Menu

10 Cara Agar Tidur Sebentar tapi Berkualitas – Hidup Sehat

Halo teman-teman selamat datang di situs artikelsiana.com. Kali ini kami akan menjelaskan tentang 10 Cara Agar Tidur Sebentar tapi Berkualitas. Anda jangan lupa untuk membagikan tulisan di sosial media kalian.

Tidur dalam jumlah yang cukup penting sebagai salah satu tahapan untuk memperlancar proses metabolisme dalam tubuh dan juga untuk memfasilitasi regenerasi sel. Namun, cukup tidur dalam hal kuantitas tidak cukup. Untuk mendapatkan tubuh yang kembali bugar ketika Anda bangun, Anda jelas perlu memiliki kualitas tidur. Namun, mendapatkan kualitas tidur tidak mudah. Banyak orang tidur cukup dari 6 hingga 8 jam sehari, tetapi ketika mereka bangun mereka tidak memiliki tubuh baru. Padahal, tidur 6 hingga 8 jam sehari adalah waktu tidur yang dianggap cukup dari segi kuantitas. (Baca juga: karena kurang tidur di malam hari)

Kualitas tidur sangat penting. Apa manfaat tidur tubuh yang berkualitas? Berikut ini beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan tidur yang berkualitas:

  • Itu dapat meningkatkan memori. Saat tidur, otak memperkuat daya ingat dan juga keterampilan yang Anda pelajari di siang hari. Proses ini juga sering disebut konsolidasi. (Baca juga: cara meningkatkan memori – cara meningkatkan memori dan konsentrasi)
  • Rasakan kreativitas. Kualitas tidur akan membantu otak mengatur dan merestrukturisasi sel sehingga banyak kreativitas dapat muncul.
  • Tingkatkan konsentrasi. Menurut penelitian, tidur yang tidak berkualitas akan membuat anak hiperaktif. Sementara itu, orang dewasa cenderung kehilangan konsentrasi ketika mereka melakukan berbagai pekerjaan jika mereka tidak memiliki kualitas tidur. Dengan kata lain, kualitas tidur juga dapat meningkatkan IQ seseorang. (Baca juga: cara meningkatkan konsentrasi – cara meningkatkan IQ)
  • Cegah stres. Tidur yang tidak berkualitas cenderung meningkatkan produksi hormon stres. Stres juga akan memicu hipertensi yang merupakan penyebab berbagai masalah kesehatan lainnya, seperti stroke, penyakit jantung dan bahkan obesitas. (Baca juga: Cara menghindari stres – cara menghilangkan stres – makanan untuk menghilangkan stres)
  • Cegah obesitas. Penelitian yang dilakukan di University of Chicago menyatakan bahwa tidur yang berkualitas akan mengurangi lemak hingga 56% di dalam tubuh. Dengan kata lain, kualitas tidur akan mencegah tubuh Anda menjadi gemuk. (Baca juga: makanan yang membakar lemak cepat – makanan yang mengurangi lemak jahat)
Baca Juga  6 Bahaya Menelpon Terlalu Lama : Otak, Syaraf, dan Kesehatan - Hidup Sehat

Ini adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan kualitas tidur. Namun, mendapatkan kualitas tidur tidak mudah. Banyak orang berpikir bahwa tidur yang berkualitas dapat dilakukan tidur selama 6-8 jam sehari. Padahal, kualitas tidur hanya bisa dicapai dengan tidur selama 3-5 jam. Alasannya, tentu saja, tidak semua orang memiliki cukup waktu untuk tidur selama 6 jam atau lebih setiap hari. Untuk alasan bisnis, orang hanya bisa tidur 3 hingga 5 jam sehari. Berikut adalah 10 metode yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan kualitas tidur walaupun Anda hanya memiliki sedikit tidur.

1. Olahraga rutin

Olahraga tidak hanya bermanfaat untuk mencegah obesitas. Olahraga juga dapat meningkatkan kualitas tidur. Latihan ini akan memfasilitasi sistem metabolisme dan sistem sirkulasi. Setelah berolahraga, tubuh biasanya akan merasa lelah, sehingga tidur akan terasa lebih berkualitas dan ketika Anda bangun tubuh Anda akan merasa lebih banyak istirahat.

(Baca juga: manfaat olahraga untuk kesehatan)

2. Atur jam tidur Anda

Buat jadwal tidur yang teratur. Metode tidur yang diajarkan oleh Nabi adalah metode tidur yang sangat bagus dan berkualitas tinggi, yaitu tidur cepat dan bangun dengan cepat. Karena alasan ini, Nabi dan para sahabatnya memiliki tubuh yang sehat. Jika Anda hanya memiliki sekitar 3 jam tidur, tidurlah dari jam 9 hingga 12 malam. Saat itu, tubuh akan melakukan proses metabolisme lebih optimal. Selanjutnya, proses regenerasi sel dan juga rekonstruksi sel-sel otak juga bekerja secara optimal. Jika tidur malam Anda sangat terbatas, cobalah untuk tidak tidur lebih dari tengah hari di malam hari.

Baca Juga  39 Cara Menjaga Kesehatan agar Tidak mudah Sakit - Hidup Sehat

3. Jangan makan terlalu banyak sebelum tidur

Mengkonsumsi terlalu banyak makanan sebelum tidur akan membuat perut Anda tidak nyaman dan membuat sulit tidur. Karena itu, cobalah untuk memastikan bahwa makanan yang Anda makan sebelum tidur adalah jumlah makanan yang baik. Anda bisa mengonsumsi buah segar sebagai alternatif.

4. Matikan perangkat elektronik

Anda mungkin memiliki kebiasaan menyalakan televisi sepanjang malam. Jika ya, maka hentikan kebiasaan itu. Matikan televisi kapan pun Anda ingin tidur. Matikan komputer dan ponsel Anda kapan pun Anda ingin tidur. Metode ini bermanfaat untuk meningkatkan relaksasi dalam tubuh sehingga aliran darah ke otak menjadi lebih optimal. Hasilnya, tidur menjadi lebih baik dan berkualitas.

5. Hindari berbicara tentang kebiasaan melalui telepon sebelum tidur

Ketika Anda berbicara dengan teman atau orang yang dekat dengan Anda menggunakan telepon, otak Anda telah diatur ke "siaga" pada waktu itu. Butuh waktu untuk mengubah sistem otak Anda menjadi "mode tenang". Karena alasan ini, cobalah untuk tidak berbicara di telepon setidaknya setengah jam sebelum tidur.

6. Matikan lampu

Peneliti merekomendasikan mematikan lampu setiap kali Anda tidur. Metode ini telah terbukti dapat meningkatkan kualitas tidur dan juga mencegah Anda dari selalu bangun ketika Anda tidur. Menurut para peneliti, lampu akan merangsang produksi hormon dalam tubuh yang akan membuat tidur kita tak tertahankan.

Baca Juga  11 Cara Menambah Cairan Tubuh dengan Cepat dan Tepat - Hidup Sehat

7. Kasur

Gunakan kasur yang membuat tubuh rileks saat berbaring. Metode ini akan membantu tubuh Anda merasa lebih nyaman dan juga akan meningkatkan sirkulasi darah. Jika tempat tidur Anda terlalu tua dan Anda merasa tidak nyaman ketika menggunakannya untuk berbaring, tentu saja kualitas tidur Anda juga akan berkurang.

8. Lingkungan tidur

Lingkungan tidur akan sangat mempengaruhi situasi jantung dan bahkan pikiran saat tidur. Buat lingkungan tidur senyaman mungkin untuk membuat tidur lebih berkualitas. Suhu AC dapat disesuaikan dengan suhu yang sesuai dan nyaman bagi tubuh. Selain itu, Anda juga dapat mengubah dekorasi ruangan secara teratur untuk meningkatkan suasana hati dan pikiran Anda sehingga Anda merasa lebih santai.

9. Hindari kafein

Minuman yang mengandung kafein adalah jenis asupan stimulan yang akan membuat tubuh Anda terjaga lebih lama. Jadi bagi Anda yang terbiasa mengonsumsi kopi, sebaiknya kurangi atau hentikan kebiasaan itu.

10. Persiapan rencana untuk besok

Sebelum tidur, Anda dapat membuat rencana dan bahkan mengatur apa yang akan Anda lakukan besok. Berpikir untuk mengatur sesuatu yang akan selesai besok akan membantu otak menjadi lebih terstruktur saat tidur.

Jadi 10 metode yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan tidur yang berkualitas walaupun Anda hanya memiliki sedikit tidur. Dengan metode di atas, meski tidur Anda tidak lama, tetapi yang pasti ketika Anda bangun tubuh Anda akan tetap terasa segar.

Semoga informasi tentang 10 Cara Agar Tidur Sebentar tapi Berkualitas dapat memberikan manfaat bagi sahabatku yang sedang membacanya sekarang ini. Anda jangan lupa untuk membagikan artike di sosial media kalian dan meninggalkan komentar di website ini.

0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *