Artikel Belajar dan Bermanfaat

Tuesday 16 December 2014

Tata Surya : Pengertian, Fungsi dan Bagian-Bagian Matahari

Pengertian, Fungsi dan Bagian-Bagian Matahari| Kali ini seputar pengertian, fungsi matahari, bagian-bagian dari lapisan matahari. Struktur matahari yang merupakan susunan lapisan-lapisan dan ciri-ciri serta kandungan yang terdapat dalam matahari itu sendiri. Mari kita mulai pembahasan pada kali ini, dengan pertama-tama membahas pengertian matahari atau maksudnya memperjelas matahari itu. Matahari adalah sebuah bola pijar yang sangat besar yang merupakan pusat tata surya. Ukuran matahari 100 kali lebih besar dari ukuran bumi yang memiliki diamater sekitar 1,4 juta km dan memiliki berat sekitar 300 ribu kali dari berat bumi yang mempunyai suhu sekitar 6000°C dari permukaan matahari. Matahari terbentuk dari kumpulan gas hidrogen dan helium. Matahari terdiri atas beberapa bagian yang tersusun lapisan-lapisan seperti inti matahari, fotosfer, kromosfer, korona. sebelum membahas bagian-bagian matahari, mari kita bahas fungsi dari matahari itu sendiri seperti yang ada dibawah ini.. 

Tata Surya : Pengertian, Fungsi dan Bagian-Bagian Matahari
Fungsi dari Mahatari
Fungsi/peran/manfaat matahari bagi manusia dan khususnya makhluk hidup yang ada dibumi antaralain sebagai berikut...
  • Pengaruh sinar inframerah 
  • Pengaruh terhadap sinar ultraviolet yang dapat membasmi bibit penyakit
  • Sinar matahari dapat dijadikan sebagai sumber energi 
  • Sinar matahari mampu membunuh mikroba
  • Dapat mengobat menyakit insomia dengan menjemur diri dipagi hari
  • Sinar matahar idapat membantu suasana hati menjadi lebih baik karna sinar matahari dapat merangsang sintesis edorfin
  • Dapat meringankan penyakit sendi dan arthritis
  • Vitamin D yang didapatkan dari sinar matahari dapat membantu menghambat pengembangan sel kanker dan apabila dilakukan secara teratur dapat melawan penyakit usus, leukimia, dan kanker payudara.
  • Sinar matahari dapat meningkatkan sirkulasi darah, memperkuat sistem kardiovakuler, tekanan arteri, denyut nadi dan menormalkan jumlah kolestrol dalam tubuh. 
  • Sinar matahari bermanfaat dalam mengurangi gula darah karna matahari memberikan kemudahan dalam penyerapan glukosa masuk ke dalam tubuh, matahari dapat menjadi insulin. 
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Sinar matahari mampu membentuk dan memperbaiki tulang-tulang
  • Sebagai bahan dalam terjadinya proses fotosintesis
Bagian-Bagian Matahari
Bagian-bagian matahari seperti diatas terdapat 4 bagian dimulai dari yang terdalam antaralain...

a. Inti Matahari (Core)
(Pengertian Inti Matahari). Inti matahari adalah bagian matahari yang mempunya suhu sekitar 15 juta derajat celsius. Suhu dan tekanan yang sangat tinggi ini memungkinkan terjadinya pemecahan atom-atom menjadi elektron, proton, dan neutron. Neutron yang tidak bermuatan akan meninggalkan inti ke arah luar matahari. Rekasi fusi (pergerakan elektron) dan proton sangat cepat dan bertabrakan satu dengan yang lain) berlangsung di bagian ini dan hasilnya dipancarkan ke luar secara radiasi. 
  • Zona radiatif adalah lapisan yang menyelubungi bagian inti. Lapisan ini mempunyai suhu dari dalam ke luar adalah sekitar tujuh juta sampai dua juta derajat celsius.
  • Zona konvektif adalah lapisan yang suhunya sudah menurun. Suhu lapisan ini sekitar dua juta derajat celcius. Setelah keluar dari zona radiatif, atom-atom bagian inti ini akan bergerak menuju lapisan yang lebih luar dengan suhu yang lebih rendah. 

b. Fotosfer 
(Pengertian Fotosfer). Fotosfer adalah lapisan permukaan Matahari dengan tepat sekitar 350 km. Lapisan ini disebut lapisan cahaya karena lapisannya memancarkan cahaya (energi panas) sangat kuat dan sebagian cahayanya sampai ke Bumi. Suhu di lapisan ini diperkirakan sekitar 6000 derajat celsius dengan ketebalan lapisannya 500 km. 

c. Kromosfer 
(Pengertian Kromosfer). Kromosfer adalah lapisan di atas fotosfer bersuhu sekitar enam ribu sampai 50 ribu derajat celcius. Cahaya lapisan kromosom biasanya tidak terlihat karena lapisan fotosfer. Tetapi pada saat gerhana matahari total, lapisan kromosfer akan terlihat berupa warna merah yang disebabkan tingginya kandungan helium. Pada lapisan kromosom ini terdapat lapisan gas yang paling dinamis karena seringkali muncul berupa cahaya berbentuk lidah api yang memancar sampai ketinggian lebih dari 200 ribu km yang disebut prominensia. 

d. Korona
(Pengertian Korona). Korona adalah lapisan terluar matahari. Lapisan berwarna putih ini akan terlihat mengelilingi matahari pada saat terjadinya gerhana matahari. Suhu lapisan ini mencapai jutaan derajat Celcius. Lapisan ini merupakan lapisan gas tipis dan bentuknya selalu berubah-ubah. 

Tata Surya : Pengertian, Fungsi dan Bagian-Bagian Matahari

Demikianlah pembahasan Tata Surya : Pengertian, Fungsi dan Bagian-Bagian Matahari, semoga teman-teman dapat menerima pembahasan dan dapat bermanfaat, serta lihat juga berbagai macam artikel-artikel di Artikelsiana.com. sekali lagi semoga Tata Surya : Pengertian, Fungsi dan Bagian-Bagian Matahari bermanfaat. Aminnn..

Tata Surya : Pengertian, Fungsi dan Bagian-Bagian Matahari Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin