Artikel Belajar dan Bermanfaat

Thursday 19 March 2015

Pengertian Ideologi : Apa itu Ideologi yang Sebenarnya ?...

Pengertian Ideologi : Apa itu Ideologi| Apa sih itu Pengertian Ideologi yang sebenarnya ?...Ada banyak definisi para ahli tentang pengertian ideologi, dimana dari pendapat-pendapat para ahli tersebut dapat disimpulkan mengenai pengertian ideologi sesungguhnya. Lalu apasih itu Pengertian ideologi ?.. Secara umum, Pengertian Ideologi adalah suatu kumpulan gagasan, ide-ide dasar, keyakinan serta kepercayaan yang bersifat sistematis dengan arah dan tujuan yang hendak dicapai dalam kehidupan nasional suatu bangsa dan negara.

Istilah ideologi berasal dari kata 'idea' (inggris) yang berarti gagasan, konsep, pengertian dasar, cita-cita; dan kata 'logi' yang dalam bahasa Yunani logos artinya ilmu atau pengetahuan. Secara Harfiah, Pengertian Ideologi adalah pengetahuan tentang gagasan-gagasan, pengetahuan tentang ide-ide, science of ideas atau ajaran tentang pengertian-pengertian dasar.

Dalam pengertian sehari-hari "idea" yang berarti 'cita-cita'. Cita-cita yang dimaksud adalah cita-cita yang bersifat tetap yang harus dicapai sehingga cita-cita yang bersifat tetap itu sekaligus merupakan dasar, pandangan atau paham. Ideologi mencakup pengertian tentang ide-ide, pengertian dasar, gagasan dan cita-cita. Ideologi dapat dianggap sebagai visi yang luas, sebagai cara memandang segala sesuatu. Ideologi adalah sistem pemikiran abstrak (tidak hanya sekadar pembentukan ide) yang diterapkan pada masalah publik sehingga pembuat konsep ini menjadi intisari politik. 

Pengertian Ideologi Menurut Definisi Para Ahli - Berikut beberapa pengertian ideologi yang dikemukakan oleh tokoh-tokoh kenegaraan. 
    Pengertian Ideologi : Apa itu Ideologi yang Sebenarnya ?...
  • Alfian : Menurut definisi Alfian, pengertian ideologi adalah suatu pandangan atau sistem nilai yang menyeluruh dan mendalam tentang bagaimana cara yang sebaiknya, yaitu secara moral dianggap benar dan adil, mengatur tingkah laku bersama dalam berbagai segi kehidupan. 
  • C.C. Rodee :  Menurut pendapat C.C. Rodee yang menyatakan bahwa pengertian ideologi adalah sekumpulan yang secara logis berkaitan dan mengindentifikasikan nilai-nilai yang memberi keabsahan bagi institusi dan pelakunya. 
  • Ali Syariati : Menurut Ali Syariati mengenai pendapat tentang pengertian ideologi yang mengatakan bahwa ideologi adalah sebagai keyakinan-keyakinan dan gagasan-gagasan yang ditaati oleh suatu kelompok, suatu kelas sosial, suatu bangsa atau suatu ras tertentu.
Dari hasil pendapat para ahli mengenai pengertian ideologi, yang disimpulkan bahwa pengertian ideologi adalah kumpulan gagasan-gagasan, ide-ide, keyakinan-keyakinan, yang menyeluruh dan sistematis, yang menyangkut berbagai bidang kehidupan manusia. 

Baca Juga : 

Demikianlah informasi mengenai Pengertian Ideologi : Apa itu Ideologi yang Sebenarnya ?.... Semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat bagi kita semua. Buat teman-teman jangan lupa SHARE agar setiap teman kita disana yang lagi kesusahan nyari-nyari di google dapat dengan mudah menemukan di SOSMED, kami harap teman-teman :) . Sekian dan Terima Kasih. "Salam Berbagi Teman-Teman".

Pengertian Ideologi : Apa itu Ideologi yang Sebenarnya ?... Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin