Artikel Belajar dan Bermanfaat

Tuesday 21 July 2015

Pengertian Biosfer: Apa itu Biosfer ?...

Pengertian Biosfer: Apa itu Biosfer ?.| Secara umum, Pengertian Biosfer adalah lapisan lingkungan habitat makhluk hidup yang terdiri dari litosfer, hidrosfer, dan atmosfer. Menurut ilmu Biologi, pengertian biosfer adalah lapisan Bumi yang di dalamnya terdapat kehidupan bumi. Menurut Ilmu Geografi, pengertian lapisan tempat tinggal makhluk hidup atau seluruh ruang hidup yang ditempati organisme. Secara etimologi, Istilah biosfer berasal dari dua kata yaitu bio yang berarti makhluk hidup dan sphere yang berarti lapisan. Jadi biosfer merupakan lapisan kehidupan (flora dan fauna). 

Dalam pengertian luas menurut Geofisiologi, Biosfer adalah sistem ekologis global yang menyatukan seluruh makhluk hidup dan hubungan antarmereka, termasuk interaksi dengan unsur litosfer (batuan), hidrosfer (air), dan atmosfer (udara) Bumi.  Biosfer diperkirakan telah berlangsung di bumi selama 3,5 milliar tahun dari 4,5 milliar tahun usi bumi. 

Pengertian Biosfer Menurut Para Ahli 
  • Eduard Suess: Menurut Eduard Sues seorang ahli geoglogi di austria tahun 1875 yang mengatakan bahwa pengertian biosfer adalah tempat pada permukaan bumi dimana kehidupan berdiam. 
  • James Lovelock: Menurut James Lovelock, pengertian biosfer adalah sebuah organisme hidup, yang hidsebut sebagai hipotesa gaia. Hipotesa gaia menjelaskan bagaimana faktor abiotik dan biotik berinteraksi dalam lingkungan. 
  • Vladimir wanouich veinadsky: Biosfer adalah sebuah sistem terbuka dan berkembang sejak dimulainya sejarah bumi. 
  • Jhon Wiley: Menurut Jhon Wiley, pengertian biosfer adalah zona dari planet bumi dimana kehidupan terjadi secara alami, diperluas dari lapisan bumi dengan atmosfer yang lebih rendah. 
  • Michael Allaby: Menurutnya, pengertian biosfer adlaah bagian lingkungan hidup organisme yang ditemukan dan mereka berinteraksi membentuk sistem kelompok yang stabil, efektif untuk keseluruhan ekosistem di planet. 
Tingkatan Organisasi Makhluk Hidup 

  • Protoplasma, adalah zat hidup dalam sel dan terdiri dari senyawa organik kompleks seperti protein, lemak, dan sejenisnya. 
  • Sel, adalah satuan dasar organisme yang terdiri dari protoplasma dan inti yang terdapat di membran. 
  • Jaringan, ialah kumpulan sel yang mempunyai bentuk dan fungsi yang sama, seperti jaringan otot.  
  • Organ, yaitu bagian suatu organisme dengan fungsi tertentu, seperti kaki atau telinga pada hewan, dan manusia, daun atau akar pada tumbuhan.  
  • Sistem Organ, adalah kerja sama antara struktural dan fungsional yang harmonis, seperti kerja sama antara mata dan telinga, antara daun dan batang pada tumbuhan.  
  • Organisme, ialah makhlukh hidup. 
  • Populasi, adalah kelompok organisme sejenis yang hidup dan berkembang biak di suatu daerah tertentu. Seperti populasi manusia di jakarta, populasi banteng di Baluran, atau populasi badak di Ujung Kulon. 
  • Komunitas, adalah semua populasi dari berbagai jenis yang berada di suatu daerah tertentu. 
  • Ekosistem, adalah tatanan kesatuan secara utuh dan menyeluruh antara segenap unsur lingkungan hidup yang saling memengaruhi. 

Baca Juga: 

Pengertian Hidrologi dan Siklus Hidrologi
Pengertian Litosfer: Apa itu Listosfer ?..
Pengertian Hidrosfer: Apa itu Hidrosfer ?.. 
Objek Permasalahan Biologi Tingkat Organisasi Kehidupan
Objek Biologi Tingkat Organisasi Kehidupan
Penyebaran Flora di Indonesia
Penyebaran Fauna di Indonesia
Pengertian Ekosistem dan Komponen-Komponennya
Macam-Macam Ekosistem Perairan (Akuatik)
Macam-Macam Ekosistem Darat dan Ciri-Cirinya
Keanekaragaman Hayati, Gen, Jenis dan Ekosistem

Pengertian Biosfer: Apa itu Biosfer ?...

Demikianlah informasi mengenai Pengertian Biosfer: Apa itu Biosfer ?.... Semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat bagi kita semua, baik itu pengertian biosfer secara umum, pengertian biosfer menurut ilmu biologi, pengertian biosfer menurut ilmu geografi, pengertian biosfer menurut ilmu geofisiologi, pengertian biosfer menurut para ahli, tingkatan organisasi makhluk hidup. Sekian dan terima kasih. "Salam Berbagi Teman-Teman." 

Pengertian Biosfer: Apa itu Biosfer ?... Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin