Artikel Belajar dan Bermanfaat

Wednesday 16 May 2018

Pengertian Bioteknologi, Tujuan, Jenis, Contoh & Manfaat Bioteknologi

Lensapos.com - Secara Umum, Pengertian Bioteknologi adalah aplikasi organisme atau bagian tubuh organisme ke dalam teknologi untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat.  Pemanfaatan organisme atau komponen sbuselulernya dilakukan denga terarah dan terkontrol untuk melibatkan multidisiplin serta aplikasi yang terpadu dengan mikrobiologi, biokimia, biologi sel, fisiologi, genetika molekuler, dan teknik kimia.

Sebagian dari keberhasilan bioteknologi yang menarik perhatian masyarakat adalah rekayasa genetika. Rekayasa genetika merupakan bagian dari bioteknologi modern yang ditemukan oleh watson dan crik tahun 1953 dari model utas ganda DNA.

Sebelumnya masyarakat telah mengetahui bioteknologi tradisional. Bioteknologi tradisional yaitu diterapkan dengan pembuatan minuman anggur dan keju dengan menggunakan mikroba, pemulihan tanaman pangan, atau perkawinan silang pada hewan.

Pengertian Bioteknologi Menurut Para Ahli

1. Pengertian Bioteknologi Menurut Perhimpunan Kimia Murni dan Terapan 
Menurutnya, pengertian bioteknologi adalah penerapan bikimia, biologi, mikrobiologi dan rekayasa kimia dalam proses industri, pembuatan produk baik itu pelayanan kesehatan, energi dan pertanian serta pada lingkungan.

2. Pengertian Bioteknologi Menurut OECD (Organization for Economic Cooperation and Development)
Pengertian bioteknologi menurut OECD adalah suatu penerapan prinsip ilmiah dan rekayasa pengolahan bahan oleh agen biologi untuk menyediakan barang dan jasa. 

Prinsip Bioteknologi 

Prinsip Dasar Bioteknologi - Bioteknologi dikembangkan dari segala bidang yang memanfaatkan kemampuan dari mikroorganisme atau bagian-bagiannya.

Objek kajiannya yang luas dengan perkembangan bertahap sesuai perkembangan ilmu dan teknologi serta meningkatkan kebutuhan manusia.

Sebenarnya, prinsip-prinsip bioteknologi telah diterapkan oleh masyarakat Indonesia sejak ratusan tahun yang lalu, bahkan 6.000 tahun sebelu masehi oleh masyarakat Babilonia. Masyarakat Babilonia diwaktu itu telah membuat makanan dan minuman secara fermentasi.

Contoh-contoh bioteknologi tradisional yaitu pembuatan tempe, tape, kecap, oncom atau pembuatan minuman tuak yang tahan lama oleh nenek moyang kita. Ada tiga ciri utama dalam bioteknologi tradisional antara lain sebagai berikut...

Terdapat mikroorganisme dengan ciri tertentu dan dapat memproduksi enzim yang berperan sebagai biokatalisator.

Adanya peropde atau mekanisme tertentu untuk mendayagunakan mikroorganisme (sebagai gen) secara teknologi.

Diperolehnya produk yang memiliki nilai tambah dan bermanfaat khususnya kepentingan manusia, baik yang berupa pangan (makanan dan minuman), obat-obatan, reproduksi, pemecahan masalah sampah, dan produk-produk lain,

Dalam dau dekade belakangan ini telah terjadi beberapa peristiwa penting dalam mendorong kemajuan dari bioteknologi modern antara lain sebagai berikut...

1. Harga bahan bakar fosil seperti bensin, minyak tanah, dan solar) yang meningkat drastis.
2. Pemakaian enzim ligase dan endonulease yang dapat memotong DNA dan menyambungkan kembali sehingga menghasilkan rekombinan baru untuk memanipulasi gen secara buatan.
3. Penemuan oleh Kohler dan Milstein (1975) yang memproduksi antibodi monoklonal dari memfusikan limfosit, mieloma, dan sel tumor. 

Tujuan Bioteknologi

Ketiga kejadian tersebut memberikan pengaruh besar bagi kemajuan bioteknologi di masa ini. Ada tiga tujuan utama dalam penelitian bioteknologi saat ini antara lain sebagai berikut...
  • Menemukan ciri-ciri khusus; memodifikasi; mengontrol hasil-hasil genetis, biokimia dan proses jangkauan yang luas terhadap organisme, baik yang hidup di darat maupun yang dilaut untuk aplikasi bioteknologi.
  • Menggunakan alat-alat bioteknologi modern dalam masalah pertanian, lingkungan, dan pabrik untuk membantu pengembangna produk baru serta perbaikan produk, proses, dan metode pengujian.
  • Memberikan dorongan dan menambah fasilitas, tempat penyimpanan (gudang), dan data base.

Jenis-Jenis Bioteknologi

Seperti penjelasan diatas bahwa terdapat bioteknologi tradisional dan bioteknologi modern. Pengertian dari kedua jenis bioteknologi ini adalah sebagai berikut...

1. Bioteknologi Tradisional
Pengertian bioteknologi tradisional adalah bioteknologi yang sifatnya sederhana dengan menggunakan jasad renik (mikroba) alami di awal penggunaannya dengan bersifat kemungkinan tanpa berdasar ilmiah. 
2. Bioteknologi Modern
Pengertian bioteknologi modern adalah bioteknologi organismedengan hasil rekayasa genetika melalui perlakukan yang mengubah landasan penetu kemampuan hidup, dengan mengubah tatanan gen yang menentukan sifat spesifik dai suatu organisme, sehingga berlangsung dengan efisien dan efektif. 

Manfaat Bioteknologi

Secara umum, terdapat banyak manfaat Bioteknologi dalam kehidupan sekitar. Adapun manfaat bioteknologi adalah sebagai berikut...
  • Bioteknologi memiliki manfaat dengan mengurangi adanya pencemaran lingkungan. Melalui penerapan proses daur ulang tersebut, bakteri atau mikroorganisme lain.
  • Selain itu, Bioteknologi memiliki khasiat atau manfaat yang mampu berfungsi dalam mengobati penyakit-penyakit yang disebabkan oleh bakteri.
  • Bioteknologi juga dapat menghasilkan berupa obat-obatan yang diketahui lebih murah dengan hasil yang efektif.
  • Manfaat bioteknologi yang terakhir dapat dengan meningkatkan hasil produksi pertanian, perkebunan, perikanan, karena dapat menimialkan resiko-resiko yang sebelumnya dapat terjadi sebelum penggunaan bioteknologi.

Manfaat Bioteknologi dalam Bidang Pandangan dan Pertanian 

Manfaat bioteknologi bagi kehidupan manusia di bidang pangan dan pertanian telah dikenal sejak dahulu. Sejumlah teknologi pada saat itu, ada beberapa yang memiliki fungsi dan tujuan untuk menghasilkan manfaat bioteknologi khususnya pada bidang pangan dan pertanian. Adapun manfaat bioteknologi dalam bidang pangan dan pertanian sebagai berikut..
  • Memiliki peran penting dalam merakit berbagai varietas unggul baru. Misalnya varietas unggul tahan hama, varietas, unggul tahan cekaman kekeringan dan lain-lain, dan varietas unggul tahan penyakit.
  • Manfaat Bioteknologi dalam memproduksi bibit dalam kurun waktu yang singkat dengan jumlah yang besar.
  • Mengatasi permasalahan keterbatasan lahan, seperti dengan menciptakan varietas umur genjah sehingga satu lahan dapat panen beberapa kali dalam satu tahun.
  • Mengendalikan hama dan penyakit tanaman.
  • Dan berbagi teknologi rekaya baru yang terus berkembang dalam upaya untuk meningkatkan dan memperbaiki produksi tanaman dari waktu ke waktu. 

Manfaat Bioteknologi Dalam Bidang Medis

Selain memiliki manfaat dalam bidang pangan dan pertanian, bioteknologi juga mempunyai manfaat dalam bidang medis atau kesehatan. Peran bioteknologi sangatlah penting dan telah memiliki sejumlah temuan yang sampai sekarang telah dimanfaatkan oleh seluruh umat didunia. Prinsip bioteknologi digunakan dalam membuat sejumlah vaksin, hormon, antibiotik dan teknologi pengobatan. Adapun contoh produk dari bioteknologi yang banyak digunakan dalam bidang medis antara lain sebagai berikut...
  1. Penemuan antibiotik penicillin.
  2. Penemuan aneka vaksin.
  3. Penemuan hormon insulin.
  4. Teknologi transfer gen, transflantasi organ dan lain-lain. 

Manfaat Bioktenologi dalam Mengatasi Problem Lingkungan 

Bioteknologi juga memiliki peran dalam mengatasi masalah-masalah yang ada di lingkungan loh. Kok Bisa?, Iyah bisa. Salah satunya manfaat bioteknologi tersebut adalah penanganan masalah pencemaran. Peran penting dari bioteknologi dalam mencegah dan mengatasi masalah pencemaran lingkungan, yaitu:
  • Mencegah atau mengurangi, prinsip bioteknologi difungsikan dengan menemukan dan juga menghasilkan suatu energi yang ramah terhadap lingkungan misalnya, biogas, bioetanol, dan juga biodiesel.
  • Sedangkan manfaat lain dari biotekologi yakni mengatasi pencemaran, prinsip bioteknologi juga menawarkan teknologi pengolahan sejumlah limbah industri melalui dengan teknologi bioremediasi. 
Demikianlah informasi mengenai Pengertian Bioteknologi, Tujuan, Fungsi, Contoh dan Manfaat Bioteknologi. Semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman.


Referensi: Pengertian Bioteknologi: Apa itu Bioteknologi ?..
  • Muhammad Djumhana, 1995. Hukum Dalam Perkembangan Bioteknologi. Penerbit PT Citra Aditya Bakti : Bandung.
  • Aryulina, Diah; Choirul Muslim, Syalfinaf Manaf, Endang Widi Winarni (2007). Biologi 3 SMA dan MA Untuk Kelas XII. Jakarta: Esis/Erlangga

Pengertian Bioteknologi, Tujuan, Jenis, Contoh & Manfaat Bioteknologi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin