Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu

11 Cara Menambah Cairan Tubuh dengan Cepat dan Tepat – Hidup Sehat

Hai saudaraku selamat datang di blog artikelsiana.com. Kali ini artikelsiana.com akan membahas tentang 11 Cara Menambah Cairan Tubuh dengan Cepat dan Tepat. Kamu jangan lupa untuk share tulisan di sosial media kalian.

Tubuh sebagian besar terdiri dari air. Inilah sebabnya mengapa kita lebih mampu menahan dahaga daripada menahan lapar. Semua reaksi dalam tubuh tergantung pada kecukupan cairan dalam tubuh. Setiap hari tubuh melakukan proses metabolisme dan air berperan dalam proses ini. Setiap cairan yang hilang oleh tubuh harus diganti dengan sumber cairan baru. Ini dimaksudkan agar setiap proses dalam tubuh berjalan dengan baik tanpa hambatan.

Karena kekurangan tubuh

Ketika tubuh kekurangan cairan, hal pertama yang terjadi adalah dehidrasi. Dehidrasi adalah suatu kondisi di mana tubuh kehilangan sebagian besar cairannya. Dehidrasi sendiri dibagi menjadi 3 kelompok: dehidrasi ringan, dehidrasi sedang dan dehidrasi berat. Setiap tingkat dehidrasi akan menunjukkan gejalanya dan juga akan menimbulkan akibatnya sendiri. Ketika seseorang masuk menunjukkan gejala dehidrasi parah, perawatan medis adalah satu-satunya cara. Bahkan bahaya dehidrasi terburuk adalah risiko kematian.

Ketika Anda haus, itu adalah tanda bahwa tubuh harus segera ditambahkan. Jangan pernah menunda untuk menambah cairan dalam tubuh. Tubuh yang kekurangan cairan akan menyebabkan masalah yang terkadang tidak kita sadari. Beberapa masalah yang mungkin timbul karena kekurangan cairan dalam tubuh antara lain:

  • Bau mulut
  • Sulit berkonsentrasi
  • Kulit kering
  • Cepat lelah
  • dehidrasi
  • Gangguan pencernaan
  • Gangguan ginjal
  • Gangguan saraf
  • radang sendi
  • Hipokalsemia (kekurangan kalsium dalam tubuh yang menyebabkan kram otot dan irama jantung)
  • Hypomagnesium (kondisi tubuh bebas magnesium yang menyebabkan gangguan pada sistem saraf sehingga sering terjadi halusinasi)
  • Hiponatremia (kondisi tubuh bebas dari cairan natrium yang menyebabkan kematian kejang)
Baca Juga  18 Manfaat Mengurangi Makan Nasi Putih bagi Tubuh - Hidup Sehat

Cara cepat menambah cairan tubuh

Setiap hari tubuh akan melakukan berbagai fungsi organik tanpa henti, bersamaan dengan berbagai aktivitas yang kita lakukan akan semakin mengurangi tingkat cairan dalam tubuh. Belum lagi jika kita terpapar berbagai penyakit yang mengeringkan cairan tubuh dengan sangat cepat, seperti diare. Kondisi diare dapat dengan cepat mengalirkan cairan atau ion ke dalam tubuh. Jika kondisi ini terjadi, maka harus ada pengobatan untuk mengantisipasi hal yang lebih buruk.

Cara tercepat untuk menangani kondisi bebas cairan tubuh adalah dengan segera minum cairan. C & # 39; adalah berbagai cairan yang dapat dikonsumsi sehingga tubuh tidak kekurangan cairan. Beberapa sumber cairan atau cairan yang dapat digunakan sebagai cara untuk dengan cepat menambahkan cairan tubuh meliputi:

1. Air

Konsumsi air menjadi cara pertama dan termudah untuk menambahkan cairan ke tubuh. Selain bisa dibawa kemana saja, air juga merupakan cairan yang harus dikonsumsi setiap hari. Namun, jika tubuh mengalami dehidrasi parah, air minum tidak bisa menjadi solusi. Untuk menghindari air, terapi air putih setiap hari adalah pilihan yang tepat.

2. Air kelapa

Disarankan untuk mengkonsumsi air kelapa terutama kelapa hijau ketika kita merasa sangat lelah. Dipercayai bahwa air kelapa dengan cepat mengembalikan cairan tubuh. Selain itu, air kelapa juga mengandung banyak ion yang dapat mengembalikan ion tubuh yang hilang. Air kelapa sangat efektif dalam mencegah dehidrasi tubuh karena merupakan minuman yang efektif untuk ion tubuh.

Baca Juga  Hati-hati, 4 Kebiasaan Makan Seperti Ini Paling Sering Picu Tersedak - Hidup Sehat

3. ORS

Cara selanjutnya untuk menambahkan cairan tubuh adalah dengan meminum ORS. ORS biasanya diberikan ketika seseorang mengalami diare. Ini karena ORS, yang merupakan campuran gula dan garam, dapat dengan cepat menggantikan cairan tubuh. Ketika tubuh mengalami diare, cairan pengganti harus diberikan dengan cepat.

4. Gairah buah dan madu

Cairan tubuh atau pengganti ion diminum dengan cepat, sehingga merupakan campuran dari markisa dan madu. Coba campur buah markisa dengan air hangat. Untuk pemanis, tambahkan madu saja. Minuman ini sangat menyegarkan dalam tubuh dan akan mengatasi kelelahan tubuh.

5. Susu dan madu

Untuk menambahkan cairan tubuh dengan cepat, Anda bisa menggunakan susu alih-alih cairan. Anda bisa minum susu seperti biasa. Atau Anda juga bisa membuat campuran susu dan madu. Kombinasi susu dan madu dapat meningkatkan asupan cairan dan berbagai mineral dalam tubuh.

6. Apel, daun seledri, air lemon

Apakah ada persediaan apel, seledri dan air lemon di rumah Anda? Jika demikian, maka Anda bisa membuat jus sehat dengan bahan-bahan ini. Metodenya sederhana, cukup campur ketiga bahan lalu saring. Minum jus ini sekali sehari dapat mencegah tubuh menjadi kurang cairan.

7. Kiwi

Konsumsi buah juga bisa menjadi cara menambah cairan tubuh dengan cepat. Pilih buah-buahan yang banyak mengandung cairan, salah satunya adalah kiwi. Buah kiwi memiliki kandungan vitamin C dan potasium yang tinggi. Kedua bahan ini sangat penting untuk menggantikan ion dalam tubuh. Selain itu, juga efektif dalam menghilangkan rasa haus dan kelelahan.

Baca Juga  Bahaya! 8 Dampak Akibat Tidak Mandi Wajib Seharian

8. Pisang

Ketika tubuh kehilangan banyak ion, kita harus menambahkan asumsi bahwa tubuh juga mengandung banyak ion. Ketika tubuh kehilangan cairan, kalium dapat bertindak sebagai ion positif daripada cairan dalam tubuh. Untuk mendapatkan kalium ini, Anda bisa rutin mengonsumsi pisang.

9. Jambu merah, mangga, susu

Jus buah juga merupakan pilihan terbaik untuk menggantikan cairan dalam tubuh. Jus buah mungkin menjadi pilihan terbaik. Misalkan campuran mangga, jambu merah dan sedikit susu akan dapat memenuhi kebutuhan kalium dan kalsium dalam tubuh. Konsumsi jus ini dapat mencegah tubuh menyerang berbagai radikal bebas sehingga tubuh tetap sehat.

10. Alpukat dan susu

Terkadang dipercaya bahwa jus alpukat dan susu meningkatkan berat badan. Konsumsi jus ini juga bisa mengatasi kondisi tubuh yang mengalami dehidrasi. Selanjutnya, ion yang hilang juga bisa diganti dengan mengonsumsi jus alpukat dan susu. Sehingga minuman ini merupakan cara menambah cairan tubuh dengan cepat dan akurat.

11. Sup ayam

Cara lain untuk menambah asupan cairan dalam tubuh adalah dengan mengonsumsi sup ayam. Kaldu ayam ini dapat ditambahkan dengan berbagai macam sayuran untuk meningkatkan kandungan vitamin dan mineral dalam tubuh. Konsumsi kaldu sup ayam dan sayuran merupakan cara mengatasi kekurangan cairan tubuh.

mudah-mudahan info tentang 11 Cara Menambah Cairan Tubuh dengan Cepat dan Tepat dapat mendatangkan manfaat bagi sahabatku yang sedang membacanya saat ini. Kamu jangan lupa untuk membagikan tulisan di sosial media kalian dan meninggalkan komentar di web ini.

0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *