Artikel Belajar dan Bermanfaat

Sunday 28 February 2016

30 Manfaat Daun Binahong & Khasiat Daun Binahong Untuk Kesehatan & Kecantikan

30 Manfaat Daun Binahong & Khasiat Daun Binahong|Daun binahong merupakan tanaman yang memiliki manfaat dan khasiat yang besar. Manfaat daun binahong atau khasiat daun binahong sangat populer diseuruh dunia karena manfaat dan khasiatnya untuk pengobatan, kesehatan, dan kecantikan. Dalam dunia pengobatan, tanaman binahong yang dapat dimanfaatkan adalah batang, daun, dan umbi yang menempel pada ketiak daun. 

Bagian tanaman binahong yang memiliki manfaat dan khasiat yang paling besar dan sering digunakan adalah daun binahong. Karena dapat mengobati berbagai penyakit yang penting dan masalah-masalah kulit. Binahong, daun binahong tergolong sebagai tanaman obat tradisional yang dari dulu hingga sekarang, zaman modern masih tetap di gunakan dan kepopulerannya terus naik karena manfaat dan khasiat daun binahong yang efektif berkhasiat sebagai obat dan dari kealamian menggunaan daun binahong sebagai resep pengobatan anda. 

30 Manfaat Daun Binahong & Khasiat Daun Binahong Untuk Kesehatan & Kecantikan 

Asal usul tanaman binahong yang belum jelas, namun konon tanaman binahong berasal dari korea ini dikonsumsi oleh orang-orang vietnam pada saat perang melawan Amerika Serikat di tahun 1950-1970-an. Tanaman yang dikenal di kalangan masyarakat cina yaitu Dheng San Chi dan telah ribuan tahun dikonsumsi oleh bangsa Tingkok, Taiwan, Korea, dll. 

Tanaman binahong atau Anredera cordifolia dan di inggris biasa disebut dengan madeira vine. Di Indonesia, manfaat tanaman binahong telah sangat dikenal dalam menyembuhkan pengobatan terlihat dari penamaan tanaman binahong yang beragam di setiap daerah di Indonesia misalnya sunda:gandola; bali: gendola; minangkabau: lembayung; jawa: gedrek, genjerot, uci-uci; Madura: kandula; Sulawesi Utara: tatabuwe; Timor: kandola; gorontalo:poiloo. 

Tanaman binahong memiliki bentuk dan ciri-ciri yang menurut Wartai Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat, binahong (Anredera cordifolia) adalah tanaman yang berupa tumbuhan menjalar, panjangnya bisa mencapai lebih dari 10 m. Akar yang bentuknya rimpang, berdaging lunak. Batang lunak, silindris, saling membelit, berwarna keerahan, bagian dalam solid, permukaan halus, jika tanaman sudah tua batangnya akan berubah warna putih kusam dan sedikit mengeras. Panjang dan cabang dapat mencapai 20-30 m dan diameter pangkal batang dapat mencapai 3,5 cm pada tanaman umur 3 tahun, membentuk semacam umbi atau rimpang yang melekat di ketiak daun dengan bentuk yang tak beraturan dan berteksur kasar. 

Daun keluar dari setiap buku pada batang, berdaun tunggal, bertangkai sangat pendek (subsessile), tersusun berseling, berwarna hijau, bentuk jantung (cordata), panjang daun antara 5-13 cm, lebar antara 3-10 cm, tebal daun 0,1-0,2 mm dan panjang tangkai daun antara 1-3 cm, helaian daun tipis lemas, ujung runcing, pangkal berlekuk (emerginatus), tepi rata, permukaan sedikit licin, dan dapat dimakan.  

Daun binahong memiliki kadar air tinggi. Bunga keluar dari ketiak daun pada setiap ranting, setiap tangkai bunga akan keluar antara 40-60 kuntum bunga yang berwarna putih dengan ukuran bunga yang kecil, mahkota berwarna krem keputih-putihan yang berjumlah lima helai tidak bertekan, bunga yang majemuk berbentuk tandan, bertangkai panjang, panjang helai mangkota 0,5- 1 cm, berbau harum. Bunga akan muncul pada tanaman yang telah berumur sekitar 2,5-3 tahun. Umbi keluar dan setiap ketiak misalnya bulu yang panjang sekitar 1-3 mm. Umbi akan muncul pada tanaman yang telah berumur sekitar 2 bulan lebih.Kulit umbi yang warnanya hijau kecoklatan dan daging umbi yang berwarna putih, panjang umbi antara 5-17 cm dan berdiameter antara 1-4 cm. Perbanyakan generatif (biji), namun lebih sering berkembang atau dikembangbiakan secara vegetatif melalui akar rimpangnya. 

Berdasarkan pendapat Yusup Yudi Prayudi yang mengatakan dalam Wartai Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (2009:6) bahwa seluruh bagian tanaman binahong mulai dari akar, umbi,batang, daun dan bunga sangat mujarab untuk obat penyembuhan (terapi herbal).

30 Manfaat Daun Binahong & Khasiat Daun Binahong Untuk Kesehatan & Kecantikan

Kandungan Daun Binahong

Awalnya manfaat daun binahong atau khasiat daun binahong hanya berupa diyakini saja bahwa terdapat manfaat daun binahong atau khasiat daun binahong yang dapat mengobati berbagai penyakit dan mengatasi masalah kulit tanpa adanya pembuktian ilmiah manfaat daun binahong atau khasiat daun binahong, begitupun dengan penyakit apa saja atau masalah kesehatan yang dapat diobati atau berada dalam khasiat dan manfaat daun binahong

Seiring berkembang dan maju dunia sains dan teknologi, dapat membuktikan manfaat daun binahong atau khasiat daun binahong yang awalnya hanya diyakini saja, namun sekarang ini dapat dibuktikan bahwa manfaat dan khasiat daun binahong memang betul ada, dan manfaat daun binahong atau khasiat daun binahong dapat mengatasi berbagai penyakit atau dapat mengobati penyakit dan telah diketahui penyakit apa saja yang dapat diatasi daun binahong, serta kini manfaat daun binahong atau khasiat daun binahong bertambah karena dapat mengatasi masalah-masalah kulit atau mempercantik diri

Pembuktian manfaat daun binahong atau khasiat daun binahong adalah dari kandungan daun binahong dan terbukti dari kandungan atau senyawa-senyawa yang terdapat pada daun binahong bermanfaat dan berkhasiat dalam penyembuhan penyakit.

Kandungan Daun Binahong adalah flavonoid, asam oleanolik, protein, asam askorbat, dan saponin. Berbagai kandungan menyebakan daun binahong bersifat antibakteri, antivirus, antiinflamasi, analgesik, dan antioksidan. 
30 Manfaat Daun Binahong & Khasiat Daun Binahong Untuk Kesehatan & Kecantikan

30 Manfaat Daun Binahong & Khasiat Daun Binahong Untuk Kesehatan & Kecantikan 

Itulah kandungan daun binahong, dan dari kandungan daun binahong tersebut akan dijelaskan manfaat daun binahong atau khasiat daun binahong berdasarkan kandungan binahong tersebut. Manfaat daun binahong atau khasiat daun binahong adalah sebagai berikut... 

Manfaat Daun Binahong & Khasiat Daun Binahong Untuk Pengobatan dan Kesehatan Serta Kecantikan

30 Manfaat Daun Binahong & Khasiat Daun Binahong Untuk Kesehatan & Kecantikan
1. Manfaat Daun Binahong & Khasiat Daun Binahong Sebagai Obat Maag. Daun binahong bermanfaat dan berkhasiat dalam mengobati maag. Cara membuat obat maag dengan daun binahong adalah merebus 10 lembar daun binahong ke dalam 1 gelas air hingga mendidih. Setelah itu, air hasil rebusan daun binahong dicuci, dan diminum 3 kali sehari. Atau dengan membuat jus dari 10-15 lembar daun binahong dengan menambahkan 1/2 gelas atau 100-200 ml air. Baca juga: Manfaat Buah Naga untuk Maag
2. Manfaat Daun Binahong & Khasiat Daun Binahong Sebagai Obat Bengkak Kandung Kemih. Cara membuat obat bengkak pada kandung kemih dengan merebus 10 lembar daun binahong dan 5 g daun kumis kucing bersama dengan 4 gelas air hingga mendidih dan tersisa sekitar 3 gelas. Minum air rebusan tersebut untuk satu hari. Lakukan setiap hari. 

3. Manfaat Daun Binahong & Khasiat Daun Binahong. Gagal ginjal dapat diatasi dengan daun binahong. Manfaat dan khasiat daun binahong sangat mudah didapatkan dengan merebus 10-15 lembar daun binahong ke dalam 1 gelas air hingga mendidih. Minum hasil air rebusan tersebut tiga kali sehari (aksimal empat kali) sebelum makan. 

4. Manfaat Daun Binahong & Khasiat Daun Binahong Sebagai Obat Kanker Ginjal. Cara memanfaatkan daun binahong sebagai pengobatan kanker ginjal adalah dengan merebus 15 g daun binahong dan 15 g daun keladi tikus dalam 5 gelas air. Biarkan hingga mendidih dan tersisa 3 gelas. Hasil air rebusan tersebut ditambahkan gula aren secukupnya. Minum ramuan tersebut setiap hari. 

5.  Manfaat Daun Binahong & Khasiat Daun Binahong Sebagai Obat Batuk/Muntah Darah. Rebus 10 lembar daun binahong ke dalam 2 gelas air bersih dan tersisa 1 gelas. Hasil rebusan diminum setiap hari.  Baca juga manfaat daun sirsak untuk obat batuk

6. Manfaat Daun Binahong & Khasiat Daun Binahong Sebagai Obat Kencing Manis. Sediakan 11 lembar daun binahong, rebus dalam 3 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Airnya diminum setiap hari. 

7. Manfaat Daun Binahong & Khasiat Daun Binahong Sebagai Obat Radang Ginjal. Cara membuat ramuan obat dengan daun binahong dalam mengobati radang ginjal adalah dengan menyediakan 7 lembar daun binahong, direbus ke dalam 2 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Airnya diminum setiap hari. 

8. Manfaat Daun Binahong & Khasiat Daun Binahong Sebagai Obat Patah Tulang. Dengan menggunaan 10-20 lembar daun binahong, rebus dalam 3 gelas air yang bersih hingga tersisa 1 gelas. Kemudian minum hasil rebusan air tersebut setiap hari.

9. Manfaat Daun Binahong & Khasiat Daun Binahong Sebagai Obat Darah Rendah. Daun binahong bermanfaat dalam mengobati darah rendah. Cara membuat obat darah rendah dengan daun binahong adalah merebus 8 lembar daun binahong ke dalam 2 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Airnya diminum setiap hari. 

10. Manfaat Daun Binahong & Khasiat Daun Binahong Sebagai Obat Paru-Paru/Bolong.  Cara membuat obatnya adalah dengan merebus 10 lembar daun binahong ke dalam 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Airnya diminum setiap hari. 

11. Manfaat Daun Binahong & Khasiat Daun Binahong Sebagai Obat Gegar Otak Ringan/Berat. Cara membuat obat dengan daun binahong adalah cukup dengan mentediakan 10 lembar daun binahong direbus dalam 2 gelas air bersih sampai tersisa segelas. Hasil rebusan tersebut diminum setiap hari.


12. Manfaat Daun Binahong & Khasiat Daun Binahong Sebagai Obat Luka Bakar. Cara membuat obat luka bakar dengan memanfaatkan khasiat daun binahong adalah merebus 10 lembar daun binahong ke dalam 2 gelas air bersih hingga tersisa segelas. Hasil rebusan air tersebut diminum setiap hari. 

13. Manfaat Daun Binahong & Khasiat Daun Binahong Sebagai Obat Ambeyen Berdarah. Daun binahong bermanfaat dan berkhasiat dalam menyembuhkan ambeyen berdaraha. vara membutnya cukup dengan menggunakan 16 lembar daun binahong, direbus dalam 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Hasil rebusan air tersebut di konsumsi setiap hari. 

14. Manfaat Daun Binahong & Khasiat Daun Binahong Sebagai Obat Hidung Mimisan.Cara membyuat obat mimisan dengan daun binahong sangatlah muda dengan menggunakan 4 lembar daun binahong yang direbus ke dalam 2 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Airnya diminum setiap hari.

15. Manfaat Daun Binahong & Khasiat Daun Binahong Untuk Buang Air Besar/ Disentri. Daun binahong dapat mengatasi masalah pencernaan yaitu buang air besar/disentri. Cara membuatnya obat buang air besar dengan menyediakan 10 lembar daun binahong yang direbus ke dalam 2 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Hasil rebusan daun binahong dalam mengobati buang air besar diminum setiap hari.

16. Manfaat Daun Binahong & Khasiat Daun Binahong Untuk Gusi Berdarah. Cara membuat obat gusi berdarah dengan daun binahong adalah merebus 4 lembar daun binahong ke dalam 2 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas air. Hasil air rebusan tersebut diminum setiap hari.

17. Manfaat Daun Binahong & Khasiat Daun Binahong Untuk Menjaga Stamina Tubuh. Cara membuat obat dalam menjaga stamina tubuh dengan daun binahong adalah merebus 1 lembar daun binahong yang direbus ke dalam 2 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Hasil rebusan tersebut diminum setiap hari.

18. Manfaat Daun Binahong & Khasiat Daun Binahong Untuk Kelancaran Haid. Daun binahong juga bermanfaat dalam melancarkan haid. Caranya dengan menggunakan 3 lembar daun binahong yang direbus ke dalam 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Hasil air rebusan daun binahong diminum setiah hari.

19. Manfaat Daun Binahong & Khasiat Daun Binahong Untuk Selesai Operasi atau Habis Bedah. Caranya dengan merebus 20 lembar daun binahong ke dalam 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Hasil rebusan daun binahong diminum setiap hari.

20. Manfaat Daun Binahong & Khasiat Daun Binahong Untuk Mengobati Setelah Kecelakaan dan Terkena Benda Tajam. Daun binahong dapat dengan cepat menyembuhkan luka-luka yang terjadi karena kecelakaan atau terkena benda tajam. Cara membuat obat tersebut adalah menyediakan 1 lembar daun binahong yang direbus ke dalam 2 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Hasil rebusan daun binahong diminum setiap hari.

21. Manfaat Daun Binahong & Khasiat Daun Binahong Untuk Borok Akut (Menahun). Cara membuat obat dengan daun binahong dalam menyembuhkan borok akut (menahun) adalah menyediakan 12 lembar daun binahong dan direbus ke dalam 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Air dari daun binahong diminum setiap hari.
30 Manfaat Daun Binahong & Khasiat Daun Binahong Untuk Kesehatan & Kecantikan
22. Manfaat Daun Binahong & Khasiat Daun Binahong Sebagai Obat Sesak Nafas. Cara membuat obat sesak nafas dengan daun binahong adalah merebus 7 lembar daun binahong ke dalam 2 gelas air bersih hinga tersisa 1 gelas. Air hasil rebusan daun binahong tersebut diminum setiap hari.

23. Manfaat Daun Binahong & Khasiat Daun Binahong Untuk Obat Gatal-Gatal Eksim Kulit. Cara membuat obat gatal-gatal dengan daun binahong adalah dengan merebus 10-15 lembar daun binahong ke dalam 3 gelas air bersih hingga tersisa 2 gelas. Air hasil rebusan diminum setiap hari.

24. Manfaat Daun Binahong & Khasiat Daun Binahong Untuk Mengatasi Jerawat. Cara mengatasi jerawat dengan daun binahong adalah dengan merebus8 lembar daun binahong ke dalam 2 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas air. Hasil air rebusan daun binahong diminum setiap hari. atau dengan cara membuat masker obat jerawat dengan daun binahong yaitu menggunakan 5 lembar daun binahong, oleskan ke wajah secara merawat pada jerawat, lakukan sebelum tidur secara beberapa kali hingga kulit menjadi halus. Baca juga manfaat minyak zaitun untuk mengatasi jerawat

25. Manfaat Daun Binahong & Khasiat Daun Binahong Untuk Mengatasi Usus Bengkak. Cara membuat obat mengatasi usus bengkak dengan daun binahong adalah merebus 3 lembar daun binahong ke dalam 2 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Hasil air rebusan daun binahong diminum setiap hari.


26. Manfaat Daun Binahong & Khasiat Daun Binahong Untuk Menambah Nafsu Makan. Cara membuat obat penambah nafsu makan dengan daun binahong adalah dengan menyediakan 5 lembar daun binahong, dan 2 gelas yang direbus hingga tersisa 1 gelas. Hasil air rebusan daun binahong diminum setiap hari.

27. Manfaat Daun Binahong & Khasiat Daun Binahong Untuk Menghangatkan Badan. Cara memanfatkan daun binahong sebagai obat penghangat badan adalah dengan merebus 5 lebar daun binahong ke dalam 2 gelas air hingga bersih dan tersisa 1 gelas air. Hasil rebusan air binahong diminum setiap hari. Baca juga manfaat madu untuk menghangatkan badan

28. Manfaat Daun Binahong & Khasiat Daun Binahong Untuk Mengatasi Lemah Syahwat. Cara membuat obat dengan daun binahong yang berhubungan lemahnya syahwat atau hubungan seksual anda dengan merebus 3-10 lembar daun binahong yang direbus ke dalam 2 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Hasil air rebusan daun binahong diminum setiap hari.

29. Manfaat Daun Binahong & Khasiat Daun Binahong Selesai Melahirkan. Rebus7 lembar daun binahong, rebus dalam 2 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Hasil air rebusan daun binahong diminum setiap hari.

30. Manfaat Daun Binahong & Khasiat Daun Binahong Untuk Mengobati Asam Urat. Sangat mudah dengan merebus daun binahong dan minum hasil rebusannya dengan menyediakan 5 lembar daun binahong, ke dalam 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas air.

Penting: Efek Samping/Kontraindikasi Daun Binahong

30 Manfaat Daun Binahong & Khasiat Daun Binahong Untuk Kesehatan & Kecantikan
Jangan gunakan binahong dengan stimulan lainnya, misalnya kafein. Hal ini dapat meningkatkan kemungkinan memiliki efek samping, termasuk mengancam jiwa. Sumber kafein termasuk kopi dan teh. Bagi ibu hamil dan menyusi daun binahong tidak aman maka jangan gunakan. Selain itu, binahong juga menyebabkan nyeri dada (angina) lebih buruk karena merangsang hati. Oleh karena itu, penderita masalah angina sebaiknya tidak mengonsumsinya.

Baca Juga:

35 Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan & Kecantikan Anda
38 Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan & Kecantikan
14 Obat Kolesterol, Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami
20 Obat Ambeien/Wasir Tradisional, Obati Ambeien Dengan Cara Alami
50 Manfaat Jahe Yang Berkhasiat Untuk Kesehatan & Kecantikan Tubuh Anda
20 Manfaat Daun Salam Sebagai Pengobatan & Kecantikan
Daun Kelor: 20 Manfaat Daun Kelor Kesehatan & Kecantikan
32 Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan & Kecantikan 
20 Obat Asam Lambung Herbal, Obat Tradisional Tanpa Dokter

Demikianlah informasi mengenai 30 Manfaat Daun Binahong & Khasiat Daun Binahong Untuk Kesehatan & Kecantikan. Semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat bagi kita semua baik itu kandungan daun binahong, manfaat daun binahong & khasiat daun binahong. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman. 

Referensi: 30 Manfaat Daun Binahong & Khasiat Daun Binahong Untuk Kesehatan & Kecantikan 
  • Andreto, Obi. Apotik Herbal di Sekitar Anda Solusi Pengobatan 1001 Penyakit. 
  • Hariana, Arief. 262 Tumbuhan Obat dan khasiatnya. 
  • Mardiana, Lina. 2012. Daun Ajaib Tumpas Penyakit. Jakarta: Penebar Swadaya
  • Hidayat, Syamsul. dkk. I. 2015. Kitab Tumbuhan Obat. Jakarta: AgroFlo  
  • dir.unikom.ac.id/s1-final-project/fakultas-desain/desain-komunikasi-visual/2010/jbptunikompp-gdl-bambangtya-22978/8-9.babii.pdf/ori/8-9.babii.pdf
  • eprints.ums.ac.id/5136/1/K100050082.pdf
  • endesdahlan.staff.ipb.ac.id/files/2011/05/Binahong.pdf

30 Manfaat Daun Binahong & Khasiat Daun Binahong Untuk Kesehatan & Kecantikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin