Artikel Belajar dan Bermanfaat

Saturday 14 November 2015

Resep Donak Kentang & Cara Membuat Donat Kentang

Resep Donat Kentang & Cara Membuat Donat Kentang|Haii. kali ini membahas soal makanan yakni resep donat kentang & cara membuat donat kentang. Tentu saja donat bukan lagi hal yang terdengar asing di telinga kita, yang bentuknya bulat dengan lubang ditengahnnya yang mirip dengan cincing. Pada umumnya donat berbahan tepung terigu, tetapi bahan donat tidak sesempit itu, donat kini bervariasi baik dari cara membuat donat, bahan membuat donat atau resep membuat donat dan rasa donat itu sendiri, dimana kami akan menginformasikan salah satu donat baru dengan rasa baru yakni donat kentang. 

Apa sih donat kentang itu ?.. Donat kentang tidak jauh beda dengan donat pada umumnya namun donat kentang memiliki bahan dasar dari kentang, dan cara membuat donat kentang terbilang sangat mudah dan resepnya pun dapat dengan mudah didapatkan dan banyak dari para penikmat donat kentang bahwa donat kentang ini jauh lebih empuk dan lembut dari bahan dasar donat pada umumnya. Lalu bagaimana resep donat kentang itu ?.. dan cara membuat donat kentang ?..resep donat kentang dan cara membuat donat kentang dapat anda lihat dibawah ini...

Resep Donat Kentang 

Resep Donat Kentang  - Bahan-bahan yang harus dibutuhkan dalam membuat donat kentang adalah sebagai berikut. 
  • 1/2 kg tepung terigu protein tinggi
  • 4 butir telor 
  • 1/4 kg kentang 
  • 1/4 kg mentega 
  • 11 gram ragi instan 
  • 1 sendok teh garam 
  • 4 sendok makan gula (tergantung selera) 
  • 3 sendok makan susu bubuk full cream 
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1/2 gelas air sekitar 100 ml 
  • Minyak goreng secukupnya 
Bahan untuk Topping - Sedangkan bahan untuk Topping donat kentang: 
  • 100 gram Dark Cooking Chocolate (DCC) atau 1 coklat batangan 
  • 2 sendok makan margarin 
  • Meses atau tepung gula secukupnya 

Cara Membuat Donat Kentang 

Cara Membuat Donat Kentang - Sekarang mari kita masuk inti dari donat kentang yaitu cara membuat donat kentang, jika seluruh bahan dasar dari donat kentang telah terpenuhi seperti yang diinformasikan di atas, maka marilah kita menuju pada cara membuat donat kentang seperti yang dapat lihat dibawah ini... 
1. Potong kentang menjadi beberapa bagian, lalu rebus hingga matang 
2. Kemudian, haluskan dengan cara ditumbuk atau di blender. Pastikan kentang yang anda tumbuk tersebut halus dengan rata.
3. Masukkan tepung terigu, gula, susu bubuk, ragi, telur, baking powder dan kentang yang sebelumnya telah dihaluskan. Kemudian aduk rata sampai 20 menit 
4. Aduk adonan menggunakan alat pengaduk sampai setengah kalis kemudian diamkan selama 30 menit hingga adonan mengembang. 
5. Perhatian.. hindari mencapurkan ragi, mentega, dan garam secara bersamaan karena dapat menimbulkan adonat tidak mengembang dan terkesan kaku. 
6. Selanjutnya masukkan garam, mentega, dan juga air lalu aduk hingga benar-benar kalis (kondisi adonan yang tidak lengket di tangan dan lentur. Lama pengadukan hingga 20 menit 
7. Kemudian adonan dibagi dalam beberapa bagian dan didiamkan hingga 15 menit agar adonan dapat benar-benar mengambang. 
8. Setelah itu, bentuk adonan seperti donat pada umumnya yaitu terdapat lubang ditengahnya. Anda dapat membentuk adonan sesuai dengan selera anda. 
9. Tuangkan minyak ke dalam wajan, kemudian goreng adonan dalam api kecil sampai warnanya berubah kecoklatan. Gunakan alat bantu misalnya sumpit jika hendak menggoreng donat agar mendapat lingkaran yang sempurna pada lubang donat. 
Perhatian: Untuk hasil yang baik, goreng pada api kecil dengna banyak minyak agar donat tenggelam setengah dan pada bagian bawahnya tidak menyentuh dasar penggorengan. 

Menghiasi Donat Kentang Dengan Topping 

Menghiasi Donat Kentang Dengan Topping - Setelah donat tersebut matang, anda dapat menghiasi donat tersebut agar tampilannya menarik dan menambah rasa dari donat kentang tersebut, dengan menaburkan meses diatasnya. Agar meses dapat melngket di donat anda dapat melakukannya dengan beberapa cara yaitu sebagai berikut... 
1. Iris kecil-kecil coklat terlebih dahulu dengan menggunakan pisau
2. Masukkan dua sendok margarin dan coklat yang telah diiris kecil-kecil kewajan yang anti lengket dan masak sampai mencair. 
Perhatian: Jangan lupa untuk segera mungkin mematikan api, disaat coklat cair karena jika tidak rasa coklat akan menjadi gosong. 
3. Celupkan bagian atas donat ke dalam coklat cair, lalu taburkan meses di atasnya. 
Perhatian: Jika anda ingin topping yang bervariasi, anda dapat berkreasi, namun yang satu hal yang tidak perlu anda ganti yakni margarin. 
Resep Donak Kentang & Cara Membuat Donat Kentang
Demikianlah informasi mengenai Resep Donak Kentang & Cara Membuat Donat Kentang. Semoga teman-teman dapat menerima resep donat kentang dan cara membuat donat kentang dan tentunya dapat bermanfaat bagi anda. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman.

Resep Donak Kentang & Cara Membuat Donat Kentang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin