Menu

Perang Dingin: Pengertian, Penyebab & Dampak Perang Dingin

Perang Dingin: Pengertian, Penyebab & Dampak Perang Dingin – Secara etimologi, pengertian perang dingin berasal dari istilah Cold War. Arti Cold War itu atau perang dingin itu sendiri secara umum diartikan sebagai suatu istilah yang digunakan untuk menjelaskan peta politik dunia Pasca Perang Dunia II yang secara umum dikatakan berakhir pada tahun 1945. 
Diketahui penamaan Istilah “Perang Dingin” diperkenalkan pada tahun 1947 oleh Bernard Baruch dan Walter Lippman dari Amerika Serikat untuk memberikan penggambaran hubungan yang terjadi di antara kedua negara adikuasa tersebut. 
Perang dingin adalah suatu keadaan dimana dua negara adi kuasa, yaitu Amerika Serikat dan Uni Soviet, menyusun kekuatan baik melalui politik maupun militer tetapi tidak melakukan konfrontasi secara langsung satu sama lain.
Selain itu, Perang Dingin (Cold War) juga dapat diistilahkan sebagai ‘perang urat syaraf‘. Parang Dingin adalah adanya suasana internasional yang penuh ketegangan dan permusuhan akibat konflik Ideologi antara Blok Barat (liberal kapitalis) pimpinan Amerika Serikat dan Blok Timur (spesialis komunis) pimpinan Uni Soviet yang berkembang setelah Parang Dunia II berakhir. 

Faktor Penyebab Latar Belakang Munculnya Perang Dingin

Adapun latar belakang terjadinya Perang Dingin setelah berakhirnya Perang Dunia II (PD II) disebabkan oleh beberapa faktor penting diantaranya: 
  1. Adanya Perbedaan ideologi antar negara.
  2. Penyebaran luasan wilayah yang dilakukan Uni Soviet ke bagian timur Eropa dan janji-janji kampanye yang tidak terpenuhi.
  3. Adanya Penolakan Amerika Serikat untuk berbagi rahasia nuklir
  4. Kebutuhan Amerika Serikat untuk mengamankan garis batas wilayah barat.
  5. Terdapat ketakutan Uni Soviet terhadap persenjataan militer dalam hal ini bom atom Amerika Serikat.
  6. Ketidaksukaan Uni Soviet akan kapitalisme.
  7. Terdapat dua negara sebagai negara adi kuasa atau diistilahkan Super Power yaitu Amerika Serikat dan Uni Soviet.
  8. Terjadinya Perimbangan kekuatan (balance of power) atau bipolar.
  9. Aksi Amerika Serikat pada zona Uni Soviet di Jerman.
  10. Disebabkan oleh langkah Uni Soviet untuk menyebarkan paham komunisme ke seluruh dunia.
  11. Dilatarbelakangi dari adanya ketikdasukaan Truman kepada Stalin. 

Strategi Amerika Serikat dan Uni Soviet Dalam Perang Dingin 

Sebagai dua negara adi Kuasa. Tentu saja negara Amerika Serikat dan Uni Soviet mengambil langkah-langkah strategi untuk mempertahankan dan menyebarkan ekspansinya untuk saling berebut pengaruh sebagai yang terhebat di dunia ini. Adapun langkah-langkah yang diambil dari kedua negara ini yaitu: 

A. Langkah-Langkah Strategi Amerika Serikat Dalam Perang Dingin 

Setelah berakhirnya perang dunia II, negara adikuasa yaitu Amerika Serikat dan Unisoviet saling berebut pengaruh ke sejumlah negara-negara. 
Seperti langkah-langkah yang dilakukan oleh Amerika Serikat dengan membuat gerakan Marshall Plan yang dicetuskan oleh Menteri Luar Negeri AS dalam hal ini George Catler Marshall untuk membantu mengentaskan di negara-negara Eropa yang diakibatkan oleh Perang Dunia II. 
Selain itu, Amerika juga membuat pernyataannya yang dikenal Truman Doctrine yang disampaikan oleh Presiden AS, Harry Truman pada 12 Maret 1947 untuk memberikan bantuan kekuatan kepada anti komunis di Turki dan Yunani. Gerakan itu kemudian berlanjut dengan menjalankan Politik Containment. 
Arti politik ini adalah sebuah strategi politik luar negeri Amerika Serikat untuk membendung kekuatan ekspansi Komunisme Uni Soviet yang dicetuskan oleh George Kennan (1947).
Untuk merangkum sejumlah sekutunya, Amerika Serikat membuat NATO (North Atlantic Treaty Organization) pada 4 April 1949 dengan tujuan untuk mendukung stabilitas politik dan keamanan di daerah sekitar Atlantik Utara dengan membendung komunisme dari timur. Adapun macam-macam negara anggota NATO diantaranya:  Amerika Serikat, Inggris, Kanada, Prancis, Belanda, Belgia, Italia, Portugal, Islandia, Norwegia, Luxemburg, Denmark, Turki dan Yunani, dll.

B. Langkah-Langkah Strategi Uni Soviet Dalam Perang Dingin 

Sedangkan untuk langkah Uni Soviet melakukan agresi berupa Memblokade kota Berlin. Hal itu dilakukan Uni Soviet sebab berlin adalah sebuah kota yang dikuasai oleh AS dan berada ditengah-tengah Jerman Timur yang tidak dapat berhubungan dengan karena diblokade oleh US. 
Selain itu, Uni Soviet kemudian menyisipkan negara Kuba di benua Amerika, sebagai langkah strategi Uni Soviet sebagai ujung tombak kekuatan komunis di Benua Amerika. Seperti halnya Amerika Serikat dengan membentuk NATO, Rusia membentuk Pakta Warsawa dengan memancing negara Eropa Timur yang dilakukan dengan Pakta Pertahanan di Kota Warsawa, Polandia pada 14 Mei 1955 yang dipimpin langsung oleh Uni Soviet. Adapun negara-negara anggota Pakta Warsawa yaitu Uni Sovyet, Jerman Timur, Polandia, Bulgaria, Cekoslowakia, Hongaria dan Albania. 

Macam-Macam Dampak Perang Dingin

Dampak atau akibat dari terjadinya perang dingin terbagi atas dua macam yaitu dampak positif dan dampak negatif. Adapun dampak positif dan negatif perang dingin antara lain: 

A. Macam-Macam Dampak Negatif Perang Dingin 

Sebagaimana disebutkan diatas bahwa Perang Dingin adalah perang urat saraf. Lalu seperti apakah dampak yang ditimbulkan dari perang dingin? berikut urainnya dibawah ini: 
1. Dampak Negatif Dalam Perang Dingin di Bidang Militer

Adanya ketakutan yang menyebar luar biasa dari perkembangan persejantaan khususnya senjata nuklir yang dikembangkan secara pesat oleh kedua negara adikuasa yakni Amerika Serikat dan Uni Soviet. Secara historis, terdapat rumor yang menyebar bahwa Uni Soviet telah meletakkan nuklir di Kuba untuk diarahkan ke Amerika Serikat. 
Hal itu membuat Amerika tidak tinggal diam, ia kemudian menandatangi terbentuknya NATO dan mengambil langkah bahwa ketika terdapat negara-negara yang tergabung dalam NATO di serang maka, itu adalah serangan terhadap NATO. Setelah mengetahui hal ini maka pemerintah Uni Soviet menarik kembali rudal-rudal nuklirnya dari Kuba.
2. Dampak Negatif Dalam Perang Dingin di Bidang Politik

Dalam bidang politik, terdapat negara-negara di sejumlah belahan dunia mengalami gejolak politik. Sejumlah negara ada yang mengalami perpecahan. Seperti halnya dibangunnya tembok berlin di Jerman sebagai pembatas antara Jerman Barat dan Jerman Timur. 
Dalam perang dunia kedua negara ini memang sudah terbagi menjadi 2, yaitu Jerman Barat yang beribukota di Bonn dan Jerman Timur yang beribukota di Berlin. Perpecahan ini disebabkan adanya 2 paham yang berbeda berlaku di negara ini, yaitu liberal yang dianut jerman barat dan Komunis yang dianut jerman timut.
Selain sebagai pembatas, tembok tersebut dipergunakan untuk membendung para warga yang memutuskan hijrah dari Jerman Barat ke Jerman Timur. Akhirnya Unisoviet mengambil langkah untuk mendanai pembangunan tembok di kota Berlin. 
Selain itu di tembok ini, uni soviet juga menyiagakan tentaranya agar menembaki orang-orang yang masih berani untuk menyebrang. Kemudian tembok ini sangat dikenal orang sebagai simbol bagi perang dingin.

B. Macam-Macam Dampak Positif Perang Dingin 

Persaingan antara Uni Soviet dan Amerika Serikat terjadi di berbagi bidang. Seperti halnya dalam militer, industri, pengembangan teknologi dan banyak lagi. Namun ternyata dari hadirnya perang dingin ini secara tidak langsung membawa dampak positif bagi dunia ini. Adapun dampak atau akibat positif perang dingin yaitu: 
1. Dampak Positif Perang Dingin di Bidang Ekonomi 
Dalam bidang ekonomi, ternyata membawa dampak positif dengan banyaknya pemegang modal berlombang-lomba untuk menginvestasikan modal ke negara-negara berkembang untuk mencari keuntungan dan mendapatkan pengaruh. 
Walaupun sarat akan kepentingan, namun hal itu berdampak baik dengan banyaknya pengusaha baru yang meningkatkan perekonomian suatu negara tumbuh pesat. 
Tapi, tak dipungkiri bahwa pemilik modal besar mendapatkan keuntungan yang begitu besar dan negara penerima modal hanya mendapatkan keuntungan kecil. Hal itu memunculkan istilah globalisasi ekonomi. 
Untuk meminimalisir langkah tersebut, maka dilakukanlah strategi untuk menyatukan mata uang. 
2. Dampak Positif Perang Dingin di Bidang Militer

Akibat adanya rasa iri diantara perseteruan antar negara, membuat fase perkembangan untuk meningkatkan keamanan dalam persenjataan militer. Hal itu memicu dan memacu kekuatan militer semakin berkembang pesar dan kemananan tersebut semkain digenjot. 
3. Dampak Positif Perang Dingin di Bidang Sosial Budaya

Dengan banyaknya penderitaan yang terjadi selama Perang Dunia I dan Perang Dunia II, membuat isu HAM semakin meledak mengglobal. Hal ini membawa dampak baik dari hadirnya perang dingin dengan terbentuknya sejumlah Undang-Undang HAM. 
Dengan adanya HAM, rakyat semakin percaya akan adanya demokrasi dan tidak ada lagi penindasan bagi kaum lemah.
4. Dampak Positif Perang Dingin di Luar Angkasa

Dengan menunjukkan kekuasaan, kedua negara bersenketa saling berlomba-lomba untuk menyebarkan dokrin yang mereka miliki bahwa merekalah yang terhebat. Hal itu salah satunya dilakukan dengan bersama-sama berlomba untuk meluncurkan roket ke luar angkasa.
Hasil yang sangat bagus terutama masalah eksplorasi luar angkasa. Perang Dingin adalah sebutan bagi sebuah periode di mana terjadi konflik, ketegangan, dan kompetisi antara Amerika Serikat (beserta sekutunya disebut Blok Barat) dan Uni Soviet (beserta sekutunya disebut Blok Timur) yang terjadi antara tahun 1947-1991.
Terlepas dari siapa yang pertama kali mengabarkan berita ini, namun dengan adanya perang dingin ini secara tidak langsung juga berdampak pada perkembangan ilmu pendidikan keruang angkasaan kita.
5. Dampak Positif Perang Dingin di Bidang Teknologi
Pada masa perang dingin sains dan teknologi yang terpaut dengan kegiatan militer mendapat sorotan yang lebih dari pemerintah. Pemerintah bersedia mengeluarkan dana yang besar demi kemajuan iptek di negara mereka.
Pada periode ini tumbuh disiplin-disiplin ilmu yang mempelajari dampak sains pada masyarakat. Di negara-negara maju, teknologi di era modern bukan lagi urusan individu atau komunitas berskala kecil. 
Teknologi modern mempunyai tujuan-tujuan nasional pada wilayah ideologi, militer, ataupun ekonomi dan bentuk kesadaran nasional untuk menggali sumber-sumber alam yang ada. Ini juga bertujuan untuk mewujudkan produksi barang dengan skala yang besar. 

Dampak Perang Dingin Secara Singkat

Selain dampak diatas, terjadinya perang dingin banyak menimbulkan dampak yang begitu besar dalam kehidupan masyarakat. 
Baik dampak yang terjadi pada masalah lalu ataupun saat ini. Adapun macam-macam dampak terjadinya perang dingin secara singkat antara lain: 
  • Kedua negara baik Uni Soviet dan Amerika Serikat berlomba-lomba dalam membuat gudang persenjataan berisi senjata bom dan rudal balistik.
  • Perang dingin adalah salah satu penyebab terjadinya konflik deskrutif diantaranya perang yang terjadi antara Vietnam dan Perang Korea.
  • Uni Soviet yang hancur akibat kehancuran ekonominya.
  • Amerika Serikat menjadi negara adikuasi
  • Paham komunisme yang hancur di seluruh dunia
  • Hancurnya Tembok Berlin dan bersatunya dua negara Jerman.
  • Hadirnya perang dingin membawa dampak dengan terbentuknya persatuan militer, NATO dan the Warsaw Pact (Pakta Warsawa).
  • Dihancurkannya the Warsaw Pact.
  • Beberapa negara bagian dari Republik Uni Soviet mendapatkan kemerdekaannya
Demikianlah informasi mengenai Perang Dingin: Pengertian, Penyebab & Dampak Perang Dingin. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman.
0 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *