Artikel Belajar dan Bermanfaat

Saturday 29 November 2014

Pengertian, Jenis dan Ciri-Ciri Tulang Keras

Pengertian, Jenis dan Ciri-Ciri Tulang Keras|Tulang keras atau Osteon, Dalam pengertian tulang keras, jenis-jenis dan ciri-ciri tulang keras. Pembahasan tulang keras seperti tema diatas dapat kita ketahui dengan bergabung dengan Artikelsiana.com yang pada kali kita akan membahas pengertian, jenis-jenis atau macam-macam tulang keras dan ciri-ciri dari tulang keras seperti tema diatas, bukan hanya itu, akan dibahas tentang penyebab tulang menjadi keras, fungsi dari tulang keras (osteon) mengapa ?.. pastinya setiap yang ada ditubuh kita (manusia) memiliki fungsi-fungsi seperti halnya tulang keras yang memiliki fungsi tersendiri. Pembahasan tentang tulang keras baik pengertian, jenis dan ciri-ciri serta cara terbentuknya tulang keras atau proses terbentuknya tulang keras dapat dilihat dibawah ini.

Pengertian, Jenis dan Ciri-Ciri Tulang Keras

1. Pengertian Tulang Keras 
Pengertian Tulang keras dari berbagai buku biologi yang kami simpulkan dan beberapa ahli atau pakar mengatakan bahwa pengertian tulang keras (osteon) adalah tulang yang bersifat kaku dan keras yang tersusun dari zat kapur dan fosfor. Tulang keras atau biasa juga disebut dengan tulang sejati merupakan alat gerak pasif artinya alat gerak yang dapat bergerak jika digerakkan oleh otot.

Pembentukan Tulang Keras (Osteon), dapat terbentuk tulang keras asal usulnya berasal dari Tulang Rawan (Kartilago) yang memiliki rongga yang nantinya akan diisi oleh sel-sel pembentuk tulang atau osteoblas. Osteoblas kemudian akan membentuk sel-sel tulang atau osteosit dimana satuan osteosit akan melingkari pembuluh darah kemudian sistem saraf membentuk sistem havers matriks yang mengandung zat kapur dan fosfor sehingga tulang menjadi keras dan membentuk tulang keras (Osteon).


2. Macam-Macam Tulang Keras
Tulang Keas dibedakan menjadi 2 jenis atau 2 macam berdasarkan matriknya yakni tulang kompak dan tulang spons, berikut pembahasannya..

a. Tulang Kompak 
Tulang kompak adalah tulang yang matriksnya tersusun rapat dan padat yang mengandung zat kapur dan fosfor. Tulang kompak pada sel-sel tulangnya (osteosit) tersusun membentuk sistem havers. Pada bagian tengah tulang kompak contohnya tulang pipa pada bagian tengahnya terdapat saluran pembuluh darah, pembuluh limfe dan saraf, yang dikelilingi oleh sel tulang.
b. Tulang Spons 
Tulang spons adalah tulang yang matriksnya berongga dan tersusun oleh anyaman trabeculae (mirip dengan pecahan genting) yang pipih dan mengandung serat kolagen. Rongga yang terdapat pada tulang spons diisi oleh jaringan sumsum tulang.

3. Ciri-Ciri Tulang Keras 
Terdapat ciri-ciri tulang keras antara lain sebagai berikut..
a.  Bersifat kaku dan keras
b. Mudah Patah
c. Kurangnya zat perekat
d. Tersusun atas zat kapur dan fosfor
e. Sel-sel tulang tersusun seperti lingkaran yang berlapis-lapis

4. Fungsi Tulang Keras 
1. Menjaga organ lunak didalamnya
2. Membantu Aktvitas manusia dalam kerja berat
3. Melekatnya Otot
4. Sebagai saluran pembuluh darah dan lemak.

Pengertian, Jenis dan Ciri-Ciri Tulang Keras

Sekian pembahasan tentang Pengertian, Jenis dan Ciri-Ciri Tulang Keras serta fungsi tulang keras, lihat juga berbagai macam artike bermanfaat di Artikelsiana.com. Semoga artikel tentang Pengertian, Jenis dan Ciri-Ciri Tulang Keras bermanfaat. Amin 

Pengertian, Jenis dan Ciri-Ciri Tulang Keras Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin