Artikel Belajar dan Bermanfaat

Saturday 11 July 2015

Pengertian dan Ciri-Ciri Ideologi Terbuka & Tertutup

Pengertian dan Ciri-Ciri Ideologi Terbuka & Tertutup| Hai teman-teman, kali ini mengenai pengertian dan ciri-ciri ideologi terbuka dan ideologi tertutup. Pengertian Ideologi Terbuka adalah nila-nilai dan cita-citanya tidak dipaksakan, melainkan digali dan diambil dari kekayaan rohani, moral dan budaya masyarakatnya  itu sendiri. Sedangkan Pengertian Ideologi Tertutup adalah ajaran atua pandangan dunia yang menentukan tujuan-tujuan dan norma-norma politik dan sosial, yang ditasbihkan sebagai kebenaran yang tidak boleh dipersoalkan lagi, tetapi harus diterima sebagai sesuatu yang sudah jadi dan harus dipatuhi. 

1. Pembahasan Ideologi Terbuka

Ideologi terbuka dapat juga diartikan sebagai ideologi yang tidak dimutlakkan. Ideologi terbuka merupakan ideologi yang dapat berinteraksi dari perkembangan zaman dan dinamika yang sifatnya internal. Ideologi terbuka bersumber dari penjelasan umum 1945 yang berbunyi "... terutama bagi negara baru dan negara muda, lebih baik hukum dasar yang tertulis itu hanya memuat aturan-aturan, pokok, sedangkan aturan-aturan yang menyelenggarakan aturan pokok itu diserahkan kepada undang-undang yang lebih mudah cara membuatnya, mengubahnya dan mencabutnya".

2. Pembahasan Ideologi Tertutup

Ideologi tertutup dapat diartikan sebagai ideologi yang dimutlakkan. Ideologi tertutup merupakan. Kebenaran dari ideologi tertutup tidak dipermasalahkan dalam nilai-nilai atau prinsip-prinsip moral yang lain. Ideologi tertutup memiliki sifat yang dogmatis dan apriori. Arti dogmatis adalah mempercayai terhadap suatu keadaan tanpa daya yang valid. Sedangkan arti apriori adalah berprasangka terlebih dahulu terhadap suatu keadaan. Ideologi tertutup memakai pemaksaan dalam pemberlakuan yang dipatuhi setiap masyarakat yang kordinir oleh masyarakat elit atau kelompok masyarakat. hal ini berarti bersifat otoriter yang dijalankan dengan totaliter.

3. Ciri-Ciri Ideologi Terbuka dan Ideologi Tertutup

a. Ciri-Ciri Ideologi Terbuka
  • Cita-cita hidup dalam masyarakat
  • Merupakan hasil dari musyawarah dan konsensus rakyatnya 
  • Nilai-nilai dan cita-cita yang berasal dari diri masyarakat
  • Ideologi terbuka bersifat dinamis dan reformasi
b. Ciri-Ciri Ideologi Tertutup
  • Bukan cita-cita yang hidup dalam diri masyarakat
  • Tidak bersifat nilai atau cita-cita
  • Kepercayaan dan kesetiaan yang sifatnya kaku
  • Terdiri dari tuntutan konkret dan operasional secara mutlak

Baca Juga:


Pengertian dan Ciri-Ciri Ideologi Terbuka & Tertutup
Demikianlah informasi mengenai Pengertian dan Ciri-Ciri Ideologi Terbuka & Tertutup. Semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat bagi kita semua baik itu pengertian ideologi terbuka, pengertian ideologi tertutup, pembahasan ideologi terbuka, pembahasan ideologi tertutup, dan ciri-ciri ideologi terbuka dan ciri-ciri ideologi tertutup. Sekian dan terima kasih. "Salam Berbagi Teman-Teman". Janga Lupa SHARE yah :) . 

Pengertian dan Ciri-Ciri Ideologi Terbuka & Tertutup Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin