Artikel Belajar dan Bermanfaat

Friday 1 May 2015

Pengertian Awan dan Jenis-Jenis Awan

Pengertian Awan dan Jenis-Jenis Awan| Hai.. Jumpa lagi kali ini mengenai pengertian awan, jenis-jenis awan atau macam-macam awan diserta gambar dan ciri-cirinya, dan yang paling penting mengenai proses terbentuknya awan, Pertama-tama mari kita mulai dengan Pengertian Awan ?. Secara umum, Pengertian Awan adalah kumpulan tetesan air atau kristal es di dalam atmosfer yang terjadi karena adanya pemadatan/pengembunan uap air yang terdapat di dalam udara setelah melampaui keadaan titik jenuh. Awan merupakan cikal bakal terjadinya huja, namun hal tersebut juga bergantung dari musim. 

1. Proses Terbentuknya Awan - Didalam udara selalu mengandung uap air, jika uap air meluap menjadi titik-titik air, maka terbentuklah awan. Peluapan tersebut terjadi dalam dua cara antara lain sebagai berikut.. 
  • Apabila udara panas, Didalam udara panas terdapat banyak uap air karena air lebih cepat menyengat di udara panas. Udara panas yang sarat dengan air ini akan naik tinggi, hingga sampai di satu lapisan dengan suhu yang lebih rendah, sehingga uap air akan mencair lalu terbentuklah awan dengan molekul-molekul titik air yang tak terhingga banyaknya. 
  • Suhu udara tidak berubah, tetapi keadaan atmosfer lembab. Udara semakin lama maka menjadi semakin tepu dengan uap air. 
2. Proses Terbentuknya Hujan - Jika awan telah terbentuk, dan titik-titik air yang ada dalam awan menjadi semakin besar dan semakin berat dan perlahan-lahan daya tarik bumi menariknya ke bawah. Hingga sampai dengan satu titik dimana titik-titik air tersebut akan jatuh ke bawah dan terbentuklah hujan. 

3. Proses Terbentuknya Macam-Macam Bentuk Awan - Apabila titi-titik air bertemu dengan udara panas, titik tersebut akan menguap dan awan menghilang. Hal tersebut lah menjadi acuan dimana awan selalu berubah-ubah bentuk. Air yang ada di dalam awan akan silih berganti menguap dan mencair. Hal inilah yang membuat biasanya ada awan tidak membawa hujan.
4. Jenis-Jenis Awan - Dalam hasil kongres internasional yang diadakan di munchen tahun 1802 dan Uppsala (Swedia) tahun 1894, Awan dikelompokkan dalam beberapa macam antara lain sebagai berikut...

a. Jenis-Jenis Awan Tinggi - Jenis awan ini terletak pada ketinggian yang beragam. Bila di kawasan tropis jenis awan ini terdapat pada ketinggian 6-18 km, pada kawasan yang beriklim sedang berada pada ketinggian 5-13 km, sedangkan di kawasan kutup terletak pada ketinggian 3-8 km. Macam-macam jenis awan yang tergolong awan tinggi adalah sebagai berikut..
  • Awan Cirrus (Ci) adalah awan halus dengan struktur seperti serat dan berbentuk seperti bulu burung. Awan cirrus (Ci) tersusun atas pita melengkung di langit, sehingga tampak bertemu satu atau dua titik horizon, dan sering terdapat kristal es. Awan Cirrus tidak menimbulkan hujan. 
Pengertian Awan dan Jenis-Jenis Awan

  • Awan Cirrocumulus (Ci-Cu) adalah awan yang terputus-putus dan penuh dengan kristal-kristal es serta berbentuk seperti segerombolan domba dan sering menimbulkan bayangan.
Pengertian Awan dan Jenis-Jenis Awan

  • Awan Cirrostatus (Ci-St) adalah awan yang berbentuk seperti kelambu putih yang halus dan rata dengan menutup seluruh langit sehingga tampak cerah atau juga terlihat seperti anyaman yang bentuknya tidak teratur. Awan cirrostatus sering menimbulkan hallo (lingkaran yang bulat) yang mengelilingi matahari dan bulan. Hal ini biasa terjadi pada musim kering. 
Pengertian Awan dan Jenis-Jenis Awan

b. Jenis-Jenis Awan Menengah - Jenis awan ini terletak pada ketinggian yang beragam, dimana pada kawasan tropis jenis awan ini terdapat pada ketinggian 2-8 km, pada kawasan beriklim sedang terletak pada ketinggian 2-7 km, dan kawasan yang terletak di kutup utara terletak di ketinggian 2-4 km. Macam-macam jenis awan menengah adalah sebagai berikut..
  • Awan Alto Cumulus (A - Cu) adalah awan yang bentuknya kecil-kecil yang jumlahnya banyak. Umumnya berbentuk bola yang agak tebal, berwarna putih sampai pucat dan ada bagian yang kelabu. Awan ini bergerombol dan saling berdekatan sehingga tampak bahwa awan ini saling bergandengan.
Pengertian Awan dan Jenis-Jenis Awan

  • Awan Alto Stratus (A-St) adalah awan ini tebal dan luas dengan warna kelabu, sehingga pada matahari dan bulan tampak terang. 
Pengertian Awan dan Jenis-Jenis Awan

c. Jenis-Jenis Awan Rendah - Jenis awan ini terletak pada ketinggian kurang dari 3 km. Macam-macam jenis awan rendah adalah sebagai berikut..
  • Awan Strato Cumulus (St-Cu) adalah awan yang berbentuk bola dan memiliki lapisan tipis yang sering menutupi langit sehingga tampak seperti gelombang lautan. Jenis awan ini tidak menimbulkan hujan
Pengertian Awan dan Jenis-Jenis Awan
  • Awan Stratus (St) adalah awan rendah dan luas dengan tinggi berada dibawah 200 m. Lapisan melebar seperti kabut dan berlapis-lapis. Antara kabut dan awan stratus pada dasarnya tidak berbeda
Pengertian Awan dan Jenis-Jenis Awan
  • Awan Nimbo Stratus (Ni-St) adalah awan yang bentuknya tidak menentu, tepinya compang-camping tak beraturan dan berwarna putih kegelapan serta penyebarannya cukup luas. Awan ini menimbulkan hujan gerimis. 
Pengertian Awan dan Jenis-Jenis Awan

d. Jenis-Jenis Awan Udara Naik - Jenis awan ini terletak pada ketinggian antara 500- 1500 m. Macam-macam jenis awan udara naik adalah sebagai berikut..
  • Awan Cumulus (Cu) adalah awan tebal dengan puncak-puncak yang tinggi, terbentuk di siang hari karena udara naik. Jika berhadapan dengan matahari terlihat terang dan jika memperoleh sinar hanya sebelah saja akan menimbulkan bayangan yang berwarna kelabu.
Pengertian Awan dan Jenis-Jenis Awan
  • Awan Cumola Nimbus (Cu-Ni) adalah awan yang menimbulkan hujan dengan kilat guntur. Awan ini mmiliki volume yang besar posisi yang rendah dengan puncak yang tinggi sebagai menara atau gunung dan puncaknya melebar, sehingga merupakan awan tebal. Biasanya di atas awan cumulo  nimbus terdapat awan cirro stratus. Hal ini sering terjadi pada waktu angin ribut. 
Pengertian Awan dan Jenis-Jenis Awan

Baca Juga : 
Pengertian Angin, Sifat, dan Jenis-Jenis Angin
Pengetian Angin : Apa itu Angin ?..
Ciri-Ciri Struktur Lapisan-Lapisan Atmosfer
Macam-Macam Proses Terjadinya Gerhana Matahari
Pengertian Sungai dan Jenis-Jenis Sungai 

Demikianlah informasi mengenai Pengertian Awan dan Jenis-Jenis Awan. Semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat baik itu pengertian awan, proses terbentuknya awan, proses terbentuknya macam-macam bentuk awan, jenis-jenis awan atau macam-macam awan beserta gambar dan ciri-cirinya. Sekian dan terima kasih. "Salam Berbagi Teman-Teman". 

Pengertian Awan dan Jenis-Jenis Awan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin