Artikel Belajar dan Bermanfaat

Tuesday 28 March 2017

55+ Manfaat Jahe untuk Kesehatan dan Kecantikan [AMPUH!!!]

Jahe adalah jenis umbi umbian yang masuk dalam kategori rempah rempah, ciri khas utama jahe adalah rasa yang sedikit pedas dan juga memiliki bau yang khas. Orang di indonesia umumnya mengenal jahe untuk dijadikan bumbu dapur ataupun dibuat menjadi minuman. Minum segelas wedang jahe di temani gorengan pada saat hujan adalah hal yang sangat mengasikan. Jahe umumnya tumbuh di tanah yang subur dengan ketinggian antara 100-1000 diatas permukaan laut. Tanaman ini tidak membutuhkan perawatan yang rumit, bahkan jika anda memiliki tanah yang subur anda cukup menanam satu bibit dan akan tumbuh banyak sekali tunas baru. Harga jahe di pasaran juga tidak terlalu mahal. Jadi jika anda tidak memiliki lahan untuk menanam jahe lebih baik anda membelinya dipasar. Selain digunakan untuk bumbu dan minuman, jahe juga memiliki banyak manfaat.Manfaat jahe untuk kesehatan dan kecantikan sudah menjadi rahasia umum. Apabila ada memang belum mengerti lebih baik membaca penjelasan dibawah ini.
Manfaat jahe untuk kesehatan
       Mengobati masuk angin
Jika anda sering begadang maka pastinya sudah pernah merasakan masuk angin. Masuk angin ini sangat menganggu dan bisa membuat kita menjadi tidak bisa beraktifitas dengan nyaman. Efek yang muncul karena masuk angin biasanya pusing dan muntah muntah. Apabila anda muntah muntah itu adalah tanda jika angin yang ada dalam tubuh anda terlalu banyak. Sebagian besar lebih suka mengobati masuk angin dengan cara kerokan. Itu memang cukup ampuh, tetapi banyak orang juga yang tidak tahan menahan rasa sakit kerokan. Apabila anda ingin cara yang lain sebaiknya menggunakan jahe. Anda cukup menyiapkan 20 gram jahe dan rebus dengan menggunakan air. Sebelum direbus anda harus mengupas jahe dan membuat jahe menjadi memar. Rebus dengan air hingga tersisa 50% dari jumlah awal. Minum air jahe tersebut pada saat anda masuk angin.
       Mengobati terkilir
Bagi anda yang sering melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga pastinya sudah tidak asing dengan terkilir. Ada banyak sekali faktor yang membuat orang bisa terkilir, salah satunya adalah karena beban yang ditahan bagian tubuh terlalu berat. Apabila anda terkilir maka anda bisa membuat ramuan dari jahe. Manfaat jahe untuk mengatasi terkilir memang sudah dipercaya sejak zaman nenek moyang. Caranya sangat mudah, ambil beberapa jahe dan tumbuh jahe tersebut hingga halus. Gunakan ramuan tersebut untuk dioleskan pada bagian tubuh yang terkilir lalu gunakan kain atau perban untuk menutupnya. Anda akan merasakan rasa yang cukup hangat. Rasa hangat tersebut berasal dari zat yang terkandung jahe. Salah satu fungsi utama zat tersebut adalah membuat peradangan pada terkilir menjadi cepat reda.
       Mengobati batuk
Batuk memang merupakan penyakit yang sering muncul ketika ada perubahan iklim dan suhu. Itu karena pada saat tersebut banyak orang yang tidak memiliki imun yang baik. Biasanya pada musim pancaroba kekebalan tubuh seseorang akan turun. Mengobati batuk tidak melulu harus menggunakan obat dari dokter. Anda cukup membuat ramuan yang terbuat dari jahe, perasan air lemon dan sedikit madu. Pertama anda harus merebus jahe terlebih dahulu dan setelah matang anda bisa menambahkan sedikit air lemon dan madu. Konsumsi ramuan ini sesering mungkin agar batuk yang anda derita sembuh.

       Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Manfaat jahe untuk meningkatkan kekebalan tubuh sudah banyak yang merasakan. Hal tersebut karena jahe memiliki banyak kandungan zat yang memang baik untuk kesehatan. Selain itu kandungan antioksidan yang ada pada jahe juga sangat tinggi. Kandungan antioksidan tersebut akan membuat tubuh menjadi perkasa pada saat melawan racun dan virus berbahaya. Apabila kekebalan tubuh seseorang terjaga dengan baik pastinya itu adalah hal yang sangat baik. Karena sekarang ini investasi paling berharga adalah investasi pada kesehatan tubuh kita.
       Menghilangkan cacing gelang pada tubuh
Manusia memang mudah terkena cacingan. Ada banyak sekali jenis cacing yang bisa hidup dalam tubuh manusia. Salah satu yang paling berbahaya adalah cacing gelang, cacing ini akan membuat nutrisi yang ada pada tubuh anda hilang. Cacing dalam tubuh bisa tumbuh hingga sangat besar. Jadi anda harus waspada dan rajin mengkonsumsi obat cacing. Obat cacing idealnya anda minum 1 kali dalam 3 bulan. Dengan cara ini cacing akan mati dan tidak ada pertumbuhan cacing pada tubuh anda. Jahe juga bisa membuat cacing pada tubuh menjadi mati. Itu karena jahe rasa panas yang bisa membuat cacing menjadi tidak nyaman. Untuk membuat ramuan ini anda cukup menyediakan 60 gram jahe, sedikit garam dan juga pemanis. Untuk pemanis anda bisa menggunakan madu ataupun gula. Tetapi lebih disarankan untuk menggunakan madu agar nutrisi tubuh juga semakin bagus. Semua bahan yang anda siapkan rebus dengan menggunakan air, tunggu hingga mendidih dan setelah itu biarkan hingga dingin. Sangat disarankan sebelum anda merebus jahe maka anda memarkan jahe tersebut agar kandungan zat pada jahe semakin larut.
       Mengobati rematik
Rematik umumnya diderita oleh orang yang sudah berusia uzur. Tetapi sekarang ini banyak juga pemuda yang mengalami rematik. Sebuah penelitian menyebutkan jika rematik sangat erat kaitannya dengan racun pada tubuh. Ketika racun pada tubuh seseorang berlebihan maka akan memicu munculnya penyakit rematik. Anda bisa menemukan dengan mudah obat rematik dipasaran. Mengkonsumsi obat rematik dalam jangka waktu lama pastinya sangat berbahaya. Cara alami bisa menjadi solusi. Jahe mengandung zat yang bisa membuat rematik reda. Sama seperti cara yang lain untuk bisa menyembuhkan rematik anda cukup rajin mengkonsumsi air rebusan jahe. Manfaat jahe untuk rematik akan terasa jika anda memang secara rutin mengkonsumsi air jahe.
       Mengatasi tulang keropos
Kesehatan tulang wajib anda jaga. Apabila anda tidak menjaga kesehatan tulang pastinya akan membuat tulang anda keropos. Untuk menghindari tulang keropos anda bisa menggunakan ramuan yang terbuat dari jahe, kacang hijau, merica dan juga kapulaga. Semua bahan tersebut anda rebus dengan menggunakan air sebanyak 400 cc. Rebus hingga matang dan konsumsi ramuan jahe ini secara rutin untuk menjaga kesehatan tulang anda.
       Mengobati vertigo
Vertigo adalah salah satu jenis sakit kepala yang sangat menyiksa, vertigo disebabkan karena kurangnya oksigen ke otak. Karena kurangnya oxigen maka akan membuat fungsi otak menjadi tidak maksimal. Rasa pusing akan terus muncul karena kurangnya oxigen. Umumnya penderita vertigo harus dirawat di rumah sakit agar bisa mendapatkan tambahan oxigen. Penyakit vertigo akan sering kambuh karena jika suplai oxigen kurang maka penyakit ini pasti muncul. Ramuan untuk mengobati vertigo dengan menggunakan bahan jahe dapat anda buat dengan campuran bahan lain seperti madu dan juga sedikit asam jawa. Pertama anda harus membakar jahe dan memarkan, tambahkan dengan air panas dan setelah itu campur dengan madu dan asam. Aduk hingga rata dan dan minum secara rutin.
       Mengobati stroke
Manfaat jahe untuk mengobati stroke, sekarang ini stroke adalah penyakit yang sangat mengerikan. Banyak sekali orang yang menjadi korban penyakit ini. Stroke sama dengan penyakit lain yang umumnya disebabkan karena pola hidup yang buruk. Sebenarnya penyakit ini dapat anda hindari dengan cara mau menjalankan pola hidup yang sehat. Rajin berolahrga juga bisa membuat kita terhindar dari stroke. Dalam jahe terdapat antioksidan yang bisa menangkal segala macam penyakit. Fungsi dari antioksidan ini adalah membuang dan mengikat racun berbahaya pada tubuh. Apabila tubuh anda tidak ada racun pastinya akan membuat anda sehat.
       Mengobati demam
Jika anda demam segera beli beberapa ruas jahe dan madu. Rebus jahe dengan air hingga matang dan airnya berubah. Sebelum direbus anda lebih baik memotong jahe menjadi ukuran yang lebih kecil. Air rebusan tersebut diminum jika anda demam. Dengan meminum ramuan ini demam tinggi sekalipun akan turun.
       Mengobati pilek
Anda pastinya sudah biasa mencium bau jahe yang khas. Bau jahe tersebut ternyata bisa membuat pilek cepat sembuh. Fungsi jahe sama dengan inhaler dimana bisa membuat pernafasan menjadi lebih lancar. Bagi anda yang sedang pilek pastinya merasakan tidak nyaman saat bernafas. Selain di hirup jahe juga bisa dibuat menjadi minuman yang bisa membuat pilek cepat sembuh. Cara kerja zat pada jahe ini unik dimana akan meningkatkan kekebalan tubuh dan membuat semua penyakit menjadi hilang.
       Mengobati panu dan penyakit kulit
Manfaat jahe untuk mengobati penyakit kulit sudah sangat melegenda. Caranya mengobati jamur kulit dengan jahe ada 2 cara. Cara yang pertama adalah dengan menumbuk jahe dan gunakan untuk olesan bagian tubuh yang terkena jamur. Cara yang pertama ini memang membutuhkan waktu yang lebih lama tetapi tidak menyakitkan. Cara yang kedua adalah menggunakan jahe utuh dan gosokan pada kulit. Gosok dengan tekanan yang cukup hingga jahe tersebut akan mengeluarkan air. Memang anda akan merasakan perih tetapi cara ini sangat efektif karena anda bisa dengan jelas melihat jamur pada kulit terangkat. Apabila anda sudah merasakan rasa perih yang berlebihan maka anda harus berhenti mengosokan jahe tersebut karena bisa membuat luka dan iritasi. Terserah anda mau menggunakan cara mana jika anda kuat dengan perih disarankan menggunakan cara kedua.
Manfaat jahe untuk kecantikan
       Menghilangkan komedo
Komedo yang membandel adalah momok yang sangat menakutkan bagi para wanita. Anda bisa menghilangkan komedo dengan menggunakan jahe. Bahan yang anda butuhkan adalah jahe, kopi dan juga susu bubuk. Parut jahe dan tambahkan kopi serta susu bubuk. Apabila cairan pada jahe kurang banyak maka anda bisa menambahkan sedikit air. Gunakan ramuan ini untuk dioleskan ke komedo. Usap secara perlahan dan akan membuat komedo terangkat. Rasa yang cukup hangat akan membuat anda menjadi nyaman pada saat melakukan ritual ini. Jika ramuan sudah and oleskan maka anda tunggu sekitar 30 menit agar kering dan setelah itu bilas dengan menggunakan air dingin. Ulangi secara rutin minimal 3 kali dalam seminggu dan rasakan hasilnya.
       Memutihkan ketiak
Ketiak hitam adalah hal yang cukup memalukan bagi wanita, apalagi wanita yang suka menggunakan baju lengan pendek. Memang pada umumnya ketiak akan hitam karena kurangnya perawatan. Manfaat jahe untuk memutihkan ketiak sekarang menjadi tren. Sudah banyak sekali pusat perawatan kecantikan yang menggunakan cara ini. Jahe memiliki kandungan zat yang bisa mengangkat sel kulit mati. Sel kulit mati yang tidak terangkat dengan sempurna adalah pemicu lain ketiak hitam.
       Menghilangkan plak gigi
Gigi yang kuning disebabkan karena kurangnya menjaga kebersihan gigi. Gigi yang tidak bersih akan memicu timbulnya plak. Plak yang tebal tersebut akan membuat gigi menjadi kuning serta akan memunculkan bau mulut. Apabila anda memiliki plak gigi anda bisa membersihkannya dengan menggunakan jahe yang sudah di parut. Gunakan untuk mengosok plak gigi secara rutin setiap hari.

       Menghilangkan ketombe
Rambut yang bebas dari ketombe akan membuat anda semakin terlihat sempurna. Banyak orang yang mengeluh mengalami rambut berketombe karena salah dalam memilih produk sampo. Jika anda tidak cocok dengan produk sampo tertentu biasanya akan muncul ketombe dengan jumlah yang banyak. Solusi aman menghilangkan ketombe adalah dengan menggunakan jahe. Parut jahe dan gunakan untuk keramas. Rasanya cukup enak seperti jika anda menggunakan sampo mint. Tetapi anda harus menjaga mata jangan sampai kemasukan jahe karena rasanya sangat perih.
       Melangsingkan tubuh
Manfaat jahe untuk melangsingkan tubuh atau diet ternyata sudah banyak yang membuktikan. Jahe mengandung zat yang bisa membuat lemak pada tubuh menjadi hancur. Anda pastinya mengerti jika salah satu hal yang membuat tubuh menjadi gemuk adalah lemak yang berlebihan. Mengkonsumsi jahe ternyata bisa mengurangi lemak pada tubuh secara maksimal. Dan yang paling penting adalah cara ini sangat aman untuk anda aplikasikan karena tidak ada efek samping yang berbahaya jika anda bandingkan dengan membeli produk pelangsing dipasaran. Dibutuhkan sekitar 2 bulan untuk bisa langsing karena jahe bukan obat instan jadi membutuhkan waktu agar bisa membentuk tubuh anda menjadi sempurna. Jahe yang baik untuk diet adalah jahe merah karena jahe ini memiliki kandungan zat penghancur lemak dengan jumlah yang paling tinggi dibandingkan dengan jahe lain.
Sama seperti tanaman lain, jahe termasuk tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat. Jadi anda harus bisa memanfaatkan jahe ini. Ada banyak sekali cara untuk bisa mengkonsumsi jahe mulai dari membuat minuman jahe hingga membeli berbagai macam olahan jahe. Sekarang ini banyak sekali olahan jahe mulai dari dodol jahe hingga permen jahe. Hal yang anda musti anda ketahui adalah semua olahan jahe memiliki manfaat yang sama asal saat mengolahnya baik dan tidak salah. Permen jahe dapat anda simpan dalam waktu yang lama serta bisa anda konsumsi kapanpun jadi olahan ini bisa anda pilih. Apabila anda memang memiliki waktu luang maka bisa membuat wedang jahe. Wedang jahe bisa anda simpan dalam jangka waktu yang lama jika anda menyimpannya dalam lemari pendingin. Ada banyak sekali jenis jahe mulai dari jahe merah, jahe emprit dan juga jahe lokal. Jahe merah memiliki warna yang cukup terang dan pastinya lebih pedas dari segi rasa. Jahe emprit dan lokal memiliki rasa yang tidak terlalu pedas. Untuk pemilihan jenis jahe anda dapat sesuaikan dengan selera anda. Tetapi banyak orang yang mengatakan jika dibuat minuman yang paling enak adalah jahe merah. Semoga sedikit informasi mengenai manfaat jahe ini bisa menjadi panduan anda untuk hidup lebih sehat.
Baca juga:

Deskripsi: manfaat jahe dapat anda rasakan jika anda mau untuk mengkonsumsi salah satu jenis rempah ini secara rutin setiap hari.


55+ Manfaat Jahe untuk Kesehatan dan Kecantikan [AMPUH!!!] Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin