Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu

Sanitasi: Pengertian, Tujuan, Manfaat & Definisi Para Ahli

Sanitasi: Pengertian, Tujuan, Manfaat & Definisi Para Ahli – Sanitasi, tahukah anda?, ada banyak persoalan mengenai sanitasi, jangankan hal yang besar, soal pengertian sanitasi, manfaat sanitasi, tujuan sanitasi, jenis-jenis satinasi, merupakan sekelumit persoalan mengenai sanitasi.

Padahal kalau dipikir-pikir, sanitasi, apa susahnya itu sanitasi. Hanya cuma bersih-bersih doang. Sudah itu kelar semua masalah.

 

Lalu, ngapain lagi cari definisi atau pengertian sanitasi, toh faktanya kita sudah menjalankan tujuan atau fungsi dari sanitasi tersebut.

Terlebih lagi, sanitasi merupakan hal yag bermanfaat baik bagi lingkungan, pembangunan, sistem dan perairan yang tentunya akan bermanfaat bagi kehidupan manusia. Tapi, tentu segala hal kebaikan seperti sanitasi bisa saja kita lakukan dan sangat mudah.

 

Tapi, salahkah kita jika mengetahui pengertian atau definisi sanitasi itu?. Tentu tidak, dan bukanlah sebuah hal yang besar membahas sanitasi secara teori, walaupun sanitasi pernah atau sering anda lakukan.

Selain dari pada itu, apakah sesuai yang teman-teman maksud mengenai kebersihan dan tingkah laku teman-teman merawat lingkungan sekitar dan sebagainya, itu telah sesuai dengan definisi atau pengertian sanitasi?. Mungkin.

Tidak hanya itu, jika sanitasi adalah kebersihan, lalu apa perbedaan antara sanitasi dengan kebersihan. Jika keduanya sama, mengapa dihapuskan saja kata sanitasi, atau kata kebersihan untuk mewakili salah satu perilaku yang teman-teman lakukan itu.

Penulis berharap, teman-teman atau kita mulai sedikit pusing atau mengkerutkan keningnya, karena itu tandanya teman-teman mulai mengerti maksud penulis apa.

 

Terkadang, apa yang kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari, memiliki kesamaan dan dipersamakan.

Penulis pun, pada awalnya merangkum informasinya ini, juga kebingungan untuk mencerna mengenai sanitasi atau mengetahui sanitasi.

 
Tapi, dengan mengesampingkan persoalan yang terkait atau sama seperti kebersihan. Alhasil, konsentrasi penulis dapat fokus ke sanitasi dan dapat membahas.
 
Demikian juga ketika teman-teman melihat informasi ini, penulis sarankan untuk kembali mengesampingkan mengenai kebersihan dll. Karena persoalan tersebut juga akan dibahas.
 

Sehingga ada baiknya dalam hemat penulis untuk mengalir dalam melihat informasi ini. Informasi mengenai sanitasi dapat anda lihat dibawah ini..

Pengertian Sanitasi: Apa itu Sanitasi?

Pengertian sanitasi secara umum, sanitasi adalah pencegahan penyakit dengan mengurangi atau mengendalikan faktor – faktor lingkungan fisik yang berhubungan dengan rantai penularan penyakit.

 
Pengertian lain dari sanitasi adalah upaya pencegahan penyakit melalui pengendalian faktor lingkungan yang menjadi mata rantai penularan penyakit. 
 
Sanitasi bertujuan dan fungsi untuk kebersihan secara umum terhadap penyebab yang terletak pada faktor lingkungan.
 
Sanitasi merupakan suatu cara dalam penyediaan air bersih bagi pemakai air di dalam bangunan, dapat berupa air dingin ataukah air panas. 
 
Sistem jaringan air bersih tersebut, adalah sistem pemipaan yang dipersiapkan dalam bangunan maupun juga di luar bangunan untuk mengalirkan air bersih dari sumber menuju keluaran. 
 

Sistem tersebut memiliki tujuan dan fungsi. Fungsi dan tujuan tersebut guna memenuhi kebutuhan air bersih suatu daerah atau negara khususnya negara Indonesia, dan kemudian didistribusikan kepada konsumen.

Baca Juga  Sejumlah Makanan Pendongkrak Kecerdasan Otak

Seperti halnya pengertian dan lingkup umum mengenai higiene dan sanitasi di berbagai negara, pengertian dan lingkup umum higiene dan sanitasi menurut Kementerian Kesehatan adalah sebagai berikut:

  1. Hygiene sanitasi makanan adalah upaya dalam mengendalikan faktor makanan, orang, tempat dan juga perlengkapannya yang dapat atau juga bisa menimbulkan penyakit atau masalah kesehatan. 
  2. Persyaratan Hygiene Sanitasi adalah sesuai dengan ketentuan teknis yang telah ditetapkan berdasarkan atas terhadap produk, personel dan juga mengenai perlengkapannya yang terdiri dari persyaratan bakteriologis, kimia dan juga fisika. 
  3. Sedangkan dalam fasilitas sanitasi adalah sarana fisik bangunan dan juga mengenai perlengkapannya dipakai untuk memelihara kualitas dari lingkungan atau mengendalikan faktor-faktor lingkungan fisik yang mampu merugikan kesehatan manusia antara lain sarana air bersih, jamban, peturasan (toilet), saluran limbah, tempat cuci tangan, bak sampah, kamar mandi, lemari pakaian kerja (locker), peralatan pencegahan terhadap lalat, tiksu dan juga mengenai hewan serta peralatan kebersihan. 
Tidak hanya itu, sering disamakan dengan pekerjaan kebersihan (cleaning), namun pada kenyataannya, pengertian sanitasi tidaklah lebih dari sekedar cleaning.
 

Melainkan secara umum pengertian cleanning, sanitasi dan juga mengenai sterialisasi.

Dalam pengertian cleaning adalah pembersihan kotoran yang tampak dari pengelihatan, misalnya kotoran tanah, dll. Sedangkan sterilisasi adalah pemusnahan bakteri. Lalu apa itu sanitasi? dan perbedaannya. 

 

Sanitasi dengan pengertian keduanya bahwa dapat didefinisikan sanitasi adalah pembersihan kotoran yang tidak tampak oleh penglihatan, seperti menurunkan tingkat cemaran bakteri, jamur, debu-debu halus hingga tingkat aman.

Hingga dari definisi tersebut, maka sanitasi mencakup juga kegiatan cleaning, dan definisi sanitasi tersebut, sehingga pembahasan sanitasi dan higiene adalah dua hal yang tidak terpisahkan dan biasanya diikut sertakan. 

Pengertian Sanitasi Menurut Para Ahli

Tidak hanya pengertian sanitasi diatas, terdapat juga definisi sanitasi menurut para ahli dan lembaga kesehatan. Adapun pengertian sanitasi menurut para ahli adalah sebagai berikut.. 
 

1. Pengertian Sanitasi Menurut Departemen Kesehatan 

 
Menurut Departemen Kesehatan RI (Depkes RI, 2004) bahwa pengertian Sanitasi adalah upaya kesehatan dengan cara memelihara dan melindungi kebersihan lingkungan dari subjeknya, misalnya menyediakan air bersih untuk keperluan mencuci tangan, menyediakan tempat sampah agar tidak dibuang sembarangan (Depkes RI, 2004). 
 

2. Pengertian Sanitasi Menurut WHO

 
Pengertian sanitasi menurut WHO adalah pengawasan penyediaan air minum masyarakat, pembuangan tinja dan air limbah, pembuangan sampah, vektor penyakit, kondisi perumahan, penyediaan dan penanganan makanan, kondisi atmosfer dan keselamatan lingkungan kerja.
 
Selanjutnya Menurut WHO bahwa pengertian sanitasi adalah: 

“Sanitation generally refers to the provision of facilities and services for the safe disposal of human urine and faeces. Inadequate sanitation is a major cause of disease world-wide and improving sanitation is known to have a significant benefical impact on health both in households and across communities. The waord sanitation also refers to the maintenance of hygienic conditions, through services such as garbage collection and wastewater disposal.
The term “sation” can be applied to a specific aspect, concept, location, or strategy, such as:

  • Basic sanitation – refers to the management of human feces at the household level. This terminology is the indicator used to describe the target of the Millennium Development Goal on sanitation. 
  • On-site sanitation – the collection and treatment of waste is done where it is deposited. Examples are the use of pit latrines, septic tanks, and imhoff tanks. 
  • Food sanitation – refers to the hygienic measures for ensuring food safety. 
  • Environmental sanitation – the control of enviromental factor that form links in disease transmission. Subsets of this category are solid waste management, water and wastewater treatment, industrial waste treatment and nois and pollution control. 
  • Ecological sanitation – a concept and an approach of recycling to nature the nutrients from human and animal wastes. 
 

3. Pengertian Sanitasi Menurut Adisasmito

 
Menurut Adisasmito, (2006) bahwa pengertian Sanitasi sering juga disebut dengan sanitasi lingkungan dan kesehatan lingkungan, sebagai suatu usaha pengendalian semua faktor yang ada pada lingkungan fisik manusia yang diperkirakan dapat menimbulkan hal-hal yang mengganggu perkembangan fisik, kesehatannya ataupun kelangsungan hidupnya. 
 

4. Pengertian Sanitasi Menurut Chandra

 
Menurut Chandra bahwa: “sanitasi adalah bagian dari ilmu kesehatan lingkungan yang meliputi cara dan usaha individu atau masyarakat untuk mengontrol dan mengendalikan lingkungan hidup eksternal yang berbahaya bagi kesehatan serta yang dapat mengancam kelangsungan hidup manusia” (dalam Zafirah, 2011).
 

5. Pengertian Sanitasi Menurut Aswar

 
Sanitasi dasar adalah sanitasi minimum yang diperlukan untuk menyediakan lingkungan sehat yang memenuhi syarat kesehatan yang menitikberatkan pada pengawasan berbagai faktor lingkungan yang mempengaruhi derajat kesehatan manusia. (Azwar,1995).
 

6. Pengertian Sanitasi Menurut Hadi Susanto

 
Menurut Hadi Susanto dalam Eryati Darwin bahwa pengertian sanitasi adalah usaha pemutusan mata raintai untuk pencegahan penularan, penyakit, pencemaran, dan kecelakaan. 
 

7. Pengertian Sanitasi Menurut Arifin

 
Menurut Arifin, 2009 bahwa pengertian Sanitasi adalah suatu cara untuk mencegah berjangkitnya suatu penyakit menular dengan jalan memutuskan mata rantai dari sumber.
 
Sanitasi merupakan usaha kesehatan masyarakat yang menitik beratkan pada penguasaan terhadap berbagai faktor lingkungan yang mempengaruhi derajat kesehatan 

8. Pengertian Sanitasi Menurut Hadi Susanto

 
Menurut Hadi Susanto dalam Eryati Darwin bahwa pengertian sanitasi adalah usaha pemutusan mata raintai untuk pencegahan penularan, penyakit, pencemaran, dan kecelakaan. 
 

Tujuan Sanitasi

Adapun tujuan sanitasi ialah:

  • Memperbaiki, mempertahankan, dan mengambalikan kesehatan yang baik pada manusia
  • Efisiensi produksi dapat dimaksimalkan
  • Menghasilkan produk yang aman dan sehat dari pengaruh hazard yang dapat menyebabkan penyakit bagi manusia
Baca Juga  13 Obat Batuk Berdahak Tradisional, Usir Batuk Berdahak Secara Alami

Prinsip Sanitasi

Yang dimaksud dengan prinsip-prinsip sanitasi terdiri atas 3 sebagai sesuatu hal yang perlu ditekanankan dalam sanitasi. Adapun prinsip tersebut yaitu:

  • Bersih secara fisik
  • Bersih secara kimiawi
  • Bersih secara mikrobiologis
Baca Juga  99+ Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Sanitasi

Adapun yang dimaksud dengan manfaat sanitasi ialah:

1. Menghindari Pertumbuhan Ekonomi Semu

Berdasarkan hasil studi Bank Dunia tahun 2007 mengatakan, akibat sanitasi buruk, negara mengalami kerugian setara dengan 58 triliun.

Jumlah kerugian itu serupa dengan 2,1 persen pertumbuhan domestik bruto Indonesia.

Kerugian dari sisi ekonomi lainnya adalah penolakan ekspor udang dari Indonesia ke Jepang.

Hal itu disebabkan karena dicurigai mengandung bakteri salmonella.

Bahkan Taiwan, Amerika Serikat, Uni Eropa dan beberapa negara lain juga pernah melakukan hal serupa.

2. Menurunkan Kesakitan Diare 94 persen

Hasil studi organisasi kesehatan dunia (WHO) menyampaikan bahwa meningkatkan akses bersih, sanitasi, perilaku higienis dan pengolahan air minum skala rumah tangga dapat menurunkan 94 persen kasus diare.

Kondisi demikian tentu telah memengaruhi tingkat absensi masyarakat, terutama anak sekolah.

Jumlah anak-anak yang malas untuk tidak masuk sekolah dapat berkurang secara siginifikan selama 8 hari per tahun.

Tidak hanya itu, tingkat produktivitas masyarakat juga meningkat hingga 17 persen.

3. Menurunkan Angka Kemiskinan

Karena sanitasi buruk, setiap keluarga di Indonesia tercatat hrus kehilangan rata-rata Rp. 1.250.000 per tahunnya.

Walaupun yang terlihat jumlah ini kecil, akan tetapi tidak bisa dibayangkan ketika ini terjadi pada masyarakat yang terdapat digaris kemiskinan.

4. Manfaat Berlipat

Setiap 1 rupiah yang kita tanam untuk investasi sanitasi ternyata bisa menghasilkan manfaat 8-11 kali lipat.

Sebagai contoh, dalam pelaksanaan STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) di Jawa Timur, setiap 1 rupiah yang diinvestasikan bisa memicu investasi masyarakat sebesar 35 rupiah.

Artinya, banyak sekali yang kita bisa dapatkan dari pembangunan sanitasi.

5. Mencegah Lebih Baik Daripada Mengobati

Menurut studi ADB (Asian Development Bank), jika kita gagal menginvestasikan 1 rupiah untuk sanitasi, sehingga kita tidak mengelola sampah kita, membiarkan sungai-sungai tercemar, untuk membersihkannya lagi akan butuh sebesar 36 rupiah.

 
Demikianlah informasi mengenai Sanitasi. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan kita. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman. 

Referensi Sanitasi

Wahadamaputera. 2015. Utilitas Bangunan Modul Plumbing. Jakarta: Griya Kreasi. hlm:4 

Ryadi, Alexander Lucas Slamet. 2016. Ilmu Kesehatan Masyarakat. Yoygakarta: Andi. hlm: 94-99 

Darwin, Eryati. 2014. Etika Profesi Kesehatan. Yogyakarta: Deepublish. hlm: 108-109. 

Sorono, Ingrid Suryanti. 2016. Pengantar Keamanan Pangan untuk Industri Pangan. Yogyakarta: Deepublish. hlm: 105-107. 

1 vote, average: 3.00 out of 51 vote, average: 3.00 out of 5
1 vote, average: 3.00 out of 51 vote, average: 3.00 out of 51 vote, average: 3.00 out of 5 (1 votes, average: 3.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *