Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu

Unsur-Unsur Pameran & Jenis-Jenis Pameran Seni Rupa

Unsur-Unsur Pameran & Jenis-Jenis Pameran Seni Rupa   Dalam bidang karya seni rupa, pameran memiliki unsur-unsur yang beragam. 
Hal itu tidaklain dari jenis-jenis karya yang dipamerkan. Itulah mengapa setiap pameran, para seniman banyak menampilkan karya seninya hingga tempat tersebut terisi full. 
Akan tetapi, tidak semudah itu untuk para seniman memerkan karya seninya kepada publik khususnya di acara atau event-event tertentu. Sebabnya, terdapat unsur yang harus dipenuhi dengan langkah-langkah yang telah disediakan oleh panitia. 
Bentuk penginformasiaan tersebut, biasa didapatkan dalam laporan proposal yang patut untuk dipenuhi oleh para seniman. 
Sebab biasanya seperti itulah langkah yang terdapat dalam pameran. Biasanya, dalam pameran tersebut, sejumlah karya seni rupa mendapat penilaian dari dewan juri dan juga khalayak. 
Dalam penyelenggaraan pameran, terdapat yang perlu diperjelas oleh panitia. Umumnya, terdapat pertemuan bagi setiap seniman kepada panitia setelah memenuhi isi proposal. 
Hal itu dilakukan untuk lebih memperjelas dan adanya tatap muka dengan panitia dengan para seniman serta mengumpulkan karya seni rupa yang akan dipamerkan pada acara tertentu misalnya acara pemerintahan atau memperingati hari-hari nasional. 
Sebelum terlalu jauh membahas mengenai unsur-unsur pameran, apa sih itu pameran? Pengertian pameran adalah evet atau kegiatan yang dilakukan oleh para seniman dengan tujuan menyampaikan dan memperlihatkan karya seni kepada khalayak umum. 
Dalam penjelasan diatas, bahwa para seniman kerap menampilkan pada acara tertentu. Biasanya karya seni akan dipamerkan secara berkala pada periode tertentu atau pada event tahunan yang dikenal dengan jenis pameran periodik. 
Contohnya jenis pameran periodek dalam karya seni rupa adalah ‘Senandung Ibu Pertiwi” yang berlangsung sepanjang bulan Agustus. Menurut data tahun 2017, terdapat 35.675 pengunjung serta terdapat 48 pameran lukisan dari 41 pelukis di Indonesia dan mancanegara. 
Selain itu, ada yang dikenal dengan jenis pameran Insidental. Maksud dari jenis pameran karya seni rupa ini adalah pameran yang dilakukan apabila diperlukan dan dapat dilakukan kapan saja. Contoh pameran ini dilakukan ketika terdapat tamu undangan dari negara lain. 

Jenis-Jenis Pameran

Berdasarkan waktu penyelenggaraan nya, pameran bisa dibedakan menjadi 3 jenis, antara lain: 
  1. Pameran Periodik. Maksud dari jenis pameran yang dikenal dengan Pameran periodik adalah pameran yang diselenggarakan secara teratur dalam waktu tertentu, misalnya sebulan sekali atau setahun sekali.
  2. Pameran Insidental. Pengertian dari jenis pameran insidental adalah pameran yang diselenggarakan jika diperlukan, sehingga waktunya tidak bisa ditentukan.
  3. Pameran Permanen. Arti dari Pameran Permanen yaitu pameran yang diadakan dengan tempat yang tetap dan dibuka dengan waktu yang telah ditentukan. 
Ada banyak jenis-jenis pameran karya seni rupa dengan fungsi dan tujuan yang diselenggarakannya berbeda-beda. Tapi tetap saja nilanya adalah untuk menampilkan ke khalayak luas. 

Unsur-Unsur Pameran 

Apabila hendak menyelenggarakan sebuah pameran karya seni yang meriah dengan konsep yang dikhususnya agar tujuannya dapat tercapai dan maksud diselenggarannya. 
Maka patut diketahui bahwa terdapat unsur-unsur yang patut untuk dipenuhi. Adapun macam-macam unsur pameran tersebut yaitu: 

1. Unsur Karya Seni 

Hal yang paling penting pertama untuk dipertimbangkan dan dipersiapkan dalam menyelenggarakan pameran adalah karya seni apa?. 
Dalam hal ini umumnya menampilkan dalam suatu pameran adalah karya seni 2 dimensi atau 3 dimensi. Contoh yang biasa di pamerkan adalah lukisan, fotografi, patung, kaligrafi dll. 
Pertimbangan dalam unsur yang pertama dalam menyelenggarakan pameran adalah sebuah point utama dalam menarik pengunjung sebab semakin banyak dan beragam yang ditampilkan dalam sebuah pameran maka semakin banyak pula pengunjung yang akan datang. 

2. Unsur Tempat

Maksud dari unsur tempat sebagai unsur dari pameran yang kedua adalah ruangan yang disediakan dalam pameran atau tempatnya. Unsur tempat ini menjadi perhatian bagi panitia atau penyelenggara dalam mempertimbangkan jumlah karya seni dengan jumlah pengunjung pada saat pameran diselenggarakan. 
Selain itu, unsur tempat ini tidak hanya mempersoalkan pada kapasitas, melainkan juga menyangkut suasana dalam pameran tersebut agar tujuan dari selenggarakannya pameran dapat tercapai atau tema yang menjadi pameran itu diselenggarakan. 
Selain dari kapasitas dan suasana, unsur tempat juga menjadi perhatian dalam jenis karya seni yang ditampilkan dengan cuaca yang akan terjadi ketika pameran diselenggarakan. 
Misalnya saja menampilkan jenis karya berupa fotografi atau kaligrafi yang dapat merusak karya seni dalam pameran ketika diselenggarakan.
Atau contoh lainnya adalah menampilkan hasil karya seni yang cukup besar. Sehingga ada banyak pilihan yang patut untuk diperhatikan bagi segenap penyelenggara, apakah ingin menyelenggarakan pameran dalam ruangan (indoor), atau dengan menyelenggarakan pameran secara tertutup (outdoor) ataukah ingin keduanya. 

3. Unsur Penyelenggara 

Selain itu, unsur yang patut untuk diperhatikan adalah penyelenggara. Maksud dalam hal ini sebagai pemenuhan agar terselenggarakannya pameran adalah pada kepanitian yang terdapat dalam pameran tersebut. 
Biasanya, pameran diselenggarakan oleh panitia yang terdapat dalam sebuah instansi pemerintahan, komunitas, gabungan komunitas, atau gabungan pemerintah dengan sejumlah komunitas. 
Dalam unsur penyelenggara ini, juga patut untuk diperhatikan oleh para seniman untuk menilai kesiapan panitia dalam menarik pengunjung dan juga pada keamanan karya seni yang akan ditampilkan. Sehingga perlunya untuk mencari seberapa jauh pengalaman penyelenggara dan tujuan penyelenggara melakukan pameran. 

4. Unsur Pengunjung 

Setiap unsur diatas adalah suatu kesatuan yang dapat menarik pengujung. Sebab salah satu tujuan dari melakukan pameran adalah untuk menarik pengunjung. Selain karena faktor ekonomi, juga pengunjung dapat ruang untuk beredukasi dengan menciptakan dan memotivasi para seniman lain. 
Bahkan seniman, dengan adanya pameran maka dapat memotivasi dirinya untuk terus berkarya lebih jauh lagi, sebab apresiasi hadir dari pengujung. 
Tidak jarang, penyelenggara menambahkan acara talkshow bersama seniman, ataupun penampilan dari band dalam sebuah pameran untuk memeriahkan acara.

5. Unsur Peralatan

Dalam menyelenggarakan sebuah pameran, karya seni rupa haruslah di tampilkan dengan sangat menarik dan menonjolkan estetika dan keindahan dari karya seni tersebut. 
Maksud dari hal ini adalah maksud dan tujuan serta ciri khas atau nilai-nilai yang terkandung dalam setiap karya seni para seniman. 
Tentunya hal tersebut harus dutunjang dengan peralatan yang memadai seperti ligting, etalase, partisi.

Kesimpulan: Unsur-Unsur Pameran 

Untuk memperjelas alat atau unsur-unsur yang diperlukan dalam menyelenggarakan pameran secara terperinci serta hal-hal yang biasa disediakan dalam pameran yaitu:
  • Karya-karya seni rupa yang akan dipamerkan.
  • Label karya, berfungsi untuk menulis identitas (judul, pencipta, teknik, dan tahun penciptaan) dan ditempel di dekat karya seni yang dipamerkan.
  • Dekorasi, yaitu perlengkapan untuk menyajikan karya seni agar lebih indah.
  • Sound system, dimaksud sebagia unsur pameran sebab sarana audio yang diperlukan untuk menciptakan suasana nyaman bagi pengunjung pameran.
  • Katalog, bermaksud sebagai lembaran petunjuk yang berisi penyelenggaraan pameran.
  • Buku tamu, bertujuan untuk diisi oleh pengunjung pameran
  • Panel atau sketsel, standart display atau box, untuk memajang karya seni yang akan dipamerkan.
  • Buku pesan atau kesan, digunakan untuk mengetahui tanggapan pengunjung terhadap karya yang dipamerkan.
Baca Juga  Pengertian Harmoni, Jenis & Contoh Harmoni Dalam Seni Musik dan Seni Rupa
Demikianlah informasi mengenai Unsur-Unsur Pameran & Jenis-Jenis Pameran. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman. 
0 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Comments 1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *