Artikel Belajar dan Bermanfaat

Sunday 28 June 2015

Keutamaan dan Keistimewaan Malam Lailatul Qadar

Keutamaan dan Keistimewaan Malam Lailatul Qadar| Seluruh umat Islam didunia ini pasti sudah mengetahui apa itu malam Lailatul Qadar, malam Lailatul Qadar adalah malam yang lebih baik dari 1000 bulan dimana malam tersebut terkandung banyak kemuliaan, keberkahan, dan mustajadnya doa. Malam Lailatul Qadar terdapat pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan, disaat itulah semua umat muslim didunia berlomba-lomba untuk mendapatkan segala keutamaan dan keistimewaan yang terdapat dimalam tersebut. Terdapat beberapa hal yang  telah terungkap mengenai keutamaan dan keistimewaan malam Lailtatul Qadar antara lain sebagai berikut... 

Keutamaan dan Keistimewaan Malam Lailatul Qadar

Keutamaan dan Keistimewaan Malam Lailatul Qadar1. Keutamaan dan keistimewaan malam lailatul qadar adalah waktu diturunkannya Al-Qur'an 
Malam Lailatul Qadar merupakan waktu diturunkannya Al-Qur'an, kita suci umat Islam didunia ini yang tentu saja, hal ini membuat kita bertanya-tanya bagaimana jadinya jika kita mendapatkan malam Lailatul Qadar yang dimana malam tersebut malam turunnya Al-Qur'an. 

Ibnu 'Abbas dan lainnya mengatakan: "Allah menurunkan Al-Qur'an secara utuh sekaligus dari lauhul mahfuzh ke Baitul 'Izzah yang ada dilangit dunia. Kemudian Allah menurunkan Al-Qur'an kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam tersebut secara terpisah sesuai dengan kejadian-kejadian yang terjadi selama 23 tahun". (Tafsir Al-Qur'an Al-Azhim, 14: 403).


2. Keutamaan dan keistimewaan malam lailatul qadar adalah lebih baik dari 1000 bulan 
Malam lailatul qadar, lebih baik dari 1000 bulan. Terdapat 1 malam yang melebihi baiknya 1000 bulan. Seperti firman Allah SWT : 
Keutamaan dan Keistimewaan Malam Lailatul Qadar

Artinya: "Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan." (QS. Al-Qadar: 3) 

Sedangkan menurut An Nakho'i mengatakan : "amalan di lailatul qadar lebih baik dari amalan di 1000 bulan (Lihat Latho- if Al-Ma'arif, hal 341). 
Menurut pendapat Mujahid, Qotadah, para ulama maksud dari lebih baik dari 100 bulan adalah shalat dan amalan pada lailatul qadar yang lebih baik dari shalat dan puasa di 1000 bulan yang tidak terdapat lailatul qadar (Zaadul Masiir, 9: 191). 

3. Keutamaan dan keistimewaan malam lailatul qadar adalah malam yang penuh keberkahan 
Malam lailatul qadar merupakan malam yang penuh dengan keberkahan. Seperti dalam firman Allah SWT : 
Keutamaan dan Keistimewaan Malam Lailatul Qadar

Artinya: "Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan." (QS. Ad Dukhon: 3) 

4. Keutamaan dan keistimewaan malam lailatul qadar adalah malaikat dan juga Ar Ruuh yaitu malaikat Jibril turun pada malam Lailatul Qadar
Dalam malam lailatul qadar ditandai pula dengan turunnya malaikat. Seperti dalam firman Allah SWT : 
Keutamaan dan Keistimewaan Malam Lailatul Qadar

Artinya: "Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat jibdril" (QS. Al-Qadar: 4). 

Dalam hal ini, ketika para malaikat turun, maka sekali turun malaikat maka menandakan turunnya berkah dan rahmatnya. Apalagi disaat itu kita berdoa, para malaikat akan juga meng aminkan doa kita. Sebagaimana malaikat turun lantas kita membacakan Al-Qur'an, maka mereka akan mengitari orang yang berada pada majelis dzikir yaitu majelis ilmu dan kemudian malaikat akan meletakkan sayap-sayapnya pada penuntut ilmu karena malaikat sangat mengagungkan mereka. (Lihat Tafsir Al-Qur'an Al-'Azhim, 14: 407).  

5. Keutamaan dan keistimewaan malam lailatul qadar adalah lailatul qadar disifati dengan salam 
Tahukah anda yang dimaksud salam ?.. Salam adalah: 

Keutamaan dan Keistimewaan Malam Lailatul Qadar

Artinya: "Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar". (QS. Al-Qadar: 5). 
Maksud dalam ayat ini adalah malam tersebut penuh dengan keselamatan karena setan tidak dapat berbuat apa-apa di malam tersebut baik berbuat jelek atau mengganggu yang lain. Demikianlah kata Mujahid (Lihat Tafsir Al-Qur'an Al 'Azhim, 14: 407). Hal ini dapat pula berarti bahwa malam lailatul qadar merupakan malam yang banyak selamat dari hukuman dan siksa karena mereka melakukan ketaatan pada Allah. 

6. Keutamaan dan keistimewaan malam lailatul qadar adalah dicatatnya takdir tahunan
Allah SWT berfirman: 
Keutamaan dan Keistimewaan Malam Lailatul Qadar
Artinya: "Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah". (QS. Ad Dukhan: 4). Ibnu Katsir dalam kitab tafsirnya (12: 334-335) menerangkan bahwa Lailatul Qadar akan dirinci di Lauhul Mahfuzh mengenai penulisan takdir dalam setahun, juga akan dicatat ajal dan rizki. Dan juga akan dicatat segala sesuatu hingga akhir dalam waktu setahun. Demikian yang diriwayatkan dari Ibnu 'Umar, Abu Malik, Mujahid, Adh Dhohak dan Ulama salaf lainnya. 

Sedangkan menurut keterangan Imam Nawawi rahimatullah dalam Syarh Muslim (8: 57) bahwa catatan takdir tahunan tentu saja didahului oleh ilmu dan penulisan Allah. Takdir tersebut akan ditampakkan pada malaikat dan ia akan mengetahui yang terjadi, lalui ia akan melakukan tugas yang diperintahkan untuknya. 

7. Keutamaan dan keistimewaan malam lailatul qadar adalah doa setiap orang yang menghidupkan malam 'lailatul qadar' akan diambuni oleh Allah. 
Dari Abhu Hurairah, dari Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda:

Keutamaan dan Keistimewaan Malam Lailatul Qadar

Artinya: "Barang siapa melaksanakan shalat pada malam lailatul qadar karena iman dan mengharapkan pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni". (HR. Bukhari no. 1901). 

Sedangkan menurut pendapat Ibnu Hajar Al Asqolani yang memperjelas maksud dari "iimaanan" (karena iman) adalah membenarkan janji Allah yaitu pahala yang diberikan (bagi orang yang menghidupkan malam tersebut). Sedangkan 'htisaaban' bermakna mengharap pahala (dari sisi Allah), bukan karena mengharap lainnya yaitu contohnya berbuat riya'. (Lihat Fathul Bari, 4: 251)(1). 

Ya Allah, mudahkanlah kami meraih keistimewaan Lailatul Qadar dengan mengisi hari-hari terakhir kami di bulan Ramadhan dengan amalam sholih. Aamin Yaa Mujibas Saa-iin. 

Baca Juga: 


Demikianlah informasi mengenai Keutamaan dan Keistimewaan Malam Lailatul Qadar. Semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat serta memotivasi kita untuk terus menerus dalam bulan Ramadhan ini selalui berusaha mencari kemuliaan dan keberkahan dalam bulan mulian ini apalagi pada malam 10 terakhir bulan Ramadhan, mungkin disinilah keseriusan kita betambah kali-kali lipat seperti yang telah dinformasikan mengenai keutamaan dan keistimewaan Malam Lailatul Qadar. Sekian dan terima kasih. "Salam Berbagi Teman-Teman". Jangan Lupa SHARE yah :) . 

Keutamaan dan Keistimewaan Malam Lailatul Qadar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin