Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu

Zaman Tersier dan Zaman Kuarter

Zaman Tersier dan Zaman Kuarter| Zaman tersier dan kuarter atau quarter merupakan pembagian dari zaman Neozoikum (Zaman Hidup Baru), zaman neozoikum merupakan salah satu zaman praaksara yang berdasarkan geologi bumi. Zaman neozoikum atau Kainozoiukum berlangsung kira  60 juta tahun yang lalu hingga kini. Zaman ini ditandai dengan adanya kehidupan manusia sehingga merupakan zaman terpenting. Zaman Neozoikum terbagi menjadi zaman tersier dan kuarter. Untuk mengetahui penjelasan zaman tersier dan zaman kuarter dapat dilihat dilibawah ini

a. Zaman Tersier
Pengertian Zaman Tersier adalah zaman yang menghilangnya reptil raksasa dan berkembangnya binatang mamalia. Pada zaman tersier, jenis reptil raksasa mulai lenyap dan jenis binatang menyusui (mamalia) berkembang pesat. Makhluk primata jenis kera mulai ad, kemudian muncul jenis orang utan. Sekitar 10 juta tahun yang lalu muncul hingga disebut Giganthropus. Di antara binatang-binatang menyusui hidup pada zaman ini banyak yang dapat dikatakan menjadi nenek mennyebar dari Afrika ke Asia Selatan, tetapi kemudian punah. Pada masa itu, Pulau Kalimantan masih bersatu dengan Benua Asia. Sebagai buktinya, jenis babi purba (Choeromous) dari zaman ini ditemukan pula di Asia daratan. 
b. Zaman Kuarter 
Pengertian Zaman Kuarter adalah zaman dimana adanya kehidupan manusia yang lebih sempurna. Zaman kuarter merupakan zaman yang terpenting karena mulai ada kehidupan manusia yang lebih sempurna. Zaman kuarter yang dimulai sejak kira-kira 600 ribu tahun yang lalu ini terbagi menjadi zaman Pleistosen (Dilluvium) dan Holosen (Alluvium). 
Sekian artikel tentang Zaman Tersier dan Zaman Kuarter semoga bermanfaat 
Baca Juga  Isi Perjanjian San Fransisco ( 8 September 1951)
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Comments 1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *