Menu

20 Cara Menghilangkan Ngantuk saat Bekerja di Siang Hari – Hidup Sehat

Hai saudaraku selamat datang di web artikelsiana.com. Kali ini artikelsiana.com akan menyajikan tentang 20 Cara Menghilangkan Ngantuk saat Bekerja di Siang Hari. Teman-teman jangan lupa untuk share artike di sosial media kalian.

Selama bekerja, ada banyak godaan terutama di siang hari, yang merupakan kebiasaan kantuk. Beberapa orang tentu setuju dengan ini, terutama jika pekerjaannya cukup ramai dan Anda merasa lelah. Selain itu, pekerjaan yang tidak dapat diselesaikan di kantor pada akhirnya harus dibawa pulang dan dilakukan di rumah sampai malam, atau berdiri.

Keesokan harinya rasa kantuk menjadi musuh terbesar selama bekerja. Ini akan menjadi lebih buruk ketika Anda makan siang di mana rata-rata orang yang merasa kenyang akan merasakan kantuk yang luar biasa. Mengantuk terus selama berhari-hari tentu tidak baik untuk kesehatan atau kinerja, jadi apa cara untuk menghilangkan kantuk di tempat kerja?

(Baca juga: penyebabnya sering mengantuk – bahaya tidur terlambat untuk kesehatan)

1. Bercanda

Apakah Anda bekerja di kantor atau di rumah, jika Anda mengantuk dan masih ada banyak pekerjaan, jangan ragu untuk mengambil waktu yang tepat untuk bercanda dengan rekan kerja atau anggota keluarga di rumah. Ini bukan hanya teori bahwa tertawa dapat membuat tubuh lebih segar.

Tertawa adalah cara yang baik untuk membuat tubuh bergerak dan secara efektif menghilangkan rasa kantuk. Mengobrol dan bercanda dengan teman baik akan membuat Anda bangkit kembali untuk melakukan pekerjaan tanpa merasa mengantuk.

2. Tonton video lucu

Jika Anda tidak bisa bercanda, Anda bisa mencoba cara lain untuk mengembalikan kesegaran dan antusiasme untuk bekerja. Menonton video lucu adalah ide cemerlang di mana Anda dapat menemukannya dengan sangat mudah di Internet. Tentu saja, akan lebih baik jika Anda melakukannya saat istirahat dan tidak di tengah jam kerja. Tertawa karena bahkan video lucu dapat menambah kesenangan.

3. Menari

Ketika bekerja dan kantuk naik terlalu banyak, bersiap-siaplah headset dan dengarkan lagu-lagu yang menjadi favorit Anda. Lagu-lagu serba cepat adalah yang paling tepat untuk meningkatkan antusiasme dan mencegah kantuk memburuk. Pilih lagu-lagu yang benar-benar membuat Anda bersemangat tentang mata Anda dan berkonsentrasi pada pekerjaan Anda.

Menari sesuka hati Anda ketika Anda mendengarkan lagu selama setidaknya 10 menit untuk hasil maksimal. Sebenarnya, teman atau kolega Anda akan menertawakan Anda karena Anda dianggap aneh dan lucu, tetapi itu tidak masalah. Setelah mendengarkan lagu-lagu favorit Anda dan beberapa tarian, dijamin Anda akan terhindar dari rasa mengantuk dan siap bekerja lagi.

(Baca juga: makanan yang menyebabkan kantuk)

4. Ngemil

Tidak masalah untuk menghindari kantuk dengan ngemil saat bekerja asalkan tidak terlalu banyak. Hanya beberapa makanan ringan untuk membantu Anda tetap terjaga sepanjang waktu dan tetap bersemangat meskipun pekerjaan menumpuk. Hanya saja Anda menjauhi makanan berat atau bahkan cemilan yang memiliki rasa manis. Camilan pedas adalah yang terbaik untuk membuat mata Anda melek.

Baca Juga  6 Posisi Tidur yang Baik untuk Kesehatan - Gangguan dan Cara Mengatasinya - Hidup Sehat

5. Cuci Wajah

Jika siswa sekolah yang ketahuan oleh guru mereka mengantuk, pasti guru akan meminta siswa untuk mencuci muka terlebih dahulu di kamar mandi. Anda juga dapat melakukan hal yang sama saat bekerja. Rasa kantuk akan hilang segera setelah Anda mencuci muka karena mata Anda akan segar dan melek lagi.

6. Dinginkan kepala

Mengantuk setelah sarapan dan makan siang adalah hal yang normal, tetapi ini juga cukup mengkhawatirkan jika Anda bekerja di tempat yang memiliki banyak pekerjaan. Dinginkan kepala sejenak dengan menyemprotkan air dingin ke wajah atau menggunakan air es / potongan es batu untuk ditempatkan di daerah dahi.

(Baca juga: mengantuk saat latihan)

7. Minum air dingin

Cara lain yang sangat ampuh untuk tetap dingin dan tidak mengantuk saat bekerja adalah minum air dingin. Anda harus membuat diri Anda sadar dan untuk alasan ini, air super dingin yang dicampur dengan lemon akan sangat efektif.

Tetapi pastikan Anda tidak menambahkan pemanis tambahan seperti gula. Semakin Anda menikmati air dingin, Anda akan merasakan kesegaran yang luar biasa dan rasa kantuk akan hilang secara otomatis. Minumlah sedikit dan berkali-kali agar efeknya dapat dirasakan sepenuhnya.

8. Kembangkan otak

Sebab cara lain yang cukup efektif untuk membuat mata melek adalah menarik otak untuk bekerja lebih keras. Tahukah Anda bahwa menyusun teka-teki silang atau TTS adalah ide yang bagus. Jika Anda suka bermain pertandinganSudoku juga bisa menjadi pilihan yang tepat. Atau, bersaing cepat dengan rekan kerja untuk menyelesaikan pekerjaan juga sangat menyenangkan dan otomatis membuat Anda tidak lagi tidur.

9. Bepergian

Jika Anda bekerja di ruangan dengan lampu AC yang lebih terang dan Anda berkonsentrasi di depan layar komputer selama beberapa jam, ini akan menyebabkan mata Anda cenderung menempel. Carilah kesegaran untuk menghilangkan kantuk dengan berjalan kaki selama 15 menit.

Udara segar sangat penting bagi pekerja yang mengantuk atau bosan, sehingga tidak ada salahnya meluangkan waktu untuk keluar dari ruangan. Hanya dengan melihat adegan baru akan memicu tubuh Anda menjadi lebih segar dan mata Anda. Setelah kembali bekerja, Anda akan lebih bersemangat dan tidak lagi mengantuk.

(Baca juga: karakteristik kurang tidur – bahaya tidak tidur di malam hari)

Baca Juga  Pria Ini Semprotkan Deodoran ke Mulut Demi Menutupi Bau Alkohol dari Polisi - Hidup Sehat

10. Bersihkan meja Anda

Merasa lelah dan mengantuk akan menjadi lebih dan lebih ketika pekerjaan menumpuk dan meja terlihat berantakan. Anda tidak hanya tertidur lebih banyak, tentu saja Anda akan selalu lebih malas untuk menyelesaikan pekerjaan yang sedang menunggu Anda. Karena itu, perbaiki dan bersihkan meja Anda sehingga Anda dapat merasakan kesegaran meja yang tertata rapi dan terorganisir dengan baik.

11. Pakailah riasan segar

Khusus untuk wanita, jika Anda tertidur saat bekerja, silakan basahi wajah Anda terlebih dahulu. Terus keringkan wajah menggunakan handuk kecil atau kain normal. Saat membawa toner dan pelembab, gunakan keduanya dengan mengoleskannya pada wajah. Oleskan bedak di wajah Anda dan kenakan lip gloss, ini akan membuat wajah Anda terlihat segar.

12. Minum teh hijau

Anda bisa sangat khawatir bahkan ketika Anda mengantuk di tengah begitu banyak pekerjaan. Ketika kantuk muncul setelah makan siang, Anda bisa mencoba mengonsumsi teh hijau untuk menyegarkan pikiran Anda. Karena mengandung antioksidan tinggi, jelas bahwa teh hijau adalah pilihan yang lebih baik dan lebih sehat daripada kopi dan kafein.

(Baca juga: efek kekurangan air bagi tubuh)

13. Beli online

Mengantuk di tempat kerja adalah tanda bahwa Anda perlu waktu menengah. Mungkin Anda dapat mulai berpikir tentang membeli hadiah untuk orang terdekat dengan mengunjungi situs web toko online untuk melakukan pembelian. Tidak hanya wanita yang sekarang suka belanja online, pria juga dapat menggunakan metode ini untuk menghilangkan kantuk.

14. Penggunaan wewangian

Jika Anda selalu membawa parfum atau lotion, ini akan sangat berguna ketika Anda mengantuk. Lotion atau parfum dengan aroma yang tidak menyengat adalah yang terbaik karena aromanya yang menyegarkan jauh lebih baik. Oleskan lotion atau parfum ke pergelangan tangan Anda; jangan gunakan aroma lavender karena hanya akan membuat Anda lebih mengantuk. Menggosok area hidung juga mungkin karena efeknya menjadi lebih jelas.

15. Ubah posisi

Penyebab seringnya kantuk dan kelemahan saat bekerja adalah kemungkinan besar posisi tubuh yang duduk dan tidak berubah. Jadi, jika Anda menyadarinya, segera ubah posisi dengan duduk saat kaki Anda menyilang. Metode ini cukup kuat untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan kantuk yang cukup mengganggu.

(Baca juga: efek samping seperti cangkir)

16. Peregangan

Peregangan juga merupakan ide yang bagus dan ini masih ada hubungannya dengan duduk yang terlalu lama tanpa berubah. Berdiri sebentar dan regangkan tubuh Anda, putar kepala Anda, tarik tangan Anda atau regangkan otot-otot kaki Anda. Kembali bekerja setelah sekitar 5-10 menit peregangan.

Baca Juga  5 Bahaya Menyetir Tanpa Alas Kaki Bagi Tubuh - Hidup Sehat

17. Memompa adrenalin

Jika Anda telah disarankan untuk menonton video lucu dan membuat Anda tertawa, ada alternatif lain yang juga cukup indikatif. Hilangkan kantuk dengan menonton sejumlah film horor atau trailer aksi. Rasa kantuk yang dijamin di tempat kerja menghilang dalam beberapa menit setelah melihat trailer film ini karena adrenalin Anda meningkat.

18. Latihan

Kolega dapat menemukan Anda aneh ketika Anda berolahraga, terutama di ruang kantor. Tetapi latihan ringan seperti lompat, yoga atau lompat tali sejenak sangat berpengaruh pada kondisi tubuh Anda yang malas dan mudah mengantuk.

Tidak perlu waktu lama untuk melakukan latihan karena yang Anda butuhkan adalah meningkatkan detak jantung Anda sehingga pergelangan tangan Anda lebih cepat. Jadi lebih banyak oksigen akan dikirim ke seluruh tubuh. Tapi jangan berlebihan, ini benar-benar akan membuat Anda sangat lelah dan lebih mengantuk.

(Baca juga: kebiasaan baik sebelum tidur di malam hari)

19. Tarik nafas

Mengantuk saat bekerja sering ditandai dengan sering menguap. Sementara itu, menurut beberapa penelitian, menguap adalah tanda bahwa otak tidak mendapatkan cukup oksigen. Untuk menghilangkan kantuk, Anda bisa mencoba menarik napas panjang. Selama 5 detik, tahan dan selama 5 detik Anda juga dapat mematikannya. Lakukan beberapa kali sampai Anda tidak lagi mengantuk dan mata Anda segar kembali.

20. Tidur yang cukup

Penyebab utama kantuk saat bekerja jelas adalah kurang istirahat dan kualitas tidur. Jadi cobalah setiap malam untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik dan sempurna, yaitu 8 jam. Tidurlah lebih awal dan jangan terbiasa berdiri sehingga keesokan harinya, saat Anda sedang bekerja, tidak mudah untuk tidur.

(Baca juga: bahaya tidur sebelum jam 11:00 – karena kurang tidur di malam hari)

Mudah bukankah cara menghilangkan kantuk saat bekerja? Anda dapat mencoba satu atau lebih dari ide-ide di atas sehingga Anda tidak mendapat masalah di tempat kerja karena sering mengantuk.

Semoga informasi tentang 20 Cara Menghilangkan Ngantuk saat Bekerja di Siang Hari dapat menghasilkan manfaat bagi Anda yang sedang membacanya sekarang ini. Teman-teman jangan lupa untuk membagikan tulisan di sosial media kalian dan meninggalkan komentar di website ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *