Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu

Pengertian Bencana & Macam-Macam Bencana

Pengertian Bencana & Macam-Macam Bencana| Definisi bencana menurut para ahli telah mengemukakan berbagai pendapat dan tanggapannya atas pengertian bencana, sedangkan pengertian bencana menurut UU Nomor 24 Tahun 2007, berbunyi bahwa pengertian bencana adalah peristiwa/rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat yang disebabkan, baik itu faktor alam dan/atau faktor nonalam maupun faktor manusia, sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, dan kerugian harta benda, serta dampak psikologis.

Baca Juga  Fungsi Peta dan Komponen-Komponen Peta

Dilihat dari apa yang ditimbulkan dari bencana ini sangatlah merugikan manusia dan juga makhluk-makhluk yang ada dibumi.

Macam-Macam Bencana

Bencana terbagi atas beberapa jenis atau macam yakni, meliputi bencana alam, bencana nonalam, dan bencana sosial antara lain..
  • Bencana alam adalah bencana yang diakibatkan oleh peristiwa atau serangkaian peristiwa yang disebabkan oleh alam, antara lain berupa gunung meletus, banjir,tsunami, kekeringan, angin topan, dan tanah longsor, gempa bumi
  • Bencana nonalam adalah bencana yang diakibatkan oleh peristiwa atau rangkaian peristiwa nonalam antara lain kegagalan teknologi, kegagalan modernisasi dan epidemi, serta wabah penyakit. 
  • Bencana sosial adalah bencana yang diakibatkan oleh peristiwa atau serangkaian peristiwa yang diakibatkan oleh manusia dan meliputi konflik sosial antarkelompok atau antarkomunitas masyarakat dan teror. 
Baca Juga  Unsur-Unsur Terbentuknya Bangsa

Baca Juga:

    Demikianlah pembahasan pada kali ini semoga teman-teman menerima Pengertian Bencana & Macam-Macam Bencana dan dapat bermanfaat untuk kita semua. 
    0 votes, average: 0.00 out of 5
    0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
    You need to be a registered member to rate this.
    Loading...

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *