Artikel Belajar dan Bermanfaat

Wednesday 25 March 2015

Fungsi Hati Sebagai Alat Ekskresi

Fungsi Hati Sebagai Alat Ekskresi| Hati merupakan organ yang difungsikan untuk mengekskresi empedu. Fungsi hati sebagai alat ekskresi, sebelum masuk ke pembahasan tersebut mari kita sedikit membahas mengenai Apa itu Hati ?.. Secara umum, Hati adalah kelenjar terbesar dalam tubuh dan terletak di dalam rongga perut sebelah kanan di bawah diafragma.. Pada orang dewasa yang normalnya memiliki berat kurang lebih kh 2 kg dengan berwarna merah. Hati mengeluarkan empedu yang berupa cairan yang berwarna kehijauan, rasanya pahit, pHnya netral, dan mengandung kolesterol, garam-garam mineral, garam empedu, dan zat warna empedu yang disebut dengan bilirubin dan biliverdin. 

Fungsi garam-garam empedu adalah sebagai proses dalam pencernaan makanan. Zar warna pada empedu yang berwarna hijau kebiruan berasal pada perombakan hemoglobin sel darah merah yang ada didalam hati. Zat warna empedu diubah oleh bakteri usus menjadi urobilin yang memiliki warna kuning coklat yang digunakan dalam memberikan warna feses  dalam urine. Sisa-sisa hasil pencernaan protein berupa urea dibentuk juga di dalam hati. Urea kemudian dibawa oleh darah dan selanjutnya masuk ke dalam ginjal. Akhirnya, dari ginjal dikeluarkan bersama-sama dengan urine.

Selain sebagai alat ekskresi, hati juga memiliki fungsi-fungsi yang lain. Fungsi hati adalah sebagai berikut...
  • Membunuh kuman dan menawarkan racun yang masuk ke dalam tubuh
  • Sebagai tempat dalam penyimpanan gula dalam bentuk glikogen
  • Menetralkan obat dan racun
  • Sebagai tempat dalam membongkar sel darah merah (eritrosit) yang telah tua atau juga rusak. Hemoglobin dalam eritrosit dibongkar menjadi zat besi, globin, dan hemin. Hemin diurai menjadi bilirubin dan biliverdin. 
  • Pembentukan dan pengeluran cairan empedu
  • Tempat untuk membuat vitamin A dari provitamin A. 
  • Sebagai tempat pembentukan dan pembongkaran protein. Hati membentuk protein albumin, protrombin, fibrinogen, dan urea. 
Baca Juga : 

Demikianlah informasi mengenai Fungsi Hati Sebagai Alat Ekskresi. Semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. "Salam Berbagi Teman-Teman".

Fungsi Hati Sebagai Alat Ekskresi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin