Artikel Belajar dan Bermanfaat

Sunday 19 July 2015

Makhluk Hidup: Ciri-Ciri Makhluk Hidup

Ciri-Ciri Makhluk Hidup| Arti makhluk hidup adalah makhluk dengan ciri-ciri kehidupan seperti bernapas, bergerak, dan berkembangbiak.. Ikan, kambing, burung, dan manusinya dapat bergerak, memerlukan makanan, berkembang biak, dan bernapas. Hal tersebut yang membedakan antara makhluk hidup dan benda mati. Sedangkan contoh benda mati adalah meja, kursi, pupen, tas, buku dan lain-lain yang tidak meliputi ciri-ciri dari makhluk hidup. Bagaimanakah ciri-ciri makhluk hidup tersebut ?..Dibawah ini akan dijelaskan mengenai ciri-ciri makhluk hidup...

Makhluk Hidup: Ciri-Ciri Makhluk Hidup 

1. Ciri-Ciri Makhluk Hidup #Bernapas
Semua makhluk hidup bernapas. Bernapas adalah proses mengambil udara O2 dari luar dan mengeluarkan udara (CO2) dari dalam tubuh. Oksigen diperlukan makhluk hidup dalam pembakaran makanan di tubuh dengan menghasilkan energi yang diperlukan tubuh yang disebut dengan oksidasi tubuh. Energi yang dihasilkan difungsikan untuk bergerak dan beraktivitas.

Proses pernapasan makhluk hidup berbeda-beda, bergantung dari tempat hidup dan jenis makhluk hidup. Makhluk hidup darat memiliki sistem pernapasan berbeda dengan makhluk hidup di air. Berikut macam-macam alat pernapasan...
  • Alat pernafasan tumbuhan disebut dengan stomata atau lentisel 
  • Alat pernafasan hewan disebut dengan insang trakea, paru-paru dan kulit
  • Burung mempunyai alat bantu pernafasan disebut dengan pundi-pundi udara
2. Ciri-Ciri Makhluk Hidup #Bergerak
Bergerak merupakan salah satu ciri dari makhluk hidup. Gerak manusia dan hewan terlihat jelas. Manusia dan hewan dibantu oleh alat gerak, misalnya pada manusia memiliki tangan dan kaki. Sedangkan hewan memiliki sayap, kaki, sirip, silia dan lain-lainnya. Tumbuhan melakukan gerakan, tapi gerakan yang tidak mudah untuk dilihat. Contoh tumbuhan putri malu yang jika disentuh akan menutup. Daun petai cina yang menutup pada sore hari, tumbuhan tanaman selalu ke arah datangnya sinar matahari, dan bunga matahari yang selalu menghadap matahari. Gerakan tumbuhan disebabkan oleh ransangan dari luar.

3. Ciri-Ciri Makhluk Hidup #Makan
Seluruh makhluk hidup membutuhkan makanan. Makanan yang dimakan harus mengandung zat-zat makanan yang dibutuhkan oleh tubuh. Contohnya lemak, mineral, karbohidrat, dan protein. Karbohidrat diperlukan tubuh untuk menghasilkan energi. Fungsi makanan untuk makhluk hidup...
  • Menimbulkan energi (tenaga)
  • Pembangun tubuh (pertumbuhan) 
  • Mengganti sel-sel tubuh yang rusak 
Makhuk hidup yang membuat makanannya sendiri adalah tumbuhan hijau daun melalui proses fotosintesa.

4. Ciri-Ciri Makhluk Hidup #Iritabilitas
Salah satu dari makhluk hidup adalah respons terhadap rangsangan. Kemampuan makhluk hidup memberi tanggapan dari adanya rasangan.
Iritabilitas hewan dan manusia menggunakan panca indera terdiri dari
  • Mata untuk melihat 
  • Telinga untuk mendengar
  • Hidung untuk mencium 
  • Lidah untuk mengecap 
  • Kulit untuk meraba
5. Ciri-Ciri Makhluk Hidup #Tumbuh
Makhluk hidup mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Contohnya kamu menanam biji tumbuh menjadi kecambah, selanjutnya menjadi tanaman kecil. Jika tanaman kamu siram setiap hari, maka tumbuh menjadi tanaman yang besar.

6. Ciri-Ciri Makhluk Hidup #Berkembangbiak
Berkembang biaka atau reproduksi merupakan kemampuan dari makhluk hidup untuk menghasilkan keturunan. Perkembangbiakan untuk melestarikan jenisnya. Cara perkembangbiakan pada hewan terdabagi dalam dua macam yaitu secara generatif (kawin) dan secara vegetatif (tak kawin). Pada hewan tingkat tinggi berkembang biak secara kawin, sedangkan hewan tingkat rendah berkembangbiak dengan vegetatif (tak kawin). Sedangkan tumbuhan berkembang biak dengan biji, juga dapat berkembang biak dengan vegetatif atau tidak kawin. Contoh perkembangbiakan vegetatif pada tumbuhan diantaranya adalah tunas, stek dan cangkok.
  
7. Ciri-Ciri Makhluk Hidup #Beradaptasi
Untuk bertahan hidup di lingkungannya, setiap makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Tempat hidup makhluk hidup dapat melakukan aktivitasnya disebut habitat. Jika makhluk hidup tidak bisa menyesuaikan diri dengan lingkungannya maka akan mati atau harus berpindah ke lingkungan yang baru.

8. Ciri-Ciri Makhluk Hidup #Memerlukan Suhu 
Semua makhluk hidup bertahan suhu tertentu, ikan hidup di air yang bersuhu antara 5 derajat celcius sampai 30 derajat, untuk jenis bakteri dapat sampai dengan suhu 80 derajat, sedangkan tumbuhan dapat hidup antara suhu 0-43 derajat celcius.

9. Ciri-Ciri Makhluk Hidup #Sekresi
Zat sisa dari proses produksi harus dikeluarkan, jika akan menimbulkan racun yang terdapat dalam tubuh. Zat sisa dikeluarkan berupa gas, cairan, atau zat padat.Alat pengeluaran zat sisa hewan atau manusia yaitu...
  • Paru-paru mengeluarkan CO2
  • Ginjal mengeluarkan urine
  • Kulit mengeluarkan keringat. 

Baca Juga: 


Demikianlah informasi mengenai Makhluk Hidup: Ciri-Ciri Makhluk Hidup. Semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman. 

Makhluk Hidup: Ciri-Ciri Makhluk Hidup Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin