Artikel Belajar dan Bermanfaat

Monday 9 March 2015

Amphibia (Pengertian, Ciri-Ciri, Klasifikasi dan Peranannya)

Amphibia (Pengertian, Ciri-Ciri, Klasifikasi dan Peranannya)| Pembahasan lengkap amphibia seperti pengertian, ciri-ciri, klasifikasi dan peranannya, teman-teman tidak perlu susah payah mencari satu persatu tentang amphibia, baik itu pengertian amphibia, ciri-ciri amfibi, klasifikasi amphibia, dan peranan amphibia, karena disini teman-teman mendapatkan paket lengkap mengenai pembahasan Amphibia. Istilah Amphibia berasal dari bahasa Yunani yaitu amphi yang berarti kedua, dan bios berarti hidup. Amphibia hidup didarat dan air tawar. Amphibia pertama kali muncul zaman Devonian yaitu Era Paleozoic yakni sekitar 350 juta tahun lalu.  

Amphibia dapat hidup di darat dan diair, pada Amphibia muda hidup di air menggunakan alat pernapasan berupa insang dan ketika sudah dewasa akan hidup di darat dengan alat pernapasan berupa paru-paru. Amphibia memiliki kulit yang selalu basah yang berguna dalam membantu pernapasan karena kulitnya mengandung berbagai pembuluh darah. Amphibia bergerak dengan empat kaki. Pada perkembangbiakan Amphibia dimana amphibia berkembang biak dengan bertelur yang pembuahannya dilakukan secara eksternal. Amphibia yang bertelur akan menuju ke air untuk mengeluarkan telur-telurnya. Amphibia mengalami metamorfosis mulai dari zigot-embrio-berudu-katak kecil-katak dewasa.

Ciri-Ciri Umum Amphibia - Dari setiap jenis-jenis amphibia memiliki ciri-ciri yang berbeda dan ada juga yang memiliki kesamaan dimana pada kali ini yang dapat kami simpulkan ciri-ciri umum Amphibia. Ciri-ciri umum Amphibia adalah sebagai berikut...
  • Amphibia memiliki dua pasang kaki yang digunakan untuk berjalan, melompat dan berenang : Contohnya pada katak, kaki katak pada bagian belakang lebih panjang daripada kaki depannya. Rangka kaki katak bagian depan terdiri dari humerus, radioulna, karpal, metakarpal, dan falang (tulang jari-jari). Sedangkan rangka kaki belakang adalah terdiri dari femur, tibio-fibula, tarsal, metatarsal, dan falang. Pada kaki depan mempunyai empat jari, sedangkan pada kaki belakang mempunyai lima jari dimana diantara jari-jari tersebut terdapat selaput renang. 
  • Bagian-bagian tubuh amphibia adalah kepala dan badan seperti katak, atau kepala, badan ekor seperti yang terdapat pada salamander. 
  • Kulit yang lunak, berkelenjar dan juga selalu basah. Kulit amphibia tidak bersisik kecuali salamander. Di antara kulit dan jaringan otot dimana dibawahnya terdapat berupa rongga yang berisi cairan limfa. Pada bangkong yang berwarna cerah, kulitnya menghasilkan cairan beracun bagi hewan lainnya. 
  • Pernapasan Amphibia berupa insang, kulit dan juga paru-paru. Seperti katak dewasa yang bernapas dengan menggunakan paru-paru yang berupa kantong-kantong dengan dinding yang memiliki sejumlah ruangan. 
  • Amphibia adalah hewan berdarah dingin (poikiloterm)
  • Pada jantung Amphibia yang terdiri atas tiga ruangan. tiga ruangan itu adalah satu ventrikel dan dua untuk atrium. Merupakan peredaran darah tertutup ganda, artinya darah akan dua kali melewati jantung pada satu kali peredaran. 
  • Sistem pencernaan lengkap yaitu mulai dari mulut, faring, esofagus (kerongkongan), lambung, usus, dan rektum yang langsung bersatu dengan kloaka. Contohnya katak, memiliki mulut yang sangat lebar dan juga gigi-gigi yang kecil di sepanjang rahang atas. Di langit-langit mulut terdapat gigi vormer. Lidah yang bercabang dua pada bagian ujungnnya dan pada permukaannya mengandung zat perekat yang digunakan untuk menangkap serangga. Amphibia juga memiliki hati, kantong empedu, dan pankreas. 
  • Sistem ekskresi berupa ginjal tipe mesonefroid dan saluran kemih (saluran wolf atau saluran mesonefros) yang membawa sekret ke kloaka. Amphibia juga memiliki kandung kemih yang ada disebelah sisi ventral kloaka. 
  • Sistem Indra pada Amphibia terdiri atas mata, lubang hidung, dan juga telinga. Pada mata dilindungi oleh membran niktitans (selaput tidur), kelopak mata atas dan kelopak mata bawah. Hidup amphibia memiliki dua lubang hidung (nares) yang berhubungan dengan rongga mulut melalui koane. Sedangkan pada telinga, berkembang baik, karena terdiri atas dua bagian yaitu telinga tengah dan telinga dalam dan tidak memiliki telinga luar. Pada telinga yang ada dibagian tengah berhubungan dengan faring melalui tabung Eustachius. Katak dan bangkong memiliki selaput telinga yang disebut membran timpani pada bagian telinga tengah. Pada salamander tidak memiliki selaput telinga, sehingga hanya dapat merasakan gerakan suara melalui kaki depan. 
  • Pada perkembangbiakan Amphibia, Amphibia memiliki alat kelamin yang terpisah. Umumnya Amphibia bersifat ovipar, namun ada jugay ang ovovivipar dan vivipar dimana telur tersimpan dalam saluran reproduksi betina. 
Klasifikasi Amphibia - Dalam klasifikasi Amphibia dimana ada terdapat sekitar 4.000 spesies Amphibia, yang diklasifikasikan dalam beberapa ordo. Klasifikasi Amphibia adalah sebagai berikut... 
  • Apoda (Gymnophiona), contohnya Ichtyophis glutinosus (salamander cacing)
  • Urodela (Caudata), contohnya Plethodon glutinosis (Salamander berlendir)
  • Anura (Salientia), contohnya bangkong (Bufo bufo) dan katak pohon(Hyla Caerulea)
Amphibia (Pengertian, Ciri-Ciri, Klasifikasi dan Peranannya)

Peranan Amphibia - Amphibia memiliki banyak manfaat bagi manusia. Peranan amphibia atau manfaat amphibia bagi kehidupan manusia adalah sebagai berikut...
  • Katak diambil daging dan telurnya yang kemudian dikonsumsi 
  • Kulit katak dapat dibuat jaket dan barang kerajinan lainnya jika diberi samak 
  • Katak berfungsi sebagai pemberantas nyamuk yang dilakukan secara biologi dan juga sebagai pengendali serangga hama pada pertanian
  • Katak dapat digunakan dalam tes kehamilan seperti Bufo melanostictus, karena dapat menghasilkan hormon perang gonad yang efeknya sama dengan hormon perangsang gonad yang terdapat dalam urine wanita hamil 
  • Dapat digunakan sebagai racun untuk anak panah hal ini dilakukan orang indian
  • Racun bufotalin dan Bufotenin dihasilkan oleh jenis kodok Bufo marinus yang dimanfaatkan sebagai penguat denyut jantung. 
Baca Juga : 

Demikianlah informasi seputar Amphibia (Pengertian, Ciri-Ciri, Klasifikasi dan Peranannya). Semoga teman-teman dapat menerima dan juga dapat bermanfaat bagi kita semua dari keseluruhan pembahasan mengenai Amfibi baik itu pengertian amfibi, ciri-ciri amphibia, klasifikasi amphibia dan peranan amphibi atau manfaatnya serta jangan lupa yah teman-teman, untuk SHARE atau bagikan melalui sosmed teman-teman gunakan atau klik dibawah ini... agar teman-teman yang lan dapat dengan mudah menemukan Pembahasan amphibi secara lengkap. Sekian dan Terima Kasih "Salam Berbagi Teman-Teman".

Amphibia (Pengertian, Ciri-Ciri, Klasifikasi dan Peranannya) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin