Artikel Belajar dan Bermanfaat

Monday 15 December 2014

Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Ciri-Ciri Pembuluh Nadi (Arteri)

Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Ciri-Ciri Pembuluh Nadi (Arteri)| Kali ini seputar pengertian pembuluh nadi, fungsi, ciri-ciri serta jenis-jenis dari pembuluh nadi. Pembuluh nadi merupakan jenis-jenis pembuluh darah yang ada dalam tubuh kita, dimana jenis-jenis pembuluh darah terbagi atas dua yakni pembuluh nadi (arteri) dan pembuluh balik (vena). Pertama-tama mari kita membahas pengertian pembuluh nadi. Apa itu pembuluh nadi (arteri) ?.... Pembuluh nadi (arteri) adalah pembuluh darah yang berotot dan membawa darah ke jantung. Dinding pembuluh nadi tersusun dari tiga lapisan,yakni lapisan luar yang bersifat elastis, lapisan tengah yang berupa sel-sel otot polos, dan lapisan dalam yang disusun oleh selapis sel berdinding tipis.

Pembuluh nadi memiliki dinding tebal, kuat, dan elastis, yang membantu tenaga pemompaan jantung untuk menyalurkan darah ke seluruh tubuh. Pemompaan oleh jantung menyebabkan darah didorong untuk mengalir. Hal itu memberi tekanan di sepanjang dinding pembuluh yang dilaluinya dan menimbulkan denyutan. maka terjadi, darah akan memancar keluar apabila pembuluh nadi terluka. Pada Umumnya, pembuluh nadi berada di bagian dalam tubuh. Pembuluh nadi yang paling besar disebut aorta. Pembuluh ini berpangkal pada bilik kiri jantung dan bertugas membawa darah yang mengandung banyak oksigen (darah bersih) ke seluruh tubuh. Pembuluh ini memiliki sebuah katup yang terletak tepat di luar jantung. Selanjutnya, aorta bercabang dua, satu cabang menuju kekepala dan satu cabang lagi menuju ke tubuh bagian bawah. Kedua pembuluh nadi (arteri). yang keluar dari jantung tersebut kemudian bercabang-cabang lagi menjadi pembuluh nadi yang lebih kecil. Pembuluh nadi yang paling kecil, disebut arteriol. Arteriol berukuran lebih tipis dari satu sisir rambut. Arteriol ini bercabang-cabang lagi menjadi pembuluh kapiler.
Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Ciri-Ciri Pembuluh Nadi (Arteri)
Selain aorta, pembuluh nadi lain yang membawa darah meninggalkan jantung ialah pembuluh nadi paru-paru (arteri pulmonalis). Pembuluh itu berpangkal pada bilik kanan jantung dan berukuran lebih kecil daripada aorta. Tugasnya membawa darah yang mengandung karbon dioksida (darah kotor). dan uap air ke paru-paru. Melalui pembuluh nadi, darah dari jantung diedarkan ke seluruh jaringan tubuh termasuk jaringan penyusun jantung. Pembuluh nadi yang bertugas mengalirkan oksigen dan zat makanan ke jantung disebut nadi tajuk (arteri koronaria). Pembuluh ini berukuran sangat kecil sehingga mudah tersumbat oleh gumpalan lemak. Penyumbatan aliran darah menyebabkan sebagian sel-sel pada organ jantung menjadi kekurangan makanan dan oksigen. Peristiwa penyumbatan pembuluh nadi jantung  ini disebut koronariasis. 
Kesimpulan : 

Fungsi Pembuluh Nadi (Arteri) 

  • Mengalirkan darah dari jantung ke seluruh tubuh
  • Menghantarkan oksigen dan nutrisi ke semua sel
  • Mengangkut zat buangan misalnya karbon dioksida
  • Menjaga keseimbangan mobilitasi protein, kimia, unsur-unsur dari sistem kekebalan tubuh dan sel

Jenis-Jenis Pembuluh Nadi (Arteri)

  • Arteri Pulmonalis : Arteri pulmonalis atau nadi paru-paru adalah pembuluh yang dilewati darah dari bilik menuju ke paru-paru. Pembuluh ini mengandung banyak karbon dioksida yang akan dilepaskan keparu-paru yakni di alveolus
  • Arteri Sistemik : Arteri sistemik adalah pembulu yang mengantar darah ke arteriol setelah itu ke pembuluh kapiler tempat dimana zat nutrisi dan oksigen ditukarkan
  • Aorta : Aorta adalah pembuluh terbesar yang ada dalam tubuh dan keluar dari ventrikel yang membawa banyak oksigen 
  • Arteriol : Arteriol adalah pembuluh nadi yang paling kecil yang berhubungan dengan pembuluh kapiler
  • Pembuluh Kapiler : Pembuluh kapiler adalah tempat pertukaran zat yang menjadi fungsi utama dalam sistem sirkulasi, pembuluh kapiler merupakan pembuluh yang bukan sesungguhnya. Pembuluh kapiler merupakan pembuluh yang menghubungkan cabang-cabang dan cabang-cabang dari pembuluh balik dengan sel-sel tubuh. 

Ciri-Ciri Pembuluh Nadi (Arteri) 

  • Dinding pembuluh nadi tersusun atas tiga lapis 
  • lapisan luar berupa sel-sel otot elastis, 
  • lapisan tengah berupa sel-sel otot polos,
  • lapisan dalam yang hanya disusun oleh selapis sel berdinding tipis. 
  • Pembuluh nadi memiliki dinding tebal, kuat, dan elastis
  • Membawa darah yang bersih
  • Mempunyai satu kutup yaitu awal pembuluh yang berada di dekat jantung
  • Jika terluka, darah akan memancar
  • Umumnya terletak dibagian dalam tubuh
Demikian pembahasan Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Ciri-Ciri Pembuluh Nadi (Arteri) dan lihat juga macam-macam artikel disini. Semoga artikel Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Ciri-Ciri Pembuluh Nadi (Arteri) dapat bermanfaat bagi kita semua. 

Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Ciri-Ciri Pembuluh Nadi (Arteri) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin