Menu

Pengertian Kredit & Debit Serta Perbedaannya.

Pengertian Kredit & Debit Serta Perbedaannya – Secara umum, Pengertian Kredit adalah kemampuan untuk melaksanakan suatu pembelian atau mengadakansuatu pinjaman dengan suatu janji, pembayaran akan dilaksanakan dalam jangka waktu yang telah ditentukan.
 
Sedangkan Pengertian Debit Secara Umum adalah pengurang deposito di rekening bank atau catatan pos pembukuan yang menambah nilai aktiva atau mengurangi jumlah kewajiban. 

Pembahasan Kredit 

Kredit berasal dari bahasa latin yaitu dari kata credere berarti kepercayaan.

 
Kredit merupakan kemampuan untuk membeli atau mengadakan pinjaman dengan melakukan perjanjian dalam pembayaran sesuai dengan janga waktu yang telah ditentukan.
Pengertian Kredit Menurut Para Ahli 
 
Adapun pengertian kredit menurut para ahli ialah: 
 

1. Pengertian Kredit Menurut Thomas Suyatno

Menurut thomas suyatno bahwa pengertian kredit adalah penyediaan uang yang biasa disamakan dengan tagihan-tagihannya sesuai dengan persetujuan antara pinjaman dan yang meminjamkan. 

Baca Juga  Perbedaan Perdagangan Dalam Negeri dan Internasional

2. Pengertian Kredit Menurut Henry Dunning 

Pengertian kredit menurut henry dunning adalah saat dimana seseorang memberikan sebuah jasa atas perjanjian untuk melakukan pembayarannya. 

3. Pengertian Kredit Menurut Mecleod Rivai dan Veithzal

Menurutnya, pengertian kredit adalah penyerahan uang, jasa atau barang dari satu pihak lain atas dasar kepercayaan dengan perjanjian yang mampu atau dapat membayar pada tanggal yang sudah disepakati

Manfaat Kredit

Manfaat kredit adalah sebagai berikut…

  • Meningkatkan daya guna dari modal 
  • Sebagai alat stabilitas ekonomi 
  • Meningkatkan daya guna suatu barang
  • Sebagai penghubung untuk meningkatkan pendapatan nasional

Pembahasan Debit 

Debit berasal dari bahasa latin dari kata debere. Debit merupakan uang yang harus ditagih dari orang lain atau dapat dikatakan bahwa debit adalah piutang.
 
Arti debit adalah catatan pada pos pembukuan yang menambah nilai aktiva atau mengurangi jumlah kewajiban, dengan kata lain jumlah yang mengurangi deposito pemegang rekening pada banknya.
Contoh Debit 
Berdasarkan dari pengalaman, sewaktu menarik uang dari bank tertentu, terdapat pemberitahuan SMS seperti ini:..

  • <DEBIT Rp. 2.350.000,00 pada rek 1 TB xxx 348 tgl 20/9/2015, jam 10:33:44- jika tranksi…dst*
Baca Juga  Perbedaan Badan Usaha dan Perusahaan

Perbedaan Kredit dan Debit

Adapun perbedaan kredit dengan debit ialah: 

  • Kredit adalah untuk mencatat penambahan nominal keuangan, sedangkan debit adalah untuk mencatat pengurangan nominal keuangan. 
  • Debit diartikan dengan menabung di bank. Sedangkan kredit untuk mengeluarkan uang dibank atau dapat juga meminjam di Bank 
  • Debit merupakan pembukuan mengenai pengurangan deposito. 
Baca Juga  Pengertian Bea Cukai, Fungsi, Tugas, Contoh & Menurut Para Ahli

Baca Juga: 

 

Demikianlah informasi mengenai Pengertian Kredit & Debit Serta Perbedaannya. Semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat bagi kita semua baik itu pengertian kredit secara umum, pengertian debit secara umum, pengertian kredit menurut para ahli, manfaat kredit, penjelasan debit, contoh debit. Sekian dan terima kasih. “Salam Berbagi Teman-Teman”. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *