Artikel Belajar dan Bermanfaat

Sunday 13 March 2016

28 Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan Pria & Wanita

Manfaat Daun Kemangi|Kemangi adalah daun yang biasa digunakan sebagai lalapan makanan. Selain itu, tahukah anda bahwa terdapat manfaat daun kemangi atau khasiat daun kemangi. Manfaat daun kemangi atau khasiat daun kemangi sangat beragam, mula dari manfaat untuk laki-laki, wanita, ibu hamil, dan bayi. Manfaat daun kemangi dapat dijadikan obat untuk kesehatan yang berkhasiat untuk asam urat, asma, ejakulasi dini, sakit kepala, keseburan, sperma, penghilang bau badan, untuk rahim, ASI, anak, cepat hamil, penggunaan zat adiktif, jerawat, kejantanan pria, kulit, wanita hamil, wajah, wajah berjerawat. Manfaat daun kemangi atau khasiat daun kemangi tidak hanya itu saja masih banyak lagi khasiat daun kemangi untuk menambah wawasan anda. Dari manfaat daun kemangi, dapat kita lakukan pembagian manfaat daun kemangi atau khasiat daun kemangi kedalam dua kategori yaitu manfaat daun kemangi untuk kesehatan, manfaat daun kemangi untuk kecantikan kulit dan rambut. 

Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan Pria & Wanita

Mengungkap manfaat daun kemangi mulai dari awal yaitu mengenal nama latin kemangi yaitu Ociumum sanctum L. Daun kemangi sangat mudah dijumpai di pasar tradisional dengan harga yang relatif murah. Aroma yang khas, kuat sekaligus lembut dengan sentuhan wangi sitrun. Karena itulah, manfaat daun kemangi dan cara mengolahnya mengundang selera makan dan dapat menambah lezat hidangan. Daun kemangi lazim disantap mentah sebagai lalapan, bersama-sama daun kol, mentimun dan sambal sebagai pelengkap makanan warung yaitu ayam atau ikan goreng. 

Selain manfaat daun kemangi sebagai lalapan,  manfaat daun kemangi tidak hanya sebagai lalapan, namun daun kemangi dapat digunakan dalam sajian laksa atau nasi ulam khas Betawi. Ada banyak daerah yang memanfaatkan daun kemangi dalam berbagai sajian makanan yang tentu saja itu karena aroma khas daun kemangi yang berkhasiat menambah selera makan selain di betawin juga di jawa timur pada nasi krawu, botok, transam (urap), atau pencen tempe. Manado pada bubur gurih komplit ala Manado dilengkapi sebagia sajian daun kemangi. 

Tidak hanya di dalam negeri atau di Indonesia saja yang menggunakan manfaat daun kemangi sebagai pelengkap makanan, manfaat daun kemangi pada hal ini dimanfaatkan beberapa negara yaitu India dan sebagian afrika yang biasa menyeduh teh daun kemangi sebagai ganti seduhan daun teh asli. Teh kemangi yang lazim disajikan di saat pergantian musim, yang mana disaat itu banyak orang terserang penyakit gangguan kesehatan mulai dari batuk, pilek atau demam sehingga banyak yang menggunakan manfaat daun kemangi pada musim tersebut. 

Sedangkan bagi orang Eropa biasa menggunakan manfaat daun kemangi atau khasiat daun kemangi  dari mengestraksi minyak asiri dari kemangi sebagai bahan campuran obat dan kosmetika untuk perawatan tubuh, misalnya sabun mandi, parfum, body lotion, permen pelega tenggorokan, minyak aromaterapi, dan minyak gosok. 

Manfaat daun kemangi atau khasiat daun kemangi untuk orang Sunda yang menyebut daun kemangi sebagai surawung. Orang Thailand menyebut daun kemangi dengan maenglak, dan dalam bahasa Inggris daun kemangi disebut dengan lemon basil. 

Tanaman obat kemangi tersebar ke seluruh belahan dunia, mulai dari Eropa, Mediterania, Asia Pasifik, Amerika, Timur Tengah, sampai ke Australia. Kemangi berkerabat dengan tanaman selasih (Ocimun sancium), daun poko (Mentha arvensis), dan daun bangun-bangun atau jintan (Coleus amboinicus).

Dalam penanaman kemangi sangatlah mudah, jika bijinya disebar, maka kemangi akan tumbuh. Kemangi dapat tahan di cuaca panas maupun dingin. Pada daerah dingin, daun kemangi lebih lebar dan hijau. Sedangkan penanaman daun kemangi di daerah panas memiliki daun kecil, tipis dan juga berwarna hijau pucat.

28 Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan Pria & Wanita

Banyak orang yang telah mengetahui manfaat daun kemangi atau khasiat daun kemangi memilih memperbanyak kemangi dengan biji dan stek. Biji yang telah disemai akan tumbuh dalam kurun 3-4 minggudan sebaiknya dipanen agar bercabang yang semakin banyak. Pilih batang yang kuat untuk stek supaya berakar lebih cepat. Stek akan berakar setelah seminggu terendam air. Setelah 2-3 minggu, akarnya sudah cukup anjang sehingga tanaman kemangi dapat indah ke dalam pot atau ke tempat lain dalam sabun. 

Ciri-Ciri Kemangi (Ociumum sanctum L.)
Tanaman yang banyak tumbuh daerah tropis merupakan herba tegak atau semak, tajuk membulat, bercabang banyak, sangat harun dengan tinggi 0,3-1,5 m. Batang pokoknya tidak jelas, berwarnah hijau sering keungunan dan berambut atau tidak. Daun tunggal, berhadapan, dan tersusun dari bawah ke atas. Panjang tungkai daun 0,25-3 cm dengan setiap helaian daun berbentuk bulat telur sampai elips, memanjang dan ujung runcing atau tumpul. Pangkal daun pasak hingga membulat, dikedua permukaan berambut halus, tepi daun bergerigi lemah, bergelombang atau rata.

Bunga kemangi tersusun dari tangkai bunga yang bentuknya tegak. Bungan majemuk berkarang dan diketiak daun ujung terdapat daun pelindung yang bentuknya elips atau ular telur dengan panjang sekitar 0,5-1 cm. Kelopak bunga yang berbentuk bibir, sisir luar berambut kelenjer, berwarna ungu atau bulat, dan ikut menyusun buah, mahkota bunga berwarna putih dengan benang sari tersisip didasar mahkota dan kepala putih bercabang dua namun tidak sama. 

Buah berbentuk kotak,berwarna coklat tua, tegak dan tertekan dengan ujung membentuk kait melingkar.Panjang kelopak buah 6-9 mm. Biji berukuran kecil, bertipe keras, coklat tua,  dan waktudiambil segera membengkak, tipa buah berdiri dari empat biji. Akar tunggang dan berwarna putih kotor. 

Dalam mencari fakta ilmiah tentang manfaat daun kemangi yang dapat digunakan sebagai obat, kesehatan, dan kecantikan kulit dan rambut, adalah kandungan daun kemangi sehingga manfaat daun kemangi tidak hanya menjadi sebuah mitos atau tradisi dari leluhur tanpa ada fakta-fakta yang membuktikan hal tersebut. Kandungan daun kemangi adalah sebagai berikut...

Kandungan Daun Kemangi

Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam Kemangi 3,7-dimetil-1,6-oktadien-3-ol (linaool 3,94 mg/g), 1-metoksi-4-2-(2-propenil) benzena (estragol 2,03 mg/g), metil  sinamat (1,28 mg/g), 4 alil-2-metoksifenol (eugenol 0,896 mg/g), dan 1,8 sineol (0,288 mg/g) yang diidentifikasi dengan metode GC/MS. Secara tradisional, kemangi telah digunakan dalam penyembuhan pusing, batuk, diare, konstipasi, cacingan gagal ginjal dan kutil.
28 Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan Pria & Wanita

Tanaman kemangi mengandung banyak minyak atsiri yang dilaporkan memiliki aktivitas antibakteri. Selain dari itu mengandung flafon apigenin, glukaronida, luteolin, flavon O-glukotisidaapigenin 7-O glukoronida, luteolin 7-O glukoronida, flavon C-glukosida orientin, asam ursolat, molludistin. Sedangkan daun kemangi sendiri, pada penelitian fitokimia telah membuktikan adanya flafonoid, glikosid, asam gallic dan esternya, asam kaffeic, dan minyak astsiri yang eugenol sebagai komponen utama. Berdasarkan daftar komposisi pada bahan makanan direktorat gizi departemen kesehatan RI, kemangi termasuk sayuran yang kaya akan provitamin A. Setiap 100 g daun kemangi memiliki kandungan 5.000 SI vitamin A. Selain dari itu, kelebihan kemangi adalah banyak mengandung mineral, kalsium 45 mg dan fosfor 75 per 100g. 

Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan Pria & Wanita

Manfaat daun kemangi kebanyakan dari kandungan atsiri. Manfaat minyak atsiri memiliki efek antimikrobiologis yaitu melawan mikrobacterium tuberculasisi danstappylococcus aureus in vitro dan bakteri serta jamur lainnya. Efek tersebut diperankan oleh eugenol dan methyl eugenol yang menunjukkan rekasi yang positif. Oleh karena itu infeksi bakteri dan jamur kulit dapat diobati dengan jus daun kemangi. 

Ekstrak cair daun kemangi menunjukkan efek hipotensi dan dapat menghambat kontraksi otot halus yang diransang oleh astilkolin, korbakol, dan histamin. Sedangkan ekstral padat daun kemangi dalam dosisi 500mg x 3 selama seminggu, signifikan menurunkan sesak nafas pada 20 pasien dengan eosinofilia troikal. Meskipun disana tidak ada pengurangan jumla eusinofil pada darah tepi. 

Dari berbagai sumber melampirkan sejumlah manfaat daun kemangi atau khasiat daun kemangi yang dapat dibuktikan secara ilmiah baik itu bersumber dari journal, artikel, buku dan web-web yang sesuai dengan fakta manfaat daun kemangi pada kandungan kemangi. Manfaat daun kemangi adalah sebagai berikut....

Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan Pria & Wanita

1. Manfaat Daun Kemangi Untuk Melawan Radikal Bebas. Daun kemangi memiki khasiat untuk melawan radikal bebas karena daun kemangi memiki antioksidan yang baik untuk melawan radikal bebas yang masuk dalam tubuh kita. Antioksidan tersebut adalah flavonoid dan eugenol yang mencegah pertumbuhan bakteri, birus dan jamur.
2. Manfaat Daun Kemangi Untuk Membantu Pertumbuhan Tulang. Khasiat daun kemangi tersebut bukan tanpa fakta ilmiah yang membuktikan manfaat daun kemangi atau khasiat daun kemangi yang dapat membantu pertumbuhan tulang dari kandungan tersebut adalah kalsium dan fosfor yang mengatur pembentuk dan pertumbuhan tulang. Tidak hanya itu, kandungan astenol dan boron dalam daun kemangi berkhasiat pada daun kemangi berperan aktif merangsang fungsi kerja dan hormon estrogen dan hormon endrogen, serta mencegah pengeroposan tulang.

3. Manfaat Daun Kemangi Untuk Melancarkan Aliran Darah Dalam Tubuh Kita. Daun kemangi dapat bermanfaat dan berkhasiat melancarkan aliran darah karena kandungan magnesium yang membantu merefleksikan jantung dan pembuluh darah sehingga dapat menjaga aliran darah tetap lancar.

4. Manfaat Daun Kemangi Untuk Mengobati Panu. Manfaat daun kemangi tersebut dapat didapatkan dengan cara mengolah daun kemangi cukup segenggam daun kemangi yang dicuci bersih, lalu dihaluskan. Beri sedikit air campuran kapur sirih yang selanjutnya dibalurkan di bagian kulit yang terserang panu. Alangkah lebih banyaknya cara mengolah daun kemangi untuk khasiat mengobati panu dilakukan dua kali sehari. 

4. Manfaat Daun Kemangi Untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh. Kandungan beta karoten yang berperan meningkatkan respon antibodi, sehingga kekebalan meningkat. 

5. Manfaat Daun Kemangi Yang Dapat Memperbaiki Sel-Sel Yang Rusak. Kandungan beta karoten membantu sintetis protein yang mendukung proses pertumbuhan dan dapat memperbaiki sel-sel yang rusak. 

28 Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan Pria & Wanita
6. Manfaat Daun Kemangi Untuk Meningkatkan Penglihatan. Kandungan beta karoten dan provitamin A yang tinggi dapat membantu menjaga kesehatan mata dan meningkatkan fungsi penglihatan. 

7. Manfaat Daun Kemangi Untuk Kualitas Sperma. Manfaat daun kemangi untuk kualitas sperma karena kandungan zat arginin yang memperkuat daya hidup sperma sehingga dapat mencegah kemandulan. 

8. Manfaat Daun Kemangi Untuk Mencegah Ejakulasi Dini. Kandungan zat eugenol dan apigemin fenkhona yang dapat membantu meningkatkan kualitas ereksi dan mencegah ejakulasi dini. 

9. Manfaat Daun Kemangi Untuk Mengobati Sariawan. Cara mengolah daun kemangi untuk manfaat daun kemangi dalam mengobati sariawan dapat dilakukan dengan menggunakan sekitar 50 helai yang telah dicuci bersih. Selanjutnya dikunyah sekitar 3 menit. Setelah halus, daun kemangi dan airnya diminum hangat. Lakukan 3 kali sehari untuk manfaat daun kemangi mengobati sariawan secara maksimal.

10. Manfaat Daun Kemangi Untuk Menghilangkan Mual dan Flu Dengan Cara Mudah. Cara mengolah daun kemangi untuk manfaat menghilangkan mual dan flu adalah dengan mengeringkan daun kemangi dan kemudian diseduh layaknya teh. Minum air teh kemangi dua kali sehari dan badan akan sembuh dari mual serta menghalau flu datang.

11. Manfaat Daun Kemangi Untuk Meredakan Perut Kembung. Cara mendapatkan manfaat daun kemangi sebagai obat pereda perut kembung adalah dengan merebus daun kemangi dengan bawang merah yang kemudian dicampur dengan minyak kelapa. Ramuan tersebut segera dioleskan pada perut yang dirasa kembung. 

12. Manfaat Daun Kemangi Untuk Menghilangkan Bau Mulut. Manfaat daun kemangi sebagai obat penghilang baut mulut adalah dengan menggunakan biji , akar dan daun kemangi yang dibersihkan dan diseduh dengan air panas. Air seduhan tersebut dapat ditambahkan madu. Minumlah setiap pagi sebelum beraktifitas untuk manfaat daun kemangi yang efekif. 

13. Manfaat Daun Kemangi Untuk Diabetes (Menurunkan Kadar Gula Darah). Manfaat daun kemangi sebagai penurun kadar gula darah yang biasa menimbulkan penyakit diabetes. Daun kemangi dapat menurunkan kadar gula darah karena kandungan arginine yang memiliki banyak khasiat mulai dari menurunkan kadar gula darah, mencegah kemandulan dan memperpanjang umur sperma. 

14. Manfaat Daun Kemangi Untuk Asam Urat. Daun kemangi dapat bermanfaat dan berkhasiat dalam meringankan asam urat anda karena purin yang berlebih. Kandungan daun kemangi yang memiliki khasiat meringankan asam urat anda adalah cineole, myrcene, dan eugenol sebagai antiperadangan dan antibiotik. 

15. Manfaat Daun Kemangi Untuk Mengusir Nyamuk. Daun kemangi dapat anda gunakan dalam mengusir nyamuk aroma khas dari daun kemangi. 

16. Manfaat Daun Kemangi Untuk Jerawat. Daun kemangi dapat membuat wajah anda bersih dari jerawat yang mengganggu. Khasiat daun kemangi yang dapat memperlancar peredaran darah sehingga wajah menjadi lebih sehat, halus, bersih, kencang dan bersih dan tentu saja hal ini dapat bermanfaat dalam menghilangkan jerawat pada kulit wajah anda. 

17. Manfaat Daun Kemangi Untuk Ereksi. Manfaat daun kemangi untuk pria pada kejantanan yaitu ereksi yang dapat membuat anda tahan lama dalam berhubungan suami istri. Manfaat daun kemangi untuk ereksi karena kandungan apigenin fenkona dan eugenol yang mempermudah ereksi. 

18. Manfaat Daun Kemangi Untuk Cepat Hamil. Kandungan daun kemangi yang memiliki khasiat untuk cepat hamil dan tentu saja mencegah kemandulan adalah senyawa anetol dan boron yang berfungsi merangsang produk hormon estrogen, hormon perempuan. 

19. Manfaat Daun Kemangi Untuk Melancarkan ASI. Manfaat daun kemangi untuk bayi anda karena manfaat daun kemangi ini adalah dapat melancarkan ASI, sehingga produksi ASI anda lebih banyak. Cara mengolah daun kemangi untuk manfaat melancarkan ASI adalah dengan menghaluskan daun kemangi, daun beluntas, daun kunyit. Peras dan minum air perasannya secara teratur. 

20. Manfaat Daun Kemangi Untuk Mengatasi Badan Lesu. Cara membuat badan tetap bugar sehingga anda lebih bersemangat dalam beraktifitas adalah dengan melalap daun kemangi segar bersama hidangan sehari-hari. 

21. Manfaat Daun Kemangi Sebagai Pereda Batuk. Manfaat daun kemangi sebagai pereda batuk atau obat batuk sudah lama digunakan di Benua Afrika dan India yang diolah menjadi teh. Cara mendapatkan manfaat daun kemangi tersebut adalah menyeduh daun kemangi segar dengan air panas yang diberi sedikit madu. Minumlah selagi hangat. 

22. Manfaat Daun Kemangi Untuk Mengencangkan Kulit. Kandungan vitamin C dari daun kemangi bermanfaat dalam memelihara elastitas kulit dan membantu penyerapan zat besi dan kalsium. 

23. Manfaat Daun Kemangi Untuk Pencegahan Komedo. Komedo sangat mengganggu penampilan anda, dan biasanya dalam menghilangkan komedo memerlukan biaya yang relatif mahal untuk pembelian produk-produk penghilang komedo. Namun, anda tidak perlu khawatir lagi dengan menghilangkan komedo anda karena daun kemangi memiliki manfaat dan khasiat dalam mencegah dan menghilangkan komedo dengan menempatkan komde disisi hidung selama 5 menit. Setelah itu lepas dan cuci muka. 

24. Manfaat Daun Kemangi Untuk Rambut Beruban.  Daun kemangi dapat dijadikan dalam mencegah rambut beruban dengan merendam daun kemangi kering bubuk dan bubuk amla dalam air semalam dan cuci rambut dengan ramuan tersebut keesokan harinya. ramuan manfaat daun kemangi tersebut mencegah rambut beruban dan rontok. 
25. Manfaat Daun Kemangi Untuk Rambut Rontok. Rambut rontok biasanya terjadi karena gatal kulit kepala. Cara mencegah rambut rontok dan menumbuhkan rambut rontok dengan manfaat daun kemangi adalah pasta dari daun kemangi yang ditambahkan dengan minyak rambut dan diterapkan pada kulit kepala untuk menjaga kulit kepala tetap dingin. 

26. Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan Jantung. Dari beberapa penelitian daun kemangi dapat bermanfaat dalam memelihara kesehatan jantung karena kandungan betakaroten dan magnesium. Betakaroten dan magnesium merupakan mineral yang berfungsi menjaga dan memelihara kesehatan jantung.

27. Manfaat Daun Kemangi Untuk Wanita Yaitu Keputihan. Manfaat daun kemangi yang dapat mengatasi keputihan karena kandungan senyawa eugenol yang membunuh jamur penyebab keputihan. 

 28. Manfaat Daun Kemangi Untuk Mengatasi Stroke. Daun kemangi bermanfaat dalam mengatasi stroke dengan meningkatkan fungsi pembuluh darah nadi (arteri). Kandungan isoflavon daun kemangi yang  juga terdapat pada kacang-kacangan yang juga bermanfaat dalam meningkatkan fungsi pembuluh darah nadi (artery) pada pasien stroke. 

Baca Juga:


Referensi: Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan Pria & Wanita 
  • Haryanto. dkk. 2006. Sehat dan Bugar Secara Alami. Niaga Swada
  • Redaksi Agromedia. 2008. Buku Pintar Tanaman Obat: 431 Jenis Tanaman Penggempur Aneka Penyakit. 
  • Skripsi Fitriani Tallamma. Unhas. Efektivitas Ekstrak Daun Kemangi (Ociumim Basilicum L.) Terhadap Penurunkan Kadar Volatile Sulfur Compounds (VSCs)
  • Kurniawati, Niat. 2010. Sehat & Cantik Alami Berkat: Khasiat Bumbu Dapur. Qanita. 
  • Putriyanti, Dian. dkk. 100% Cantik Rahasia di Balik Buah & Sayur. 
  • Astawan Ahli Teknologi Pangan dan Gizi Institut Pertanian Bogor (IPB))
  • Merdeka.com (5 Khasiat kesehatan daun kemangi - Rizqi Adnamazida)
  • Health.kompas.com (Memetik Manfaat Daun Kemangi - Asep Candra; Prof DR Made 
  • Vemale.com (Khasiat Daun Kemangi - Annisa)

28 Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan Pria & Wanita Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin