Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu

99+ Manfaat Cuka Apel untuk Kecantikan Wajah dan Kulit

Informasiana.com โ€“ Mungkin anda semua sudah banyak mengetahui dan tahu cara memanfaatkan cuka apel sebagai ramuan kecantikan. Fermentasi sari buah apel untuk diminum tersebut memang mempunyai kandungan yang sangat bermanfaat untuk rambut, kuku dan kulit. Cuka Apel adalah salah satu alternatif untuk menghilangkan jerawat secara alami.

Hal ini disebabkan karena cuka apel mempunyai zat antiseptik dan antibakteri yang sangat bermanfaat dalam mencegah jerawat. Adapun kandungan lainnya seperti Acetid Acid dan alpha Hidroxy Acid ikut menjaga pori-pori kulit menjadi tetap bebas dari bakteri debu, polusi dan penyebab jerawat.

Sebagian besar orang memanfaatkan cuka apel untuk dapat menjaga kesehatan dan menambah cita rasa pada masakannya. Dibalik dua manfaat ini, ternyata juga mempunyai khasiat lainnya.
Cuka apel berasal dari hasil fermentasi sari apel yang dapat dijadikan sebagai bahan perawat kecantikan kulit dimana dianggap sama dengan manfaat kelapa.

Kandungan Cuka Apel

Cuka apel adalah sebuah jenis minuman yang diperoleh dari hasil fermentasi jus apel. Pada proses fermentasi inilah, kandungan gula pada apel diubah menjadi asam asetat yang merupakan bahan aktif dalam cuka untuk membuat cuka apel yang kaya manfaat. Selain asam asetat, cuka ini juga memiliki kandungan vitamin (A, B1, B2, B6, C dan E), kalsium, potassium dan magnesium.

manfaat cuka apel
Meskipun masih termasuk sebagai jenis cuka, cuka apel memiliki perbedaan yang sangat mencolok dengan cuka putih, dimana salah satunya dari segi pemanfaatan. Cuka putih diketahui tak mempunyai manfaat terhadap kecantikan, sedangkan Cuka Apel memiliki bahan aktif yang bermanfaat untuk menurunkan kadar gula yang ada dalam darah, membantu untuk menurunkan berat badan, menurunkan kolesterol, menjaga kesehatan jantung dan mengurangi lemak yang ada di bagian perut.

Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit Wajah

Selain berbagai macam manfaat kesehatan yang sudah disebutkan di atas, jenis cuka ini juga bisa kita gunakan untuk memenuhi keinginan mu untuk menjaga kecantikan, salah satunya mencerahkan dan membersihkan wajah. Pertanyaannya, memangnya cuka apel bisa membersihkan wajah? Jawabannya yah bisa!.
Cuka apel termasuk aman digunakan karena alami dan natural, jenis cuka alami ini bisa menghilangkan bekas make up dan dapat membantu proses penyerapan minyak yang berlebihan dimana menjadi penyebab jerawat. Tidak hanya itu, berikut adalah beberapa manfaat yang kamu peroleh dari cuka apel yang berhubungan dengan kecantikan.

Khasiat dan Manfaat Cuka Apel untuk Mengurangi bintik-bintik yang muncul karena Penuaan

Jika kamu cerma dan rajin mencari bahan dari produk kecantikan dan kosmetik, maka kamu akan menemukan bahwa salah satu unsur yang digunakan yaitu AHA atau Alpha Hydroxy Acid. AHA inilah yang menjadi senyawa kimia yang sering anda tempelkan pada wajahmu demi tampil cantik dan mempesona.

manfaat cuka apel untuk menghilangkan bintik hitam

Beruntung, senyawa yang sama dapat kamu temukan pada cuka apel (Apple Cider Vinegar). Tidak heran, banyak ahli menyebutkan bahwa cuka apel bisa membantu dalam menghilangkan kulit mati dan mendorong terjadinya pembentukan sel kulit baru yang sehat sehingga kulit cantik terawat bisa terwujud. Selain daripada itu, bekas jerawat pada kulit pun akan memudar dan perlahan-lahan akan menghilang.

Khasiat dan Manfaat Cuka Apel untuk Mengatasi Jerawat

Sering risih dengan permasalahan jerawat yang membandel? Apalagi kalau kamu ingin ketemu dengan gebetan. Bakal jadi merasa malu deh jika ada jerawat! Nah, cuka apel menjadi pilihan untuk dapat membantu dalam mengatasi jerawat yang membandel di wajah.

manfaat cuka apel untuk menghilangkan jerawat
Cuka Apel diketahui memiliki kandungan asam malaf yang berfungsi sebagai anti jamur dan anti bakteri. Pemakaian cuka ini secara teratur pada wajah tentu saja akan dapat menghindarkan bercampurnya minyak, kotoran dan bakteri penyebab jerawat. Tidak heran cuka apel ini cukup bisa kita andalkan untuk menghilangkan jerawat.

Baca Juga  10+ Cara Menghilangkan Kantung Mata Hitam dan Bengkak, No 5. Sangat Ampuh

Khasiat dan Manfaat Cuka Apel untuk Menyeimbangkan pH Kulit Wajah

Apakah kamu sering merasakan kulit yang berminyak? Kulit terlalu kering? Atau kulit wajah yang kurang begitu kencang dan elastic? Hal itu bisa jadi disebabkan karena pH wajah yang tidak seimbang. Tentu aja hal itu sangat mengkhawatirkan! pH yang tidak seimbang bisa menyebabkan gangguan pada kulit wajah.

manfaat cuka apel untuk menyeimbangkan ph
Tapi anda jangan khawatir! Kamu dapat memanfaatkan cuka apel untuk dapat membantu menyeimbangkan produksi sebum pada wajah. Dengan kandungan pH pada cuka apel yang sama dengan pH di lapisan asam pada kulit yang menjadikan cuka ini sangat cocok untuk kita pakai sehari-hari untuk dapat merawat kulit dan mencegah kulit wajah dari berminyak atau kering.

Khasiat dan Manfaat cuka Apel untuk mencegah Terjadinya kerutan pada Wajah

Untuk anda yang merasa khawatir dengan kerutan, maka cobalah untuk memakai cuka apel pada setiap hari di wajah. Dengan adanya kandungan asam pada apel akan dapat memberikan manfaat dalam mengurangi garis-garis halus yang muncul pada wajah sehingga anda bisa tampil awet muda, memikat dan mempesona.

Khasiat dan Manfaat Cuka Apel untuk Menghilangkan Racun pada Kulit Wajah

Radikal bebas dan polusi menjadi hambatan yang hadir pada kulit sehatmu. Hal ini jika dibiarkan akan dapat menimbulkan kulit kusam atau munculnya banyak jerawat yang akan memudarkan pesona wajah cantik mu. Bahkan, radikal bebas bisa saja memunculkan kanker kulit yang tentu saja bisa kita hindari.
Oleh karena itu, cuka apel bisa kita gunakan untuk dapat membersihkan kulit wajah dan membuang racun yang menjadi penyebab kulit kusam dan jerawat. Kandungan beta karoten pada cuka apel juga dapat membantu dalam mencegah terjadinya kerusakan kulit.

Khasiat dan Manfaat Cuka Apel untuk Mengecilkan Pori-pori

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa cuka apel memiliki kandungan Alpha Hydroxy Acid alami yang dapat membantu dalam mendorong terjadinya pembentukan sel kulit baru sehingga penampilan kamu akan stand out dengan kulit wajah cantik, mempesona dan cerah.

manfaat cuka apel untuk mengecilkan pori-pori

Tidak hanya itu saja, dengan adanya kandungan AHA diketahui bisa mengecilkan pori-pori kulit sehingga dapat menjadikan kulit halus saat disentuh. Kandungan AHA juga dapat memaksimalkan proses pigmentasi kulit sehingga menjadikan kulit wajah mu menjadi cerah.

Khasiat dan Manfaat Cuka Apel untuk Mengatasi Kulit yang Terbakar matahari

Liburan di pantai yang seharusnya menjadi menyenangkan ternyata jadi terganggu karena permasalahan kulit terbakar matahari. Atasi masalah sakit dan perih pada kulit yang terbakar menggunakan cuka apel.

Manfaat Cuka Apel untuk Mengatasi Kulit yang Terbakar matahari
Dengan adanya kemampuan cuka apel untuk dapat menyeimbangkan kadar pH kulit maka dapat membantu kita mengatasi permasalahan kulit terbakar matahrai, mempercepat penyembuhan, dan mencegah kulit yang terbakar matahari menjadi terkelupas dan lecet.

Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Apakah anda berminat mencoba memakai cuka apel secara rutin pada kulit wajah anda ? Cuka apel dapat kita gunakan sebagai masker toner, atau pun pembersih wajah sehari-hari. Kandungan cuka apel akan menjamin hasil terbaik untuk kulit wajah mu.

Tapi jangan sembarangan loh. Kamu tidak disarankan untuk mengoleskan cuka apel secara langsung pada kulit wajah. Tambahkanlah sedikit ari sebelum anda mengoleskan cuka apel pada kulit wajah.
Nah berikut ini terdapat beberapa produk kecantikan yang menggunakan bahan cuka apel yang bisa kita gunakan di kulit.

Baca Juga  Jerawatan? Ini Manfaat Daun Binahong Untuk Jerawat & Lihat Tips Cara Mengatasinya

Masker Wajah

Untuk anda yang mempunyai kulit wajah yang kering, maka kamu dapat mencoba membuat masker yang sangat mudah ini. Anda hanya mencampurkan 2 sendok makan madu dengan cuka apel sebanyak 1 sendok makan secara merata. Setelah itu, oleskanlah pada wajah yang sudah dibersihkan, kemudian biarkan sekitar 20 menit. Bilaslah dengan menggunakan air hangat suam-suam kuku. Kemudian bilas kembali lagi dengan air yang agak dingin. Masker ini dapat kita gunakan sebanyak 3 kali seminggu untuk menenangkan kulit wajah yang rusak, menyeimbangkan pH kulit, mengatasi kulit wajah yang kering dan melembabkan kulit wajah.

Supaya masker wajah ini mempunyai pengaruh yang mencerahkan kulit maka kita bisa menambahkan krim asam sebanyak 2 sendok pada campuran masker wajah di atas. Masker ini dapat kita gunakan sebanyak 2 kali dalam seminggu untuk mencegah timbulnya jerawat, menghilangkan bekas jerawat, mengecilkan pori-pori, mencerahkan kulit, membantu pengelupasan sel kulit mati dan melembabkan kulit.

Toner Wajah

Toner biasanya digunakan setelah proses membersihkan wajah untuk dapat membantu membersihkan sisa minyak dan make up di wajah. Toner yang baik juga dapat membantu dalam menenangkan dan menghaluskan kulit wajah kita.
Cuka apel juga bisa kita gunakan pada toner wajah. Untuk membuatnya, campurkanlah air dengan menggunakan cuka apel dengan perbandingan 1:2. Misalnya, campurkanlah 100 ml cuka apel dengan air sebanyak 200 ml. Setelah itu, oleskanlah toner ini dengan menggunakan kapas lembut untuk dapat mengurangi tanda-tanda penuaan dan membantu menyehatkan kulit wajah. Akan tetapi ingat, jika kulit anda termasuk kulit yang sensitive, maka cuka apel sebaiknya dicampurkan dengan air untuk dapat membuatnya menjadi lebih encer.

Garam Mandi

Apakah anda suka berendam di bak mandi dengan menggunakan air hangat untuk mendapatkan relaksasi setelah seharian bekerja? Anda tentu tidak melupakan dalam mencampurkan garam mandi sehingga waktu berendam kamu juga menjadi waktu yang sangat tepat untuk dapat membersihkan kulit.
Supaya kebiasaan berendam ini menjadi semakin bermanfaat, maka kamu dapat menambahkan cuka apel pada air rendaman yang anda gunakan. Caranya, campurkanlah cuka apel sebanyak 500ml dengan 650 gram garam Epsom dan essential oil lavender sebanyak 15 tetes ke air dalam bak mandi. Nah, manfaat cuka apel untuk kesehatan kulit pun tidak hanya bisa kita rasakan pada kulit wajah saja, akan tetapi bisa kita gunakan pada kulit tubuh.

Obat Jerawat

Cuka apel memiliki fungsi sebagai anti virus dan antibakteri untuk tubuh kita. Oleh karena itu, tidak heran kalau cuka apel banyak digunakan sebagai obat jerawat yang sangat ampuh. Oleskanlah saja sedikit cuka apel yang sudah dicampurkan dengan air pada bagian kulit yang terserang jerawat.
Campurkanlah cuka apel dengan menggunakan air yang memiliki perbandingan 1:3, semisal 100 ml cuka apel dicampurkan dengan 300 ml air. Setelah itu, oleskanlah campuran cuka apel ini pada area kulit yang memiliki permasalahan jerawat. Biarkanlah sekitar 5 sampai 20 detik. Kemudian bilaslah menggunakan air dan keringkan. Bekas jerawat pun secara perlahan akan menghilang dengan menggunakan cuka apel secara rutin.

Pereda Kulit Terbakar Matahari

Pernahkah anda merasakan sakitnya kulit terbakar matahari? Untuk itulah, anda membutuhkan lotion yang dapat membantu dalam mencegah pembakaran kulit oleh matahari. Jika anda lupa membawanya, maka kamu dapat menjadikan cuka apel sebagai lotion alami yang dapat mencegah kulit terbakar matahari.
Adapun cara membuatnya yaitu mencampurkan sekitar 125 ml cuka apel dengan 1 liter air. Gunakanlah handuk atau lap bersih yang telah dibasahi dengan campuran cuka apel dan air tersebut. Kemudian, tepuk-tepuk secara lembut bagian kulit yang telah terbakar matahari memakai handuk atau lap bersih. Cuka apel tidak hanya bisa membantu mendinginkan kulit, akan tetapi juga mendorong penyembuhan kulit yang sedang terbakar matahari.

Baca Juga  Bibir Kering & Pecah Saat Puasa? Ini 8 Cara Mengatasinya, Ampuh dan Mudah

Mengatasi Gigitan Serangga

Kulit yang digigit serangga tentu saja akan terasa gatal dan sangat mengganggu. Ternyata permasalahan ini juga dapat kita atasi secara alami menggunakan cuka apel. Kamu hanya cukup menepuk lembut bagian kulit yang telah digigit serangga dengan kapas yang sudah dibasahi menggunakan cuka apel. Asam dalam cuka apel bisa membantu menghilangkan rasa gatal, sedangkan khasiat menyeimbangkan pH kulit yang dimiliki cuka apel bisa membantu proses penyembuhan kulit.

Cara Memilih Cuka Apel yang benar dan terbaik?

Sekarang ini, cuka apel bisa kita peroleh secara mudah di berbagai supermarket. Akan tetapi untuk memperoleh manfaat kesehatan yang terbaik dari cuka apel, maka kamu wajib memperhatikan dan cermat dalam memilih cuka apel yang memiliki kualitas terbaik. Lalu, bagaimanakah cara memilih cuka apel yang baik?

Terdapat beberapa jenis cuka apel yang bisa kita pilih, akan tetapi pilihan terbaik yaitu cuka apel organic yang memang belum dipasteurisasi dan belumlah disaring. Cuka apel organik tentu saja lebih sehat karena terbebas dari pestisida dan terbuat dari 100% bahan alami.
Selain daripada itu, cuka apel yang belum dipasteurisasi dan belum disaring mempunyai bakteri dan enzim yang bermanfaat dibandingkan cuka apel yang telah dipasteurisasi dan disaring. Maklum, cuka apel yang sudah dipasteurisasi berarti sudah dipanaskan dalam suhu tinggi sehingga beberapa enzim dan bakteri yang memiliki manfaat untuk kesehatan justru akan mati pada proses tersebut.
Berbagai macam manfaat kesehatan yang sudah disajikan cuka apel membuat dirinya semakin terkenal dan popuer karena terbuat dari bahan alami. Tentu saja, anda tidak hanya menggunakan cuka apel untuk melakukan perawatan kecantikan kulit dan kesehatanmu.

Dengan asupan makanan yang sehat dan bergizi serta berolahraga secara teratur akan dapat membuat kesehatan dan kecantikan kulit wajah serta tubuh mu akan semakin terjaga. Yuk, lengkapilah gaya hidup sehat dengan cara memanfaatkan cuka apel untuk keperluan perawatan kesehatand dan kecantikan kulitmu.
Demikianlah informasi tentang manfaat cuka apel untuk kecantikan kulit. Semoga saja informasi ini dapat memberikan manfaat kepada anda yang sedang membutuhkan informasi tentang manfaat cuka apel.

0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *