Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu

Mengenal Ciri-Ciri Negara Hukum

0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...
Mengenal Ciri-Ciri Negara Hukum| Apa sih yang menandakan bahwa negara ini adalah negara hukum ?…, teman-teman dapat mengetahui dengan melihat ciri-ciri negara hukum. tapi sebelum itu mari kita lihat pengertian negara hukum. Pengertian Negara Hukum adalah negara yang mengambil tindakan didasarkan pada aturan hukum yang telah ada, jadi dalam Tugas Negara adalah menjalankan kesadaran hukum berdasarkan hukum yang berlaku yang harus ditaati oleh seluruh warga negara tersebut. sedangkan dalam Pengertian Negara Hukum berdasarkan kekuasaan adalah negara yang bersandar pada keyakinan bahwa kekuasaan negara dijalankan dengan adil dan juga baik. Negara hukum terdapat 2 unsur. Unsur-unsur negara hukum adalah pertama : adanya hubungan antara pemerintah dan diperintah berdasarkan norma objektif yang memikat keduanya, sedangkan unsur yang kedua : norma objektif bersifat formal dan juga dapat dipertahankan dengan berhadapan idea hukum. 

Alasan Menjadi Negara Hukum
1. Legitimiasi demokrasi 
2. Demi kepastian hukum
3. Tuntutan perlakukan yang sama
4. Tuntutan akal budi 
Unsur-Unsur Negara Hukum Secara Umum
1. Dihargainya hak asasi manusia 
2. Munculnya pembagian atau pemisahan kekuasaan dalam menjamin hak-hak 
3. Pemerintah dijalankan menurut perundang-undangan 
4. Munculnya peradilan administrasi dalam mengatasi perselisihan antara rakyat dengan pemerintah 
Ciri-Ciri Negara Hukum
1. Kekuasaan berjalan sesuai dengan hukum positif yang berlaku
2. Menuntut pembagian kekuasaan 
3. Kegiatan negara dikontrol oleh kekuasaan kehakiman efektif
4. Adanya pengakuan dan perlindungan hak asasi manusia (ham)
5. Adanya legalitasi dalam arti hukum. 
Kesimpulan : Negara hukum adalah alat-alat negara dapat menggunakan kekuasaannya berdasarkan dalam hukum tersebut dengan cara yang terdapat dalam hukum itu sendiri. 
Demikianlah materi Mengenal Ciri-Ciri Negara Hukum dengan point-point seperti pengertian negara hukum, alasan menjadi negara hukum, unsur-unsur negara hukum. semoga teman-teman dapat menerima dan dapat bermanfaat bagi kita semua. 
Baca Juga  Pengertian Sentralisasi, Desentralisasi, & Dekonsentrasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *