Artikel Belajar dan Bermanfaat

Friday 13 March 2015

Ciri-Ciri dan Peranan Pisces (Ikan)

Ciri-Ciri dan Peranan Pisces (Ikan)| Pisces (Ikan) diklasifikasikan dengan berbagai ciri-ciri dan manfaat atau peranan dari jenis-jenis Pisces (Ikan). Tubuh ikan memiliki bentuk pipih lateral (misalnya ikan bandeng) atau pipih dorsoventral (misalnya ikan pari) untuk memudahkan dalam bergerak di air. Anggota geraknya berupa sirip yang terdiri dari sepasang sirip dada dan juga sepasang sirip perut. Selain dari itu terdapat pula sirip anal serta sirip punggung dimana bagian depannya dan belakang tidak berpasangan. Tubuh ikan ditutupi dari sisik-sisik yang tersusun dari zat kapur. Pada permukaan sisik berlendir untuk memudahkan gerakan ikan yang ada dalam air. Di sisi kiri kanan tubuhnya terdapat gurat dengan sisi yang berfungsi sebagai alat keseimbangan. Gurat isi juga berfungsi dalam menentukan arah arus air dan kedalaman ikan sewaktu berenang. 

Sistem Pernapasan - Ikan bernapas dengan insang. Insang mengandung pembuluh darah sehingga memiliki warna merah. Air masuk melalui mulut, melewati insang dan setelah terjadi pertukaran gas, air keluar melalui tutup insang (operkulum). Tutup insang yang senantiasa membuka dan menutup untuk mengatur keluar masuknya air. Ada juga ikan yang bernapas dengan paru-paru, yaitu ikan Dipnoi. 

Sistem Transportasi - Jantung ikan terdiri dari dua ruang yaitu serambi (atrium) dan bilik (ventrikel). Darah yang memiliki oksigen yang kurang yang ada pada bagian belakang mengalir ke depan menuju ke serambi kemudian ke bilik. Bilik yang berotot tebal memompa darah menuju ke insang. Di insang terjadi pertukaran gas. Darah yang kaya oksigen mengalir ke seluruh tubuh.
Ciri-Ciri dan Peranan Pisces (Ikan)

Ciri-Ciri Umum - Pisces merupakan Vertebrata akuatik (hidup di air) yang memiliki ciri-ciri umum. Ciri-ciri umum Pisces (ikan) adalah sebagai berikut.... 
  • Tubuh terdiri dari kepala, badan, dan ekor. Tubuh ditutupi oleh kulit yang umumnya bersisik dan berlendir. Terdapat empat tipe sisik, yaitu ganoid, plakoid, stenoid, dan sikloid. Pisces mempunyai sirip untuk berenang. Endoskleton tersusun tulang rawan atau tulang keras. 
  • Pisces bernapas dengan insang. Insang ditutupi oleh operkulum (tutup insang). Insang ada yang mengalami perluasan yang disebut dengan labirin, contohnya pada ikan Trichogaster sp. Helostoma sp, Anabas sp, dan Osphronemus goramy (gurami). Pisces mempunyai organ tambahan yang berupa gelembung renag yang berfungsi sebagai pembantu pernapasan dan juga alat hidrostatis
  • Pisces bersifat poikilotern (berdarah dingin/suhu tubuh yang dipengaruhi oleh suhu lingkungan). 
  • Sistem peredaran darah tertutup tunggal, artinya satu kali peredaran, darah hanya satu kali melalui jantung. Jantung terdiri atas dua ruang yaitu satu ventrikel dan satu atrium. 
  • Sistem pencernaan yang lengkap dengan dimulai dari mulut, kerongkongan, lambung, usus, dan anus. 
  • Alat ekskresi yang berupa ginjal dengan tipe pronefron dari mesonefron. 
  • Sistem koordinasi yang terdiri atas sistem saraf pusat (otak dan sumsum tulang belakang) dan sistem hormon. Pisces juga mempunyai alat indra dengan berupa sepasang mata, sepasang telinga dalam, indra pembau dan juga gurat sisi. Gurat sisi yang terdapat di sepanjang sisi tubuhnya, yang berfungsi untuk mengetahui perubahan tekanan air. 
  • Alat kelamin yang terpisah atau hermafrodit. Fertilisasi terjadi secara eksternal (diluar tubuh) atau internal (di dalam tubuh). Pisces yang bersifat ovipar, ovovivipar, atau vivipar. 
Peranan Pisces (ikan) - Pisces memiliki manfaat yang sangat menguntungkan bagi kehidupan manusia. Peranan pisces (ikan) adalah sebagai berikut...
  • Daging ikan adalah sumber protein tinggi dan mengandung asam lemak yang tak jenuh. 
  • Kulit ikan tertentu dapat disamak untuk dibuat tas, dompet, sepatu, dan juga jaket. 
  • Dipelihara sebagai ikan hias di akuarium
  • Pemberantasan nyamuk yang secara biologi, sehingga dapat mencegah muncul dan terjadinya wabah penyakit demam berdarah dan juga penyakit malaria.
  • Tulang ikan dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan lem. 
  • Sisa-sisa ikan dapat dimanfaatkan dengan dibuat tepung untuk campuran makanan ternak atau dibuat pupuk tanaman. 
  • Jenis ikan yang ganas dapat menyerang dan juga membahayakan manusia terutama bagi perenang, misalnya hiu, piranha, ikan macan di afrika, salem-karper, dan juga ikan kumis dari Amerika selatan. 
Baca Juga : 

Demikianlah informasi seputar Ciri-Ciri dan Peranan Pisces (Ikan). Semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa yah teman-teman untuk SHARE atau bagikan melalui sosmed teman-teman punya, atau klik dibawah ini... agar setiap teman kita dapat dengan mudah mendapatkan informasi Ciri-Ciri dan Peranan Pisces (Ikan). Jangan Lupa Yah :) .Sekian dan Terima Kasih. "Salam Berbagi Teman-Teman".

Ciri-Ciri dan Peranan Pisces (Ikan) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin