Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu

18 Cara Menghilangkan Ngantuk di Pagi Hari Paling Ampuh – Hidup Sehat

Halo sahabatku selamat datang di blog artikelsiana.com. Kali ini artikelsiana.com akan menyajikan tentang 18 Cara Menghilangkan Ngantuk di Pagi Hari Paling Ampuh. Anda jangan lupa untuk bagikan artike di sosial media kalian.

Sebagian besar dari kita pasti mengantuk di pagi hari dan sepertinya enggan untuk memulai kegiatan dan malah ingin kembali tidur lagi. Mengantuk adalah hal yang wajar, terutama jika tubuh merasa lelah dan lelah. Hanya saja ini bisa berbahaya bagi kita ketika kita mengalami kantuk saat belajar di sekolah atau saat bekerja.

Ada beberapa cara untuk menghilangkan kantuk di pagi hari yang cukup kuat untuk Anda. Agar tidak merusak diri sendiri, Anda perlu menghadapi kondisi tidur di pagi hari, terutama jika itu sangat sering dialami. Berikut ini adalah beberapa cara yang layak untuk ditonton dan dilaksanakan.

(Baca juga: penyebab sering kantuk)

  1. Jadikan kegiatan pagi favorit Anda

Tidak ada yang salah dengan melakukan aktivitas yang ingin Anda lakukan di pagi hari, seperti berjalan-jalan di rumah, menonton televisi sejenak atau melakukan latihan ringan sehingga tidak mudah dikendalikan oleh rasa kantuk. Dengan metode ini, gairah biasanya akan muncul perlahan sehingga perasaan malasnya dihilangkan.

  1. Matikan lampu sebelum tidur

Setiap kali sebelum tidur, tidak ada salahnya menggunakan lampu untuk mematikan lampu karena lampu yang sangat terang bisa mengganggu tidur. Tidak hanya itu, cahaya yang terlalu terang akan membuat kinerja mata lebih sulit, sehingga akan lebih sulit untuk tidur. Untuk intensitas cahaya yang lebih rendah, Anda dapat mencoba menggunakan hanya tidur ringan.

  1. Jauhkan dari perangkat elektronik sebelum tidur

Sebaiknya hindari juga perangkat elektronik, terutama ponsel dan komputer, sebelum tidur. TV dan perangkat radiasi tinggi lainnya juga harus dihindari. Ini karena perangkat elektronik ini mampu memicu kelelahan di tubuh kita.

Bagi mereka yang kecanduan penggunaan smartphone, Anda harus membatasi penggunaan di mana ia pergi sebelum tidur dan tidak membiarkannya tidur. Ini karena radiasi smartphone dapat menyebabkan penurunan kualitas tidur. Selain mematikannya, Anda hanya dapat mengaturnya dalam mode pesawat.

(Baca juga: penyebab sering kantuk dan lemah)

  1. Mengatur kualitas tidur di malam hari
Baca Juga  4 Bahaya Vape bagi Kesehatan, Jangan Sepelekan - Hidup Sehat

Pastikan Anda cukup tidur di malam hari sehingga Anda tidak merasa mengantuk di pagi hari. Kualitas tidur terbaik adalah 7-9 jam sehari, jadi jika Anda kurang tidur terlalu sering, jelas ketika Anda bangun Anda akan merasa lebih mengantuk. Pastikan juga Anda tidak begadang, yang bisa mengurangi durasi tidur.

  1. Hindari tidur siang

Ada beberapa orang yang tidak memiliki masalah dengan tidur siang di mana mereka dapat tidur seperti biasa di malam hari. Tetapi ada beberapa orang yang, jika mereka tidur siang, akan kesulitan tidur di malam hari. Untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik dan tidak merasa mengantuk di pagi hari, hindari tidur sesering mungkin.

  1. Minumlah air setiap kali Anda bangun

Untuk menghilangkan kantuk di pagi hari, Anda juga harus terbiasa minum segelas air setiap kali bangun. Sepanjang malam, ketika kita tidur, cairan tubuh mengering dan mengembalikan kadarnya lagi, jadi Anda harus minum air putih. Air dingin lebih direkomendasikan karena jauh lebih efektif untuk menyegarkan tubuh daripada minum air panas. Tetapi bahkan jika Anda merasa lebih nyaman dengan air panas, tidak masalah jika Anda minum 1 gelas setiap pagi.

(Baca juga: mengantuk setelah sarapan dan makan siang)

  1. Tahan nafasmu

Agar tidak mudah mengantuk di pagi hari, Anda bisa mencoba menarik napas dalam-dalam dari hidung Anda, tahan selama beberapa detik sesuai kemampuan Anda, lalu buang napas melalui mulut. Saat Anda mengeluarkan napas dari mulut, lakukan perlahan dan tidak segera diangkat sepenuhnya.

Ketika Anda bangun di pagi hari dan kemudian pindah ke tempat-tempat sunyi, seperti ujian di ruang kelas atau di kantor dengan ruangan yang masih sepi, kantuk otomatis bisa datang. Karena itu, berusaha menahan nafas sesuai anjuran bisa sangat berguna. Ini karena dengan menahan nafas kerja, jantung dapat diaktifkan dengan benar di mana, setelah bekerja, tekanan meningkat dan kantuk juga hilang.

  1. Regangkan tubuh Anda

Ketika kantuk tiba di pagi hari, bahkan jika Anda harus memulai aktivitas, cobalah untuk melakukan peregangan. Peregangan tubuh sangat fungsional dalam meningkatkan endorfin sambil membuat aliran darah lebih lancar. Inilah yang akan membuat tubuh lebih kuat dan efektif menghilangkan kantuk.

  1. Selalu sarapan
Baca Juga  10 Penyebab Tubuh Mudah Lelah Dan Penanganannya - Hidup Sehat

Jangan melewatkan sarapan di pagi hari karena ketika perut Anda penuh dengan sarapan, tubuh Anda secara otomatis akan lebih kuat dalam melakukan aktivitas Anda. Hanya saja jangan makan terlalu banyak, terutama makan nasi atau makanan yang mengandung karbohidrat tinggi karena bisa membuat kita lebih mengantuk nantinya. Dianjurkan untuk makan susu, sereal, roti gandum dan buah-buahan seperti pisang dan pepaya.

(Baca juga: cara menghilangkan kantuk saat bekerja)

  1. berjemur

Berjemur adalah cara alami dan tepat bagi mereka yang ingin mendapatkan lebih banyak asupan vitamin D. Tetapi selain bisa mendapatkan vitamin D tinggi, Anda juga bisa menghilangkan kantuk di pagi hari dengan berjemur. Sinar matahari pagi adalah yang terbaik sehingga aliran darah lebih lancar juga sehingga tulang lebih kuat.

  1. Mandi

Agar tidak tidur atau tidur di pagi hari, mandilah agar tubuh dan pikiran Anda merasa lebih istirahat. Setelah tidur selama beberapa jam, tubuh akan terasa sangat loyo, jadi mandi pagi adalah cara yang efektif untuk menghilangkan kantuk dan meningkatkan kesegaran, terutama saat fajar.

  1. Minumlah air dengan lemon

Untuk menghilangkan kantuk yang dimulai di pagi hari, Anda bisa minum air lemon setiap pagi. Selain menghidrasi tubuh dan menghindari kantuk, tubuh juga akan didetoksifikasi dengan air garam ini dengan lemon. Pastikan sebelum sarapan minum 1 gelas air lemon dan 1-2 gelas di sore hari.

(Baca juga: mengantuk saat latihan)

  1. Minumlah teh hijau

Selain air lemon, teh hijau juga sangat berguna dalam menghilangkan rasa kantuk di pagi hari. Ini karena teh hijau memberikan energi kekuatan yang lebih tinggi bagi tubuh Anda sehingga rasa kantuk bisa hilang. Siapkan 1 sendok teh daun teh hijau dan biarkan selama 5 menit, lalu saring dan tambahkan madu murni sebagai pemanis sebelum dikonsumsi.

  1. Cuci muka kamu

Saat Anda mengantuk, ada saatnya mencuci muka adalah cara terbaik. Rasa kantuk bisa hilang berkat perubahan suhu tubuh yang drastis setelah dicuci di wajah. Bahkan setelah mencuci muka, Anda pasti akan lebih up to date saat fokus pada belajar atau bekerja.

  1. Menggunakan aromaterapi
Baca Juga  6 Bahaya Menelpon Terlalu Lama : Otak, Syaraf, dan Kesehatan - Hidup Sehat

Mungkin Anda mengantuk di pagi dan siang hari, padahal ini cukup mengganggu untuk aktivitas sehari-hari. Karena itu, cobalah menggunakan aromaterapi sehingga kelelahan, sakit kepala, energi rendah dan kantuk dapat hilang.

Sejumlah minyak aromaterapi dapat dengan mudah diperoleh, termasuk peppermint dan minyak rosemary. Biarkan saja jatuh ke saputangan beberapa kali dan hirup sedikit waktu untuk membuatnya tetap dingin dan jauh dari rasa kantuk. Atau Anda juga dapat menempatkan aromaterapi di kamar Anda sehingga Anda dapat lebih berkonsentrasi pada pekerjaan Anda.

(Baca juga: penyebab tubuh lelah yang lemah)

  1. Makanlah makanan Omega-3

Jika masalah ini mengantuk dini hari karena kurang tidur di malam hari, Anda harus bisa makan hanya makanan yang mengandung omega-3. Untuk menghilangkan kantuk di pagi hari, Anda harus tidur cukup dan bisa tidur nyenyak, Anda membutuhkan makanan seperti:

  • Produk olahan kedelai.
  • telur
  • Minyak lobak
  • Selai kacang
  • biji rami
  • kenari
  • ikan tongkol
  • ikan kembung
  • sarden
  • ikan salmon
  1. Permen kunyah bebas gula

Untuk menghindari atau mengurangi rasa kantuk, Anda juga bisa mengunyah permen karet di pagi hari. Tetapi pastikan permen yang dikunyah bebas gula, sehingga tidak mempengaruhi kesehatan tubuh Anda.

  1. Dengarkan musik berirama yang cepat

Untuk menghilangkan kantuk dan Anda menjadi lebih antusias di pagi hari, cobalah untuk memulai hari dengan mendengarkan lagu atau musik berirama cepat dengan lirik yang dapat meningkatkan gairah Anda. Ketika Anda mendengarkan lagu yang lambat atau lagu yang sedih di pagi hari, kemungkinan itu hanya akan mengurangi antusiasme dan membuat Anda lebih mengantuk.

(Baca juga: makanan yang menyebabkan kantuk)

Jika cara untuk menghilangkan kantuk di pagi hari tidak efektif untuk Anda, Anda harus berkonsultasi dengan dokter. Tubuh lemah dan mudah tertidur, terutama ketika sudah cukup tidur bukanlah hal yang wajar dan harus diperiksa untuk dilampaui sejak awal.

Semoga informasi tentang 18 Cara Menghilangkan Ngantuk di Pagi Hari Paling Ampuh dapat memberikan manfaat bagi sahabatku yang sedang membacanya sekarang ini. Teman-teman jangan lupa untuk share artike di sosial media kalian dan meninggalkan komentar di situs ini.

0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *