Artikel Belajar dan Bermanfaat

Saturday 4 July 2015

Pengertian Pankreas, Fungsi, & Strukturnya

Pengertian Pankreas, Fungsi, & Strukturnya| Apa sih itu Pankreas ?.. Secara umum, Pankreas adalah organ aksesoris di sistem pencernaan dengan dua fungsi utama yakni menghasilkan enzim pencernaan atau fungsi eksorin dan menghasilkan beberapa hormon atau fungsi endokrin. Pankreas merupakan kelenjar yang panjangnya 12-15 cm dan lebar 4 cm yang terdapat dalam perut atas yang memanjang ke arah kiri, dan bagian kepalanya nampak menempel di duodenum (usus 12 jari) jika digambarkan.  Produk enzim yang berasal dari pankreas disalurkan ke duodenum melalui saluran pankreas utama. 

A. Fungsi Pankreas - Pankreas adalah organ dengan fungsi utama yakni fungsi eksorin dan fungsi endokrin. Berikut penjelasan mengenai kedua fungsi pankreas... 
1. Fungsi Pankreas Sebagai Organ Eksorin
Disaat makanan keluar dari lambung akan menuju ke duodenum (usus 12 jari), duodenum kemudian menghasilkan hormon Kolesistokinin yang merangsang pankreas untuk mengeluarkan enzim-enzimnya (getah pankreas) melalui duktus pankreatikus. Enzim-enzim pencernaan (getah pankreas) dihasilkan oleh Asini. Asini adalah kumplulan sel Pankreas. Macam-macam kandungan getak pankreas adalah sebagai berikut...
  • NaCHO3: NaCHO3 adalah cairan dengan fungsi memberikan suasana basa di makanan yang masuk ke dalam duodenum, karena makanan berasal dari lambung yang sifatnya asam akibat pengaruh dari asam lambung. Jika makanan terus bersifat asam melewati usus, hal ini dapat melukai dinding usus dan menyebabkan enzim dari getah pankreas tidak aktif. 
  • Lipase Pankreas: Lipase pankreas adalah enzim dengan fungsi memecah lemak menjadi asam lemak + gliserol. Tidak hanya itu, enzim lipase juga berperan mengatur simpanan lemak untuk tidak terlalu berlebihan dalam tubuh. 
  • Tripsinogen: Tripsinogen adalah komponen Proteinase (pemecah) protein yang belum aktif, dan ketika katif, dia akan berupa menjadi enzim tripsin yang berfungsi memecah pepton menjadi beberapa asam amino. 
  • Amilase Pankreas: Amilase pankreas adalah enzim dengan fungsi mengubah amilum yang merupakan polisakarida menjadi monosakarida (zat gula yang sangat sederhana). Hal ini dapat terjadi karena tubuh hanya mampu menyerap gula dalam bentuk monosakarida. 
  • Enzim Karbohidrase Pankreas: Enzim karbohidrase pankreas adalah enzim dengan fungsi untuk memecah gula dalam makanan. Enzim berfungsi memecah disakarida menjadi 2 monosakarida (bentuk gula paling sederhana). Sebab tubuh hanya dapat menyerap gula pada bentuk monosakarida. Contohnya adalah laktase, sukrase, maltase, dll. 
Kesimpulan, Fungsi Pankreas Sebagai Organ Eksorin: Secara umum fungsi pankreas sebagai organ eksorin adalah sebagai berikut... 
  • Meneralkan pH makan yang masuk ke duodenum agar dalam suasana basa. Sehingga makanan tidak bersifat asam, jika makanan bersifat asam dapat melukai usus. dan membuat enzim pankreas tidak berfungsi. 
  • Menghasilkan berbagai enzim yang mencerna makanan masuk ke usus halus. Berbagai enzim dengan fungsi yang sama yaitu memecah molekul kompleks menjadi molekul yang lebih sederhana agar dapat diserap tubuh. 
2. Fungsi Pankreas Sebagai Organ Endokrin
Pankreas manusia memiliki pula langerhans yang berperan dalam menjalankan fungsi Endokrin pankreas. Pula langerhans adalah kelompok sel-sel kecil yang tersebar di seluruh pankreas yang kaya dengan pembuluh darah dan menyusun 1-2% seluruh dari masa pankreas. Pulau langerhans terbagi atas 4 jenis sel, yang setiap selnya menghasilkan hormon yang beragam, dan setiap hormon mempunyai fungsi yang bergam.  Macam-macam sel tersebut adalah sebagai berikut...
  • Sela Alfa Pankreas: Sela alfa pankreas adalah sel dengan fungsi menghasilkan hormon glukagon. Fungsi hormon glukagon adalah untuk meningkatkan kadar gula dalam darah, dan memecah cadangan gula dalam hati lalu dibawa ke darah. 
  • Sel Beta Pankreas: Sel beta pankreas adalah sel dengan fungsi menghasilkan hormon insulin. Fungsi hormon insulin adalah untuk menurunkan kadar gula dalam darah, jika gadar gulam dalam darah berlebihan, maka insulin akan menyimpan gula berlebih tersebut ke dalam hati. Jika hormon ini tidak ada, atau kurang, maka orang itu akan terkena penyakit diabetes militus. 
  • Sel F Pankreas (Sel Gamma Pankreas): Sel f pankreas adalah sel dengan fungsi menghasilkan polipeptida pankreas. Fungsi polipeptida adalah untuk memperlambat penyerap makanan. Fungsi utama belum ditemukan.  
  • Sel Delta Pankreas: Sel delta pankreas adalah sel dengan fungsi menghasilkan somatostatin. Fungsi hormon hematostatin adalah untuk menghambat sekresi Glukagon oleh sel alfa pankreas, dan menghambat sekresi insulin oleh sel beta pankreas, serta menghambat produk polipeptida oleh Sel F pankreas. 
Kesimpulan, Fungsi Pankreas Sebagai Organ Endokrin: Fungsi pankreas sebagai organ endorin secara umum adalah sebagai berikut...  
  • mengontrol kadar gula (glukosa) dalam darah.
B. Fungsi Pankreas Secara Umum - Setelah membahas mengenai dua fungsi utama pankreas, berikut fungsi umum pankreas.... 
  • Sebagai kelenjar eksorin atau kelenjar mensekresikan zat-zat tertentu tanpa dengan melalui pembuluh darah
  • Sebagai kelenjar endokrin atau kelenjar yang mensekresikan zat-zat tertentu melalui pembuluh darah
  • Mempunyai peran menjaga keseimbangan kadar gula tubuh
  • Menghasilkan cairan pankreas untuk proses pencernaan dalam saluran pencernaan 
  • Berperan untuk menjaga keseimbangan lemak tubuh
  • Memiliki peran metabolisme baik dengan anabolisme atuapun kataboisme gula dan bentuk lainnya
  • Berfungsi dalam metabolisme lemak
  • Sebagai penghasil berbagai protease seperti tripsin, amilase, dan lipase dalam membantu proses pencernaan. 
C. Bagian-Bagian Pankreas - Struktur pankreas terdapat dalam 4 bagian utama yaitu kepala, leher, badan, dan ekor.
  • Kepala Pankreas: Kepala pankreas adalah bagian yang terlibat menempel pada usus halus, kepala merupakan bagian terluas dari pankreas. 
  • Leher Pankreas: Leher pankreas adalah bagian pankreas dengan ukuran panjang sekitar 2,5 cm dan terletak diantara kepala dan badan. 
  • Badan Pankreas: Badan pankreas adalah bagian yang berada diantara leherdan ekor, hal ini merupakan bagian paling penting pada pankreas.  
  • Ekor Pankreas: Ekor pankreas adalah bagian meruncing yang ada di perut kiri. Bagian ekor merupakan bagian terakhir dari tubuh pankreas. 
  • Saluran Pankreas (Duktus Pankreatikus): Saluran pankreas adalah saluran pankreas yang menyatu dengan duktus koledukus (saluran empedu) dan bermuasa di usus 12 jari (duodenum). Saluran pankreas mengeluarkan sejumlah enzim dari pankreas dalam membantu sistem pencernaan. 

Baca Juga: 

Pengertian, Fungsi, dan Bagian-Bagian Hati
Pengertian, Fungsi, Jenis & Bagian-Bagian Gigi
Pengertian, Fungsi, Jenis, Ciri-Ciri Jaringan Epitel
Bagian-Bagian Organ Pencernaan dan Fungsinya
Fungsi Hati Sebagai Alat Ekskresi
Pengertian Hormon dan Fungsi Hormon
Struktur Anatomi Bagian-Bagian Ginjal dan Fungsinya
Sistem Ekskresi Pada Manusia
Pengertian Pankreas, Fungsi, & Strukturnya

Demikianlah informasi mengenai Pengertian Pankreas, Fungsi, & Struktrnya. Semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat bagi kita semua baik itu pengertian pankreas, fungsi pankreas, dan struktur pankreas. Sekian dan terima kasih. "Salam Berbagi Teman-Teman". Jangan Lupa untuk SHARE yah :).  

Pengertian Pankreas, Fungsi, & Strukturnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin