabkan peningkatan gula darah dalam tubuh, sakit kepala dan meningkatkan tekanan darah dan memicu jantung berdetak dengan cepat. Cara mengendalikan stres Jangan ragu untuk meminta pertolongan teman untuk membantu dengan berat badan yang kita hadapi, berpikir positif bahwa setiap masalah adalah solusi, setiap kesulitan mudah dan selalu memotivasi diri sendiri. Secara fisik rutinitas latihan ringan sehingga tubuh lebih rileks dan tidak tegang.

6. Menjaga kebersihan pribadi

Termasuk mandi secara teratur, cuci tangan setelah melakukan aktivitas dengan produk antiseptik seperti mendikte dan sebagainya. Mandi teratur menjaga tubuh dari kuman penyebab penyakit termasuk penyakit kulit.

7. Menjaga kebersihan lingkungan

Sampah selalu menjadi masalah utama yang membuat kita mudah sakit. Solusinya adalah untuk selalu menyediakan tempat sampah dan ketika Anda menemukan sampah Anda selalu dapat membuangnya di tempat. Secara teratur membersihkan kamar mandi, selokan yang memicu sarang nyamuk dan mengeringkan bak mandi setidaknya seminggu sekali agar tidak membuat sarang nyamuk dan larva.

Baca Juga  20 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Sehari-hari - Hidup Sehat

8. Sesuaikan diet

Intinya adalah mengatur diet di sini adalah makan secara teratur dan seimbang dalam hal nutrisi. Sehingga kita tidak menderita penyakit gizi seperti malnutrisi dan malnutrisi, yaitu over feeding dan obesitas karena kebiasaan makan yang buruk. Nutrisi yang tidak teratur menyebabkan penyakit ulseratif dengan peningkatan asam lambung. Jadi lebih baik makan sedikit tapi teratur daripada makan banyak, tapi tidak teratur, terutama makanan yang dikonsumsi kurang gizi.

9. Tidak ada camilan acak

Apa yang dibutuhkan saat membeli makanan adalah lingkungan tempat makanan dijual, yaitu membersihkan. Metode pengolahan menggunakan bahan pengawet dan pewarna berlebihan berdasarkan zat kimia karena konsumsi makanan berdasarkan bahan pengawet kimia dapat mengganggu pencernaan dan resistensi.

10. Hindari tinggal di daerah kotor

Misalnya, tinggal di daerah yang terdegradasi seperti rumah di dekat air kotor sungai dan dekat tempat pembuangan sampah membuat kita menderita gejala diare, muntah, sakit perut karena lingkungan yang diduduki tidak sehat.

11. Perlakukan makanan dengan bersih dan hati-hati

Artinya, memasak sayuran hijau terlalu matang dan sebagai gantinya memasak, bahaya daging harus dimasak agar tidak kehilangan nutrisi saat kita mengkonsumsinya.

12. Tidak dekat dengan orang yang bisa menularkan penyakit

Biasanya penyakit menular seperti influenza dan batuk. Karena itu kita tidak boleh berinteraksi langsung dengan penderitaan penyakit menular.

13. Persiapkan diri Anda secara mental saat berada di daerah bencana seperti kebakaran dan banjir

Cara menghindari menjadi diri sendiri dengan mengenakan masker agar tidak mengalami masalah pernapasan atau sesak napas, gejala asma dan ketika Anda banjir tidak minum air secara acak. Jangan menggunakan air untuk mengolah makanan agar tidak terhindar dari diare yang dimulai dengan sakit perut.

14. Pelaksanaan kegiatan yang dijadwalkan dengan benar

Bekerja cukup keras dan jangan menghalangi diri Anda. Tidak banyak orang begadang tetapi tidak tidur terlalu banyak karena menurut penelitian itu memicu penyakit kronis seperti penyakit jantung. Tubuh juga membutuhkan keseimbangan antara kerja dan istirahat. Ketika keduanya tidak seimbang, kita mudah sakit.

15. Perhatikan paket yang sudah jadi atau makanan siap saji

Waspadai materi palsu atau kedaluwarsa. Karena bisa merusak tubuh yang keracunan.

Kebiasaan baik lainnya

  1. Jangan mengonsumsi banyak minuman ringan khususnya, bahaya alkohol atau semua jenis minuman berdasarkan zat berbahaya bagi tubuh yang dapat merusak sistem pencernaan, terutama lambung dan usus.
  2. Jangan gunakan sabun atau handuk yang digunakan bersama dengan orang yang menderita penyakit tersebut
  3. Tidak banyak aktivitas saat cuaca ekstrem baik selama panas maupun dingin, karena kedua kondisi ini menyebabkan sakit kepala, flu dan batuk dan sistem kekebalan tubuh yang lemah.
  4. Jika Anda memiliki hewan peliharaan yang menderita penyakit karena dapat terinfeksi seperti rabies, flu burung dan flu babi
  5. Pengelolaan limbah yang hati-hati memisahkan limbah antara sampah organik dan non-organik sehingga limbah organik dapat digunakan dan limbah non-organik dapat didaur ulang untuk membuat lingkungan menjadi sehat, tidak tercemar, dan tubuh tidak rentan terhadap penyakit
  6. Ganti pakaian secara teratur setidaknya setelah aktivitas sehari-hari karena ini dapat menyebabkan penyakit kulit dan gatal-gatal
  7. Mengurangi atau tidak membuang sampah yang dapat mencapai sumber air bersih

Semoga informasi tentang 39 Cara Menjaga Kesehatan agar Tidak mudah Sakit dapat mendatangkan manfaat bagi Teman-teman yang sedang membacanya sekarang ini. Teman-teman jangan lupa untuk share tulisan di sosial media kalian dan meninggalkan komentar di situs ini.

0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *