Artikel Belajar dan Bermanfaat

Wednesday 8 November 2017

+10 Pengertian Getaran, Jenis Getaran, Rumus Getaran dan Contoh Soal Getaran

Pengertian Getaran | Inilah arti getaran yang sering dipakai dalam mengartikan pengertian getaran. Tahukah anda mengenai apa yang dimaksud dengan getaran?? Nah, jika anda masih belum mengetahuinya, maka anda sudah beruntung telah mengunjungi artikelsiana.com. Karena disini kami akan membahas tentang pengertian getaran, jenis getaran, rumus getaran dan contoh soal getaran secara lengkap. Oleh sebab itulah, mari kita menyimak ulasan yang terdapat di bawah ini.

Pengertian Getaran, Jenis Getaran, Rumus Getaran dan Contoh Soal Getaran

Pengertian Getaran

Getaran adalah suatu gerakan bolak-balik yang terdapat pada sekitar titik keseimbangan dimana kuat lemahnya telah dipengaruhi oleh besar kecilnya energi yang diberikan. Satu getaran frekuensi adalah satu kali gerak bolak-balik penuh.

Getaran merupakan suatu peristiwa gerak bolak-balik secara teratur pada suatu benda lewat satu titik seimbang. Karena terjadi secara teratur maka getaran seringkali juga disebut dengan gerak periodik. Kuat atau lemahnya pergerakan pada benda tersebut telah dipengaruhi oleh adanya jumlah energi yang diberikan. Semakin besar energi yang diberikan maka semakin kuat juga getaran yang terjadi. Satu getaran sama dengan satu kali gerakan bolak-balik penuh dari benda tersebut. Adapun contoh sederhana getaran yakni gerakan pegas yang telah diberikan beban, misalnya pemanfaatan pegas untuk menjadi ayunan anak.

Getaran Pada Bandul Sederhana

Gambar dibawah ini adalah salah satu contoh getaran pada bandul sederhana, berdasarkan pada bandul tersebut dimana satu kali getaran adalah satu kali pergerakan bandul dari titik A - B - C - B - A. Satu kali getaran juga dapat dihitung titik mulainya dengan titik B atau titik C.

Getaran Pada Pegas


Pada gambar yang kedua termasuk contoh getaran pada pegas yang sudah diberikan beban. Satu kali getaran pada pegas tersebut semisal B - A - C - A - B dimana satu getaran juga bisa kita hitung dari titik mulainya dengna titik A atau pada titik C.

B. Amplitudo

Pengertian amplitudo adalah suatu simpangan terjauh dari titik keseimbangan. Amplitudo bisa kita artikan sebagai jarak paling jauh dari titik keseimbangan ketika terjadi getaran. Perhatikan kembali pada gambar bandul dan pegas sederhana yang ada di atas.
Pada gambar bandul, untuk titik keseimbangannya merupakan titik B, dan amplitudonya yaitu BA dan BC. Karena semakin lama gerakan bandul maka akan semakin kecil, sehingga pada titik getaran pertamalah yang merupakan amplitudo dari bandul tersebut. Kemudian, pada gambar pegas, untuk titik keseimbangan merupakan titik A, dan amplitudonya yaitu AB dan AC. Karena semakin lamanya gerakan pegas juga maka akan semakin melemah, jadi getaran pertamalah yang merupakan amplitudo pada pegas tersebut

C. Frekuensi

Frekuensi getaran merupakan banyaknya jumlah getaran yang terjadi pada setiap satu detik. Satuan frekuensi dalam sistem Internasional yaitu Hertz (Hz). Dalam Fisika, Frekuensi itu disimbolkan dengan menggunakan huruf "f" dan rumusnya:



Keterangan :

t = Waktu (satuannya sekon disingkat s)
n = Jumlah getaran
f = Frekuensi (Satuannya Hertz disingkat Hz).

D. Periode


Periode merupakan waktu yang dibutuhkan untuk dapat melakukan satu kali getaran. Satuan periode pada sistem internasional yaitu sekon (s). Dalam ilmu Fisika, Periode itu disimbolkan dengan menggunakan huruf "T" dan rumusnya:


Keterangan:

n = Jumlah getaran

t = Waktu (satuannya sekon disingkat s)
T = Periode (satuannya sekon disingkat s).

Periode dan frekuensi itu saling berkaitan dan bisa dihubungkan satu dengan yang lainnya. Periode termasuk kebalikan dari frekuensi demikian juga sebaliknya. Oleh sebab itulah, diperoleh persamaan:



Keterangan :

f = Frekuensi (satuannya Hertz disingkat Hz)

T = Periode (satuannya sekon disingkat s).

E. Jenis-jenis Getaran


Secara umum dikenal terdapat dua macam jenis getaran yang berdasarkan proses terjadinya getaran yakni:

- Getaran Bebas

Getaran bebas termasuk getaran yang terjadi saat sistem mekanis dimulai dengan adanya gaya awal yang bekerja di sistem itu sendiri. Kemudian dibiarkan bergetar secara bebas. Pada getaran bebas akan dapat menghasilkan frekuensi yang natural karena adanya sifat dinamika dari distribusi massa dan kekuatan yang bisa membuat getaran. Contohnya yaitu bandul yang ditarik kemudian selanjutnya dilepaskan dan dibiarkan menghasilkan getaran hingga pergerakan bandul tersebut menjadi berhenti.

- Getaran Paksa

Getaran Paksa adalah getaran yang terjadi saat gerakan bolak-balik karena munculnya gaya luar yang secara paksa dapat menciptakan getaran pada sistem. Adapun contohnya yaitu getaran rumah yang roboh saat terjadi gempa.

Contoh Soal Getaran


Sebuah bandul digetarkan sehingga selama 1 menit menghasilkan 40 getaran. Tentukan periodenya?

Penyelesaian :

Diketahui :
t = 1 menit = 60 s
n = 40 getaran

Ditanya : T = ?

Jawab :

T= t/n

T=60/40= 1,5 s

Jadi, sebuah bandul mempunyai nilai periode nya 1,5 s

Demikianlah informasi tentang Pengertian Getaran, Jenis Getaran, Rumus Getaran dan Contoh Soal Getaran. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat kepada kita semua apalagi untuk anda yang sedang mencari kunci jawaban soal getaran.

+10 Pengertian Getaran, Jenis Getaran, Rumus Getaran dan Contoh Soal Getaran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin