Artikel Belajar dan Bermanfaat

Tuesday 4 November 2014

Mengenal Angin Darat dan Angin Laut

Mengenal Angin Darat dan Angin Laut|Angin darat dan angin laut, memiliki sifat-sifat dan proses terjadinya sehingga dapat kita ketahui perbedaan angin darat dan angin laut serta manfaat dari angin darat dan angin laut atau dampak yang ditimbulkannya, jika berbicara tentang dampak positif dan dampak negatif dari angin darat dan angin laut atau keuntungan dan kerugian. Angin darat dan angin laut sangat berbeda ini dapat dilihat dari ciri-ciri angin darat dan ciri-ciri angin laut. Sebelum masuk ke pembahasan seperti tema diatas, tahukah, apa itu angin ?.. dimana pengertian angin sudah dibahas sebelumnya. Angin darat dan Angin Laut : -- Permukaan bumi kita terdiri atas daratan dan lautan. dari dua bentuk dari permukaan bumi dimana memiliki sifat yang berbeda. Daratan mempunyai sifat lebih cepat menerima panas dan cepat pula melepaskannya, sedangkan lautan bersifat lambat menerima panas dan lambat juga melepaskan panas. Oleh karena itu dari kedua sifat ini, dalam sehari (24 jam ) terjadilah perbedaan suhu udara.

Perbedaan suhu menyebabkan perbedaan tekanan udara. Pada siang hari, daratan lebih cepat panas daripada lautan. Tekanan udara di daratan lebih rendah dari pada di lautan sehingga. udara bergerak dari laut ke darat. peristiwa ini disebut angin laut. Ketika malam hari, saat udara dingin, daratan lebih tinggi tekanan udaranya dibandingkan lautan. Kedua sifatnya tidak mudah melepaskan panas maka tekanan udara di lautan lebih rendah. Oleh karna itu, bertiuplah angin dari daratan ke lautan. peristiwa ini dikatakan sebagai angin  angin darat. 

Angin laut dan angin dara dimanfaatkan oleh nelayan sebagai penggerak perahu.bila pada malam hari, nelayan berangkat ke laut dibantu oleh angin darat dan ketika pulang akan terbantu dengan adanya angin laut 
Mengenal Angin Darat dan Angin Laut

Sekian artikel Mengenal Angin Darat dan Angin Laut semoga bermanfaat 

Mengenal Angin Darat dan Angin Laut Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin