Artikel Belajar dan Bermanfaat

Sunday 26 July 2015

Pengertian Kredit & Debit Serta Perbedaannya.

Pengertian Kredit & Debit Serta Perbedaannya| Secara umum, Pengertian Kredit adalah kemampuan untuk melaksanakan suatu pembelian atau mengadakansuatu pinjaman dengan suatu janji, pembayaran akan dilaksanakan dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Sedangkan Pengertian Debit Secara Umum adalah pengurang deposito di rekening bank atau catatan pos pembukuan yang menambah nilai aktiva atau mengurangi jumlah kewajiban. 

Pembahasan Kredit 

Kredit berasal dari bahasa latin yaitu dari kata credere berarti kepercayaan. Kredit merupakan kemampuan untuk membeli atau mengadakan pinjaman dengan melakukan perjanjian dalam pembayaran sesuai dengan janga waktu yang telah ditentukan.
Pengertian Kredit Menurut Para Ahli 
  • Thomas Suyatno: Menurut thomas suyatno bahwa pengertian kredit adalah penyediaan uang yang biasa disamakan dengan tagihan-tagihannya sesuai dengan persetujuan antara pinjaman dan yang meminjamkan. 
  • Henry Dunning: Pengertian kredit menurut henry dunning adalah saat dimana seseorang memberikan sebuah jasa atas perjanjian untuk melakukan pembayarannya. 
  • Mecleod Rivai dan Veithzal: Menurutnya, pengertian kredit adalah penyerahan uang, jasa atau barang dari satu pihak lain atas dasar kepercayaan dengan perjanjian yang mampu atau dapat membayar pada tanggal yang sudah disepakati
Manfaat Kredit
Manfaat kredit adalah sebagai berikut...
  • Meningkatkan daya guna dari modal 
  • Sebagai alat stabilitas ekonomi 
  • Meningkatkan daya guna suatu barang
  • Sebagai penghubung untuk meningkatkan pendapatan nasional

Pembahasan Debit 

Debit berasal dari bahasa latin dari kata debere. Debit merupakan uang yang harus ditagih dari orang lain atau dapat dikatakan bahwa debit adalah piutang. Arti debit adalah catatan pada pos pembukuan yang menambah nilai aktiva atau mengurangi jumlah kewajiban, dengan kata lain jumlah yang mengurangi deposito pemegang rekening pada banknya.
Contoh Debit 
Berdasarkan dari pengalaman, sewaktu menarik uang dari bank tertentu, terdapat pemberitahuan SMS seperti ini:..
  • <DEBIT Rp. 2.350.000,00 pada rek 1 TB xxx 348 tgl 20/9/2015, jam 10:33:44- jika tranksi...dst*
Perbedaan Kredit dan Debit
  • Kredit adalah untuk mencatat penambahan nominal keuangan, sedangkan debit adalah untuk mencatat pengurangan nominal keuangan. 
  • Debit diartikan dengan menabung di bank. Sedangkan kredit untuk mengeluarkan uang dibank atau dapat juga meminjam di Bank 
  • Debit merupakan pembukuan mengenai pengurangan deposito. 

Baca Juga: 


Demikianlah informasi mengenai Pengertian Kredit & Debit Serta Perbedaannya. Semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat bagi kita semua baik itu pengertian kredit secara umum, pengertian debit secara umum, pengertian kredit menurut para ahli, manfaat kredit, penjelasan debit, contoh debit. Sekian dan terima kasih. "Salam Berbagi Teman-Teman". 

Pengertian Kredit & Debit Serta Perbedaannya. Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin