Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu

13 Pengertian Kelincahan, Ciri, Jenis, Faktor & Bentuk Latihan Kelincahan (Agility)

Pengertian Kelincahan (Agility), Ciri, Jenis, Faktor & Bentuk Latihan Kelincahan Pengertian kelincahan secara umum adalah suatu unsur kondisi fisik yang berperan khususnya cabang olahraga permainan khususnya sepakbola, pada saat mendapat rintangan dari lawan.
Secara etimologi, pengertian Kelincahan berasal dari istilah kata lincah. Yang dimaksud dengan Lincah berarti selalu bergerak, tidak dapat diam, tidak tenang, tidak tetap.
Selain itu, Kelincahan juga dapat diartikan sebagai kemampuan untuk merubah arah dan posisi tubuh dengan cepat dan tepat pada waktu sedang bergerak tanpa kehilangan keseimbangan dan kesadaran akan posisi tubuhnya.
Diketahui Kelincahan dilakukan dengan Menkoordinasikan gerakan-gerakan berganda atau stimulan, dalam mempermudah penguasaan teknik-teknik tinggi, gerakan-gerakan efisien, efektif dan ekonomis serta difungsikan untuk mempermudah orientasi terhadap lawan dan lingkungan.
Sebagai salah satu kondisi fisik yang berperan dalam olahraga keterampilan bahkan untuk cabang olahraga misalnya bulutangkis, sepakbola, beladiri, bolavoli, futsal dan lain-lain. 

Pengertian Kelincahan Menurut Para Ahli

Adapun pengertian kelincahan menurut para ahli yaitu:

1. Pengertian Kelincahan Menurut Wahjoedi

Menurut Wahjoedi (2001:61) bahwa pengertian kelincahan (agility) adalah kemampuan tubuh yang bertujuan untuk mengubah dengan cepat tanpa adanya ganguan keseimbangan maupun tidak kehilangan keseimbangan.
Dalam permainan sepakbola, kelincahan memiliki peranan dan manfaat yang sangat penting khususnya dalam menghindari sergapan lawan pada saat melakukan dribbling, ataupun untuk memasukkan bola ke gawang lawan sehingga dapat mendapat angka.

2. Pengertian Kelincahan Menurut Toho Cholik Mutohir 

Menurut Toho Cholik Mutohir dan Ali Maksum (2007:56) bahwa pengertian kelincahan (agility) adalah kemampuan tubuh atau bagian tubuh yang berfungsi dalam mengubah arah gerakan secara mendadak dalam kecepatan yang tinggi.

3. Pengertian Kelincahan Menurut Dedy Sumiyarsono

Menurut Dedy Sumiyarsono (2006:91) bahwa pengertian kelincahan (agility) adalah kemampuan seseorang yang difungsikan untuk berlari cepat dalam mengubah-ubah arahnya.

4. Pengertian Kelincahan Menurut Muchamad Sajoyo 

Menurut Muchamad Sajoyo (1988:59) bahwa pengertian kelincahan (agility) adalah kemampuan seseorang dalam mengubah arah saat posisi-posisi di suatu arena tertentu.

5. Pengertian Kelincahan Menurut Ismaryati

Menurut Ismaryati (2008:41) bahwa pengertian kelincahan adalah kemampuan seseorang untuk dapat mengubah arah dengan cepat dan tepat waktu tanpa mendapatkan kehilangan keseimbangan.

6. Pengertian Kelincahan Menurut Balley (1990) 

Menurut Balley bahwa pengertian kelincahan adalah kemampuan tubuh yang digunakan untuk mengubah arah dengan cepat dan efektif yang terus dilakukan dengan bergerak atau berlari.

7. Pengertian Kelincahan Menurut Nurhasan (2008)

Menurut nurhasan bahwa pengertian kelincahan adalah suatu kemampuan dalam mengubah arah dan posisi tubuh dengan cepat yang di mulai dengan gerakan yang lain.

8. Pengertian Kelincahan Menurut Suharno (1993)

Menurut Suharno bahwa pengertian kelincahan adalah kemampuan dalam mengubah arah dan posisi yang dilakukan begitu tepat, cepat, dan tanpa adanya kehilangan keseimbangan.

9. Ciri-Ciri Kelincahan (Agility)

Ada banyak gerakan dalam olahraga yang tidak hanya dinyatakan bahwa bergerak adalah kelincahan itu sendiri.
Melainkan terdapat unsur dan bentuk sebagai identifikasi bahwa geraka itu merupakan kelincahan. Demikian ini dapat dilihat dari ciri-ciri atau karakteristik kelincahan. Adapun ciri-ciri kelincahan yaitu: 
  • Terdapat rintanga-rintangan untuk bergerak dan mempersulit kondisi-kondisi alat,lapangan dsb.
  • Ada pedoman waktu yang pasti dalam latihan.
  • Cara Latihan Kelincahan atau Bentuk Latihan Kelincahan.
  • Adanya rangsangan terhadap pusat saraf sangat menentukan berhasil tidaknya suatu latihan kelincahan, mengingat koordinasi dan kecepatan merupakan unsur yang urgen bagi baiknya kelincahan.
  • Memiliki bentuk-bentuk latihannya harus ada gerakan merubah posisi dan arah badan.

10. Macam-Macam Kelincahan

Menurut Joko Purwanto (2004:41) bahwa seorang pemain yang memiliki kelincahan yang baik mempunyai macam-macam keuntungan baik mudah melakukan gerakan yang sulit, mendukung teknik difungsikan khususnya teknik menggiring bola, dan tidak mudah jatuh atau cidera.
Hal itu dapat ditinjau dari ciri-ciri kelincahan dengan kemampuan bergerak cepat, mengubah arah dan posisi, menghindari benturan antar pemain dan kemampuan dalam berkelit dari pemain lawan di lapangan.
Kemampuan dalam bergerak untuk mengubah arah dan posisi yang disesuaikan pada situasi dan kondisi yang dapat dihadapi dalam waktu yang relative singkat dan cepat.
Dalam kehidupan sekitar, ada banyak jenis kelincahan (agility) yang dapat kita amati dengan mudah. Hal itu juga sebagaimana gagasan dari Ismaryati (2008:41) berdasarkan peran atau keterlibatannya dalam beraktivitas.
Menurut Ismaryati bahwa macam-macam kelincahan dikelompokkan menjadi dua yakni: “kelincahan umum” dan “kelincahan khusus“. Adapun pengertian dari kedua jenis kelincahan (agility) ini yakni:
  • Kelincahan Umum. Pengertian jenis kelincahan ini adalah suatu kelincahan yang digunakan untuk aktivitas sehari-hari atau dalam kegiatan saat olahraga secara umum.
  • Kelincahan Khusus. Pengertian jenis kelincahan khusus yaitu adalah kelincahan yang memiliki sifat yang dibutuhkan dalam cabang olahraga tertentu yang memiliki ciri-ciri tertentu sejalan dengan tuntutan cabang olahraga yang pelajari.

11. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kelincahan (Agility)

Berdasarkan arti diatas bahwa kelincahan pada hakikatnya adalah penampilan gerak yang berbeda-beda atau berubah-ubah, maka tuntutan ini dapat dibatasi unsur mengatur gerak kaki, dan bahkan bukan hanya kemampuan fisik semata, melainkan terdapat faktor yang mempengaruhi baik dan tidaknya kelincahan.

a. Tipe Tubuh

Orang yang memiliki bentuk tubuh tinggi ramping dan bundar kenderung kurang lincah. Hal demikian berbeda untuk orang yang sedang atau sedikit pendek namun mempunyai perototan yang baik lebih dekat untuk memiliki kelincahan yang lebih baik. Patut diketahui bahwa orang yang tergolong mesomorf lebih tangkas dari pada eksomorf dan endomorph.

b. Umur

Kelincahan meningkat sampai kira-kira umur 12 tahun pada waktu mulai memasuki pertumbuhan cepat (rapid growth). Dalam periode tersebut kelincahan tidak meningkat, bahkan menurun juga.
Namun setelah melewati pertumbuhan cepat (rapid growth), maka akan membuat kelincahan meningkat lagi hingga anak mencapai umur dewasa, kemudian menurun lagi menjelang umur lanjut.

c. Jenis kelamin

Selain itu, faktor yang dapat mempengaruhi kelincahan adalah pada jenis kelamin yang dimana anak laki-laki memperlihatkan kelincahan sedikit lebih dari pada perempuan sebelum umur pubertas. Setelah umur pubertas perbedaan kelincahnnya lebih mencolok.

d. Berat Badan

Sebagai jenis faktor yang dapat mempengaruhi kelincahan, Berat badan yang lebih dapat mengurangi kelincahan.

e. Kelelahan

Faktor penentu yang terakhir yang dapat mempengaruhi kelincahan adalah ketika kelelahan maka dapat mengurangi kelincahan.
Oleh sebab itu, dibutuhkan pentingnya dalam memelihara daya tahan jantung dan daya tahan otot, agar kelelahan tidak mudah timbul. 

 

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kelincahan (Agility)

Selain itu, menurut Menurut Mukholid (2007:47) bahwa terdapat macam-macam faktor yang mempengaruhi kelincahan dan dengan demikian dapat disampaikan bahwa terdapat pengaruh kelincahan adalah sebagai berikut :
  • Kecepatan reaksi
  • Kemampuan menghentikan gerak
  • Kemampuan berorientasi terhadap masalah yang di hadapi
  • Kelentukan sendi
  • Kemampuan mengatur keseimbangan
  • Kemampuan mengoordinasikan gerakan

12. Contoh Latihan Kelincahan (Agility)

Menurut Harsono (2004) bahwa terdapat test kelincahan dapat dilakukan dengan macam-macma cara yakni: lari belak-belok (zig -zag run), squart trust, lari rintangan dan lari bolak-balik (shutlle run). Hal demikian juga sebagai bentuk-bentuk dalam metode latihan dalam menambah kelincahan. Adapun penjabaran dari bentuk latihan kelincahan yakni:

a. Bentuk Latihan Kelincahan Berupa Zig-Zag Run (Belak-Belok)

Dalam melakukan lari belak-belok merupakan lari mengubah arah gerak tubuh.
Dalam latihan ini dilakukan dengan cara berlari belak-belok dengan cepat sebanyak 3-5 kali dan jarak antara 2 titik adalah 7,5 meter.
  • Lari belak-belok (zig- zag run)
  • Lari bolak-balik (shutlle run) dengan cepat sebanyak 3-5 kali antara 5 titik.
  • Jarak setiap titik 1,5 meter .
  • Mengubah posisi tubuh atau jongkok-berdiri (squrt -thrust), tujuannya: melatih posisi tubuh (jongkok dan berdiri tegak).
  • Pandangan ke arah depan.

b. Bentuk Latihan Kelincahan Berupa Shutlle Run

Dalam pelatihan ini sebagai contoh latihan kelincahan (Agility) dimana shutlle run adalah pelatihan lari bolak-balik secepatnya dari titik yang satu ke titik yang lain sebanyak 3-5 kali.
Setiap kali pada suatu titik dia harus berusaha untuk secepatnya membalikan badan untuk lari menuju titik yang lain dengan tujuan melatih mengubah gerak tubuh arah lurus.

 

13 Pengertian Kelincahan (Agility), Ciri, Jenis, Faktor & Bentuk Latihan Kelincahan -Pengertian kelincahan secara umum adalah suatu unsur kondisi fisik yang berperan khususnya cabang olahraga permainan khususnya sepakbola, pada saat mendapat rintangan dari lawan. Secara etimologi, pengertian Kelincahan berasal dari istilah kata lincah. Yang dimaksud dengan Lincah berarti selalu bergerak, tidak dapat diam, tidak tenang, tidak tetap. Selain itu, Kelincahan juga dapat diartikan sebagai kemampuan untuk merubah arah dan posisi tubuh dengan cepat dan tepat pada waktu sedang bergerak tanpa kehilangan keseimbangan dan kesadaran akan posisi tubuhnya. Diketahui Kelincahan dilakukan dengan Menkoordinasikan gerakan-gerakan berganda atau stimulan, dalam mempermudah penguasaan teknik-teknik tinggi, gerakan-gerakan efisien, efektif dan ekonomis serta difungsikan untuk mempermudah orientasi terhadap lawan dan lingkungan. Sebagai salah satu kondisi fisik yang berperan dalam olahraga keterampilan bahkan untuk cabang olahraga misalnya bulutangkis, sepakbola, beladiri, bolavoli, futsal dan lain-lain. Pengertian Kelincahan Menurut Para Ahli Adapun pengertian kelincahan menurut para ahli yaitu: 1. Pengertian Kelincahan Menurut Wahjoedi Menurut Wahjoedi (2001:61) bahwa pengertian kelincahan (agility) adalah kemampuan tubuh yang bertujuan untuk mengubah dengan cepat tanpa adanya ganguan keseimbangan maupun tidak kehilangan keseimbangan. Dalam permainan sepakbola, kelincahan memiliki peranan dan manfaat yang sangat penting khususnya dalam menghindari sergapan lawan pada saat melakukan dribbling, ataupun untuk memasukkan bola ke gawang lawan sehingga dapat mendapat angka. 2. Pengertian Kelincahan Menurut Toho Cholik Mutohir Menurut Toho Cholik Mutohir dan Ali Maksum (2007:56) bahwa pengertian kelincahan (agility) adalah kemampuan tubuh atau bagian tubuh yang berfungsi dalam mengubah arah gerakan secara mendadak dalam kecepatan yang tinggi. 3. Pengertian Kelincahan Menurut Dedy Sumiyarsono Menurut Dedy Sumiyarsono (2006:91) bahwa pengertian kelincahan (agility) adalah kemampuan seseorang yang difungsikan untuk berlari cepat dalam mengubah-ubah arahnya. 4. Pengertian Kelincahan Menurut Muchamad Sajoyo Menurut Muchamad Sajoyo (1988:59) bahwa pengertian kelincahan (agility) adalah kemampuan seseorang dalam mengubah arah saat posisi-posisi di suatu arena tertentu. 5. Pengertian Kelincahan Menurut Ismaryati Menurut Ismaryati (2008:41) bahwa pengertian kelincahan adalah kemampuan seseorang untuk dapat mengubah arah dengan cepat dan tepat waktu tanpa mendapatkan kehilangan keseimbangan. 6. Pengertian Kelincahan Menurut Balley (1990) Menurut Balley bahwa pengertian kelincahan adalah kemampuan tubuh yang digunakan untuk mengubah arah dengan cepat dan efektif yang terus dilakukan dengan bergerak atau berlari. 7. Pengertian Kelincahan Menurut Nurhasan (2008) Menurut nurhasan bahwa pengertian kelincahan adalah suatu kemampuan dalam mengubah arah dan posisi tubuh dengan cepat yang di mulai dengan gerakan yang lain. 8. Pengertian Kelincahan Menurut Suharno (1993) Menurut Suharno bahwa pengertian kelincahan adalah kemampuan dalam mengubah arah dan posisi yang dilakukan begitu tepat, cepat, dan tanpa adanya kehilangan keseimbangan. 9. Ciri-Ciri Kelincahan (Agility) Ada banyak gerakan dalam olahraga yang tidak hanya dinyatakan bahwa bergerak adalah kelincahan itu sendiri. Melainkan terdapat unsur dan bentuk sebagai identifikasi bahwa geraka itu merupakan kelincahan. Demikian ini dapat dilihat dari ciri-ciri atau karakteristik kelincahan. Adapun ciri-ciri kelincahan yaitu: Terdapat rintanga-rintangan untuk bergerak dan mempersulit kondisi-kondisi alat,lapangan dsb. Ada pedoman waktu yang pasti dalam latihan. Cara Latihan Kelincahan atau Bentuk Latihan Kelincahan. Adanya rangsangan terhadap pusat saraf sangat menentukan berhasil tidaknya suatu latihan kelincahan, mengingat koordinasi dan kecepatan merupakan unsur yang urgen bagi baiknya kelincahan. Memiliki bentuk-bentuk latihannya harus ada gerakan merubah posisi dan arah badan. 10. Macam-Macam Kelincahan Menurut Joko Purwanto (2004:41) bahwa seorang pemain yang memiliki kelincahan yang baik mempunyai macam-macam keuntungan baik mudah melakukan gerakan yang sulit, mendukung teknik difungsikan khususnya teknik menggiring bola, dan tidak mudah jatuh atau cidera. Hal itu dapat ditinjau dari ciri-ciri kelincahan dengan kemampuan bergerak cepat, mengubah arah dan posisi, menghindari benturan antar pemain dan kemampuan dalam berkelit dari pemain lawan di lapangan. Kemampuan dalam bergerak untuk mengubah arah dan posisi yang disesuaikan pada situasi dan kondisi yang dapat dihadapi dalam waktu yang relative singkat dan cepat. Dalam kehidupan sekitar, ada banyak jenis kelincahan (agility) yang dapat kita amati dengan mudah. Hal itu juga sebagaimana gagasan dari Ismaryati (2008:41) berdasarkan peran atau keterlibatannya dalam beraktivitas. Menurut Ismaryati bahwa macam-macam kelincahan dikelompokkan menjadi dua yakni: "kelincahan umum" dan "kelincahan khusus". Adapun pengertian dari kedua jenis kelincahan (agility) ini yakni: Kelincahan Umum. Pengertian jenis kelincahan ini adalah suatu kelincahan yang digunakan untuk aktivitas sehari-hari atau dalam kegiatan saat olahraga secara umum. Kelincahan Khusus. Pengertian jenis kelincahan khusus yaitu adalah kelincahan yang memiliki sifat yang dibutuhkan dalam cabang olahraga tertentu yang memiliki ciri-ciri tertentu sejalan dengan tuntutan cabang olahraga yang pelajari. 11. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kelincahan (Agility) Berdasarkan arti diatas bahwa kelincahan pada hakikatnya adalah penampilan gerak yang berbeda-beda atau berubah-ubah, maka tuntutan ini dapat dibatasi unsur mengatur gerak kaki, dan bahkan bukan hanya kemampuan fisik semata, melainkan terdapat faktor yang mempengaruhi baik dan tidaknya kelincahan. a. Tipe Tubuh Orang yang memiliki bentuk tubuh tinggi ramping dan bundar kenderung kurang lincah. Hal demikian berbeda untuk orang yang sedang atau sedikit pendek namun mempunyai perototan yang baik lebih dekat untuk memiliki kelincahan yang lebih baik. Patut diketahui bahwa orang yang tergolong mesomorf lebih tangkas dari pada eksomorf dan endomorph. b. Umur Kelincahan meningkat sampai kira-kira umur 12 tahun pada waktu mulai memasuki pertumbuhan cepat (rapid growth). Dalam periode tersebut kelincahan tidak meningkat, bahkan menurun juga. Namun setelah melewati pertumbuhan cepat (rapid growth), maka akan membuat kelincahan meningkat lagi hingga anak mencapai umur dewasa, kemudian menurun lagi menjelang umur lanjut. c. Jenis kelamin Selain itu, faktor yang dapat mempengaruhi kelincahan adalah pada jenis kelamin yang dimana anak laki-laki memperlihatkan kelincahan sedikit lebih dari pada perempuan sebelum umur pubertas. Setelah umur pubertas perbedaan kelincahnnya lebih mencolok. d. Berat Badan Sebagai jenis faktor yang dapat mempengaruhi kelincahan, Berat badan yang lebih dapat mengurangi kelincahan. e. Kelelahan Faktor penentu yang terakhir yang dapat mempengaruhi kelincahan adalah ketika kelelahan maka dapat mengurangi kelincahan. Oleh sebab itu, dibutuhkan pentingnya dalam memelihara daya tahan jantung dan daya tahan otot, agar kelelahan tidak mudah timbul. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kelincahan (Agility) Selain itu, menurut Menurut Mukholid (2007:47) bahwa terdapat macam-macam faktor yang mempengaruhi kelincahan dan dengan demikian dapat disampaikan bahwa terdapat pengaruh kelincahan adalah sebagai berikut : Kecepatan reaksi Kemampuan menghentikan gerak Kemampuan berorientasi terhadap masalah yang di hadapi Kelentukan sendi Kemampuan mengatur keseimbangan Kemampuan mengoordinasikan gerakan 12. Contoh Latihan Kelincahan (Agility) Menurut Harsono (2004) bahwa terdapat test kelincahan dapat dilakukan dengan macam-macma cara yakni: lari belak-belok (zig -zag run), squart trust, lari rintangan dan lari bolak-balik (shutlle run). Hal demikian juga sebagai bentuk-bentuk dalam metode latihan dalam menambah kelincahan. Adapun penjabaran dari bentuk latihan kelincahan yakni: a. Bentuk Latihan Kelincahan Berupa Zig-Zag Run (Belak-Belok) Dalam melakukan lari belak-belok merupakan lari mengubah arah gerak tubuh. Contoh Gambar: Bentuk Latihan Kelincahan Berupa Zig-Zag Run (Belak-Belok) Dalam latihan ini dilakukan dengan cara berlari belak-belok dengan cepat sebanyak 3-5 kali dan jarak antara 2 titik adalah 7,5 meter. Lari belak-belok (zig- zag run) Lari bolak-balik (shutlle run) dengan cepat sebanyak 3-5 kali antara 5 titik. Jarak setiap titik 1,5 meter . Mengubah posisi tubuh atau jongkok-berdiri (squrt -thrust), tujuannya: melatih posisi tubuh (jongkok dan berdiri tegak). Pandangan ke arah depan. b. Bentuk Latihan Kelincahan Berupa Shutlle Run Dalam pelatihan ini sebagai contoh latihan kelincahan (Agility) dimana shutlle run adalah pelatihan lari bolak-balik secepatnya dari titik yang satu ke titik yang lain sebanyak 3-5 kali. Setiap kali pada suatu titik dia harus berusaha untuk secepatnya membalikan badan untuk lari menuju titik yang lain dengan tujuan melatih mengubah gerak tubuh arah lurus. Contoh Gambar:Bentuk Latihan Kelincahan Berupa Shutlle Run Terdapat macam-macam hal yang patut diperhatikan dalam jenis pelatihan kelincahan ini yaitu: Jarak kedua titik jangan terlalu jauh 1,5 meter , maka terdapat kemungkinan bahwa setelah melakukan lari beberapa kali bolak-balik dia tidak mampu lagi untuk melanjutkan larinya, dan mengembalikan badannya dengan cepat disebabkan adanya faktor keletihan. Jumlah ulangan lari bolak-balik jangan terlalu banyak sehingga menyebabkan kelelahan. c. Bentuk Latihan Kelincahan Berupa Squat Trust (Burpee) Selain itu, ada yang dikenal dengan Latihan kelincahan Squat trust (Burpee). Adapun tata cara dalam melakukan contoh latihan kelincahan Squat Trust yaitu: Berdiri tegak. Kemudian jongkok, tangan di lantai Lempar kaki ke belakang sehingga seluruh tubuh lurus dalam sikap push-up. Dengan kedua lengan tetap bersandar di lantai, lempar kedua kaki ke depan diantara kedua lengan. Luruskan seluruh badan (menghadap ke atas) Satu tangan lepaskan dari lantai dan segara balikkan badan hingga berada dalam sikap push-up kembali. Keseluruh rangkaian gerakan ini dilakukan dengan cepat,kembali berdiri tegak d. Bentuk Latihan Kelincahan Berupa Lari Rintangan (Obstacle Run) Latihan lari rintangan dapat dilakukan dalam suatu ruangan atau lapangan dengan menempatkan beberapa rintangan. tugas atlit adalah berlari secepat melalui rintangan-rintangan tersebut, baik dengan cara melompati, menerobos, memanjat, dan sebagainya. 13. Manfaat Kelincahan Sebagai salah satu unsur utama dalam Kebugaran Jasmani yang dikenal sebagai kemampuan atau kesanggupan seseorang untuk melakukan kerja, aktifitas sehari-hari tanpa mengalami kelelahan yang berarti, dan masih memiliki cadangan tenaga untuk melakukan aktifitas lainnya. Sejalan hal itu, maka kelincahan adalah satu peran utama dalam hadirnya kebugaran jasmni untuk membantu dalam aktivitas sehari-hari. Mengkoordinasikan gerakan-gerakan berganda (stimulasi) Mempermudah orientasi terhadap lawan dan lingkungan Mempermudah penguasaan teknik-teknik tinggi dll.. Demikianlah informasi mengenai 13 Pengertian Kelincahan (Agility), Ciri, Jenis, Faktor & Bentuk Latihan Kelincahan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan membuka cakrawala berpikir kita. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman.
Contoh Gambar:Bentuk Latihan Kelincahan Berupa Shutlle Run
Terdapat macam-macam hal yang patut diperhatikan dalam jenis pelatihan kelincahan ini yaitu:
  • Jarak kedua titik jangan terlalu jauh 1,5 meter , maka terdapat kemungkinan bahwa setelah melakukan lari beberapa kali bolak-balik dia tidak mampu lagi untuk melanjutkan larinya, dan mengembalikan badannya dengan cepat disebabkan adanya faktor keletihan.
  • Jumlah ulangan lari bolak-balik jangan terlalu banyak sehingga menyebabkan kelelahan.

c. Bentuk Latihan Kelincahan Berupa Squat Trust (Burpee)

Selain itu, ada yang dikenal dengan Latihan kelincahan Squat trust (Burpee). Adapun tata cara dalam melakukan contoh latihan kelincahan Squat Trust yaitu:
  • Berdiri tegak.
  • Kemudian jongkok, tangan di lantai
  • Lempar kaki ke belakang sehingga seluruh tubuh lurus dalam sikap push-up.
  • Dengan kedua lengan tetap bersandar di lantai, lempar kedua kaki ke depan diantara kedua lengan.
  • Luruskan seluruh badan (menghadap ke atas)
  • Satu tangan lepaskan dari lantai dan segara balikkan badan hingga berada dalam sikap push-up kembali.
  • Keseluruh rangkaian gerakan ini dilakukan dengan cepat,kembali berdiri tegak.

d. Bentuk Latihan Kelincahan Berupa Lari Rintangan (Obstacle Run)

Latihan lari rintangan dapat dilakukan dalam suatu ruangan atau lapangan dengan menempatkan beberapa rintangan. tugas atlit adalah berlari secepat melalui rintangan-rintangan tersebut, baik dengan cara melompati, menerobos, memanjat, dan sebagainya.

Contoh Gambar: Bentuk Latihan Kelincahan Berupa Lari Rintangan (Obstacle Run)

 

13. Manfaat Kelincahan

Sebagai salah satu unsur utama dalam Kebugaran Jasmani yang dikenal sebagai kemampuan atau kesanggupan seseorang untuk melakukan kerja, aktifitas sehari-hari tanpa mengalami kelelahan yang berarti, dan masih memiliki cadangan tenaga untuk melakukan aktifitas lainnya.
Sejalan hal itu, maka kelincahan adalah satu peran utama dalam hadirnya kebugaran jasmni untuk membantu dalam aktivitas sehari-hari.
  • Mengkoordinasikan gerakan-gerakan berganda (stimulasi)
  • Mempermudah orientasi terhadap lawan dan lingkungan
  • Mempermudah penguasaan teknik-teknik tinggi
  • dll..
Demikianlah informasi mengenai 13 Pengertian Kelincahan (Agility), Ciri, Jenis, Faktor & Bentuk Latihan Kelincahan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan membuka cakrawala berpikir kita. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman.
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *