Artikel Belajar dan Bermanfaat

Wednesday 18 March 2015

Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa Indonesia

Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa Indonesia| Makna atau arti pancasila sebagai pandangan hidup bangsa indonesia adalah kristalisasi pengalaman-pengalaman hidup dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia yang telah membentuk sikap, watak, perilaku, tata nilai, moral, etika yang melahirkan pandangan hidup. Pancasila sebagai pandangan hidup sering disebut dengan way of life, weltanschauung, pandangan dunia, pegangan hidup, pedoman hidup, dan petunjuk hidup sehari-hari. Dalam hal ini, Pancasila dipergunakan sebagai petunjuk hidup sehari-hari. 

Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa IndonesiaArti pancasila sebagai petunjuk sehari-hari adalah pancasila diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan kata lain, Pancasila dipergunakan sebagai petunjuk arah bagi bangsa Indonesia dalam semua kegiatan atau aktivitas di dalam segala bidang kehidupan. Hal ini berarti bahwa semua tingkah laku dan perbuatan setiap manusia Indonesia seharusnya dijiwai dan merupakan pancaran dari semua sila Pancasila. Pancasila yang harus dihayati adalah Pancasila yang tercantum di dalam Pembukaan UUD NKRI Tahun 1945. Dengan demikian, sila-sila pancasila tersebut selalu terpancar dalam segala tingkah laku dan perbuatan setiap rakyat Indonesia. 

Baca Juga :  

Demikianlah informasi mengenai Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa Indonesia. Semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat. Pesan buat teman-teman jangan lupa yah SHARE agar teman-teman kita dapat dengan mudah menemukan Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa Indonesia. Sekian dan Terima Kasih. "Salam Berbagi Teman-Teman".

Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin