Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu

Pengertian, Sifat, dan Fungsi Pengendalian Sosial

Pengertian, Sifat, dan Fungsi Pengendalian Sosial|Pengertian pengendalian sosial (social control) adalah pengawasan terhadap suatu kelompok terhadap kelompok lain yang dimaksudkan untuk mengarahkan peran-peran individu atau kelompok sebagai bagian masyarakat agar tercipta situasi kemasyarakatan sesuai dengan yang diharapkan. Dalam mencapai tujuan, setiap individu harus menyosialisasikan warganya untuk bersikat dan berperilaku kondusif. Artinya, sosialisasi membutuhkan suatu jaminan dalam menghadapi berbagai gangguan dan penyimpangan sosial yang dapat diatasi, dan dicegah dengan membutuhkan pengendalian sosial.

A. Pengertian Pengendalian Sosial Menurut Pendapat Para Ahli  
  • Joseph S. Roucek : Menurut Joseph S. Roucek, pengertian pengendalian sosial adalah segala proses baik direncanakan maupun yang tidak, bersifat mendidik, mengajak dan memaksa warga masyarakat untuk memenuhi kaidah-kaidah dan nilai-nilai sosial yang berlaku.  
  • Peter L. Berger : Menurut Peter L. Berger, pengertian pengendalian sosial adalah berbagai cara yang digunakan masyarakat untuk menertipkan anggotanya yang menyimpang. 
  • Bruce J. Cohen : Menurut Bruce J. Cohen mengenai pengertian pengendalian sosial adalah cara-cara atau metode yang digunakan untuk mendorong seseorang agar berperilaku selaras dengan kehendak-kehendak kelompok atau masyarakat luas tertentu. 
B. Ciri-Ciri Pengendalian Sosial – Berdasarkan pengertian pengendalian sosial menurut definisi para ahli, dapa disimpulkan bahwa suatu pengendalian sosial mempunyai ciri-ciri sebagai berikut… 
  • Suatu cara, metode, atau teknik tertentu terhadap masyarakat
  • Bertujuan mencapai keserasian antara stabiltias dan perubahan. Perubahan yang terus terjadi di dalam suatu masyarakat. 
  • Dapat dilakukan oleh suatu kelompok terhadap kelompok lainnya atau oleh suatu kelompok terhadap individu. 
  • Dilakukan secara timbal balik meskipun terkadang tidak disadari oleh kedua belah pihak. 
C. Sifat-Sifat Pengendalian Sosial – Terdapat beberapa sifat-sifat yang diperlukan dalam pengendalian sosial antara lain sebagai berikut… 
1. Preventif : Pengendalian sosial preventif adalah semua bentuk pencegahan terhadap terjadinya gangguan-gangguan pada keserasian antara kepastian dan keadilan. Tindakan preventi untuk mencegah terjadinya pelanggaran-pelanggaran norma-norma sosial yang berlaku dalam masyarakat.  
Contohnya : 
  • Razia SIM dan kelengkapan kesadaran bermotor yang dilakukan aparat kepolisian untuk mengurangi resiko kecelakaan dalam berlalu lintas. 
  • Seorang ibu mengingatkan putrinya agar tidak pulang larut malam karena berbahaya bagi keselamatannya
2. Represif : Pengendalian sosial represif adalah pengendalian sosial yang bertujuan untuk mengembalikan keserasian yang pernah terganggu karena terjadinya suatu pelanggaran. Pengendalian sosial secara represif dilakukan dengan cara menjatuhkan sanksi sesuai dengan besar kecilnya pelanggaran yang dilakukan.
Contohnya : 

  • Menjatuhkan denda terhadap para pelanggaran peraturan lalu lintas di jalan raya
  • Menskors siswa-siswi yang berulang-ulang melanggar peraturan sekolah
Baca Juga  Pengertian Persaingan (Competition) dan Contohnya

D. Fungsi-Fungsi Pengendalian Sosial  

  • Mempertebal keyakinan masyarakat terhadap norma sosial 
  • Memberikan imbalan kepada warga yang menaati norma 
  • Mengembangkan rasa malu
  • Mengembangkan rasa takut
  • Menciptakan sistem hukum
Baca Juga  Hubungan antara Nilai dan Norma

Baca Juga : 
Nilai Sosial (Pengertian, Ciri-Ciri, Fungsi & Macam-Macamnya)
Pengertian, Ciri-Ciri & Hakikat Sosiologi 
Pengertian, Tujuan, dan Bentuk-Bentuk Akomodasi
Macam-Macam Norma
Pengertian Norma dan Fungsi Norma

Baca Juga  Pengertian Komunikasi : Apa itu Komunikasi ?..

Demikianlah informasi mengenai Pengertian, Sifat, dan Fungsi Pengendalian Sosial. Semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat bagi kita semua baik itu pengertian pengendalian sosial, pengertian pengendalian sosial menurut para ahli, sifat-sifat pengendalian sosial, fungsi pengendalian sosial. Sekian dan terima kasih. “Salam Berbagi Teman-Teman”. 
Referensi : 

  • Muin, Idianto. 2013. Sosiologi untuk SMA/MA Kelas X. Kelompok Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta : Erlangga. Hal : 180-185

Jangan Lupa SHARE yah Teman-Teman 🙂 

0 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Comments 1

  • saya mengucapkan banyak terimakasih kepada AKI MUPENG yang telah menolong saya dalam kesulitan ini tidak pernah terfikirkan dari benak saya kalau nomor yang saya pasang bisa tembus dan ALHAMDULILLAH kini saya sekeluarga sudah bisa melunasi semua hutang2 kami,sebenarnya saya bukan penggemar togel tapi apa boleh buat kondisi yang tidak memunkinkan dan akhirnya saya minta tolong sama AKI MUPENG dan dengan senang hati AKI MUPENG mau membantu saya..,ALHAMDULILLAH nomor yang dikasi AKI MUPENG semuanya bener2 terbukti tembus dan baru kali ini saya menemukan dukun yang jujur,jangan anda takut untuk menhubungiya jika anda ingin mendapatkan nomor yang betul2 tembus seperti saya,silahkan hubungi AKI MUPENG DI nomor 0852 9445 0976 ,INI KISAH NYATA DARI SY TEMAN” ,terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *